10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

Saat merenovasi dapur, selain memikirkan kitchen set sobat jangan lupa juga untuk memikirkan mate...
10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian 10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian Saat merenovasi dapur, selain memikirkan kitchen set sobat jangan lupa juga untuk memikirkan material dinding area memasak atau bisa disebut juga baksplash. Selain dari fungsional, pertimbangkan juga sisi estetikanya. Nah jika dari segi fungsi, sobat harus pastikan material yang akan digunakan memiliki permukaan yang tahan terhadap air dan cipratan minyak. Material tahan air lebih mudah dibersihkan dan dirawat, apalagi untuk yang senang memasak. Bila frekuensi penggunaan dapur cukup tinggi, lebih baik untuk menggunakan material backsplash yang sesuai dan anti-lembap pasti akan lebih awet dan panjang umurnya.
10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 13 April 2021
Share
2021-04-13

Saat merenovasi dapur, selain memikirkan kitchen set sobat jangan lupa juga untuk memikirkan material dinding area memasak atau bisa disebut juga baksplash. Selain dari fungsional, pertimbangkan juga sisi estetikanya.

Nah jika dari segi fungsi, sobat harus pastikan material yang akan digunakan memiliki permukaan yang tahan terhadap air dan cipratan minyak. Material tahan air lebih mudah dibersihkan dan dirawat, apalagi untuk yang senang memasak. Bila frekuensi penggunaan dapur cukup tinggi, lebih baik untuk menggunakan material backsplash yang sesuai dan anti-lembap pasti akan lebih awet dan panjang umurnya.

Vira mau kasih tau beberapa material apa saja yang bisa sobat jadikan alternatif untuk dinding backsplash yang bisa sobat pilih sesuia kebutuhan dan kondisi ruangan . Selain untuk fungsinya bisa juga menjadi inspirasi untuk merenovasi dapur kalian.

Backsplash Keramik

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Material keramik ini sangat umum digunakan untuk dinding dapur karena mudah didapat dan perawatannya relative mudah. Material ini gak membosankan karena banyak jenis dan variasi yang bisa sobat pilih. Mulai dari warna, motif dan teksturnya.

Ada keramik mozaik, keramik dengan ukuran kecil sampai yang berukuran besar maupun keramik mirip bata. Ada beberapa keunggulan mengapa keramik lebih banyak dipilih, yaitu karena pemasanganya lebih gampang, mudah dibersihkan (perawatannya mudah), motifnya bervariasi dan harganya terjangkau.

Cara pemasangannya bisa lebih kreatif atau berbeda daripada umumnya dengan bermain pola penyusunan.Sekarang ini, banyak yang menggunakan keramik putih bentuk persegi panjang atau yang populer dengan istilah subway tiles.

Pemasangannya biasanya dengan pola horizontal menyerupai batu bata. Tapi sobat juga bisa berkreasi dengan memasangnya secara vertikal atau dengan pola herringbone (pola tulang ikan seperti zigzag).

Backsplash Kaca

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Glass backsplash alias bahan kaca bisa jadi solusi untuk sobat jika ingin menghasilkan kesan yang penuh gaya dan elegan di dapur sobat. Material ini bisa memberikan kesan clean-cut karena gak ada motif ataupun tekstur pada permukaanya. Selain itu, backsplash kaca juga punya efek reflektif terhadap sinar matahari sehingga ruangan akan terkesan lebih terang dan hangat.

Ukuran kacapun bisa disesuaikan dengan panjang meja dapur, tanpa adanya sambungan. Salah satu hal yang menarik dari penggunaan material kaca ini adalah sobat bisa menjadikan permukaannya sebagai papan tulis dadakan praktis. Apalagi jika sobat senang menulis resep atau meal plan agar tidak lupa selagi menyiapkan bahan atau memasak.

Daya tahan backsplah kaca juga cukup tangguh, selama pemilihan bahan dasar memang yang bersifat tempred yaitu sudah diproses supaya tahan suhu panas dan tidak mudah pecah.

Backsplash Stainless Steel

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel sudah bukan hal yang asing lagi. Namun, bagaimana dengan backsplash stainless steel ya sobat?

Mungkin sobat juga jarang melihat backsplash dapur dengan material stainless steel, tapi penggunaan bahan ini cukup populer di tahun-tahun sebelumnya, terutama pada yang punya volume masak tinggi.

Mungkin sobat pernah melihat backsplash dengan material stainless steel ini pada dapur-dapur bersekala besar seperti dapur restoran, hotel ataupun bisnis catering.

Kini, tren backsplash dengan material stainless steel mulai kembali dalam bentuk dan finishing, serta ukuran yang berbeda.

Backsplash Bata Keramik

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Konsep industrial tetap bisa sobat hadirkan dengan hangat dan mewah di area dapur. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan blacksplash bata yang terbuat dari bahan keramik. Selain konsep industrial juga sobat bisa menghadirkan konsep vintage dengan menggunakan jenis backsplash dari bata keramik.

Material Backsplash Dari Panel Marmer atau Granit

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Karena pemakaian backsplash dapur cenderung untuk jangan panjang, makan bahan yang dipilih juga harus tahan pakai. Salah satunya adalah material batu marmer maupun granit. Kalau sobat ingin membuat sentuhan yang lebih dinamis dan elegan. Sobat bisa menggunakan panel marmer dengan guratan halus yang indah.

Material in banyak digunakan sebagai salah satu material backsplash dapur karena kuat dan tahan terhadap benturan ataupun goresan. Material dinding atau backsplash bisa disamakan dengan permukaan meja dapur maupun kitchen island untuk menciptakan tampilan yang serasi.

Walaupun harganya memang cukup merogoh kocek yang dalam tapi backsplash dengan material marmer atau granit ini dapat menghasilkan kesan mewah untuk dapur sobat.

Backsplash Terrazzo

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Material komposit yang terdiri dari pecahan batu alam (bisa berupa marmer atau granit) dan disatukan dengan unsur pengikat yaitu semen. Hasil akhirnya akan diberi lapisan bening yang berfungsi untuk memberikan tampilan mengkilap dan label foodgrade atau aman untuk makanan.

Yang jadi menarik adalah pecahan batu yang bisa beragam besaran dan warnanya (karena tergantung ketersediaan batu alam yang ada didalam campuran terrazzo), juga hasil akhir warna semen yang bisa pigmented (berwarna) atau diberi campuran warna.

Tinggi permukaan backsplash ini bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.

Backsplash Kayu

 source: pinterest.com

Jika sobat ingin menciptakan suasana hangat ala pedesaan atau cottage style, material backsplash kayu ini bisa jadi pilihan yang tepat! Jika khawatir soal perawatan backsplash dari material kayu.

Pastikan backsplash sudah dilindungi dengan cat protektif/enamel yang anti basah dan anti noda. Pastikan juga jarak dengan kompor sudah aman agar warna backsplash tidak memudar. Dengan perawatan yang telaten, backsplash dengan material kayu bisa bertahan lama dan tetap terlihat indah.

Backsplash Tegel Dekoratif

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Material ini biasanya dipilih untuk sobat yang ingin menambahkan aksen warna pada ruangan dapur. Kombinasikan dengan kabinet maupun rak ambalan berwarna netral dan polos supaya motif tegel bisa menarik perhatian namun secara keseluruhan, tampilannya gak berlebihan.

Backsplash Cermin

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Jika sobat menggunakan material cermin untuk backsplash sobat bisa mendapatkan kesan luas di dapur sobat. Mungkin salah satu kekurangan dari penggunaan material ini adalah lebih mudah terkena noda sangat nampak. Tapi jangan khawatir ya sobat karena perawatan backsplash dengan material cermin ini perawatannya mudah, sobat hanya perlu mengelap saja dengan pembersih kaca.

Backsplash Logam Cetak

10 Rekomendasi Material Backsplash, Untuk Dapur yang Kekinian

 source: pinterest.com

Logam cetak tak hanya digunakan untuk membuat pintu, pagar besi atau panel dinding saja, tetapi sobat juga bisa menggunakannya sebagai backsplash kitchen set. Backsplash dengan material logam cetak ini akan menampilkan nuansa klasik. Dari segi fungsi maupun estetika juga tak kalah dari material lainnya.

Sobat bisa memilih motif tertentu seperti motif klasik, minimalis maupun geometris. Tetapi ingat ya sobat perlu diperhatikan bahwa logam adalah pengantar panas yang baik, jadi akan membuat hawa dapur lebih panas.

Jadi, dari alternative material dinding backsplash yang bisa sobat pilih ini, pastikan spesifikasinya cocok dan sesuai dengan budget yang sobat miliki. Sebelum membeli pun, sobat bisa mensurvey dan bandingan ketersediaan produk yang dimiliki setiap vendor terlebih dahulu ya sobat. Semoga dapur impian sobat dapat tercapai dan kegiatan di dapur pun menjadi semakin menyenangkan.

Komentar

Mau cari artikel apa sob?