Apa itu Penangkal Petir? Perlukah Memasang Penangkal Petir Di Musim Hujan?

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Apa itu Penangkal Petir? Perlukah Memasang Penangkal Petir Di Musim Hujan?

Sobat, sepertinya dalam waktu dekat ini musim hujan masih akan terus berlangsung nih. Apalagi jik...
Apa itu Penangkal Petir? Perlukah Memasang Penangkal Petir Di Musim Hujan? Apa itu Penangkal Petir? Perlukah Memasang Penangkal Petir Di Musim Hujan? Sobat, sepertinya dalam waktu dekat ini musim hujan masih akan terus berlangsung nih. Apalagi jika hujan deras, tak jarang dibarengi dengan petir yang datang menyambar. Petir tidak bisa dianggap sepele loh sobat. Karena petir bisa menyambar pohon, akibatnya pohon pun akan roboh dan bisa menimpa apa pun yang berada di sekitarnya. Lebih parahnya lagi, petir bahkan bisa menimbulkan korslet listrik, sehingga berisiko terjadi kebakaran pada rumah.
Apa itu Penangkal Petir? Perlukah Memasang Penangkal Petir Di Musim Hujan?
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 26 Januari 2022
Share
2022-01-26

Sobat, sepertinya dalam waktu dekat ini musim hujan masih akan terus berlangsung nih. Apalagi jika hujan deras, tak jarang dibarengi dengan petir yang datang menyambar. Petir tidak bisa dianggap sepele loh sobat. Karena petir bisa menyambar pohon, akibatnya pohon pun akan roboh dan bisa menimpa apa pun yang berada di sekitarnya. Lebih parahnya lagi, petir bahkan bisa menimbulkan korslet listrik, sehingga berisiko terjadi kebakaran pada rumah. Mungkin sobat pernah mendengar soal penangkal petir. Penangkal petir umumnya dipasang pada rumah bertingkat tinggi yang berpotensi tersambar oleh petir. Terus, perlu tidak sih memasang penangkal petir di rumah? Sebelum sobat memasangnya, ada beberapa faktor yang harus sobat perhatikan terlebih dulu nih. Apa saja? Yuk simak penjelasan Vira di bawah!

 

Apa Fungsi dari Penangkal Petir?

 google.com

Penangkal petir berfungsi sebagai media penghantar listrik dari sambaran kilat yang kemudian diteruskan pada media lain, seperti tanah. Hal ini karena petir yang dapat sobat liat dan dengar gemuruhnya membawa aliran listrik yang sangat besar, bahkan mencapai ribuan volt. Sobat bahkan tidak tahu kapan dan di mana petir akan menyambar permukaan bumi. Namun, umumnya petir menyambar benda-benda yang posisinya dekat dengan awan. Semakin tinggi tingkatan lantai hunian, semakin besar pula kemungkinan hunian tersebut tersambar petir. Tapi bukan berarti rumah mungil atau rumah satu lantai aman loh sobat. Nyatanya, rumah dengan 1 lantai atau 2 lantai pun juga rawan terkena sambaran petir, apalagi jika berada di dataran tinggi. Jika intensitas petir menyambar area rumah sobat cukup sering, menurut Vira lebih baik sobat segera memasang penangkal petir.

 

Jenis Penangkal Petir

 

Penangkal petir memilik dua jenis, yaitu penangkal petir konvensional dan penangkal petir elektrostatis. Hmm… Apa sih bedanya? Yuk langsung aja kita bahas!

 

Penangkal Petir Konvensional

 dekoruma.com

Jenis penangkal yang satu ini telah digunakan sejak zaman dulu. Perangkatnya pun cukup sederhana. Jika sobat mengerti mengenai listrik, sobat bisa membuatnya sendiri karena materialnya yang dapat sobat temukan di toko-toko bangunan. Penangkal yang satu ini cocok untuk sobat instalasikan di hunian atau bangunan kecil, seperti rumah dan tower.

 

Penangkal Petir Elektrostatis

 petirindonesia.com

Penangkal petir elektrostatis atau radius merupakan alat penangkal petir yang memiliki jangkauan perlindungan lebih besar, atau melindungi area dalam radius tertentu. Karena jangakuannya yang luas, jenis penangkal petir yang satu ini cocok untuk bangunan-bangunan besar, seperti perkantoran, pabrik, area tambang, lapangan golf, hingga perkebunan. Penangkal petir elektrostatis mengandalkan head terminal yang terdapat pada ujung penangkal. Semakin tinggi porsisinya, maka semakin luas juga jangkauan perlindungan daerah tersebut dari sambaran petir.

 

Komponen Alat Penangkal Petir

 99.co

Kalau sobat sudah mantap untuk memasang penangkal petir di rumah, jangan sampai sobat sembarang dalam memilih alatnya ya! Jika sobat membeli penangkal petir dengan bahan yang abal-abal, penangkal petir tidak akan berfungsi dengan maksimal dan membuat rumah semakin berisiko loh. Alat penangkal petir diharuskan terbuat dari bahan yang telah memenuhi syarat dan bersifat anti korosi. Beberapa bahan yang memenuhi standar tersebut adalah tembaga serta aluminium. Untuk material tembaga, pastikan sobat memilih tembaga yang memiliki mutu setara dengan tembaga yang umum digunakan pada pengerjaan aliran listrik PLN. Sedangkan untuk campuran tembaga, pilih bahan yang benar-benar tahan terhadap korosi ya sobat.

Alat penangkal petir terdisi dari 3 komponen utama. Apa saja? Berikut adalah 3 komponen utamanya:

 

Head/Air Terminal

Sesuai namanya, head atau air terminal terletak di bagian ujung atas. Pada penangkal konvensional, head atau air terminal memiliki bentuk menyerupai ujung tombak. Sedangkan pada penangkal elektrostatis, head atau air terminal berbentuk cenderung lebih besar dan menyerupai payung. Fungsinya adalah sebagai sasaran dari sambaran petir.

 

Konduktor

Kondukter adalah kaber yang berfungsi untuk mengalirkan tenaga yang tertangkap oleh head menuju grounding.

 

Grounding

Grounding adalah komponen penangkal petir yang berada di dalam tanah. Pembuatan dan peletakannya tidak boleh berada terlalu dekat dengan bangunan rumah.

 

Gimana sih Cara Kerjanya?

 theatlantic.com

Awan memiliki muatan yang bersifat negatif, sedangkan tanah memiliki muatan yang bersifat positif. Maka dari itu, diperlukanlah grounding untuk meredam petir. Grounding dapat dilakukan dengan bantuan alat penangkal petir. Ketika petir akan menyambar, muatan positif dari tanah akan tertarik lewat konduktor ke ujung head. Head yang bermuatan positif akan menarik muatan negarif dari petir, lalu menghasilkam energi listrik yang kembali dialirkan ke tanah lewat konduktor. Energi negatif tadi akan dinetralkan oleh muatan positif yang ada pada tanah sehingga tidak akan menyambar ke mana-mana.

 

Proses Instalasi Alat Penangkal Petir

 tripatrass.com

Kalau sobat sudah membeli atau membuat alat penangkal petirnya, yuk sekarang kita pasang! Berikut adalah langkah-langkah instalasi alat penangkal petir yang bisa sobat ikuti:

  1. Pastikan komponen sistem terpasang erat dan sempurna. Pemasangan yang tidak sempurna akan mengakibatkan sistem penangkal petir tidak bekerja efektif dan rusak ketika tersambar petir.
  2. Tanam ground hingga kedalaman air tanah atau hingga mencapai area basah. Hal ini bertujuan agar listrik dari petir langsung tersalurkan ke tanah.
  3. Tempatkan penangkal pada bagian paling tinggi dari rumah. Pada atap miring, soba harus memasang penangkal pada jarak tidak lebih dari 0,6 meter dari ujung bubungan.
  4. Untuk atap datar atau atap landai yang lebar, pastikan tinggi penangkal tidak lebih dari 15 meter. Jika tingginya lebih dari ukuran standar (6 meter), berikan penyangga pada alat penangkal petir. Hal ini bertujuan untuk menahan penangkal dari terpaan angin.
  5. Pastikan seluruh jaringan perangkat mulai dari kepala penangkal, rangkaian kabel, hingga bagian grounding terpasang dengan benar.

Itu dia serba serbi mengenai penangkal petir yang dapat Vira rangkum untuk sobat. Jangan sampai menganggap sepele petir ya sobat, karena sambaran petir tidak bisa diprediksi. Petir sewaktu-waktu menyambar pohon yang mengakibatkan pohon menjadi roboh dan menimpa sesuatu di sekitarnya. Untuk mencegah hal itu terjadi, sobat bisa memasang penangkal petir di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?