Bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini yuk!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini yuk!

Apabila akhir-akhir ini sobat merasa susah tidur, atau merasa tidurnya kurang nyenyak dan cukup s...
Bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini yuk! Bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini yuk! Apabila akhir-akhir ini sobat merasa susah tidur, atau merasa tidurnya kurang nyenyak dan cukup sering bermimpi buruk, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah tata ruangan kamar tidur yang bermasalah.
Bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini yuk!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 10 Agustus 2020
Share
2020-08-27

Apabila akhir-akhir ini sobat merasa susah tidur, atau merasa tidurnya kurang nyenyak dan cukup sering bermimpi buruk, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah tata ruangan kamar tidur yang bermasalah.

Boleh percaya atau tidak, menata kamar tidur sesuai aturan feng shui bisa membuat kualitas waktu tidur sobat VOIRE meningkat.

Bagi beberapa orang, tidak hanya aspek desain interior kamar saja yang perlu diperhatikan, namun aturan feng shui juga menjadi salah satu perhatian yang dipertimbangkan ketika menata kamar.

Feng shui adalah ilmu tata letak kuno dari Cina yang mengatur bagaimana manusia dan juga alam dapat hidup secara harmonis dan sinergis pada satu ruangan.

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Aspek-aspek feng shui juga dipercaya dapat mengalirkan energi positif yang mengalir ke sekeliling ruangan, sehingga tercipta harmoni ruangan yang nyaman dan juga tenang untuk membantu tidur terasa lebih nyenyak.

Maka dari itu beberapa orang juga percaya bahwa dengan menerapkan feng shui di tempat tingga diklaim dapat membantu memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik lewat aliran energi positif.

Bagi sobat yang ingin meningkatkan kualitas tidur dengan menerapkan prinsip feng shui, Yuk simak ulasan Vira yang satu ini.

Menentukan dimana lokasi kamar tidur yang baik

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Ketika menentukan lokasi kamar tidur sesuai dengan prinsip feng shui, ada baiknya untuk memperhatikan aspek penting seperti sumber bising (suara), suhu ruangan dan juga sirkulasi udara.

Letak atau lokasi kamar tidur yang tepat menurut feng shui kamar tidur idealnya jauh dari ruang keluarga dan kamar tidur yang lain, karena kedua ruangan ini berpotensi mengeluarkan suara yang cenderung bising.

Pilihlah lokasi kamar yang jauh dari dapur dan juga garasi, karena temperatur kamar juga bisa naik apabila letaknya dekat dengan lokasi tersebut.

Selain suhu yang naik, sirkulasi udara juga bisa jadi terganggu. Menurut prinsip feng shui kamar tidur, halaman belakang merupakan lokasi yang paling ideal untuk dijadikan tempat kamar tidur.

Hal ini disebabkan ruangan yang disimpan dekat dengan halaman belakang akan mendapatkan sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang baik. selain itu, sobat juga bisa mendapatkan momen yang terasa lebih privat di sana.

Pengaturan Letak Posisi Ranjang dalam Kamar

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Letak atau posisi ranjang dalam feng shui kamar tidur merupakan sesuatu yang krusial. Hal yang terpenting untuk sobat catat ketika akan menerapkan prinsip feng shui adalah letak ranjang tidak boleh sejajar dan terlalu dekat dengan pintu.

Dalam prinsip feng shui kamar tidur, pintu merupakan penyalur jalan masuknya energi dari luar, apabila posisi ranjang dan pintu langsung berhadap-hadapan, energi dari luar bisa menjadi pengganggu tidur dan bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Selain itu, hindari meletakan kepala tempat tidur di bawah jendela, karena ketika sobat tidur dengan posisi kepala tepat di bawah jendela, tidur akan lebih mudah terganggu akibat energi negatif yang datang dari luar jendela.

Energi negatif yang dimaksud bisa menjadi gangguan berupa suara angin, bebauan, suara bising, cahaya dan juga kehadiran serangga.

Gunakan warna terang dan lembut sebagai warna utama

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Salah satu aturan dalam feng shui kamar tidur berikutnya adalah menghindari penggunaan warna-warna mencolok sebagai warna utama, termasuk untuk warna sprei, gorden minimalis dan juga cat pada tembok kamar tidur.

Feng shui kamar tidur mengutamakan penggunaan warna kulit seperti coklat dan krem, karena warna cerah cenderung membuat sobat akan tetap terjaga.

Sebenarnya warna-warna lembut ini akan membantu menciptakan aliran energi yang tenang, serta dapat membuat tidur sobat terasa nyenyak setiap malamnya.

Namun alternatif bagi sobat yang ingin menerapkan warna cerah dalam kamar adalah dengan menggunakan aksen atau diseimbangkan dengan pencahayaan lampu yang lebih redup.

Pengaturan pencahayaan yang temaram pada malam hari

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Dalam aspek pencahayaan ruangan kamar tidur, prinsip feng shui kamar tidur mengutamakan lampu yang lebih redup untuk menciptakan atmosfer yang lebih rileks dan juga tentram.

Sobat juga bisa menggunakan lilin aroma terapi agar cahaya dalam kamar tidur nampak temaram dan menenangkan.

Manfaat aroma terapi menurut feng shui kamar tidur juga untuk membersihkan energi kotor yang ada di sekitar kamar. Selain membantu untuk sobat merasa lebih rileks, suasana kamar juga bisa menjadi terasa lebih hangat, dan Vira jamin tidur pasti lebih pulas!

Penerangan merupakan salah satu pancaran energi yang perlu sobat perhatikan dengan baik. Meskipun cahaya kuning yang hangat dari lilin dapat memberikan manfaat yang banyak namun tidak disarankan menyalakan lilin semalaman untuk alasan keamanan.

Singkirkan alat-alat yang tidak menunjang istirahat di dalam kamar

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Apabila sobat menginginkan aliran energi yang baik di dalam kamar tidur, Vira sarankan untuk menyingkirkan alat-alat elektronik seperti televisi atau komputer dan juga peralatan untuk berolah raga.

Alat-alat elektronik dalam kamar akan menghancurkan suasana akrab dan intim di kamar tidur, karena alat-alat elektronik akan mengurangi kualitas hubungan sobat dengan pasangan sobat.

Lebih baik letakkan alat-alat elektronik di ruangan lain, seperti TV di ruang keluarga dan komputer di ruang kerja.

Karena pada dasarnya kamar merupakan tempat untuk beristirahat dan bersantai. Maka dari itu singkirkan semua peralatan olahraga sobat. biarkan tubuh sobat untuk beristirahat sepenuhnya di kamar tidur.

Sebenarnya beberapa orang juga pasti sudah mengetahui bahwa poin ini  karena cukup sering dibahas dalam berbagai anjuran ataupun larangan feng shui.

Feng shui memang sangat melarang campur baur antara urusan istirahat dan pekerjaan karena hanya akan menimbulkan dampak yang negative bagi sobat.

Dan yang paling dikhawatirkan ialah, kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan dampak lain seperti stress akibat pekerjaan yang akan secara langsung merusak kualitas tidur sobat.

Pengaturan tata letak furniture dan dekorasi

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Berdasarkan feng shui kamar tidur, ada baiknya furniture yang berukuran besar tidak ditempatkan di sebelah ranjang karena cenderung dapat memberikan kesan intimidatif yang membuat seseorang sulit tidur.

Ranjang juga tidak disarankan bersebrangan dengan cermin dalam kamar. Hal ini disebabkan karena sifat menusia yang sensitive terhadap pergerakan yang terlihat. Nanti bukannya tidur, sobat malah ingin berkaca semalaman.

Selanjutnya, hindari penggunaan furniture gantung seperti rak gantung atau lampu gantung di atas tempat tidur sobat. Karena sudah pasti furniture yang menggantu diatas tempat tidur sobat akan mengganggu ketenangan tidur di malam hari.

Lebih baik untuk menempatkan furniture gantung tersebut di tempat lain yang lebih aman dari pada harus diatas tempat tidur, selain mengganggu ketenangan, benda yang menggantung tentu tidak aman ketika ada goncangan seperti gempa bumi.

Memajang Lukisan atau Pajangan yang memancarkan aura kebahagiaan

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Apabila sobat merupakan pecinta lukisan yang ingin memajang karya seni di dinding kamar, ada baiknya untuk memilih lukisan yang sebenarnya mencerminkan keinginan sobat.

Secara umum, setiap orang ingin memiliki hidup yang menyenangkan dan bahagia. Maka dari itu Vira sarankan untuk memajang lukisan yang memancarkan aura bahagia.

Pilihlah lukisan atau artwork yang dapat memancarkan energi positif dan juga menginspirasi. Hindari penggunaan elemen dekorasi yang berbau kekerasan dan melankolis, hal ini dapat mempengaruhi suasana hati sobat menjelang tidur.

Pajangan bukan hanya berupa benda mati, sobat juga bisa mencoba meletakan bunga di dalam kamar. Meskipun energi yang dipancarkan oleh bunga merupakan energi yang netral, bunga memberikan keindahan sekaligus aroma harum yang bisa meningkatkan mood sobat.

Bagimana Cara Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips Feng Shui Kamar Tidur ini Yuk!

Selain itu memiliki tanaman di dalam rumah juga dapat menyegarkan udara di dalam ruangan. Karena itulah disarankan untuk meletakkan bunga favorit di dalam kamar tidur.

Namun hal yang perlu diingat adalah, pilihlah tanaman yang berukuran kecil agar kamar tetap terasa luas dan juga lapang.

Kamar tidur sobat belum sesuai dengan aturan feng shui kamar tidur? Nah tenang saja, sobat bisa memulainya dengan membuat daftar rencana yang perlu diperbaiki, lalu pelan-pelan memulai tata ruangannya ya!

Ohhiya satu tips lagi untuk menerapkan feng shui kamar tidur, jangan lupa untuk menutup semua pintu yang ada, baik lemari, kamar mandi dan juga pintu kamar ya!

Dengan menutup pintu, sobat sudah membiarkan segala energi baik dalam kamar mengalir dengan optimal. Hal ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh lho!

Semoga artikel ini bermanfaat ya sob! Yuk share artikel ini ke sahabat dan juga keluarga yang mungkin sedang mengalami gangguan kesulitan tidur atau sekedar ingin meningkatkan kualitas tidurnya.

Baca juga artikel lainnya

 

Komentar

Mau cari artikel apa sob?