10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Selain membuat suasana rumah terasa menjijikan, tikus curut yang masuk ke lingkungan rumah berpot...
10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho! 10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho! Selain membuat suasana rumah terasa menjijikan, tikus curut yang masuk ke lingkungan rumah berpotensi membuat penghuni mudah terserang penyakit karena kotoran hasil buang air tikus yang menempel di furnitur.
10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 30 Oktober 2020
Share
2020-10-30

Selain membuat suasana rumah terasa menjijikan, tikus curut yang masuk ke lingkungan rumah berpotensi membuat penghuni mudah terserang penyakit karena kotoran hasil buang air tikus yang menempel di furnitur.

Atau bahkan virus-virus berbahaya yang menempel pada bagian rambutnya. Oleh karena itu, diperlukan cara mengusir tikus curut yang tepat agar rumah sobat terbebas dari penyebaran virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Maka dari itu, diperlukan berbagai cara untuk mengusir tikus curut yang ampuh agar rumah sobat dapat terbebas dari penyebaran virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti leptospirosis, pes atau penyakit HPS.

Mulai saat ini, sobat tidak perlu khawatir dan bingung lagi karena Vira akan memberikan tips bagaimana cara mengusir tikus curut yang efektif agar rumah tetap terasa bersih dan sehat. Yuk langsung simak cara mengusir tikus curut yang ampuh seperti di bawah ini.

Mengusir Tikus dengan Bahan Buatan

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

1. Menggunakan Jasa Pest Control

Untuk sobat yang sudah merasa frustasi karena banyak sekali populasi tikus curut di dalam rumah, sobat bisa langsung mencoba jasa pest control atau pengendali hama yang memang memiliki metode tersendiri.

Saran dari Vira, pastikan sobat menggunakan jasa pest control yang professional, memiliki kredibilitas baik, dan didukung ahli bersertifikat ya!

2. Memanfaatkan Minyak Esensial

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Cara mengusir curut selanjutnya adalah bisa dengan mencoba untuk memanfaatkan minyak esensial. Sobat bisa memilih minyak beraroma cengkeh atau peppermint yang rupanya di benci oleh tikus dan curut.

Cobalah sebarkan aroma tersebut menggunakan alat diffuser atau dengan cara mencelupkan kapas pada minyak esensial untuk dioles pada beberapa area yang cukup sering dilalui oleh tikus.

Tidak hanya efektif untuk mengusir tikus, penggunaan minyak esensial juga siap membuat ruangan menjadi segar dan wangi.

3. Menggunakan Alat Perangkap Tikus

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Pasti sobat sudah tidak asing dengan hal yang satu ini. Yap, menggunakan alat perangkap sebagai cara mengusir tikus curut adalah hal yang paling umum dan mudah dilakukan.

Sobat hanya perlu meletakkan alat perangkap pada sejumlah area rumah dengan menambahkan umpan berupa makanan favorit yang lezat untuk menggoda tikus curut agar terperangkap.

Apabila tikus sudah berhasil tertangkap, cobalah pastikan sobat mengenakan masker dan juga sarung tangan saat membuang tikus agar tidak terserang penyakit.

4. Menggunakan Racun Tikus

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Selain menggunakan tikus curut selanjutnya adalah dengan menggunakan racun tikus yang bisa sobat sebarkan pada beberapa titik atau sarang tikus di sekitar lingkungan rumah.

Sebenarnya cara mengusir tikus curut ini sangat efektif namun sayangnya tikus curut tidak bisa mati secara langsung dan memerlukan waktu beberapa hari sehingga bisa saja tikus curut mati secara mendadak pada tempat yang sulit terlihat dan sulit untuk di jangkau.

Apabila ada anak kecil dalam rumah sobat, cobalah pertimbangkan kembali cara untuk mengusir tikus curut dengan racun ini yak arena dikhawatirkan bisa berbahaya untuk si kecil.

5. Menggunakan Lem Tikus

Selanjutnya, sobat bisa menggunakan lem tikus yang banyak tersedia di pasaran. Cara mengusir tikus curut ini bisa sobat lakukan dengan mengoleskan lem pada triplek atau karton bekas yang tebal lalu simpan makanan pada bagian tengah karton.

Langkah tersebut dilakukan untuk menjebak tikus curut ke bagian tengah mengambil makanan lalu terperangkap di tengah lem yang lengket. Cara mengusir tikus curut ini bisa dibilang cukup aman karena biasanya tidak mengandung racun atau zat berbahaya bagi penghuni rumah.

Selain itu lem tikus juga tidak menimbulkan bau yang mengganggu sehingga aman untuk diletakkan pada area dapur. Supaya lebih efektif, coba pastikan sobat memilih lem tikus dengan daya rekat yang super kuat.

Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Alami

Apabila cara yang Vira paparkan dirasa kurang aman untuk mengusir tikus karena dipenuhi bahan kimia yang beracun, sobat juga tetap bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang tentunya sangat mudah didapatkan.

1. Daun Sirsak

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Cara mengusir curut yang ampuh dengan memanfaatkan bahan alami bisa dilakukan dengan menggunakan daun sirsak. Sudah menjadi rahasia umum kalau daun sirsak memang terbukti ampuh mengusir curut.

Daun sirsak mengandung zat perangsang yang bisa mengeluarkan aroma tidak sedap yang dibenci oleh tikus. Menggunakan daun sirsak untuk mengusir tikus juga merupakan cara yang ramah lingkungan.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan siapkan beberapa lembar daun sirsak lalu sobek semua daunnya hingga mengeluarkan aroma yang tentu tidak disukai oleh tikus. Jangan lupa untuk mengganti daun sirsak setiap tiga hari sekali dengan yang baru.

2. Menggunakan Kopi

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Menggunakan kopi untuk mengusir curut akan lebih aman dibandingkan racun tikus atau lem. Pasalnya tikus curut memiliki indera penciuman yang cukup tajam, inilah kesempatan sobat untuk menebar bebauan yang tidak tikus suka.

Diantaranya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Pada prinsipnya, kelebihan dari curut adalah sering melacak jejak dari bebauan yang dengan sengaja ditinggalkan.

Maka dengan menaburkan bubuk kopi tentu akan membuat curut kesulitan melacak jejaknya serta enggan berlama-lama di seputar bebauan tersebut.

3. Mengusir dengan Bubuk Cabai

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Cara alami selanjutnya, sobat bisa memanfaatkan bubuk cabai yang dicampur dengan deterjen dan air kemudian semprotkan campuran cairan tersebut ke wilayah yang cukup sering dilalaui tikus cukut.

Cara ini merupakan cara yang tradisional dan merupakan cairan yang efektif mengusir curut karena dijamin akan membuat tikus curut merasa kepasanan dan akan kabur dengan terbirit-birit.

4. Menggunakan Mengkudu

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Selain mengusir dengan bubuk cabai, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit, nah buat ini pun terbukti dapat mengusir curut dengan alami.

Sama halnya seperti daun sirsak, rupanya tikus curut tidak menyukai bau buah mengkudu untuk mengilangkan bau tikus curut juga.

Caranya mudah saja kok. Cukup dnegan memotong buah mengkudu hingga beberapa bagian sampai aroma dari buah mengkudu tersebut keluar. Lalu simpan potongan buah mengkudu tersebut ke sarang tikus.

Dan sobat juga bisa mencoba menggantung buah mengkudu dengan yang baru saat yang lama sudah mongering.

5. Menggunakan Bumbu Dapur

10 Tips Jitu Mengusir Tikus, caranya Mudah Banget Lho!

Banyak rempah-rempah atau bumbu dapur yang rupanya kurang disukai oleh tikus curut. Misalnya seperti irisan bawang merah, sobekan daun mint, cengkeh atau lada bubuk. Selain itu, sobat juga bisa mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai tikus.

Bahan-bahan alami yang berupa bumbu dapur tersebut tidak disukai oleh tikus, sehingga sangat ampuh untuk dijadikan cara mengusir tikus curut.

Atau sobat juga bisa mengusir curut dengan cuka. Seperti yang sobat ketahui cuka memiliki bau yang sangat menyengat. Cobalah untuk bersihkan tiap lantai, sudut dan ruang pada rumah yang biasa dilewati tikus ataupun tempat yang sekiranya menjadi sarang tikus.

Biasanya tempat yang terdapat sisa-sisa makanan, minuman yang tumpah dan tempat dapur adalah daerah yang cukup sering diincar oleh tikus. Saat sudah dibersihkan, maka gunakan cuka sebagai cairan pembersih untuk mengepel lantai.

Setelah itu pel kembali lantai dengan air bersih. Di jamin tikus curut akan lari terbirit-birit.

10 cara untuk mengusir tikus curut diatas bisa sobat lakukan agar hunian sobat selalu bersih dan juga sehat. Namun, selalu pastikan bahan-bahan yang digunakan tidak akan mengganggu apalagi sampai membahayakan kesehatan keluarga dan hewan peliharaan tersayang.

Apa sobat sedang mencari jasa desain interior untuk dapat membuat suasana rumah menjadi nyaman dan terasa #benarbenaridaman?

VOIRE Project memiliki tim desainer interior yang akan mewujudkan impian sobat memiliki rumah dengan interior idaman. Yuk wujudkan rumah impian sobat bersama VOIRE Project!

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?