9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

Sobat punya rencana untuk membangun rumah? Atau bahkan sedang mempersiapkan untuk membangun rumah...
9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan 9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan Sobat punya rencana untuk membangun rumah? Atau bahkan sedang mempersiapkan untuk membangun rumah? Sebelum sobat mau membangun rumah, kenali dulu nih berbagai jenis pondasi untuk membangun rumah. Karena pondasi rumah atau bangunan yang kuat selalu menjadi faktor yang paling pertama dipertimbangkan dalam membangun rumah tradisional ataupun modern.
9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 15 April 2021
Share
2021-04-15

https://voireproject.com/

Sobat punya rencana untuk membangun rumah? Atau bahkan sedang mempersiapkan untuk membangun rumah?

Sebelum sobat mau membangun rumah, kenali dulu nih berbagai jenis pondasi untuk membangun rumah. Karena pondasi rumah atau bangunan  yang kuat selalu menjadi faktor yang paling pertama dipertimbangkan dalam membangun rumah tradisional ataupun modern.

Vira mau kupas tuntas berbagai macam pondasi bangunan. Karena pondasi ini adalah bagian yang sangan penting dan disesuaikan dengan kebutuhan rumah yang hendak di bangun, jangan sampai salah ya sobat .

Jenis Pondasi Rumah Berdasarkan Fungsinya.

Pondasi Tipe Dangkal

Jenis-jenis pondasi rumah dangkal umummnya dibuat pada kedalaman rendah yaitu hanya 1/3 dari panjang fondasi dengan kedalaman maksimal 3 meter.

Pondasi dangkal digunakan hanya pada wilayah yang kondisi permukaan tanahnya kuat untuk menampung beban bangunan.

 Ada 7 jenis pondasi dangkal yang bisa digunakan yaitu:

1. Pondasi Tapak (Pad Foundation)

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Pondasi tapak atau dikenal dengan nama lain pad foundation, bentuknya dirancang dengan tumpuan yang terpusat pada satu titik sebagai penahan beban bangunan. Pondasi bangunan ini dibuat dengan detail melingkar atau persegi, dengan opsi lain secara bertingkat untuk menampung bobot berat dari kolom.

Pada foundation memiliki struktur pendukung berupa beton dengan tebal sama sebagai pelapisnya. Tiang kedalaman pondasi yang sampai pada tanah keras yang cocok untuk bangunan tinggi dan berdiri di tanah yang lembek adalah jenis pondasi tapak.

Kelebihan jenis pondasi tapak ini adalah harganya yang jauh lebih murah dari sisi harga, galian tanah yang dilakukan lebih sedikit (hanya pada kolom struktur saja), dan untuk bangunan bertingkat, jenis pondasi ini lebih unggul dari jenis pondasi rumah batu belah,batu kali.

2. Pondasi Plat Beton Lajur

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondasi rumah pelat beton lajur digunakan bila luas penampangan yang menggunakan pondasi pelat setempat terlalu besar. Maka dari itu penampang tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar.

Sama dengan jenis pondasi rumah tapak, jenis pondasi rumah ini relative murah. Penggunaannya pada bangunan bertingkat lebih handal dibanding pondasi rumah jenis batu belah, baik sebagai penompang beban vertikal maupun horizontal, misalnya seperti gempa bumi, angin, atau ledakan.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membangun pondasi ini juga terbilang cukup terjangkau dengan ukuran lebar yang identik jika memaki pembanding pondasi batu kali.

3. Pondasi Rakit

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Pondasi rakit atau bisa disebut juga pondasi tikar. Diperuntukan untuk menyebarkan beban dari struktur atas area yang lebih luas. Penggunaan jenis pondsi rumah ini biasanya dilakukan pada kondisi beban kolom atau beban struktural lain yang berdekatan dengan pondasi rumah dan saling berinteraksi.

Keunggulan dari jenis pondsai rumah ini adalah mampu mengurangi penurunan setempat dengan cara plat beton yang akan mengimbangi gerakan berbeda antara posisi beban. Biasanya jenis pondasi tikar ini digunakan pada kondisi tanah yang lunak atau longgar.

Sebagai tambahan penopang di area tanah lunak, raft foundation juga menggunakan bantuan beton bertulang sebagai antisipasi lahan yang memiliki daya tanah rendah.

4. Jenis Pondasi Sumuran

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondsi sumuran adalah jenis pondsi yang dicor di tempat dengan menggunakan komponen bahan bangunan Benton dan batu belah sebagai pengisinya. Jenis pondsi ini digali pada tanah, berdiameter 60-80cm seperti menggali sumur dengan kedalaman mencapai delapam meter. Keunggulan dari jenis pondsi rumah ini, jika lokasi pembangunan jauh sehingga tidak memungkinkan dilakukan trasnportasi untuk mengangkut tiang pacing, maka jenis pondasi rumah sumuran ini adalah pilihan yang tepat.

5. Jenis Pondasi Rumah Strauss Pile

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondasi rumah strauss pile merupakan jenis pondasi rumah yang masuk dalam kategori dangkal. Jenis pondasi ini biasanya digunakan pada bangunan yang bebannya tidak terlalu berat, misalnya untuk desain rumah tinggal atau bangunan lain yang memiliki bentang antar kolom tidak panjang. Kelebihannya adalah volume beton yang digunakan tidak banyak dan ujung pondasi dapat bertumpu pada tanah keras.

6. Jenis Pondasi Umpak

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondasi rumah umpak termasuk ke dalam kategori pondasi dangkal  karena jenis pondasi umpak diletakkan di atas tanah yang sudah menjadi keras dan padat. Penggunaan jenis pondasi ini ditopang oleh pondasi batu batu kali yang ada didalam tanah.

Keunggulanya, jenis pondasi ini membentuk struktur yang sudah lunak sehingga membuat bangunan dapat menyesuaikan dengan gerakan atau sehingga membuat bangunan dapat menyesuaikan dengan gerakan atau goyangan di dalam permukaan tanah. Dengan demikian, bagian tiang pada bangunan tidak mudah retak atau hancur saat terjadi gempa.

Pondasi Tipe Dalam

Jenis pondasi dalam biasanya digunakan pada permukaan tanah yang tidak terlalu kokoh dengan kedalaman pondasi lebih dari 3 meter.

Pondasi dalam biasa digunakan pada bangunan yang ukurannya cukup lebar dengan jarak antar tiang bangunan sekitar 6 meter.

Jenis-jenis pondasi dalam yang biasa digunakan yaitu:

1. Pondasi Tiang Pancang

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondasi tiang pancang adalah suatu konstruksi pondasi yang mampu menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan menyerap lenturan. Kelebihan dari jenis pondasi rumah tiang pancang adah kita akan mendapatkan mutu beton terjamin karena dibuat dengan sistem pabrikasi. Kemudian bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras yang tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga leatan pada sekiling tiang.

2. Jenis Pondasi Bore Plie

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondasi bore pile ini dikenal juga dengan nama caissons. Jenis pondsi rumah ini biasanya dibangun di dalam permukaan tanah dengan cara membuat lubang menggunakan bor, kemudian pondasi dimasukan sampai ke kedalaman tanah yang dibutuhkan.

Keunggulan dari jenis pondasi bore pile ini adalah dapat menahan beban struktur dalam melawan gaya angkat. Selain itu, jenis pondasi ini juga dapat membantu struktur bagian dalam melawan kekuatan gaya lateral.

3. Jenis Pondasi Piers

9 Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

 source:google.com

Jenis pondsi piers merupakan jenis pondasi yang memiliki fungsi untuk meneruskan beban berat structural pada suatu bangunan. Hal ini dilakukan dengan cara menggali tanah sampai dalam, kemudian barulan jenis pondasi piers ini dipasang ke dalam tanah yang sudah digali tersebut.

Jenis pondsi rumah piers ini biasanya dibuat menggunakan beton bertulang pre cast yang membuat aturan perencanaan jenis pondsi piers terhadap balok beton diagfragma harus mengikuti setiap ukuran ketinggian piers terhadap balok beton diaphragm harus mengikuti setiap ukuran ketinggian pondasi yang direncanakan.

Untuk keunggulan pondasi ini adalah memilki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis pondasi menerus.

Bagaimana sobat? apakah sudah tau pondasi mana yang paling tepat untuk rumah impian sobat? tetapi jangan lupa ya sobat dalam memilih atau menentukan pondsi yang akan sobat pakai untuk membangun rumah harus disesuaikan dengan keadaan tanah di tempat yang akan sobat, seberapa besar bangunan yang akan dibuat dan yang tidak kalah penting adalah berapa dana yang harus sobat keluarkan.

 

https://voireproject.com/

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?