9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

Jika sobat punya rencana ingin merenovasi kamar mandi baik itu mendesain kamar mandi sendiri atau...
9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan 9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan Jika sobat punya rencana ingin merenovasi kamar mandi baik itu mendesain kamar mandi sendiri atau menggunakan jasa bantuan desain interior, ada beberapa hal yang sebaiknya sobat pertimbangkan ya. Salah satu contohnya ada kebutuhan fungsi, keinginan mewujudkan unsusr aestetis, bagaiman penerapansistem perairan sampai bagaimana posisi tata letak kamar mandi tersebut.
9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 10 Februari 2020
Share
2020-02-10

Mempunyai rencana untuk merenovasi kamar mandi? Tentu saja ada pertimbangan dan juga perhatian khusus lho sobat VOIRE. Sebab dari itu orang-orang memilih untuk berkonsultasi pada desainer interior untuk merancang kamar mandi yang sesuai idaman atau juga kamar mandi dengan fungsi khusus tertentu. Perombakan kamar mandi atau membangun kamar mandi rupanya membutuhkan dana yang ngga sedikit.  Jika sobat punya rencana ingin merenovasi kamar mandi baik itu mendesain kamar mandi sendiri atau menggunakan jasa bantuan desain interior, ada beberapa hal yang sebaiknya sobat pertimbangkan ya. Salah satu contohnya ada kebutuhan fungsi, keinginan mewujudkan unsusr aestetis, bagaiman penerapansistem perairan sampai bagaimana posisi tata letak kamar mandi tersebut. Pada artikel kali ini, Vira akan menjelaskan hal apa sih yang harus sobat VOIRE tahu sebelum merombak atau membangun kamar mandi idaman sobat. Yuk kita simak sama-sama!

 

1. Kebutuhan Berdasarkan Fungsi dan Kegunaan Furniture

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Kamar mandi yang berfungsi sebagai tempat membersihkan diri bisa juga lho dijadikan tempat untuk mencuci pakaian sehari-hari. Kebiasaan ini kerap diterapkan oleh beberapa orang saja. Nah bagi sobat VOIRE sendiri penggunaan kamar mandi itu untuk apa saja sih? Yuk dipikirkan terlebih dahulu agar mudah menetapkan furniture apa saja yang akan di simpan di kamar mandi nanti.

Kalau penggunaan kamar mandi nantinya hanya digunakan untuk tempat cuci kecil seperti cuci tangan atau cuci muka atau kamar mandi untuk tamu, kita cukup menyediakan furniture yang sederhana dan esensial saja. Sebaliknya jika penggunaan kamar mandi diperuntukan untuk tempat mencuci dan juga tempat mandi keluarga sebaikanya menggunakan furniture yang nyaman untuk pemakaian bersama ya sobat VOIRE.

 

2. Menentukan Dimana Lokasi Kamar Mandi

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Letak kamar mandi dalam sebuah rumah memiliki banyak pengaruh dalam segala aspek tata letak d dalam rumah. Karena posisinya menentukan bagaimana efisiensi dan fungsi dari kamar mandi itu sendiri. Letak kamar mandi yang ideal menurut Vira sebenernya terletak dengan ruangan lain yang sering menggunakan air seperti dapur dan juga ruang atau tempat mencuci. Kenapa disebut ideal karena akan memudahkan proses instalasi jalur air dan sistem pemanas air yang sebaiknya dipasangkan berdekatan dengan ruang yang sering dipakai menggunakan air. Karena semakin dekat sistem pemanas air dan jalur air semakin efiesiensi dan hemat waktu dalam  penggunaan air. Jika sobat VOIRE ingin menempatkan kamar mandi berdekatan dengan ruang pribadi sobat ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dalam hal tata letak dan sistem jalur air yang dipasang di dalam rumah.

 

3. Mengetahui Jumlah Penghuni Rumah

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Sebenarnya jumlah penghuni rumah sangat menentukan efektivitas penggunaan kamar mandi dirumah. Setiap anggota keluarga yang menggunakan kamar mandi memiliki kebutuhan berbeda dibandingkan dengan pasangan orang lanjut usia atau rumah yang hanya dihuni satu orang. Dengan demikian, Sobat VOIRE bisa menentukan barang atau furniture apa saja yang bisa di simpan dikamar mandi oleh setiap anggota keluarga. Jadi sebaiknya desain kamar mandi ditentukan atau dipengaruhi oleh jumlah penghuni rumah. Apakah sobat memerlukan shower dengan bathtub atau ingin memiliki wastafel lebih dari satu? Peralatan kamar mandi pun sebaiknya disesuaikan dengan desain kamar mandi ya.

 

4. Memperhatikan Luas dan Denah.

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Ukuran luas dari sebuah kamar mandi sebaiknya harus diperhatikan dengan sangat baik. jika kamar mandi dibuat terlalu luas maka akan memakan ruang ruangan lainnya yang berdekatan. Maka dari itu membuat sketsa kasar denah kamar mandi akan memudahkan sobat VOIRE untuk memberikan gambaran bagaimana luas dan denah kamar mandi yang akan dibangun nanti. Denah kamar mandi yang dibuat haruslah meliputi arah pintu terbuka apakah ke dalam atau ke luar. Nah apabila sobat VOIRE kesulitan untuk membuat denah untuk kamar mandi Vira sarankan untuk meminta bantuan jasa desain interior Voire Project agar kamar mandi sobat voire menjadi kamar mandi yang #benarbenaridaman.

 

5. Menganggarkan Dana Membangun Kamar Mandi

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Kamar mandi yang terasa nyaman dan terasa indah merupakan impian semua orang untuk memilikinya. Akan tetapi faktanya beberapa orang hanya memiliki budget yang rendah atau yang tidak sesuai sesuai untuk menciptakan kamar mandi impiannya. Namun dengan penganggaran dana yang tepat serta merencanakan dengan matang bagaimana konsep kamar mandi yang sesuai dengan jumlah budget maka hal ini  akan memudahkan sobat VOIRE untuk mewujudkan kamar mandi impiannya. Nah untuk yang memiliki dana terbatas, ada baiknya mengutamakan fungsi dari penggunaan barang serta kamar mandi itu sendiri ketimbang elemen rupawan dan estetik dari kamar mandi.

 

6. Memperhatikan Lantai dan Dinding

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Kamar mandi merupakan tempat yang sering basah. Maka penggunaan material yang ada di dalam kamar mandi haruslah yang tahan air hal ini tentunya meliputi lantai dan dinding. Bahkan penggunaan cat yang diaplikasikan kedalam kamar mandi sebaiknya menggunakan cat tembok anti air. Karena penggunaan cat tembok biasa pada umumnya akan membuat cat mudah rusak dan tidak tahan lama.

Sebaiknya sobat VOIRE mengaplikasikan keramik pada tembok di area kamar mandi yang basah dan hindari penggunaan wallpaper di dalam kamar mandi yaa, lebih baik wallpaper diaplikasikan di area kering saja untuk mempercantik ruangan. Dan disarankan pula mengaplikasikan lantai keramik yang beralur atau mempunyai motif timbul sehingga membuat lantai tidak terlalu licin ketika berjalan. Jangan menggunakan material kayu untuk lantai kamar mandi ya sobat karena akan mudah berjamur.

 

7. Pertimbangan Luas Kamar Mandi

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Jika terdapat kendala sepertimemiliki keterbatasan ruang di rumah untuk kamar mandi dan tetap ingin membangun kamar mandi utama yang nyaman dan cantik. Ada cara lho untuk sobat VOIRE agar kamar mandi tetap terasa luas dan nyaman. Caranya yaitu mengurangi jumlah pemasangan  furniture, pasanglah furniture yang membuat kamar mandi terasa lebih lega seperti rak yang menempel di dinding biasanya. Sobat juga bisa mengakali dengan mengganti wadah penampung air menjadi shower agar menghemat ruang. Tak lupa pasangkan wastafel di luar kamar mandi. Sobat juga bisa memanfaatkan teknologi sederhana sliding door agar bagian belakang pintu bisa ditantungkan penyangga atau cabinet yang diperuntukkan untuk menyiman peralatan esensial lainnya.

 

8. Perencanaan untuk Area Kering di Kamar Mandi

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Pengadaan area kering dikamar mandi bisa dilakukan jika sobat VOIRE memiliki luas kamar mandi yang dirasa cukup luas. Fungsi area ini antara lain dapat digunakan untuk kegiatan membersihkan badan yang dirasa tidak membutuhkan banyak air seperti menyikat gigi atau sekedar mencuci muka setelah berias. Selain itu area ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan mandi seperti sabun, sampo dan juga stock handuk bersih dan pengering rambut. Pastikan terdapat cukup ruang untuk cabinet atau lemari yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang lainnya.

 

9. Perencanaan untuk Masa Mendatang

9 Hal Penting untuk Kamar Mandi yang Harus Kamu Pertimbangkan

 source: pinterest

Ada baiknya membangun kamar mandi dipikirkan untuk penggunaan jangka panjang. Jika sekarang sobat tidak membutuhkan kamar mandi dengan furniture dan barang-barang yang banyak bukan berarti sobat tidak benar-benar membutuhkannya. Bisa jadi saat jumlah anggota keluarga bertambah ternyata diharuskan untuk menambah satu atau dua item furniture didalam kamar mandi. Nah ada baiknya memikirkan jangka panjang penggunaan kamar mandi hingga 10 sampai 15 tahun mendatang ya!

 

Itu dia beberapa hal yang harus sobat pertimbangkan jika ingin membangun atau merenovasi kamar mandi impian di rumah. VOIRE project selalu siap untuk mewujudkan kamar mandi yang #benarbenaridaman untuk sobat VOIRE lho. Yuk konsultasikan sekarang.

 

baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?