Apa itu Diffuser dan Humidifier?

Melakukan perawatan udara merupakan cara terbaik untuk memastikan sobat dan keluarga mendapatkan ...
Apa itu Diffuser dan Humidifier? Apa itu Diffuser dan Humidifier? Melakukan perawatan udara merupakan cara terbaik untuk memastikan sobat dan keluarga mendapatkan kualitas udara terbaik di rumah. Apalagi di masa pandemic Corona ini, udara bersih yang bebas dari bakteri dan kuman semakin banyak dicari. Selain kita harus membersihkan udara, membuat ruangan menjadi harum atau wangi juga penting ya sobat. Vira punya beberapa rekomendasi untuk perawatan udara nih untuk sobat.
Apa itu Diffuser dan Humidifier?
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 20 Mei 2021
Share
2021-05-20

https://voireproject.com/

Melakukan perawatan udara merupakan cara terbaik untuk memastikan sobat dan keluarga mendapatkan kualitas udara terbaik di rumah. Apalagi di masa pandemic Corona ini, udara bersih yang bebas dari bakteri dan kuman semakin banyak dicari.

Selain kita harus membersihkan udara, membuat ruangan menjadi harum atau wangi juga penting ya sobat. Vira punya beberapa rekomendasi untuk perawatan udara nih untuk sobat.

Diffuser

Diffuser dikenal dapat menyegarkan aroma ruangan. Diffuser adalah alat yang berfungsi untuk mengubah minyal esensial menjadi uap wangi atau aromaterapi dan menyebarkan di udara, sehingga lebih mudah dihirup. Penggunaan diffuser di dalam ruangan dapat menciptakan suasana yang nyaman. Oleh karena itu, alat ini kerap digunakan untuk menenangkan pikiran mengurangi stress.

Nah diffuser juga banyak macamnya loh sobat gak hanya satu, berikut ini jenis-jenis diffuser:

Diffuser Lilin (Candle Diffuser)

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Diffuser lilin adalah jenis diffuser paling tradisional yang mudah ditemukan dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Diffuser jenis ini memanfaatkan suhu panas untuk menghasilkan uap aromaterapi.

Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan minyal esensial dan air di wadah diffuser, lalu tempatkan lilin yang sudah dinyalakan di bawahnya. Meski praktis dan mudah digunakan, suhu panas pada diffuser ini mungkin dapat mengubah struktur kimia minyak esensial sehingga membuat aromaterapi kurang efektif.

Diffuser Keramik ( Ceramic Diffuser)

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Sesuai namanya, diffuser ini terbuat dari keramik atau tanah liat. Berbeda dengan jenis diffuserlilin yang memanfaatkan suhu panas, diffuer keramik memanfaatkan gelombang suara ultrasonic untuk mengubah cairan minyak esensial menjadi uap aromaterapi.

Cara penggunaanya juga sangat mudah, sobat hanya perlu meneteskan minyak aromaterapi dalam diffuser agar aromaterapi menyebar di udara. Diffuser keramin lebih cocok digunakan di ruangan yang kecil.

Reed Diffuser

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Reed diffuser biasanya dijual satu paket dengan botol minyak aromaterapi. Jenis diffuser ini terbilang unik karena tidak memanfaatkan suhu panas atau listrik, melainkan menggunakan batang rotan.

Batang tanaman ini dapat menyerap minyak aromaterapi yang tersimpan di botol, kemudian melepaskannya ke udara sehingga menghasilkan aroma wangi di dalam ruangan.

Electric diffuser

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Sama halnya dengan ceramic diffuser dan reed diffuser, electric diffuser tidak menggunakan energi panas.

Cara penggunaanya adalah dengan meneteskan minyak aromaterapi atau minyak atsiri ke air, lalu temptkan campuran air dan minyak ke dalam wadah diffuer. Kipas listrik di dalam di diffuser akan menciptakan uap aromaterapi dan menyebarkan ke udara.

Nebulizer Diffuser

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Nebulizer diffuser bekerja dengan cara memecah minyak esensial menjadi molekul kecil sebelum menyebarkannya ke dalam ruangan. Perangkat ini memiliki botol kaca silinder di bagian tengahnya sehingga terkesan elegan.

Kelebihan diffuser jenis ini adalah jangkauannya yang luas, sehingga cocok digunakan di ruangan besar. Akan tetapi, nebulizer diffuser lebih sulit dibersihkan dibandingkan diffuser lain. Selain itu jenis diffuser ini juga dapat menimbulkan suara bising.

Ultrasonic Diffuser

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Ultrasonic diffuser bekerja dengan cara menghasilkan kabut halus sehingga mudah dilepaskan ke udara. Jenis diffuser ini juga berfungsi untuk melembabkan urada ruangan yang kering.

Beberapa ultrasonic diffuser bisa mati secara otomatis untuk mengontrol jumlah minyak esensial yang tersebar ke udara. Tak hanya itu, diffuser ini cenderung lebih murah daripada nebulizer diffuser dan lebih kokoh.

Yang penting untuk diingat sobat, bahawa diffuser tidak terbukti aman dan efektid digunakan sebagai metode untuk menguapakn cairan antiseptic guna mensterilkan udara. Hal ini justru beresiko menimbulkan efek samping, seperti iritasi pada saluran pernapasan dan mata.

Penggunaan diffuser sejauh ini hanya bermanfaat unuk mengoptimalkan manfaat minyak esesnsial. Aroma yang tersebar akan merangsang indra penciuman serta memengaruhi emosi dan sistem saraf. Namun, ini juga tergantung dengan jenis aromaterapi yang sobat pilih ya.

Humidifier

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Humidifier merupakan alat pelembab udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap ke udara. Penggunaan humidifier tidak hanya membuat kelembapan udara terjaga, tapi juga dapat membantu mengatasi iritasi yang dipicu oleh udara kering seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Namun perlu diingat ya sobat, penggunaan humidifier yang berlebihan justru dapat memperbaiki gangguan pernapasan.

Memahami Manfaat Humidifier

Penggunaan humidifier mampu menjaga kelembapan udara sehingga membara beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

Mencegah Sakit Tenggorokan

Sakit ternggorokan bisa terjadi ketika kadar kelembapan di ruangan sangat rendah. Humidifier dapat meringankan kondisi ini dengan cara meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan sehingga mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan dan mecengahnya terulang kembali.

Melembabkan Kulit dan Bibir Pecah-Pecah

Pengunnan humidifier dapat membantu mencegah kulit kering dan bibir pecah-pecah, terutama jika sobat sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Pasalnya, penggunaan AC dalam waktu yang alam dapat membuat udara menjadi kering sehingga menurunkan kelembapan kulit dan bibir.

Mencegah atau Mengurangi Resiko Iritasi Mata

Debu dan partikel asing dapat bertebaran dengan sangat cepat saat uadara kering sehingga  mudah mengiritasi permukaan mata. Dengan menggunakan humidifier, kelembapan udara dapat lebih terjaga sehingga mampu mengurangi penyebaran partikel debu di udara yang memicu iritasi mata.

Meredakan Flu dan Batuk

Flu dan batuk dapat semakin parah jika sobat berada di lingkungan udara yang kering, sehingga penggunaan humidifier dapat membantu meredakan flu dan batuk yang diderita. Bahkan tak hanya itu saja, humidifier juga bermanfaat menghilangkan ketidaknyamanan akibat gejala alergi yang sering menyerang saluran pernapasan.

Namun, kelembapan yang terlalu tinggi juga tidak baik, karena dapat menyebabkan udara ruangan menjadi pengap dan memicu pertumbuhan jamur, bakteri, serta tungau.

Kekurangan Humidifier

Apa itu Diffuser dan Humidifier?

 source:pinterest.com

Beberapa tipe humidifier tidak dilengkapi dengan alat pengukur kelembapan, seperti humidistat atau hygrometer. Hal ini membuat sobat perlu untuk mengecek kelembapan udara di ruangan secara manual agar kelembapan udara tetap tetap terjaga.

Jika udara di ruangan terlalu lembap, pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa meningkat merusak struktur bangunan.

Selain itu, beberapa tipe humidifier menghasilkan suara yang bising ketika mulai bekerja. Namun, sobat bisa menggantinya dengan model ultrasonic yang lebih tenang.

Dibalik kelebih yang dimiliki humidifier, terdapat pula dampak negative yang perlu sobat waspadai jika alat ini tidak dijaga kebersihannya.

Maka dari itu sobat harus memperhatikan kebersihannya dengan cara, membersikan humidifier setiap 3 hari sekali. Bersihkan dengan menggunakan larutan hydrogen peroksida agar pertumbuhan jamur dan bakteri terhambat.

Lalu, ganti air humidifier secara rutin. Sebelum sobat mengganti air humidifier, hendaknya kosongkan tangka humidifier terlebih dahulu. Kemudian keringkan bagian dalam tangki humidifier terlebih dahulu. Kemudia keringkan bagian dalam tangki da nisi kembali dengan air bersih. Sebaiknya gani air humidifier setiap hari.

Jangan lupa menggunakan air sulingan atau demineralisasi, sobat disarankan untuk mengganti air humidifier dengan air sulingan (demineralisasi). Hal ini bertujuan untuk mengurangi debu mineral yang ikut dilepaskan ke udara. Selain itu, membersihkan tangka menggunakan air sulingan juga bermanfaat mengurangi endapan mineral yang memicu pertumbuhan bakteri.

Untuk menjaga kelembapan udara dirumah, pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan ya sobat.

https://voireproject.com/

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?