9 Jenis Pintu Berdasarkan Material Dan Fungsinya, Kuat Di Cuaca Ekstrim!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

9 Jenis Pintu Berdasarkan Material Dan Fungsinya, Kuat Di Cuaca Ekstrim!

Pintu merupakan salah satu elemen penting yang ada pada rumah, yang memiliki fungsi sebagai akses...
9 Jenis Pintu Berdasarkan Material Dan Fungsinya, Kuat Di Cuaca Ekstrim! 9 Jenis Pintu Berdasarkan Material Dan Fungsinya, Kuat Di Cuaca Ekstrim! Pintu merupakan salah satu elemen penting yang ada pada rumah, yang memiliki fungsi sebagai akses untuk ke ruang yang satu ke ruang yang lainnya serta untuk melindungi privasi dari ruangan tersebut. Selain itu, pintu juga dapat merepresentasikan karakter dari sebuah rumah loh sobat. Lalu, material yang digunakan juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan ruangannya.
9 Jenis Pintu Berdasarkan Material Dan Fungsinya, Kuat Di Cuaca Ekstrim!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 10 Januari 2022
Share
2022-01-10

Pintu merupakan salah satu elemen penting yang ada pada rumah, yang memiliki fungsi sebagai akses untuk ke ruang yang satu ke ruang yang lainnya serta untuk melindungi privasi dari ruangan tersebut. Selain itu, pintu juga dapat merepresentasikan karakter dari sebuah rumah loh sobat. Lalu, material yang digunakan juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan ruangannya. Contohnya, pintu kamar mandi dan pintu kamar tidur tidak bisa atau bahkan tidak boleh menggunakan material yang sama sobat. Karena kamar mandi dan kamar tidur memiliki fungsi yang berbeda.

 rumahkuunik.com

Sebelum sobat bingung dalam menentukan pintu dan material yang tepat, yuk langsung simak aja penjelasan Vira di bawah!

 

9 Jenis Pintu Beserta Fungsinya

 

1. Pintu Kayu

 isibangunan.com

Pintu yang satu ini pasti sering sobat temukan di setiap rumah. Ya betul, pintu kayu adalah jenis pintu yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang karena materialnya yang sangat mudah didapatkan. Selain karena cocok untuk digunakan pada ruangan mana saja, finishingnya yang cantik dapat menambah kesan estetis pada rumah sobat loh. Dalam konstruksinya, pintu kayu dibagi menjadi 2, yaitu solid dan solid engineering. Menurut Vira, pintu kayu solid lebih cocok digunakan untuk luar ruangan (eksterior). Sedangkan pintu kayu solid engineering lebih cocok digunakan untuk dalama ruangan (interior).

 

2. Pintu Panel

 pinterest.com

Pintu panel akan sering sobat temukan pada rumah yang bergaya jadul atau lama. Sama seperti pintu kayu, pintu panel juga merupakan pintu yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang karena harganya yang terjangkau. Selain dari harganya, keunggulan pintu panel lainnya adalah terletak pada desainnya. Karena desainnya yang cukup fleksibel, sobat bisa memberikan variasi dari segi bentuk, desain, dan ukuran. Bahkan, sobat bisa menambahkan kaca pada pintu ini loh!

 

3. Pintu Fiberglass

 google.com

Fiberglass adalah anyaman material kaca. Meskipun begitu fiberglass merupakan material yang ringan, aman, dan juga kuat pastinya. Lalu, pintu jenis ini juga dilengkapi dengan tingkat insulasi yang tinggi. Dengan tingkat insulasi yang tinggi, membuat pintu ini menjadi tangguh menghadapi berbagai macam cuaca, bahkan cuaca yang ekstrim sekalipun sobat. Untuk memperindah tampilan dari pintu ini, sobat bisa memadukan pintu fiberglass dengan pintu panel. Sobat tidak perlu bingung untuk menempatkan pintu ini, karena pintu fiberglass cocok sebagai pintu pada eksterior maupun pada interior rumah.

 

4. Pintu Kaca

 royalglass.co.id

Meskipun lebih umum sebagai sentuhan sederhana atau variasi pada pintu dan jendela, siapa sangka kalau kaca juga cocok untuk dijadikan sebagai material pintu. Sobat khawatir kalau privasi sobat akan terganggu? Tenang, untuk hal tersebut Vira sudah punya solusinya untuk sobat. Sobat bisa menambahkan kaca sandblast yang bersifat buram, dengan begitu privasi sobat akan tetap aman dan terjaga. Untuk penggunaannya, saran dari Vira sih sobat bisa menggunakan pintu kaca berikut sebagai pintu utama. Atau, sobat juga bisa menggunakan pintu kaca berikut sebagai pintu untuk menuju taman. Pintu kaca juga dapat sebagai akses masuk cahaya alami ke dalam ruangan, sehingga rumah sobat akan menjadi lebih hemat energi.

 

5. Pintu Baja

 google.com

Sesuai dengan nama dan material yang digunakan, pintu berikut ini sudah pasti kuat dan tahan lama sobat. Alasan itu lah yang membuat masyarakat memilih untuk menggunakan pintu baja. Selain itu, karena bahannya yang efisien untuk dikonstruksi, membuat pintu baja juga mudah untuk dipasang. Dengan material baja sebagai material utama, sobat tidak perlu khawatir kalau-kalau pintunya akan dimakan rayap deh. Untuk penggunaannya sendiri, karena pintu baja punya desain yang sangat menonjol, menurut Vira pintu yang satu ini cocok untuk digunakan sebagai pintu utama.

 

6. Pintu Aluminium

 kusen.co.id

Selain pintu baja, pintu aluminium juga merupakan salah satu pilihan terbaik masyarakat Indonesia. Selain terbuat dari material yang juga dibenci oleh rayap, pintu aluminium juga memiliki ketahanan yang kuat terhadap kondisi iklim Indonesia. Karena karakter pintunya yang sangat sederhana, umumnya, pintu aluminium digunakan sebagai pintu gudang atau pintu kamar mandi. Sobat pasti tidak mau kan kalau pintu utama pada rumah terlihat membosankan?

 

7. Pintu PVC

 google.com

Pintu PVC atau Poly Vinyl Chloride merupakan material plastik yang biasa sobat temukan pada tanki air atau pipa. Pintu PVC menjadi pilihan banyak orang karena sangat umum di pasaran. Selain itu, pintu PVC juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak heran jika menjadi pilihan banyak orang ya sobat. Umumnya, pintu PVC digunakan sebagai pintu kamar mandi. Hal ini dikarenakan sifatnya yang tidak tahan terhadap cuaca ekstrim, sehingga tidak cocok jika digunakan pada bagian luar ruangan. Dan seperti halnya pintu aluminium, pintu PVC juga memiliki desain yang kurang stylish untuk dijadikan pintu utama pada rumah.

 

8. Pintu Plipit

 rumahkuunik.com

Pintu yang satu ini cukup jarang ditemukan pada hunian Indonesia. Hal ini dikarenakan pintu plipit memang jarang diaplikasikan pada rumah. Pasalnya, pintu plipit umumnya digunakan untuk keperluan beternak saja sobat. Tapi, bukan berarti pintu yang satu ini tidak cocok jika ingin sobat aplikasikan ke rumah loh. Sobat bisa meminta bantuan para ahli untuk hal yang satu ini, karena pintu plipit dapat menghadirkan daya tarik tersendiri yang tidak dapat ditawarkan oleh jenis pintu lainnya. Gimana? Tertarik untuk mencoba menggunakan pintu plipit pada rumah tidak nih sobat?

 

9. Pintu uPVC

 google.com

Pintu uPVC atau Unplasticied Poly Vinyl terbuat dari material yang lebih kuat dari pintu berbahan PVC. “Kok bisa? Padahal kan sama-sama PVC Vir,” Betul, tetapi untuk uPVC materialnya telah melalui proses unplasticied. Proses unplasticied tersebut membuat material uPVC menjadi lebih kuat dan kaku daripada PVC. Tahu tidak sobat, material uPVC juga digunakan sebagai material untuk badan pesawat terbang loh! Jadi, untuk kekuatan dan ketahanannya terhadap cuaca ekstrim sudah tidak perlu diragukan lagi ya sobat. Dan karena alasan itu pula, pintu uPVC cocok untuk dijadiklan pintu pada bagian depan rumah.

Itu dia 9 jenis pintu berdasarkan material beserta fungsinya yang dapat Vira rangkum untuk sobat VOIRE. Jika sobat mencari pintu untuk bagian depan rumah, pastikan pintu tersebut terbuat dari material yang kuat dan tahan terhadap cuaca ekstrim. Selain itu, pastikan juga pintu yang akan sobat pilih nanti memiliki desain yang menonjol. Karena pintu dengan desain menonjol dapat menambah nilai estetis pada rumah sobat nantinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?