Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

Vitrase merupakan salah satu benda yang bisa sobat pasangkan pada jendela rumah untuk mempercanti...
Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase Vitrase merupakan salah satu benda yang bisa sobat pasangkan pada jendela rumah untuk mempercantik tampilan dari interior rumah. Selain ruangan rumah sobat bisa terlihat menarik, vitrase juga mampu untuk melindungi rumah sobat dan memberikan privasi lebih supaya orang dari luar sulit untuk melihat bagian dalam rumah sobat. Nah, sobat sudah tau belum apa itu vitrase? Hampir seluruh rumah memiliki jendela pada rumahnya. Apalagi bagi sobat yang menyukai desain rumah yang memiliki banyak jendela dan mendabakan sirkulasi udara dan sinar yang baik.
Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 02 September 2021
Share
2021-09-02

https://voireproject.com/

 

Vitrase merupakan salah satu benda yang bisa sobat pasangkan pada jendela rumah untuk mempercantik tampilan dari interior rumah. Selain ruangan rumah sobat bisa terlihat menarik, vitrase juga mampu untuk melindungi rumah sobat dan memberikan privasi lebih supaya orang dari luar sulit untuk melihat bagian dalam rumah sobat.

Nah, sobat sudah tau belum apa itu vitrase?

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

 source:pinterest.com

Hampir seluruh rumah memiliki jendela pada rumahnya. Apalagi bagi sobat yang menyukai desain rumah yang memiliki banyak jendela dan mendabakan sirkulasi udara dan sinar yang baik.

Salah satu cara mempercantik jendela rumah adalah dengan memasang gorden pada jendela. Selain mempercantik ruangan, tentu saja godern rumah berfungsi untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke rumah, gorden juga bisa dijadikan pelindung privasi rumah sobat.

Ada banyak variasi gorden yang dijual baik itu toko online maupun di toko gorden. Salah satu jenis gorden adalah vitrase. Vitrase adalah sebuah benda yang mirip dengan gorden dari segi ukuran dan fungsinya.

Vitrase dalam Bahasa inggris disebut dengan vitrage yang artinya sebuah kain tipis yang berfungsi layaknya gorden. Namun, menururt asa kata virtage tersebut, yakni dari Bahasa perancis, benda tersebut sebuah kaca jendela yang dihias sedemikian rupa untuk menutupi privasi di dalam ruangan.

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

 source:pinterest.com

Dari beberapa definisi vitrase tersebut, dapat disimpulkan bahwa vitrase merupakan sebuah benda yang dipadang pada jendela rumah yang terbuat dari kain yang tipis dan bersifat transparan.

Vitarase merupakan sejenis tirai yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan jendela dan sering dipadukan dengan kain gorden.

Manfaat Menggunakan Vitrase

Selain berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya matahari yang masuk ke ruangan, vitrase juga memiliki berbagai fungsi, antara lain:

Bagi sobat yang memperhatikan desain interior, vitrase sangat cocok digunakan untuk meningkatkan keindahan dan kecantikan rumah sobat. rumah sobat akan terlihat lebih tampak elegan.

Vitrase yang terbuat dari kain tips namun hampir transparan ini memiliki berbagai macam motif. Vitrase juga cocok dipadu padankan dengan motif dan desain dari gorden dan rumah sobat.

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

 source:pinterest.com

Saat berada di dalam rumah, vitrase berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya yang masuk ke rumah. Akan tetapi vitrase tidak akan membuat suasana gelap di ruangan karena bahannya yang tipis sehingga masih bisa membuat cahaya menembuh celah-celahnya.

Jika dilihat dari luar ruangan, vitrase dapat menyamarkan kondisi di balik jendela rumah yang tembus padang. Jadi jangan khawatir isi dalam rumah sobat terlihat dari kaca jendela jika sudah dipasangi vitrase.

Privasi sobat pun terlindungi. Selain digunakan pada jendela, vitrase juga digunakan sebagai pengganti pintu untuk pembatas ruangan. Jika terdapat ruangan atau bagian rumah yang tidak berisi pintu, vitrase bisa digunakan sebagai penyekat antara ruangan.

Melihat sejumlah fungsi vitrase seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mungkin saja sobat ingin memilikinya. Bahkan mungkin sobat juga ingin mengkoleksi berbagai macam motif vitrase untuk jendela rumah sobat.

Namun sebelum sobat memberi vitrase, ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan antara lain:

Sebelum memberli vitrase tentunya sobat harus mengukur panjang dan lebar jendela sobat. Hal ini merupakan langkah yang paling dasar untuk sobat lakukan agar ukuran vitrase paas dengan ukuran jendela sobat.

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

 source:pinterest.com

Jika ingin memiliki vitrase dengan motif yang sama, sebaiknya sobat membelinya sekaligus. Tujuannya agar tampilan rumah sobat tetap terlihat serasi. Pilihlah motif yang serasi dengan gorden maupun konsep rumah sobat, agar terlihat lebih cantik dan sesuai dengan selera sobat.

Jangan memilih motif yang terlalu ramai jika sobat ingin nuansa alam di ruangan sobat. perhatikan ketebalan kain vitrase. Pilihlah vitrase yang sesuai dengan keinginan sobat. Jika sobat ingin agar cahaya masuk dengan mudahnya ke ruangan lewat jendela, pilihlah kain vitrase yang tipis.

Namun, jika menurut sobat kain vitrasenya selalu tipis untuk menutup privasi ruangan sobat, maka sebaiknya memilih kain vitrase yang lebih tebal dan bermotif kecil sehingga meminimalisir celah.

Vitrase tersedia berbagai warna. Pilihlah warna vitrase yang sesuai dengan nuansa ruangan yang sobat inginkan. Sebaiknya memilih warna vitrase yang senada dan tidak kontras dengan warna cat dinding di ruangan rumah sobat.

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

 source:pinterest.com

Jenis Kain Vitrase

Tenyata nih sobat, vitrase tidak hanya sekedar lembaran kain tipis untuk menutup kaca jendela rumah saja. Vitrase terbuat dari jenis kain yang bermacam-macam. Tekstur dan tampilannya pun bervariasi, dimana hal ini tentu saja mempengaruhi fungsinya.

Maka dari itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan sobat. Beberapa jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat vitrase adalah sebagai berikut:

Kain Muslin

Kain muslin adalah kain yang berbahan katun yang sangat halus, bisa dipakai untuk membuat vitrase. Biasanya, untuk membuat vitrase dipilih kain muslin yang ukurannya tipis.

Kain Lace

Kain lace adalah kain yang bersifat elastis dan berbahan material jarring. Biasanya kain lace ini dipakai untuk membuat dress atau pakaian wanita. Karena motifnya yang cantik, jika kain ini digunakan untuk vitrase, sudah pasti membuat rumah sobat terlihat semakin cantik.

Kain Voile

Kain voile adalah kain yang terbuat dari katun dan juga campuran katun dengan linen. Kain ini sangatlah lembuat biasanya dipakai untuk membuat jilbab dan sering digunakan sebagai bahan membuat vitrase.

Walaupun sama-samam halus, perbedaan antara kain muslin dengan boile terletak dari hasil tenunya. Dimana kain voile lebih rapat sehingga dengan boile terletak dari hasil tenunnya. Dimana kain voile lebih rapat sehingga menghasilkan efek ringan dan mengembang.

Oleh karena itu, kain ini cocok digunakan untuk pembuata vitrase.

Kain organdi

Kain organdi adalah kain yang bisa dugunakan untuk membuat vitrase. Kain ini msering disebut kain kaca karena teksturnya yang kaku dan mengkilap. Karena teksturnya kaku, jadi kain organdi mudah kusut. Kain ini terbuat dari bahan serat nilon dan serat polyster.

Ada sedikit tips nih dari Vira untuk memilih vitrase di hunian sobat, untuk menyaring cahaya dengan baik, gunakanlah vitrase yang memiliki tekstur tipis dan lembut dan jika sobatmasih ragu, sobat bisa terlebih dahulu membeli contoh kainnya di toko kain.

Apa Itu Vitrase? Kenali Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Vitrase

 source:pinterest.com

Pemasangan vitrase di dalam hunian ini cukup penting ya sobat, jangan sampai terlewat. Dan jangan lupa juga untuk membersihkannya secara rutin.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?