9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

Masalah yang kerap kali dialami oleh beberapa orang yang memiliki rumah dengan ruangan yang sempi...
9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit 9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit Masalah yang kerap kali dialami oleh beberapa orang yang memiliki rumah dengan ruangan yang sempit adalah kebingungan menentukan furniture. Namun tahukan sobat kalau perkembangan inovasi furniture sudah berkembang dengan sangat pesat.
9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Furniture 16 Juni 2020
Share
2020-06-16

Masalah yang kerap kali dialami oleh beberapa orang yang memiliki rumah dengan ruangan yang sempit adalah kebingungan menentukan furniture. Namun tahukan sobat kalau perkembangan inovasi furniture sudah berkembang dengan sangat pesat. Inovasi dan penggunaan furniture di era modern ini banyak yang mengedepankan konsep multi fungsi atau bisa dipakai menjadi fungsi yang lain.

Furniture multifungsi ini dibuat untuk dapat memaksimalkan fungsinya sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan keperluan, misalnya mulai dari sofa yang bisa diubah sebagai kasur ataupun kursi yang bisa juga berfungsi sebagai meja lipat. Tentunya furniture multifungsi ini juga cukup praktis, ringkas dan memiliki daya ketahanan yang lama serta desain yang dapat menunjang aktivitas harian.

Prinsip dari multifungsi ini mengambil konsep desain gaya minimalis. Sehingga furniture multifungsi ini sangat cocok untuk digunakan pada rumah dengan ruangan sempit dan terbatas atau pun rumah dengan konsep desain interior minimalis. Bisa Vira pastikan, furniture dengan konsep multifungsi ini tidak akan menyita kapasitas ruangan sempit. Inilah beberapa inspirasi furniture multifungsi pada ruangan sempit di rumah!

1. Kabinet dinding yang dapat merangkap sebagai meja kerja lipat

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Kabinet dinding yang fungsi awalnya berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan beberapa peralatan atau juga sebagai storage yang hemat ruang karena berbentuk vertikal juga dapat diinovasikan dengan tambahan fungsi meja lipat yang dapat dibuka apabila saat akan digunakan.

Kabinet dinding ini juga dapat sobat gunakan sebagai tempat menyimpan barang keperluan bekerja sobat. Cocok banget lho untuk sobat yang memiliki ruang dan juga budget terbatas namun membutuhkan ruang atau tempat bekerja di rumah. Meja lipat yang merangkap sebagai kabinet dinding ini bisa sobat coba untuk ruang kerja di rumah.

 

2. Bangku dengan fungsi sebagai Tempat Penyimpanan

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Ruang penyimpanan juga merupakan salah satu masalah yang sering kali dijumpai oleh sobat yang tinggal di rumah yang sempit. Sobat bisa mencoba menggunakan bangku penyimpanan yang merupakan salah satu furniture multifungsi yang bisa di tempatkan di berbagai ruangan di rumah sobat. Bentuknya yang ringkas dan juga kecil akan membuat furniture multifungsi ini bisa dimanfaatkan untuk mengisi ruang-ruang pasif yang tidak terpakai, seperti area bawah tangga atau juga pojok ruang tamu di rumah.

Bentuknya yang kecil ini juga dapat membuat ruangan terlihat semakin cantik lho. Sudah dapat dipastikan selain digunakan untuk bangku dan juga penyimpanan, bangku ini dapat sobat jadikan properti dekorasi. Benar- benar multifungsi ya sob!

3. Sofa bed sekaligus coffee table

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Sofa bed merupakan furniture yang paling populer di jajaran furniture multifungsi. Sehingga sudah dipastikan sofa bed ini terdengar tidak asing kan di telinga sobat? Namun sofa bed yang satu ini tidak hanya bisa sobat gunakan untuk sofa dan juga kasur tapi juga sobat bisa menggunakannya sebagai meja kopi atau coffee table.

Konsep dari partisi sofa bed ini biasanya bersifat movable yang berarti dapat digabungkan ke salah satu sisi sofa yang memanjang, maka sofa bed ini juga akan membentuk huruf L bila sisi sebagai coffee tablenya di pisah. Satu benda yang memilki tiga kegunaan ini #benarbenaridaman untuk dimiliki ya sob!

 

4. Tempat Tidur dengan banyak kegunaan

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Tempat tidur multifungsi atau tempat tidur dengan banyak kegunaan ini sebenarnya memiliki konsep ranjang yang bersatu dengan lemari yang terbuka. Dengan desain dipankasur yang lebih tinggi dari ukuran dipan pada umumnya, menciptakan space pada sisi dipan bisa dimanfaatkan sebagai storage atau lemari.

Sobat bisa menempatkan pakaian atau pun koleksi buku dan bahkan semua peralatan di dalam dipan multifungsi ini. Tentunya dipan ini cocok untuk sobat yang ngekos atau tinggal seorang diri di apartemen.

 

5. Mini bar sebagai partisi

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Mini bar sebagai partisi ini cocok untuk diletakan pada tempat-tempat di ruangan transisi untuk rumah yang memiliki konsep ruang terbuka. Mini bar ini memiliki tiga fungsi sekaligus lho sobat VOIRE.

Sobat bisa menempatkan mini bar ini di area antara dapur dan ruang keluarga. Mini bar sendiri bisa sobat gunakan untuk tempat memasak mempersiapkan bumbu, sebagai tempat untuk makan, tempat kerja atau sekedar tempat nongkrong ketika ada tamu yang berkunjung.

Selain itu mini bar ini juga bisa menjadi partisi atau sekat antara dapur dan ruang keluarga atau ruang keluarga dengan ruang tamu. Bagian bawah mini bar bisa sobat manfaatkan sebagai tempat penyimpanan berbagai macam barang seperti buku-buku atau pun perabotan rumah tangga lainnya. Menarik sekali, bukan?

6. Tempat tidur dengan meja belajar di bawahnya

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Kalau sebelumnya Vira membahas tempat tidur dengan fungsi sebagai storage atau lemari, kali ini Vira akan memberikan inspirasi kamar tidur tingkat berupa meja untuk belajar dibawahnya. Penggunaan desain tempat tidur multifungsi ini bisa menjadi solusi untuk ditempatkan pada kamar anak yang ruangnya sempit.

Tempat tidur ini memiliki meja belajar dibawahnya yang bisa juga dilengkapi dengan laci-laci untuk menyimpan barang. Desain kamar tidur dengan kasur tingkat ini cukup efektif untuk menghemat ruang lho sobat, terlebih lagi sisa space dalam ruangan bisa si kecil gunakan untuk area bebas atau area bermain anak yang menyenangkan.

7. Meja lipat sebagai lemari dan meja makan

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Agar dapur sobat VOIRE senantiasa terlihat efektif dan minimalis, Vira sarankan untuk memilih pilihan furniture multifungsi pada area dapur. Sobat bisa mencoba dengan menggunakan furniture lipat berupa lemari yang bisa beralih bentuk menjadi meja makan. Terlihat dari desainnya yang fleksibel dan sama sekali tidak terlihat bahwa lemari dan meja makan ini nampak seperti satu benda yang sama.

Bagi sobat yang ingin menghemat ruang dalam rumah, penggunaan furniture lipat pun dirasa sangat praktis dan dapat membuat ruangan tetap rapi. Tentunya hal ini disebabkan karena penggunaan mejanya hanya dibuka saat diperlukan saja. Selain untuk meja makan, sobat juga bisa sesekali menggunakannya sebagai meja kerja ketika diperlukan untuk bekerja dari rumah.

8. Cermin merangkap papan setrika

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Cermin memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian seperti memastikan bahwa diri kita terlihat rapi ketika sedang bersiap akan pergi ke kantor, bertemu teman atau sedang akan melakukan kegiatan penting lainnya. Cermin juga dapat membatu sobat melihat pantulan anggota tubuh yang tidak dapat dilihat sendiri.

Namun cermin yang memiliki kaki dirasa hanya membuat ruangan semakin sempit saja walaupun sebenarnya terlihat bagus juga ketika dijadikan sebagai properti dekorasi ruangan. Nah bagaimana dengan cermin multifungsi yang satu ini?

Ide cermin yang bisa diputar secara horizontal ini bisa menjadi tempat papan setrika yang praktis. Kapan lagi nih sobat bisa memanfaatkan barang untuk mempermudah aktivitas harian seperti bercermin dan menyetrika hanya pada satu benda saja? Praktis dang sangat efketif banget ya!

 

9. Meja untuk meningkatkan produktifitas

9 Ide Furniture Multifungsi untuk Ruangan Sempit

 source: pinterest

Tidak punya ruang khusus untuk bekerja karena rumah mungil sobat sudah penuh dengan barang? Jangan khawatir sobat VOIRE, karena coffee table ini sangat multifungsi lho. Meja kopi yang satu ini memiliki tempat yang cukup tersembunyi dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya, tempat ini berfungsi untuk menyimpan barang pribadi milik sobat.

Selain itu permukaan dari meja ini bisa sobat jadikan meja untuk bekerja. Permukaan dari meja ini bisa ditarik dan memperlihat ruang tersembunyi. Bagian meja yang ditarik ini akan terlihat lebih tinggi sehingga meja ini akan cocok digunakan untuk bekerja atau menulis karena permukaannya yang nyaman dan merapat ke arah sofa sehingga dapat meningkatkan produktifitas sobat.

Furniture multifungsi dapat membantu sobat memiliki ruangan yang fungsional sehingga tidak akan memakan tempat, jadi jangan khawatir lagi dengan ruangan sempit yang sobat miliki ya! Apabila sobat VOIRE  kebingungan dimana bisa mendapatkan furniture multifungsi karena memang cukup jarang ditemui di toko-toko besar. Sobat VOIRE bisa memesan furniture multifungsi yang desain dan bentuknya sesuai dengan impian sobat di VOIRE Project.

Sobat bisa langsung mengkonsultasikan keinginan custom furniture impian sobat kepada tim VOIRE Project melalui email atau langsung menghubungi admin via Whatsapp, mudah sekali kan sob? Yuk kunjungi laman VOIRE Project sekarang juga.

Baca juga artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?