7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

Pemasangan pagar rumah memiliki banyak manfaat selain memberikan proteksi bagi pemilik rumah, pag...
7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis 7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis Pemasangan pagar rumah memiliki banyak manfaat selain memberikan proteksi bagi pemilik rumah, pagar juga bisa membuat tampilan rumah nampak elegan dan indah. Sekarang ini sedang ngetren lho pagar yang minimalis dengan manfaat yang sama, juga memiliki keunggulan karena biayanya lebih terjangkau.
7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 11 Februari 2020
Share
2020-02-11

Pemasangan pagar rumah memiliki banyak manfaat selain memberikan proteksi bagi pemilik rumah, pagar juga bisa membuat tampilan rumah nampak elegan dan indah. Sekarang ini sedang ngetren lho pagar yang minimalis dengan manfaat yang sama, juga memiliki keunggulan karena biayanya lebih terjangkau. Dengan pemilihan pagar minimalis yang sesuai dan tepat tentunya akan membuat rumah terlihat menawan dan menakjubkan. Dengan penggunaan desain interiror minimalis yang lebih menitik beratkan manfaat dan fungsi untuk rumah itu sendiri. Dengan penggunaan fungsi yang optimal pagar rumah minimalis bisa juga memiliki model dengan berbagai variasi dan inovasi lho sobat VOIRE. Karena dalam pembuatan pagar rumah minimalis itu sendiri sebenarnya tidak ada bataan bentuk dan juga batasan bahan. Namun meskipun demikian pagar rumah minimalis haruslah memeliki beberapa aspek tertentu agar hasil manfaatnya semakin optimal dan fungsional.

Vira rangkum aspek apa aja sih yang harus sobat VOIRE perhatikan jika mau membuat pagar dengan desain minimalis. Yuk kita simak sama-sama.

 

1.  Keserasian dengan Bangunan Rumah

Pagar sebagai media akses masuk rumah yang utama juga memiliki fungsi yang lain yaitu sebagai alat proteksi atau pengaman rumah, juga sebagai media display visual yang utama dan nyata saat seseorang melihat  sebuah bangunan rumah. Pagar rumah juga sebagai penambah ketegasan corak atau model minimalis pada keseluruhan sebuah rumah atau bangunan. Hal ini menandakan sebaiknya sejak awal perencanaan konsep dan model minimalis sudah sangat jelas sehingga pagar yang nanti akan dibangun memiliki keserasian dengan bangunan rumah. Tentunya ini membuat rumah terlihat semakin menawan dan mempesona meskipun Sobat VOIRE hanya menggunakan pagar yang minimalis.

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest

2. Memanfaatkan Warna Netral

Warna pagar dalam konsep rumah minimalis umumnya menerapkan penggunaan warna-warna yang netral seperti warna putih, abu-abu beton, coklat dan hitam. Hal ini untuk mempertegas konsep dan kesan minimalis yang dinilai simple dan agar terlihat warna yang alami. Kesan warna putih dan juga abu-abu beton dalam penerapan konsep minimalis yaitu mengesankan bangunan yang ringan. Sedangkan penggunaan warna hitam dan coklat memiliki kesan bangunan yang kuat dan dapat mempertegas kekokohan bangunan itu sendiri.

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest
  

3. Tinggi Pagar

Ketinggian pagar dalam penerapan konsep rumah yang minimalis sebaiknya memperhatikan aspek fungsi dan juga keindahan arsitektural. Dalam aspek fungsi haruslah diperhatikan bagaimana optimalisasi pemanfaatan pagar dalam fungsi keamaannya, apakah dengan ketinggian satu meter pagar sudah cukup memproteksi rumah atau harus ditambahkan ketinggiannya. Hal ini dapat sobat VOIRE observasi sendiri dilingkungan rumah sobat. Dalam aspek keindahan arsitektural sebaiknya diseusaikan dengan komposisi luas bidang pagar agar tetap terlihat seimbang dengan bagian eksterior rumah atau bangunan.

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest

4. Aksen pada Tampilan Eksterior Rumah

Mayoritas rumah minimalis masa kini yaitu memiliki atap yang cenderung datar dan didominasi garis horizontal. Untuk rumah model ini sangat serasi apabila dipasangkan pagar yang didominasi oleh garis vertikal. Selain itu fungsi dan posisi pagar sebagai akses masuk pertama dapat menjadi aksen ditengah-tengah dominasi kepolosan dinding. Pagar rumah biasanya dijadikan aksen untuk tampilan eksterior rumah minimalis yang memang konsep dasarnya adalah memanfaatkan tren desain bentuk geometri yang tampak sederhana namun tetap elegan.

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest

5. Garis-garis yang Dominan

Elemen dasar yang utama dalam suatu bentuk yang dapat memberikan sentuhan minimalis dan juga elegan untuk pagar rumah adalah motif garis. Motif garis ini dapat mempertegas fasade rumah selain fungsi proteksi. Dominasi motif geometri garis terlihat menyatu dengan desain fasade rumah. Motif pada pagar ini  juga mempertegas dan menyeimbangkan tampilan rumah minimalis. Desain dominasi garis vertikal sudah menjadi ciri khas desain pagar minimalis yang paling sederhana. Saking sederhananya, pagar ini seringkali tidak memiliki panah tajam di bagian atasnya. Sehingga dari segi keamanan sebetulnya kurang maksimal. Namun, desain ini kebanyakan dipakai oleh pemilik rumah cuma berbeda motif dan terjangkau harganya ketika dibuat.

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest

6. Material Pagar Minimalis

Pemilik rumah dengan konsep minimalis dituntut kreatif saat akan menggunakan suatu bahan yang diaplikasikan di pagar rumahnya. Namun pada umumnya besi, tembok beton cetak, tembok acian dan papan kayu merupakan material yang sering atau biasa digunakan karena menampilkan kesan yang minimalis. Untuk menambah kesan alami pada pagar rumah dapat ditambahkan unsur tanaman yang mempunyai kesan minimalis. Misalnya seperti bamboo jepang, bamboo kuning dan golden moneywort. Untuk memaksimalkan fungsi pagar rumah itu sendiri, sebaiknya menggunakan material dan desain yang peduli dengan lingkungan. Seperti penggunaan pagar kayu yang banyak digunakan untuk bangunan rumah minimalis khususnya bagi mereka yang menyukai gaya minimalis klasik. Namun, untuk Anda yang ingin rumah terlihat lebih modern, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali desain pagar kayu dengan tema modern. Pada umumnya, pagar rumah dari material kayu diberikan warna cokelat natural sesuai warna kayu. Namun, banyak juga model pagar kayu dengan warna putih atau warna-warna lainnya yang lebih mencolok. Bagi yang mau rumah sederhana tapi mewah dan menarik bisa menggunakan desain dari kayu. Menggunakan pagar yang terbuat dari kayu, membuat rumah Anda terlihat lebih alami dan asri. Selain membuat rumah terlihat lebih asri dan indah karena adanya motif klasik dari kayu, bahan satu ini relatif lebih murah dibandingkan jenis bahan pagar lainnya. Jika mau lebih menarik dan tidak polos bisa dicat sesuai kemauan. Supaya ada muncul efek klasik jangan lupa tambahin ukiran pada desain pagar. Pemilihan batu alampn bisa dijadikan opsi lho sobat VOIRE masih populer untuk dijadikan bahan sebagai desain pagar. Selain bentuknya yang kokoh dan modern, jenis bahan ini juga mempunyai kelebihan yaitu membuat rumah terlihat lebih menarik dan elegan. Konstruksi pagar haruslah kokoh, kuat, dan juga harus tetap terlihat indah. Selain berfungsi untuk melindungi rumah, pagar rumah minimalis juga mempunyai fungsi dari segi eksterior. Sehingga, pemilihan bahan batu alam yang digunakan untuk pagar tidak dapat dipandang sebelah mata. Supaya serasi desain pagar dengan bahan batu alam harus diperhatikan dengan kecocokan bentuk rumah supaya enak dipandang mata. Jenis pagar minimalis dari materi batu alam dapat membuat rumah terlihat lebih alami dan natural.

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest

7. Perpaduan Gaya Arsitektur

Berbagai variasi gaya arsitekktur yang kian bertambah setiap tahunnya menandakan bahwa Perkembangan desain interior yang berkembang pesat. Maka dari itu semakin muncul juga ide-ide kreatif orang-orang dalam memadukan gaya arsitektur salah satunya memadukan gaya arsitektur pada pagar. Pada desain pagar rumah minimalis, gaya minimalis yang mempunyai nilai dankesan yang lebih modern ternyata bisa dipadukan dengan gaya vintage atau rustic yang terkesan lebih kuno. Pagar tembok yang terbuat dari batu alam dan pintu pagar minimalis yang terbuat dari papan kayu bisa dikombinasikan bersama dan menciptakan unsur kesederhanaan yang alami dan juga apik lho sobat Voire, siapa bilang gaya minimalis membosankan? Yuk kita variasikan agar lebih variative seperti yang satu ini contohnya!

7 Tips Mewujudkan Pagar Elegan yang berkonsep Minimalis

 source : pinterest

Setelah membaca berbagai aspek yang bisa divariasikan saat membangun pagar dengan konsep minimalis? Mana cara favorit sobat VOIRE? Pasti bingung karena semua variasi caranya sangat menginspirasi dan membuat sobat ingin menerapkan semuanya dirumah. Nah sekian informasi yang bisa Vira kasih yaa. Semoga bermanfaat dan juga menginspirasi!

 

baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?