7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini.

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini.

Rumah split level? Ada sudah pernah dengar istilah rumah split level atau bahkan sudah pernah mel...
7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini. 7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini. Rumah split level? Ada sudah pernah dengar istilah rumah split level atau bahkan sudah pernah melihat bagaimana rancangan rumah split level tersebut?
7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini.
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 26 Oktober 2020
Share
2020-10-26

Rumah split level? Ada sudah pernah dengar istilah rumah split level atau bahkan sudah pernah melihat bagaimana rancangan rumah split level tersebut?

Rumah split level sendiri bisa didefiniskan sebagai gaya rumah dimana setiap lantai saling tergantung. Secara umum, biasanya ada dua tangga pendek yang menyambung dua lantai dengan ketinggian level yang berbeda.

Perbedaan level lantai namun tidak benar-benar berada di tingkat lantai yang berbeda merupakan ciri khas dari rumah split level. Nah, desain rumah split level ini mulai dikenal dan populer pada pertengahan abad ke 20 di wilayah Amerika Utara.

Rumah split level kala itu banyak digunakan oleh masyarakat pinggitan kota berkembang yang memang memiliki lahan berkontur. Mulai populer saat perang dunia terjadi namun gaya rumah split level ini makin populer dan kemudian menyebar hingga saat ini.

Keuntungan yang bisa sobat dapatkan ketika menerapkan rumah split level ini karena dapat memberikan suasana rumah yang lebih luas dan tampak terbuka pada hunian. Hal tersebut juga membuat rumah split level lebih terasa akrab dan homey karena antar ruang yang terhubung memiliki tangga tanpa sekat masif.

Dengan rancangan rumah split level yang baik, kehadiran rumah split level bisa memberikan efisiensi ruang yang jauh lebih baik. Sobat bahkan bisa mendapatkan ruang-ruang lebih untuk fungsi tambahan dengan memanfaatkan konsep split level ini.

Karena pada dasarnya rumah split level memiliki konsep yang terbuka, rumah split level secara tidak langsung akan memberikan sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang lebih baik pada hunian.

Tidak hanya mengatur sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan, penerapan yang tepat membuat rumah split level dan juga bisa menangkap sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang jauh lebih baik dari pada rumah tingkat biasa.

Siapa nih sobat VOIRE yang punya rumah di daerah bukit dengan tanah berkontur? Desain rumah split level cocok banget lho untuk sobat aplikasikan disana. Selain itu membangun rumah split level ini juga merupakan salah satu cara untuk mengakali rumah dengan ruang terbatas.

Tidak hanya kelebihannya saja yang Vira beri sorotan, namun kekurangannya juga akan Vira bahas untuk informasi bagi sobat VOIRE.

Dengan perbedaan level yang bervariasi setiap lantainya serta konektor berupa tangga sudah bisa dipastikan bahwa konstruksi dari rumah dengan desain split level di dalamnya ini akan jauh lebih rumit alias tidak sesimpel rumah pada umumnya.

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: google

Konstruksi yang terbilang rumit ini juga berarti bahwa rumah split level mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada rumah bertingkat biasa.

Dan satu hal lagi, rumah split level bisa dikatakan “tidak ramah” untuk balita dan lansia. Dikarenakan banyaknya penggunaan anak tangga dan juga terdapat  perbedaan level. Hal ini memiliki potensi resiko terjadinya kecelakaan yang lebih tinggi.

Meskipun begitu dengan menerapkan desain split level minimalis, sobat bisa menambahkan ruang di rumah tanpa perlu memperluas lahan. Kali ini Vira akan membahas inspirasi rumah split level yang #benarbenaridaman. Simak ya!

1. Desain Rumah Split pada lahan mungil

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: pinterest

Untuk sobat yang memiliki rumah dengan luas lahan 6 x 10 tentu dapat dikategorikan sebagai ukuran rumah yang mungil. Namun, sobat bisa merancang rumah ini menjadi rumah split level minimalis dengan desain yang cantik.

Seperti halnya pada gambar yang Vira tampilkan, dapat sobat lihat bahwa ruang yang sempit dapat dimanfaatkan membuat tangga minimalis yang cantik.

Agar rumah memiliki kesan yang hangat dan natural, sobat bisa menggunakan tangga dan lantai yang terbuat dari kayu. Rumah juga akan terasa lebih cozy.

2. Desain Rumah Split Level yang Minimalis

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: pinterest

Rumah dengan ruang tambahan antara lantai 1 dan lantai 2 dapat digunakan sebagai ruang bersantai. Seperti gambar diatas agar ruangan terkesan luar, coba untuk menghindari membuat sekat pada setiap tingkat.

Lalu pilihlah warna lantai yang cerah untuk memberikan kesan yang luas. Dengan tampilan perabotan yang minimalis sukses membuat ruangan menjadi ruang favorit untuk berkumpul bersama keluarga tersayang.

3. Desain Rumah Split Level Modern

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: pinterest

Dekorasi yang sederhana dan tata letak yang rapi adalah ciri khas desain rumah dengan interior yang modern.

Dengan menerapkan warna-warna simpel yang dipadukan dengan beberapa elemen yang kontras sukses membuat kesan rumah split level tampil kekinian. Selain itu cobalah untuk menggunakan kombinasi warna yang memberikan kesan cerah seperti putih dan krem.

Interior rumah split level sobat dapat bertambah cantik dengan menambahkan jendela besar agar ruangan mendapatkan sorotan sinar matahari yang cukup.

4. Desain Rumah Split Level Japandi pada rumah sempit

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: pinterest

Area sempit bukanlah menjadi penghalang bagi sobat untuk menciptakan hunian dengan banyak ruang. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan desain rumah split level minimalis.

Dalam lahan seukuran 6 x 12, tentu sobat akan sangat terbatas dalam membuat ruang. Namun dengan penambahan ruang di antara lantai dasar dan langit-langit, sobat bisa membuat rumah seolah-olah tampak besar.

Ruang tambahan tersebut dapat sobat gunakan untuk beragam fungsi, semisal sebagai ruang kerja, ruang makan atau ruang untuk bersantai. Nah dengan demikian, solusi membuat ruang pada lahan terbatas pun terpecahkan.

5. Desain Mewah untuk Rumah Split Level

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: pinterest

Meskipun rumah split level sering diterapkan pada hunian minimalis yang berukuran kecil, bukan berarti teknik split level tidak dapat memberikan kesan yang mewah.

Untuk sobat VOIRE yang memiliki rumah dengan lahan yang cukup luas, tidak ada salahnya loh untuk mencoba desain rumah split level yang memiliki tampilan elegan.

Ruang split level pada hunian mewah ini tentu dapat sobat gunakan untuk dijadikan ruangan yang menunjang beragam kebutuhan semisal untuk sekedar bersantai, berolahraga atau sebagai ruang makan.

6. Rumah Split Level Simpel khas Asia

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: pinterest

Desain yang satu ini cocok untuk sobat VOIRE yang menyukai hunian mungil ala korea, jepang dan china. 

Gaya desain rumah khas Asia ini bisa dilihat dari elemen kayu pada penyangga plafon, pintu dan lantai. Agar ruangan tidak terkesan sesak karena atap yang rendah, sobat bisa memasang jendela berukuran besar, agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari masuk rumah.

Ruang tambahan berukuran kecil di sela antara lantai dasar dengan langit-langit itu bisa dimanfaatkan sebagai ruang bermain anak, atau tempat menyimpan berbagai barang.

7. Rumah Split Level “House at Pasteur”

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: google

Konsep rumah split level juga diterapkan oleh arsitek dari ADDO Architecture pada karya House At Pasteur.

Dengan konsep yang modern dan juga minimalis serta didominasi warna putih, jelas konsep rumah split level ini berhasil membuat rumah terasa lebih lapang, terbuka dan terang tanpa perlu mengeksploitasi pencahayaan buatan.

7 Inspirasi Rumah Split Level, Yuk Kenalan Sama Inovasi Rumah Satu Ini

 source: google

Itu dia beberapa hal yang bisa Vira sampaikan terkait rumah split level yang mungkin belum sobat ketahui. Dengan memahami lebih banyak mengenai rumah split level tentu sobat bisa mendapatkan gambaran mengenai rumah split level.

Setelah menentukan gaya rumah yang sesuai dan layak diterapkan pada rumah split level, jangan lupa untuk percayakan custom furniture idaman sobat pada VOIRE Project.

Baca artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?