10 Desain Rumah Minimalis Tipe 36 yang Membuat Rumahmu Tampak Luas

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

10 Desain Rumah Minimalis Tipe 36 yang Membuat Rumahmu Tampak Luas

Dengan populernya rumah minimalis tipe 36 yang digemari oleh masyarakat Indonesia, rumah dengan l...
10 Desain Rumah Minimalis Tipe 36 yang Membuat Rumahmu Tampak Luas 10 Desain Rumah Minimalis Tipe 36 yang Membuat Rumahmu Tampak Luas Dengan populernya rumah minimalis tipe 36 yang digemari oleh masyarakat Indonesia, rumah dengan luas 6x6 meter persegi ini cocok lho untuk sobat VOIRE yang menyukai rumah tidak terlalu besar namun tetap ingin memiliki rumah yang nampak elegan
10 Desain Rumah Minimalis Tipe 36 yang Membuat Rumahmu Tampak Luas
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 02 Maret 2020
Share
2020-03-05

Memiliki rumah merupakan cita-cita dari banyak orang. Apalagi di dalam era modern seperti sekarang ini, rumah yang menjadi impian kita untuk tempat tinggal tidak hanya dijadikan tempat hunian namun juga menjadi cerminan nilai bagi orang lain tentang diri kita. Oleh karena itu orang-orang berlomba membangun rumah idamannya. Hal ini terbukti dari desain rumah yang memiliki beragam style atau gaya yang tentunya sudah biasa diterapkan pada semua model rumah, baik pada rumah yang Nampak mewah maupun rumah minimal. Nah membicarkan tentang hal rumah minimali, rumah tipe 36 merupakan rumah dengan desain minimalis yang paling popular dan banyak diburu orang-orang yang baru berpasangan dan juga mempunyai anak.

Dengan populernya rumah minimalis tipe 36 yang digemari oleh masyarakat Indonesia, rumah dengan luas 6x6 meter persegi ini cocok lho untuk sobat VOIRE yang menyukai rumah tidak terlalu besar namun tetap ingin memiliki rumah yang nampak elegan. Adapun beberapa alasan mengapa rumah minimalis tipe 36 ini menjadi favorit yaitu ada yang beralasan bahwa model rumah minimlais tipe 36 ini memiliki model yang menarik dan cocok untuk keluarga yang anggotanya tidak banyak. Namun hal yang utama yaitu rumah minimalis tipe 36 adalah karena dalam proses produksinya tidak memakan biaya yang cukup besar atau bisa dibilang low budget.

 

Sobat VOIRE berniat untuk merenovasi atau membangun rumah tipe 36 milikmu menjadi nyaman, simple namun tetap terlihat menawan? Yuk kita simak sama-sama tentang rumah minimalis tipe 36, siapa tahu 10 desain versi Vira ini bisa menjadi inspirasi sobat ketika membangun rumah minimalis tipe 36!

 

1. Desain bagian depan rumah minimalis tipe 36

Rumah minimalis 36 memiliki ciri khas dengan memaksimalkan lahan yang seadanya sehingga tidak terlalu memakan biaya besar dalam pembuatannya. Kesan rumah menawan sudah bisa sobat miliki dengan memadukan warna eksterior rumah minimalis tipe 36 yang biasa didominasi warna hitam, putih atau abu-abu. Nah desain bagian depan rumah minimalis juga bisa dimulai  dengan memanfaatkan desain pagar yang minimalis. Selain memadukan warna netral tadi desain bagain depan rumah minimalis tipe 36 bisa menggunakan model tampak depan yang presisi mengakali komposisi desain pintu utama yang tampil simetris sehingga tampilannya terlihat seimbang. penggunaan kaca bisa jadi material pilihan untuk rumah minimalis tampak depan yang penuh pesona bagi sobat yang menyukai intensitas cahaya tinggi yang masuk ke rumah.

source: pinterest

2. Desain layout rumah minimalis tipe 36

Ruang sempit dalam rumah minimalis tipe 36 adalah hal yang tidak bisa dipungkiri, hal ini juga akan membuat penghuni rumah memiliki keterbatasan gerak. Maka dari itu ruang yang sempit harus bisa diakali dengan menempatkan barang atau furniture dengan tepat dan bisa menggunakannya sesuai dengan fungsi. Layout rumah minimalis tipe 36 ini biasanya akan terdiri dari ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur. Meski sempit, sobat bisa mengakalinya agar bisa tetap terlihat luas dan rapi.

source: pinterest

3. Desain bagian dalam atau interior rumah minimalis tipe 36

Hal identik yang dimiliki rumah minimalis tipe 36 adalah luas ruangan yang terbatas. Maka dari itu kita harus cerdas dan kreatif dalam menata ruangan dan memilihkan furnitur yang cocok dalam rumah minimalis agar ruangan tidak terkesan sempit. Dengan menggunakan furniture yang tidak berlebihan untuk itu pemilihan kursi, lemari atau meja baiknya disesuaikan dengan ukuran ruangan rumah.

source: pinterest

4. Desain ruang tamu rumah minimalis tipe 36

Salah satu ruang yang esensial ini menuntut sobat unruk pandai-pandai menata interior ruang tamu  karena ruangan ini merupakan wajah dari sebuah rumah. Untuk menata ruang tamu minimalis dirumah tipe 36, sobat bisa memulai dengan pemilihan sofa pada ruang tertentu yang disesuaikan dengan luas ruangan agar tidak membuat ruang tamu menjadi sempit.

source: pinterest

5. Desain ruang tidur dalam rumah minimalis tipe 36

Untuk rumah minimalis tipe 36, ruang tidur sebaiknya harus mendapatkan perhatian lebih, karena kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat sekedar rebahan atau melepas penat seharian. Ruangan yang memiliki nilai esensial di rumah ini harus dibuat senyaman mungkin. Ini bisa diwujudkan dengan memilih kasur yang tepat dipadu dengan side table dan lampu dengan pencahayaan yang cukup .  Tidak jauh berbeda dengan prinsip yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menata kamar dalam rumah tipe 36 sobat harus bisa pintar-pintar mendekorasi kamar dengan menentukan barang apa saja yang harus sobat letakkan di kamar. Usahakan juga gunakanlah lemari minimalis yang dapat memenuhi semua kebutuhan sobat.

source: pinterest

6. Desain dapur rumah minimalis tipe 36

Dapur merupakan salah satu ruangan yang sering atau hampir setiap hari dikunjungi. Maka dari itu dapur juga sebaiknya diperhatikan dengan baik. Meskipun biasanya tata letak dapur berada dibagian belakang dalam rumah namun sobat juga bisa meletakkan dapur menyatu dengan ruang keluarga. Maka dari itu dapur harus diperhatikan bagaimana keindahan, kebersihan dan tata letak dari dapur tersebut karena dapur yang berada dalam rumah minimalis tipe 36 ini harus dibuat sedemikian rupa agar leluasa saat memasak. Desain dapur dalam rumah minimalis tipe 36 bisa dimulai dengan penggunaan warna dari furniture atau deretan cabinet dengan warna-warna yang serasi. Sobat bisa menggunakan furniture yang berasal dari bahan kayu atau stainless hal ini bertujuan agar dapur lebih mudah untuk dibersihkan.

source: pinterest

7. Desain kamar mandi rumah minimalis tipe 36

Jangan abaikan desain kamar mandi dirumah minimalis tipe 36 ini ya sobat. Meskipun letaknya yang tersembunyi, tentukan kamar mandi seperti apa yang sobat inginkan karena biasanya hanya ada satu kamar mandi maka sobat harus pintar-pintar menata kamar mandi agar dapat bekerja sesuai fungsinya. Sobat juga bisa mennetukan tipe kamar mandi seperti apa seperti kamandi kering atau basah, menggunakan bak mandi, shower atau penggunaan bathtub. Nah yang penting semua disesuaikan dengan ukuran kamar mandi dirumah minimalis tipe 36 ya!

source: pinterest

8. Penentuan warna yang tepat untuk tipe 36

Memberikan warna pada rumah minimalis tipe 36 adalah salah satu cara untuk membuat rumah ini terlihat hidup. Penentuan warna berlaku pada seluruh area baik interior maupun eksterior rumah. Rumah yang terseksan sempit dapat disulap menjadi terasa luas dengan pemilihan warna-warna yang monokrom. Pemilihan warna kursi dan sofa sesuaikan dengan nuansa warna dirumah. Sobat bisa bermain-main dengan warna-warna gelap agar desain interior terlihat lebih menawan.

source: pinterest

9. Desain teras pada rumah minimalis tipe 36

Teras yang berada di rumah minimalis tipe 36 bisa mempercantik rumah sobat lho. Teras ini bisa digunakan tempat bersantai di sore hari juga bisa sebagai tempat alternatif menerima tamu.  Untuk desain teras di rumah minimalis tipe 36, sobat bisa mempercantik teras sesuai dengan keinginanmu. Agar meminimalisir penggunaan furniture sebagai hiasan dirumah untuk membuat suasana terlihat leluasa, pilihlah penggunaan keramik dengan corak yang berbeda atau tanaman sebagai hiasan, cocokan juga nuansa teras dengan pagar minimalis depan rumah.

source: pinterest

10. Desain rumah bertingkat rumah minimalis tipe 36

Rumah minimalis tipe 36 ini memang sering dijumpai hanya satu lantai saja. Namun sobat VOIRE bisa membuat rumah minimalis tipe 36 ini menjadi betingkat dua lantai. Model desain rumah dengan dua lantai ini mudah untuk ditemukan di daerah perkotaan atau di perumahan. Nah tipe rumah bertingkat ini juga banyak diincar oleh pasangan dari berbagai rentang usia lho karena dianggap ideal untuk menjadi hunian yang bisa menampung banyak anggota keluarga.

Desain lantai satu pada rumah bertingkat minimalis tipe 36 ini terdapat ruang tamu, dua kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, caport dan juga halaman belakang. Untuk lantai dua terdapat dua kamar tidur, satu kamar mandi dan juga ruang keluarga. Untuk menyerasikan konsep penggunaan tangga minimalis bisa sobat terapkan pada desain rumah bertingkat minimalis tipe 36 ini.

source: pinterest

ternyata ukuran rumah dengan lahan terbatas bukan halangan untuk mendapatkan hunian idaman ya? Nah, setelah sobat melihat desain rumah tipe 36 diatas, apakah sobat VOIRE terinspirasi untuk mendesain rumah yang #benarbenaridaman ?

 

untuk sobar VOIRE yang kebingungan bagaimana menentukan desain interior yang #benarbenaridaman untuk rumahmu, tim desain interior VOIRE Project siap sedia membantu sobat 

Voire Project

baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?