5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

Memiliki rumah sendiri adalah harapan dan impian setiap orang. Selain itu, rumah juga merupakan s...
5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget 5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget Memiliki rumah sendiri adalah harapan dan impian setiap orang. Selain itu, rumah juga merupakan salah satu kebutuhan pokok yang masih sulit dijangkau kaum milenial.
5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 16 September 2020
Share
2020-09-16

Memiliki rumah sendiri adalah harapan dan impian setiap orang. Selain itu, rumah juga merupakan salah satu kebutuhan pokok yang masih sulit dijangkau kaum milenial.

Namun, banyak orang yang merasa bahwa biaya bangun rumah baru tampak mahal dan bahkan untuk beberapa yang berpengalaman berpendapat pengalaman membangun rumah baru mereka nyatanya lebih mahal dari yang dianggarkan diawal.

Biasanya hal seperti itu terjadi karena bagi sobat yang baru pertama kali membangun rumah merasa sangat antusias sehingga ada perasaan yang menggebu-gebu ingin menambahkan fitur-fitur yang belum terlalu penting dalam rumah.

Meskipun akan menimbulkan perasaan senang dan puas namun sobat harus waspada terhadap sikap tersebut.

Apakah ada juga sobat VOIRE yang merasa seperti ini? Wah Vira sarankan sih untuk menghindari sikap seperti ini karena jika tidak terkontrol dengan baik, bisa-bisa tabungan jadi ludes deh.

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: Pinterest

Coba bayangkan setelah sekian lama mengumpulkan penghasilan setiap bulan, sobat berhasil memetik jerih payah dengan memiliki hunian impian. Padahal nyatanya, perjuangan tidak hanya sampai situ.

Sobat masih akan mengeluarkan banyak kebutuhan lainnya yang harus dilengkapi, seperti mengisi perabotan dengan furniture yang #benarbenaridaman.

Semakin merasa bingung dan khawatir karena kemungkinan budget bangun rumah bisa tidak terkendali?

Jangan galau ya sobat, agar tercerahkan yuk simak tips membuat anggaran biaya bangun rumah agar tidak over budget.

1. Konsisten dan tentukan konsep rumah sejak awal.

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

Konsep apakah yang akan sobat VOIRE terapkan pada huniannya kelak? Apakah ingin rumah yang bergaya minimalis, gaya industrial atau gaya klasik?

Vira sarankan untuk menentukan segala hal yang bersangkutan terkait konsep rumah sejak awal. Hal ini diperlukan agar terhindar dari kesalahan dan penyesalan di tengah penggarapan hunian.

Cobalah untuk konsultasi dengan arsitek dan juga kontraktor atau ahli-ahli terkait, sobat pasti akan dapat sedikit terbantu.

Cari juga referensi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber seperti internet, majalah dan juga rumah-rumah yang memang sudah jadi.

Setelah menentukan konsep mana, yakinkan diri sobat untuk konsisten pada konsep yang akan dipilih, karena pada kenyataannya tidak sedikit orang yang ingin merubah konsep rumahnya di tengah-tengah pembangunan.

Selain dapat merubah biaya anggaran, dengan merubah konsep rumah juga bisa menyebabkan pembangunan yang sudah berlangsung gagal lho. Sehingga harus mengulang kembali pembangunan dari awal.

Jangan sampai hal seperti ini kejadian pada sobat dan kerabat yaa, karena pasti biaya yang keluar bisa jadi dua kali lipat atau bahkan lebih.

2. Memilih jasa pembangunan rumah yang tepat

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: Freepik

Setelah yakin dengan konsep yang dipilih dan bertanya pada ahli bangunan atau properti, tentu saja keputusan tetap ada dalam diri sobat. Jika ingin melanjutkan pembangunan, sobat perlu menggunakan jasa bangun rumah yang kredibilitasnya baik.

Vira sarankan untuk memilih jasa kontraktor yang dapat meninjau proyek langsung ke lokasi pembangunan rumah. Tanyakan secara detail terkait proses pembangunan mulai dari bagaimana perencanaan hingga selesai pelaksanaannya.

Bagaimana proses pembayaran proyek yang berlaku pada jasa kontraktor tersebut, seperti apa langkah awal pembangunan dan apakah ada garansi jika hasil yang sudah dikerjakan ada masalah ?

Sobat juga perlu memberikan tenggat pengerjaan agar target waktu jelas dan rumah yang #benarbenaridaman bisa segera ditempati secepatnya. Sobat sendiri juga harus rajin untuk mengawasi progres pembangunan rumah dari awal hingga beres.

3. Ketat Menghitung Biaya Bangun Rumah

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: Freepik

Setelah menentukan konsep rumah yang #benarbenaridaman dan jasa pembangunan rumah atau jasa kontraktor yang tepat, ada baiknya untuk membicarakan kembali terkait anggaran biaya bangun rumah yang sudah ditentukan agar tidak terjadi over budget.

Utarakan kemampuan dan keinginan sobat dalam hal anggaran biaya bangun rumah kepada pihak terkait agar menemukan jalan keluar untuk hasil rumah yang maksimal.

Bagi Vira melakukan perencanaan matang mengenai anggaran saat membangun rumah sangat penting dilakukan untuk memonitor penggunaan uang.

Apabila ingin melakukannya secara mandiri atau sendiri, aturlah perkiraan berapa uang yang dimiliki dan pengualaran dana seusai perencanaan.

Membuat anggaran biaya rumah juga bertujuan untuk memantau harga material yang naik-turun, perangkat keras, perangkat halus dan biaya tukang yang akan mengerjakan.

Setelah itu alokasikan juga biaya bangun rumah untuk ruangan penting dan ada baiknya untuk menyusun skala prioritas perabotan.

Hitung semua dalam satu tabel pengeluaran serta pemsaukan. Pikirkan secara matang ketika ada hasrat yang tiba-tiba datang ingin merenovasi atau membeli perabotan rumah tertentu.

Tidak lupa untuk melakukan survey harga, karena hal ini juga sama pentingnya dilakukan ketika sedang dalam tahap perencanaan. Sobat bisa membandingkan harga jual melalui satu toko dan toko lainnya atau cukup berjelajah di internet.

4. Terapkan skala prioritas pada ruangan dan juga perabotan

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: Pinterest

Setiap orang pasti ingin mewujudkan impiannya pada hunian yang akan dibangun. Misalnya bagi sobat yang memiliki hobi bermusik, pasti memiliki impian ingin mempunyai studio musik sendiri di dalam rumahnya.

Pada kenyataannya hal-hal seperti diatas itulah yang dapat membuat anggaran biaya di rumah akan membengkak. Padahal sobat tentu masih harus memenuhi kebutuhan bangun rumah yang tentunya lebih penting.

Maka dari itu ada baiknya untuk mendahulukan pembangunan ruangan-ruangan utama terlebih dahulu. Misal dengan memprioritaskan ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan, dapur hingga toilet.

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: Pinterest

Sama halnya seperti ruangan, perabotan juga juga perlu diprioritaskan mana yang penting atau hanya sekedar keinginan saja.

Perabotan yang perlu sobat prioritaskan seperti kursi ruang tamu, sofa, kasur, dapur dan sebagainya yang sekiranya penting dan tak boleh terlupakan.

Pastikan juga segala komponen seperti ventilasi dan interior telah memadai. Khusus untuk toilet, segera lengkapi dengan fasilitas krusial seperti closet hingga fasilitas air. Seperti halnya dengan keberadaan westafel di ruang makan.

Setelah ruangan utama dan juga perabotan prioritas, barulah isi dengan perabot bersifat hiburan tergantung selera.

5. Pertimbangkan Kualitas Material Bangunan

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: VOIRE Project

Sobat perlu mempertimbangkan kualitas pada setiap perabotan agar tidak salah pilih dan sampai mengalami kerugian. Ada salah satu cara yang sering dilakukan adalah memperhitungkan kualitas material bangunan.

Pastikan semua dana telah aman dan diatur sehingga tidak kaget saat melihat besaran pengeluaran. Cobalah tekan biaya bangun rumah yang tidak terkendali dengan menggunakan bahan-bahan produksi dalam negeri.

Karena menurut Vira membangun rumah yang berkualitas tidaklah harus mahal atau memakai bahan-bahan yang diproduksi dari luar negeri.  

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

source: pinterest

Sobat bisa menghemat biaya dengan cara menggunakan bahan bangunan lokal seperti bamboo, kayu dan masih banyak lagi.

Itu dia tips membangun rumah agar tidak melebihi batas dana yang sudah direncanakan. Membuat rumah sendiri kerap kali dilakukan orang agar mendapatkan hunian yang terbaik.

Yuk coba terapkan tips yang Vira paparkan diatas karena tentu harus ada pembuatan anggaran biaya pembangunan rumah. Hal ini ditujukan agar biaya bangun rumah tidak melenceng sehingga tak menguras kantong.

Tentu yang sudah Vira paparkan diatas sangat penting lho, karena dari pengalaman beberapa orang memilih rancangan sesuai keinginan pribadi tanpa berpikir panjang.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada sobat, Vira sarankan untuk menggunakan jasa konsultan kontraktor interior. Sobat bisa membicarakan mengenai anggaran budget yang dimiliki untuk membangun rumah idaman sobat.

Jangan khawatir harga bangun rumah menjadi lebih mahal, karena sebenarnya dengan jasa konsultan interior membantu sobat untuk menghindari terjadinya kebocoran anggaran biaya.

5 Tips untuk Mengatur Biaya Bangun Rumah agar Tidak Over Budget

 source: VOIRE Project

Untuk sobat VOIRE yang masih mencari jasa konsultan kontraktor yang berkualitas, VOIRE Project bisa menjadi pilihan utama dalam pencarian sobat. Tenang saja sob, meskipun budget yang dimiliki terbatas, namun VOIRE dapat mewujudkan hunian impian sobat.

Nah tunggu apa lagi, yuk hubungi VOIRE Project sekarang juga. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya sob!

Ikuti juga informasi menarik yang juga update lainnya di lama artikel VOIRE Project untuk inspirasi sobat dalam mewujudkan hunian yang #benarbenaridaman.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?