Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

Apakah sobat pernah mendengar istilah arsitektur kontemporer? Bisa dibilang gaya arsitektur konte...
Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya Apakah sobat pernah mendengar istilah arsitektur kontemporer? Bisa dibilang gaya arsitektur kontemporer adalah gaya arsitektur abad ke-21 yang berkembang dari berbagai gaya arsitektur yang telat ada selama ini. Meskipun pegitu dalam gaya arsitektur kontemporer sobat tidak akan menemukan satu gaya yang lebih dominan dari gaya yang lainnya. Gaya arsitektur kontemporer ini mulai berkembang sekitar awal 1920-an yang dimotori oleh sekumpulan arsitek Bauhaus School of Design di Jerman. Mereka merespons kemajuan teknologi dan perubaha sosial masyarakat akibat perang dunia.
Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 10 Mei 2021
Share
2021-05-11

https://voireproject.com/

Apakah sobat pernah mendengar istilah arsitektur kontemporer? Bisa dibilang gaya arsitektur kontemporer adalah gaya arsitektur abad ke-21 yang berkembang dari berbagai gaya arsitektur yang telat ada selama ini. Meskipun pegitu dalam gaya arsitektur kontemporer sobat tidak akan menemukan satu gaya yang lebih dominan dari gaya yang lainnya.

Gaya arsitektur kontemporer ini mulai berkembang sekitar awal 1920-an yang dimotori oleh sekumpulan arsitek Bauhaus School of Design di Jerman. Mereka merespons kemajuan teknologi dan perubaha sosial masyarakat akibat perang dunia.

Gaya kontemporer dalam segi bangunannya mulai berkembang pesat pada tahun 1940 hingga 180-an. Dari waktu ke waktu, desain kontemporer menampilkan gaya yang lebih baru, segar dan berbeda.

Gaya ini awalnya muncul dari keinginan untuk merancang dan membangun hal-hal yang berbeda dari yang dilakukan di masa lalu dan hal yang biasa dilakukan hari ini. Arsitektur kontemporer juga memiliki kecenderungan untuk bervolusi atau berkembang menjadi sesuatu yang baru.

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Mengapa demikian? Gaya kontemporer memiliki tujuan untuk melepaskan atau memisahkan diri dari proses dan cara berpikir yang telat menjadi standar umum (yang kurang lebih mengacu pada desain modern).

Gaya arsitektur kontemporer memang bukan pilihan gaya yang paling populer, namun keberadaan arsitektur kontemporer yang dinamis akan selalu memiliki tampat bagi orang-orang yang ingin keluar dari gaya arsitektur yang konvensional dan ingin terlihat lebih berbeda.

Arsitektur kontemporer bukanlah sebuah gerakan arsitektur. Seperti halnya Baroque, Futurisme atau Modernisme, yang selalu dikaitkan dapat menawarkan berbagai pilihan arsitektur, yang berdiri sendiri dan tidak mengikuti apa yang biasanya dilakukan.

Namun, banyaknya variasi yang tercipta dari arsitektur kontemporer tidak menghapus ciri-ciri umum yang ada dari arsitektur kontemporer.

Lekung atau Melekung

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Jika gaya arsitektur pada umumnya mengambil pola garis lurus, maka dalam arsitektur kontemporer, terutama pada bagian eksterior, justru lebih sering menggunakan garis melengkung. Namun, tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk mengombinasikan antara garis lurus dan lengkung ke dalam bagian arsitektur agar terlihat menarik.

Palet Warna Netral dan Tegas

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Secara umum, arsitektur kontemporer lebih condong memakai warna-warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu. Hampir serupa dengan palet warna yang biasa ditemukan pada desain minimalis.

Untuk memberi aksentuasi desain yang memenuhi sepsifikasi gaya kontemporer, jangan ragu untuk tonjolkan elemen dessain dengan warna solid seperti merah, kuning, jingga.

 Komposisi Ruang Tampak Seperti Mengalir

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Karena penggunaan gari lengkung yang dominan, tampilan gaya ini terlihat sangat dinamis dan mengalir secara visual. Arsitektur kontemporer memungkinkan terciptanya komposisi ruang yang berbeda dari umumnya berbidang datar.

Sobat bahkan bisa bereksperimen lebih kreatif dengan bentuk ruangan asimetris. Ruangan dibiarkan terbuka dan terlihat lapang dengan sekat-sekat yang minimal.

Penggunaan garis lengkung juga memungkinkan terciptanya bentuk ruang lain selain kubus. Dalam arsitektur kontemporer, orang melihat bangunan dalam bentuk bulat. Saat arsitektur kontemporer menggunakan garis lurus, akan tercipta komposisi ruang yang lebih unik. Komposisi ruang ini memungkinkan terciptanya ruang interior yang lebih hidup dengan layout yang tidak biasa.

Jika sobat menyukai sesuatu yang tidak biasa, arsitektur kontemporer adalah pilihan yang cocok untuk sobat.

Material Anti-Mainstream

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Bahan-bahan yang digunakan dalam bangunan seperti kaca dan logam lebih sering ditemukan dalam bangunan arsitektur kontemporer, terutama pada bagian atap dan dinding.
Material kaca ini juga mampu menciptakan kesan transparan dan keterbukaan, sangat sesuai dengan konsep kehidupan saat ini. Jenis material yang dikategorikan baru di sini adalah material yang terbuat dari teknologi mutakhir, berbahan ramah lingkungan serta berkelanjutan.

Jendela Super Besar

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Unsur material kaca yang mendominasi membuat sistem bukaan yang lebar pada bangunan. Selain dipasang di posisi yang unik, ukuran jendela yang besar ini menjadi ciri arsitektur kontemporer. Hal ini memaksimalkan sistem pencahayaan alami serta sirkulasi udara sebagai langkah efesiensi energi.

Jika sobat menyukai cahaya alami dan sengat menyukai pemandangan, arsitektur kontemporer dapat menjadi pilihan. Namun, jika sobat memperhatikan privasi dan berencana untuk membangun rumah di perkotaan di mana ada tetangga di dekatnya, perlu diperhatikan mengenai penempatan jendela.

Memperhatikan Aspek Lingkungan

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Dengan mengadopsi fitur ramah lingkuan dalam konstruksi perumahan atau bisa disebut juga Ecohousing, arsitektur kontemporer memiliki tujuan untuk menambahkan karakter hinuan yang ergonomis bagi para penghuninnya dengan cara mengintegrasikan bangunan rumah dengan alam sekitarnya.

Dalam konstruksi perumahan, arsitektur kontemporer memiliki tujuan untuk mengintegrasikan rumah dengan alam sekitarnya. Tujuannya bukan hanya untuk melindungi lingkungan dari gangguan, tetapi juga untuk menambahkan karakter khusus pada rumah

Animated Architecture

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Sifat kreatif dan dinamis yang melekat pada arsitektur kontemporer membuat desain bangunan yang pada dasarnya merupakan benda mati, menjadi terasa lebih hidup. Hal ini juga membuat bagian luarnya terlihat lebih hidup, seolah memiliki unsur animasi alis bergerak.

Contoh Bangunan Kontemporer

Berikut adalah beberapa contoh bangunan instusional dan komersial. Bangunan-bangunan ini dibangun dengan anggaran yang besar, memiliki tujuan untuk menciptakan ide arsitektur baru dan menunjukkan ciri khas dari arsitektur kontemporer.

The Capital Gate Tower

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Gedung ini terletak di Abu Dhabi, Unit Emirat Arab. Bangunan berbentuk melingkar ini, memiliki 34 lantai dengan kemiringan 18 derajat di tengahnya. Kemiringan ini menjadikan The Capital Gate Tower sebagai bangunan paling miring di dunia. Tata letak interior juga memberikan kesan berbeda pada tiap ruangan dan tidak ada kamar yang identik satu sama lain. Bangunan ini didesain oleh perusahaan arsitektur Skotlandia RMJM.

The Auditorio de Tenerife

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Auditorium ini memiliki bentuk bulat dan kanopi melengkung yang menggantung. Kanopi di atasnya juga memiliki bentuk bulat dan tampak seperti melawan gravitasi. Auditorium ini terletak di Santa Cruz de Tenerife, Spanyol. Bangunan ini didesain oleh arsitek Spanyol, Santiago Calatrava.

Sydney Opera House

Apa itu Arsitektur Kontemporer dan Ciri-Cirinya

 source:pinterest.com

Bangunan yang memiliki fungsi sebagai gedung opera ini memiliki bentuk yang mengingatkan kita pada layar kapal atau kulit kerang raksasa. Walaupun bangunan ini dibuat pada tahun 1973, struktur bangunan ini tetap menjadi acuan dari arsitektur kontemporer. Bangunan ini didesain oleh seorang arsitek Denmark bernama Jorn Utzon.

Kalau menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata kontemporer memiliki arti “pada waktu yang sama; semasa;sewaktu; pada masa kini; dewasa ini.” Istilah kontemporer sebenernya baru ada dipertengahan abad ke-20. Pada era sebelumnya, istilah ini sama sekalipun belum populer.

Inilah alasan istilah kontemporer sering disalah artikan sebagai definisi gaya seni modern. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, meskipun sekilas terlihat identik satu sama lain.

Jika sobat menyukai hal-hal yang unik atau tidak biasa, silakan menerapkan desain arsitektur kontemporer pada hunian sobat. tidak ada sesuatu yang pasti atau baku dalam berkreasi gaya kontemporer, karena sobat bisa mengolah desain kontemporer yang terbaik menurut versi sobat sendiri

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?