8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

Memilih tinggal di apartemen saat ini menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Lagi pu...
8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen 8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen Memilih tinggal di apartemen saat ini menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Lagi pula dengan menipisnya lahan di kota-kota besar membuat harga rumah tapak menjadi sangat tinggi.
8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 15 Februari 2021
Share
2021-02-15

Memilih tinggal di apartemen saat ini menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Lagi pula dengan menipisnya lahan di kota-kota besar membuat harga rumah tapak menjadi sangat tinggi.

Saat ini juga tren apartemen dimulai sekitar 10 tahun lalu. Saat ini, hampir di setiap kota besar yang sobat VOIRE jumpai terdapat apartemen. Hunian ini menawarkan kepraktisan untuk menunjang kehidupan kaum urban metropolitan.

Maka dari itu, apartemen juga menjadi solusi. Tinggal di apartemen memiliki banyak keuntungan. Biasanya, apartemen lebih dekat dengan pusat kota dan memiliki fasilitas lengkap.

Ketika sobat VOIRE memutuskan untuk tinggal di apartemen, pastinya sobat akan menemukan hal yang baru. Apalagi kalau sebelumnya sobat memang belum pernah tinggal di hunian vertikal, tentunya sobat perlu beradaptasi.

Sebenarnya ada banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu sobat VOIRE ketahui, begitu juga ketika memutuskan untuk tinggal di rumah.

Bagi Vira, apartemen merupakan salah satu hunian yang praktis dan lengkap dengan berbagai fasilitas. Di antaranya seperti lahan parkir yang luas. Jika sobat VOIRE menyewa rumah tapak yang berlokasi di gang sempit.

Pastinya sobat harus memikirkan untuk mencari sewa lahan parkir. Kemudian jika sobat tingga di pinggiran, sobat harus juga mengeluarkan uang bensin lebih atau harus menggubakan transportasi umum hingga berjam-jam untuk pergi berbelanja.

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Sedangkan jika tinggal di apartemen, sobat tidak perlu susah menyususri kemacetan untuk menuju tempat aktifitas sehari-hari, karena apartemen dibuat pada area yang strategis.

Namun, sobat memang harus melakukan sejumlah langkah persiapan tinggal di apartemen untuk beradaptasi. Bisa jadi sobat akan mengalami gegar budaya, tetapi setelah itu sobat akan terbiasa tinggal di apartemen untuk beradapatasi.

Nah pada artikel kali ini Vira akan membahas apa saja yang perlu sobat VOIRE persiapkan ketika akan memutuskan tinggal di apartemen. Yuk simak apa saja!

Tahapan Persiapan Saat Ingin Tinggal di Apartemen

1. Merancang Desain Interior

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Lantaran tinggal di apartemen dengan luas terbatas, maka sobat VOIRE memang harus merancang desain interior dengan baik. Sobat VOIRE harus memiliki perabotan rumah tangga yang multifungsi seperti tempat tidur dan penyimpanan.

Karena ruangan dalam apartemen termasuk ke dalam ruangan yang terbatas, sobat perlu membuat desain interior apartemen ini membuat rak atau tempat penyimpanan barang mulai dari pakaian, peralatan masak dan lainnya.

Pilihlah barang yang berukuran kecil agar ruangan dalam apartemen terlihat lebih leluasa. Memilih barang berukuran kecil seperti meja kerja, coffee table, sofa, kursi atau apapun itu, perabot minimlais menjadi kewajiban.

Agar ruangan dalam apartemen terlihat lebih menyegarkan, sobat bisa memasukkan tanaman di dalam pot dalam desain interior apartemen studio agar lebih menarik. Hal yang sama juga bisa dilakukan ketika sobat merancang desain interior apartemen kecil.

Pilihlah konsep desain ruangan terbuka dalam desain interior apartemen. Tips dan trik lain dari Vira dalam merancang desain interior apartemen adalah membuat custom furniture seperti pada tempat tidur di apartemen.

Mau tidak mau sobat memang harus memesan furniture karena perabot berukuran yang pas untuk apartemen memang sulit.

2. Mulai Berpikir Untuk Mengaplikasikan Hidup Minimalis

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Saat tinggal di apartemen, tentu saja akan membuat sobat tidak bisa memiliki banyak barang terutama barang koleksi seperti sepatu, tas dan lainnya. Sobat memang harus mulai berpikir hidup minimalis menggunakan segala barang yang multifungsi.

Dengan lahan yang terbatas sobat harus menerapkan gaya hidup minimalis. Hal ini membuat sobat harus lebih cermat memilih apa saja barang yang akan menetap di rumah atau dikeluarkan.

Karena apabila menimbun semua barang dikhawatirkan akan membat space di apartemen berantakan dan terasa tidak nyaman.

3. Memeriksa Utilitas Apartemen

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Hal selanjutnya yang perlu sobat lakukan adalah memeriksa utilitas di apartemen dari mulai bagaimana instalasi listrik, air, gas, jaringan internet, saluran air kotor dan juga hingga pembuangan sampah.

Jika ada masalah, tentunya sobat bisa bertindak cepat untuk melaporkan ke pengelola apartemen. Sistem utilitas bangunan umumnya memang berbeda-beda. Maka dari itu ada baiknya sobat langsung tanyakan pada pihak pengelola apartemen yang akan menjadi tempat tinggal sobat.

4. Beradaptasi dengan Banyak Hal

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Tinggal di apartemen tentu berbeda dengan tinggal di rumah tapak, sebenarnya ada sejumlah kekurangan yang perlu soabt VOIRE siasati agar tidak mengganggu kehidupan sobat ketika sudah tinggal di apartemen.

Sobat tidak boleh memiliki binatang peliharaan, dan terkadang ada saja gangguan sinyal telekomunikasi yang membuat susah sinyal dan sebenarnya masih banyak lagi lhoo. Maka dari itu persiapan diri dan mental penting banget ketika memutuskan akan tinggal di apartemen.

5. Bersosialisasi dengan Penghuni Apartemen Lainnya

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Sebenarnya seperti yang sudah sobat VOIRE ketahui, mayoritas penduduk apartemen memang terkesan individualis.  Maka dari itu tidak heran hika sobat baru bertemu tetangga pada satu lantai setelah cukup lama.

Sobat VOIRE bisa meluangkan waktu bersosialiasi ketika bertemu di lift, lobby, gym, area jogging track atau dalam kesempatan lainnya.

6. Melihat Fasilitas Apartemen

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Jika sobat tinggal di apartemen, sebaiknya sobat VOIRE melihat dan memanfaatkan fasilitas yang ada karena sobat sudah membayara IPL (Iuran Pemeliharaan Lingkungan). Sobat kan sudah membayar dengan harga yang lumayan tinggi.

Maka dari itu memang penting ketika harus mengecek fasilitas umum apa saja yang disediakan oleh pihak pengembang. Bagaimana pun spesifikasi dan interior apartemen dibuat  sedemikian rupa untuk menunjang kualitas hidup para penghuni.

Untuk fasilitas umum sobat bisa mengecek ada tidaknya kolam renang, sauna, pusat kebugaranm taman bermain untuk anak-anak dan perpustakaan. Jika memungkinkan cek juga area komersial untuk memenuhi kebutuhan sobat.

Selain itu sobat perlu memperhatikan dan mengenali bagaimana developer atau pengembang dari apartemen yang akan sobat VOIRE pilih. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kasus apartemen yang terlantar karena ditinggal pengembangnya.

7. Mengecek Perangkat Keselamatan dan Keamanan

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Jangan sepelekan hal ini lantaran sobat tinggal di apartemen yang merupakan bangunan tinggi sehingga sobat VOIRE perlu mengetahui  alat pemadam.  Selain itu, sobat perlu mengetahui jalur evakuasi jika terjadi bencana seperti gempa, kebakaran dan lainnya.

Pilihlah juga apartemen dengan keamanan yang tinggi, seperti terdapat CCTV di setiap sudut apartemen. Selain itu, pastikan juga ada security yang beroperasi setiap harinya selama 24 jam dna penggunaan access card untuk penghuni.

Dengan adanya sistem keamanan yang tinggi, hal ini mampu memberikan kenyaman bagi para penguninya.

8. Mencari Tahu Lingkungan Sekitar

8 Hal yang Harus di Persiapkan Ketika Akan Tinggal di Apartemen

 source: pinterest.com

Saat tinggal di lingkungan baru, sobat harus menjelajasi lingkungan sekitar untuk mencari tahu fasilitas yang ada. Misalnya minimarket, salon, coffee shop, restoran, SPBU, taman, sekolah, klinik atau rumah sakit dan berbagai lokasi fasilitas umum lainnya.

Memilih likasi yang tepat merupakan hal penting yang perlu sobat perhatikan. Cobalah memilih apartemen yang memiliki akses jalan yang mudah serta dekat dengan fasilitas penunjang keseharian sobat.

Hindari apartemen yang berada di lingkungan ramai seperti café dan bar jika sobat membutuhkan hunian yang cukup tenang. Bukan cuma untuk hunian, lokasi juga sangat menentukan nilai dari investasi apartemen lho.

Nah itulah 8 hal yang perlu sobat persiapkan ketika akan memilih tinggal di apartemen, Dan yang terpenting bagi Vira adalah pilih apartemen yang tepat sesuai dengan impian dan juga kebutuhan sobat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?