4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri

Mempunyai lahan hijau dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya bisa diwujudk...
4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri 4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri Mempunyai lahan hijau dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya bisa diwujudkan dengan menanam berbagai jenis tanaman di halaman depan, belakang bahkan di dalam rumah
4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 10 Februari 2020
Share
2020-02-10

Pemanasan global merupakan isu yang sangat hangat beredar pada akhir-akhir ini. Pemanasan global ini mempunyai dampak buruk untuk lingkungan sekitar seperti membuat udara seitar rumah terasa pengap dan juga panas. Saat keluar rumah pemandangan yang terlihat di daerah perkotaan pun hanya Gedung bertingkat. Ruang hijau terbuka dirasa semakin berkurang. Penurunan persentasi ini terjadi di kota-kota besar di berbagai negara termasuk di negara Indonesia. Perlu sobat VOIRE ketahui, lahan terbuka hijau sangat berpengaruh lho pada keseimbangan planet bumi tempat kita tinggal. Maka dari itu sebagai makhluk hidup kita tetap harus punya upaya untuk menyediakan lahan terbuka hijau untuk bumi kita. Meskipun persentase lahan terbuka hijau semakin berkurang, bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk membuat atau bahkan memiliki lahan hijau di sekitar atau di dalam rumah.

Mewujudkan lahan hijau dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya bisa diwujudkan dengan menanam berbagai jenis tanaman di halaman depan, belakang bahkan di dalam rumah. Jadi sobat VOIRE tidak perlu khawatir kalau rumahnya tidak memungkinkan untuk memiliki taman di halaman karena bisa lho kita mmebuat taman di dalam rumah. Karena yang terpenting tanaman yang kita tanam di rumah dapat memberi minimalnya nuansa menyegarkan. Dan dampak baiknya dapat menyumbang oksigen ke bumi kita meskipun sangat sedikit. Sobat VOIRE tetap dapat menganggapnya sebagai lahan hijau kok! Untuk model taman yang berada di lahan terbatas tersebut biasa disebut taman minimalis dengan tanaman hijau dan bunga-bunga yang tidak seberapa.

Manfaat lainnya dari menanam tanaman dan membuat taman dirumah yaitu tanaman dipercaya dapat memperlancar sirkulasi udara, memberikan pencahayaan yang terasa alami secara optimal dan juga dapat menambah nilai estetika untuk rumah anda. Nah apakah sobat VOIRE tertarik membuat taman minimalis ini untuk membuat rumah lebih asri dan juga membantu pencegahan efek pemanasan global di bumi kita? Vira punya beberapa referensi keren dan menarik sebagai inspirasi sobat VOIRE lho! Yuk disimak beberapa taman minimalis dalam rumah yang bikin suasana jadi tambah segar.

 

Baca juga : 10 Ide Roof Garden Kekinian dan Menarik Untuk Rumahmu

 

1. Taman dengan system Hidroponik dalam rumah

Menanam tanaman dengan menerapkan system hidroponik dirumah cocok lho untuk rumah yang memiliki lahan terbatas karena penerapannya yang tidak membutuhkan banyak space. Sistem hidroponik juga cocok untuk menanam sayuran. Siapa sangka selain membuat rumah terasa lebih asri ternyata sayuran yang ditanaman pun kelak bisa dipanen dan dikonsumsi pribadi. Memulai membuat taman dengan system hidroponik ini mudah sekali lho. Coba cermati ruangan di sekitar rumah dan pilihlah ruangan yang memiliki system sirkulasi udara dan juga cahaya matahari masuk yang paling baik. Penanaman tanaman hidroponik yang tidak jauh berbeda dengan konvensional ini ternyata hanya membutuhkan perawatan yang minim dan ekonomis. Disebut ekonomis karena sobat VOIRE bisa memanfaatkan botol plastic bekas sebagai wadah tanam dan ember untuk memberi nutrisi tanaman. Ada juga yang memilih menempatkan tanaman pada pipa paralon sehingga membentuk rangkaian taman hidroponik yang unik didalam rumah seperti pada foto ini sob!

4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri

 source : pinterest

 

Nah untuk pemilihan tanamannya itu sendiri hamper semua jenis sayuran hijau cocok untuk ditanam scara hidroponik. Mulai dari sayuran yang biasa diolah menjadi masakan seperti sawi, terung, bayam, timun, kangkong dan juga seledri sampai jenis sayuran yang biasa digunakan dalam resep masakan mancanegara seperti kale, basil,green mustard, oregano dan zucchini.

 

2. Taman dalam rumah dengan menggunakan pot

Memanfaatkan pot sebagai media menanam tumbuhan merupakan cara yang paling praktis untuk membuat taman sederhana dalam rumah. Untuk yang memiliki rumah dengan lahan terbatas bisa lho tempatkan saja beberapa buah pot dengan tanaman kesukaan di sebuah sudut ruangan atau denkat jendela atau juga hanya dengan menggunakan satu pot besar yang diisi dengan aneka tanaman atau menggabungkan banyak pot sekaligus, sama-sama terlihat menarik dan membuat suasana dalam rumah lebih cantik dan asri kok. Perawatan tanaman dalam pot ini juga relatif mudah, tinggal sesuaikan saja intensitas penyiraman dengan kebutuhan jenis masing-masing tanaman yang berada di dalam pot. Untuk pemberian nutrisi tambahan agar tanaman tidak cepat layu, sobat VOIRE bisa memberikan tambahan nutrisi seperti pupuk, caranya juga mudah lho tinggal campurkan pupuk dengan tanah tanaman pemberian pupuk ini cukup diberikan sebulan sekali saja agar tanaman dapat tubuh dengan sehat dan optimal. Lalu jangan lupa untuk membersihkan daun-daun agar tidak berdebu yaa hal ini juga membantu meningkatkan kesuburan tanaman juga lho. Oiya, ternyata [emilihan variasi pot juga bisa mempercantik taman lho. Yuk sobat VOIRE coba membuat taman yang terletak dalam rumah dengan memanfaatkan tanaman dalam pot ini, pasti seru!

4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri

 source : pinterest

3. Taman dalam rumah di bawah tangga

Area dibawah tangga ini seringkali dinilai tidak strategis sehingga banyak yang menyepelekan atau bahkan memandang sebelah mata dan hanya menjadikannya area penyimpanan barang saja. Padahal agar pemanfaatan area dibawah tangga ini menjadi lebih bervariatif, area ini bisa lho dimanfaatkan sebagai taman minimalis dalam rumah. Untuk yang memiliki area kosong dibawah tangga mungkin bisa mencoba cara ini agar memiliki taman cantik didalam rumah. Karena luasnya terbatas, sobat VOIRE bisa memulai menata taman dibawah tangga ini dengan memilih  tanaman hijau yang berukuran sedang dan bisa soba sematkan juga berbagai jenis bebatuan agar suasana terlihat natural. Bisa juga dengan memasangkan pot pada dinding-dinding kosong dibawah tangga atau dengan menggunakan tanaman dalam pot yang menggantung pada langit-langit bawah tangga. Untuk perawatan taman ini,sobat bisa tambahkan lampu untuk menerangi taman dan juga untuk membantu tanaman dalam melakukan proses foto sintetis.

4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri

 source : pinterest

4. Taman dalam rumah ala taman jepang

Memutuskan untuk memiliki taman dalam rumah tentu harus disadari dengan tanggung jawab merawat taman itu sendiri. Beberapa orang merasa riskan memiliki taman didalam rumah karena khawatir akan tanah yang berceceran didalam rumah sehingga dirasa akan merepotkan pemilik rumah. Nah bagi sobat VOIRE yang tidak ingin merasa repot untuk membersihkan tanah yang berceceran didalam rumah tiap kali disiram bisa dicoba alternative lain menanam tanaman dalam rumah ala taman di Jepang. Karena ala taman jepang ini memiliki ciri khas dengan menggunakan media batu dan tanaman hijau. Seperti pada gambar model taman dalam rumah ini dengan menyediakan satu area kecil yang dipenuhi bebatuan, letakkan beberapa jenis tanaman hijau juga nah bisa juga lho dengan menambahkan dekorasi air mancur mungil di bagian tengah.

Perawatannya pun dijamin lebih mudah karena hanya perlu menyiram tanaman dengan intensitas yang sesuai tanpa pelru khawatir tanah akan berceceran disekitar taman. Wah, mudah banget kan sobat? Ini saatnya lho untuk wijudkan taman yang #benarbenaridaman didalam rumah

4 Taman Dalam Rumah Bantu Cegah Pemanasan Global dan Bikin Rumah Semakin Asri

 source : pinterest

Meskipun memiliki rumah dengan lahan terbatas. Sobat VOIRE bisa kok mempunyai taman dalam rumah untuk mendapatkan suasana rumah yang lebih asri dan segar. Perencanaan pembuatan taman dalam rumah ini juga bisa sobat konsultasikan pada VOIRE Project lho. Yuk tunggu apalagi saatnya wujudkan rumah yang #benarbenaridaman mulai dari sekarang!

baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?