Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

SP3K merupakan salah satu dokumen penting yang diperlukan untuk membeli rumah dengan KPR.
Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman SP3K merupakan salah satu dokumen penting yang diperlukan untuk membeli rumah dengan KPR.
Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 15 Desember 2020
Share
2020-12-17

Untuk sobat VOIRE yang sudah memiliki target untuk memiliki rumah idaman di tahun 2021 pasti sudah merencanakan dan mempersiapkan banyak hal untuk mewujudkan impian tersebut.

Sobat VOIRE juga mungkin lebih familier dengan istilah suku bunga, DP rumah, plafon, biaya KPR dan akad. Dan pada kenyataannya membeli rumah secara tunai umumnya memang lebih mudah dan praktis dengan proses yang tidak terlalu bertele-tele.

Berbeda halnya dengan membeli rumah melalui proses KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Membeli rumah dengan cara ini tentu membutuhkan proses panjang, termasuk salah satunya mengurus SP3K atau Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit.

SP3K merupakan salah satu dokumen penting yang diperlukan untuk membeli rumah dengan KPR. Tentunya membeli rumah secara kredit memang membutuhkan proses yang lebih panjang dibanding dengan membeli rumah secara tunai.

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

 source: freepik

Pasalnya ada beberapa dokumen yang harus dilalui dan dokumen yang juga wajib dilengkapi. Surat ini juga memiliki masa berlaku yang ditentukan oleh pihak bank terkait, maka jika masa berlaku surat tersebut habis, sobat perlu mengajukan pengajuan ulang.

Agar proses KPR rumah berjalan lancar, Yuk pahami SP3K lebih dalam.

Pengertian SP3K

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

 source: freepik 

Seperti yang sudah dibahas di atas, SP3K adalah singkatan dari Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kresit yang dibutuhkan untuk membeli rumah dengan KPR. Surat ini diberikan oleh pihak bank kepada calon nasabah KPR jika telah memenuhi persyaratan pengajuan kredit kepada Bank.

Ketika sobat berencana untuk membeli rumah dengan pembayaran KPR, sobat akan menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan kepada pihak bank. Setelah itu, bank akan melakukan analisis terhadap data dan juga keuangan sobat.

Tentunya hal ini meliputi wawancara, survei validasi identitas seperti alamat rumah, pekerjaan dan referensi keluarga. Pihak bank juga akan melakukan proses penilaian serta kalkulasi harga properti yang sobat ajukan.

Setelah proses analisis selesai, bank akan memutuskan persetujuan pengajuan KPR sobat. jika KPR disetujui, maksimal dalam 14 hari kerja bank akan memberikan surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit atau disingkat SP3K.

Surat ini menjadi bukti sah dan kuat yang dikeluarkan oleh bank dan menyatakan pengajuam kredit KPR diterima. Di dalam SP3K tertera hal-hal yang berkaitan dengan KPR, termasuk jumlah pinjaman dan cicilan per bulan.

Fungsi SP3K untuk Pembelian Rumah

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

 source: freepik 

Sesuai dengan namanya, SP3K berfungsi sebagai bukti persetujuan kredit sobat di Bank yang dituju telah diterima. Biasanya setelah menerima surat ini, tidak lama lagi KPR yang sobat VOIRE ajukan akan cair.

Sobat perlu mempelajari dengan baik apa saja yang terdapat di dalam SP3K. Nah surat ini berisi informasi dan perjanjian berupa plafon yang diberikan, peruntukan untuk membeli rumah, jumlah bunga, jangka waktu hingga jumlah angsuran rumah setiap bulan.

Pada proses ini sobat bisa meminta bantuan notaris untuk memperlajari lebih lanjut tentang perjanjian yang akan sobat lakukan dengan berbagai pihak bank.

Selain itu, surat ini bisa sobat gunakan sebagai jamnian kalau sobat membutuhkan dana untuk menebus Surat Hak Milik (SHM) suatu properti atau hendak melakukan take over rumah.

Untuk melakukan hal itu sobat juga perlu menyertakan fotokopi KTP, KK, akta nikah, IMB, PBB tahun terakhir dan fotokopi SHM atau SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) yang ingin sobat tebus.

Masa Berlaku SP3K

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

 source: freepik 

Surat ini memiliki masa berlaku yang terbatas sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak bank terkait. Beberapa bank memberikan masa berlaku hingga 3 bulan, namun juga ada bank-bank yang hanya memberikan 1 bulan masa berlaku.

Masa berlaku ini harus diketahui dengan pasti sebab sobat harus membuat pengajuan lagi jika sobat melakukan proses jual beli melebihi batas waktu yang tertera. Perlu sobat ketahui, ketika melakukan proses pengajuan ulang, ada kemungkinan plafon pinjaman untuk turun.

Sobat perlu memahami bahwa SP3K memiliki masa berlaku yang singkat. Setiap bank juga memiliki kebijakan yang berbeda. Contohnya, SP3K yang dikeluarkan oleh BNI dan BTN hanya memiliki masa berlaku 3 bulan. Sedangkan Mandiri dan CIMB Niaga hanya sekitar 1 bulan saja.

Yang Perlu Sobat Tahu Tentang SP3K dalam Pembelian Rumah

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

Selain berfungsi sebagai surat bukti persetujuan kredit, SP3K bisa digunakan sebagai jaminan apabila sobat membutuhkan dana pinjaman untuk biaya take over rumah atau untuk menebus Surat Hak Milik.

Namun perlu sobat ketahui, dana ini dikeluarkan oleh funder pribadi, bukan bank karena bank tidak menyediakan fasilitas tersebut. Untuk itu, sangat penting bagi sobat memilih funder terpercaya.

Sobat juga wajib mempelajari tenor, bunga pinjaman, cara pembayaran dan persyaratan dengan sangat baik dan matang.

Biasanya, selain SP3K sebagai jaminan, syarat yang harus dipenuhi adalah fotokopi KTP sobat dan pasangan jika sudah menikah, kartu keluarga, buku akta nikah, fotokopi SHM atau SHGB yang mau ditebus, PBB tahun terakhir dan juga IMB.

Apa Saja Yang Tercantum dalam SP3K

Apa Itu SP3K dalam Membeli Rumah? Yuk Pahami Pentingnya SP3K Sebelum Beli Rumah Idaman

 source: freepik

Sebagi informasi untuk sobat, surat ini mencantumkan informasi-informasi penting terkait pengajuan KPR, yaitu angka pinjaman, jumlah bunga, tenor dan jumlah cicilan per bulan yang harus dibayarkan.

Dalam surat ini juga tercantum berapa nominal angsuran pertama yang harus dibayarkan dan biaya-biaya lain yang diperlukan untuk proses KPR tersebut.

Pada umumnya biaya ini adalah biaya notaris, Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT), penilaian, administrasi dan premi asuransi yang perlu disetorkan ke rekening KPR.

Selain itu, SP3K juga memuat persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi agar proses KPR dapat berlangsung. Sobat harus memahami dengan teliti setiap bulir persyaratan dan ketentuan yang tercantum, jika perlu mintalah bantuan notaris.

Gimana nih sob? Setelah membaca ulasan di atas, sobat sudah bisa lebih paham mengenai SP3K kan? Dengan memahami SP3K, Vira harap sobat dapat membeli rumah yang #benarbenaridaman dengan lancar ya!

Ohhiya sob, jangan lupa baca artikel dengan irnformasi bermanfaat lainnya di laman artikel VOIRE Project! Selain artikel, sobat juga bisa membeli furniture dan dekorasi rumah secara online. Selamat mewujudkan rumah impian ya!

Apabila sobat VOIRE membutuhkan jasa desainer interior untuk tampilan interior dalam hunian sobat, Tim Desainer VOIRE Project selalu siap membantu sobat untuk memilihkan desain mana yang cocok dengan kepribadian dan kebutuhan sobat.

Dari proses desain hingga proses produksi tentunya akan ditangani oleh ahlinya yang professional. Yuk hubungi VOIRE Project sekarang juga!

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?