Beberapa Tempat Ini Bikin Sobat Nggak Nyaman! Mengenal Liminal Space Beserta Contohnya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Beberapa Tempat Ini Bikin Sobat Nggak Nyaman! Mengenal Liminal Space Beserta Contohnya

Apa sobat pernah merasa tidak nyaman di suatu tempat atau situasi yang mana sampai membuat hati k...
Beberapa Tempat Ini Bikin Sobat Nggak Nyaman! Mengenal Liminal Space Beserta Contohnya Beberapa Tempat Ini Bikin Sobat Nggak Nyaman! Mengenal Liminal Space Beserta Contohnya Apa sobat pernah merasa tidak nyaman di suatu tempat atau situasi yang mana sampai membuat hati kecil sobat ingin segera pergi dari tempat tersebut? Atau sobat merasa tidak nyaman saat melihat gambar di bawah? Jika iya, mungkin sobat sedang berada di ruang liminal atau liminal space. Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan munculnya perasaan tersebut, bahkan beberapa orang mengaitkannya dengan hal-hal ghaib atau mistis. Tentunya itu nggak betul ya sobat, ada penjelasan dan teori yang masuk akal mengenai fenomena ini. Biar nggak bingung Vira akan membahas secara lengkap mengenai liminal space ini, disimak yuk!
Beberapa Tempat Ini Bikin Sobat Nggak Nyaman! Mengenal Liminal Space Beserta Contohnya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 29 Oktober 2021
Share
2021-10-29

Apa sobat pernah merasa tidak nyaman di suatu tempat atau situasi yang mana sampai membuat hati kecil sobat ingin segera pergi dari tempat tersebut? Atau sobat merasa tidak nyaman saat melihat gambar di bawah? Jika iya, mungkin sobat sedang berada di ruang liminal atau liminal space. Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan munculnya perasaan tersebut, bahkan beberapa orang mengaitkannya dengan hal-hal ghaib atau mistis. Tentunya itu nggak betul ya sobat, ada penjelasan dan teori yang masuk akal mengenai fenomena ini. Biar nggak bingung Vira akan membahas secara lengkap mengenai liminal space ini, disimak yuk!

 

Pengertian Liminal Space

 wikipedia.com

Liminal space berasal dari Bahasa Latin yaitu “limen” yang memiliki arti “ambang”. Secara istilah, liminal space adalah kondisi ambang antara apa yang sudah sobat kenal dengan yang baru sobat temui. Fenomena ini muncul karena sobat terbiasa menerjemahkan suatu tempat dari fungsi dan juga tujuannya. Misalnya, sobat pergi ke mall untuk berbelanja, ke sekolah untuk belajar, dan perpustakaan untuk membaca atau meminjam buku.

Lalu, coba sekarang sobat ke sebuah lorong di hotel dan berdiam diri lah dengan waktu yang cukup lama. Sobat mungkin akan merasa bingung dan bertanya-tanya dalam hati, “ngapain sih aku di sini?” Karena sobat nggak terbiasa dan nggak punya tujuan khusus untuk mengunjungi tempat tersebut. Pertanyaan tadi muncul karena sobat nggak menganggap lorong hotel adalah suatu “tempat”. Lorong hotel ada hanya untuk membantu kegiatan sobat, atau disebut juga sebagai tempat mampir belaka. Selain itu sobat merasa aneh dan nggak nyaman berdiam diri di sana, karena sobat nggak pernah berlama-lama atau menghabiskan waktu di sana. Kondisi tersebut lah yang dinamakan liminal space.

 

Macam-Macam Liminal Space

 twitter.com

Liminal space memiliki dua tipe sobat. yaitu physical (fisik) dan non physical (non fisik). Berikut penjelasannya:

  1. Physical liminal space berdasarkan hal-hal yang bersifat fisik atau wujudnya yang nampak. Artinya, lorong hotel yang tadi sobat kunjungi lah yang memberikan sobat perasaan tidak nyaman. Tipe ini sering kali dikaitkan dengan gaya arsitektur bangunan atau saat sobat berada di ruangan tertentu.
  2. Non physical limal space muncul dari hal-hal yang wujudnya tidak bisa sobat lihat. Biasanya muncul saat sobat mencoba suasana baru atau pengalaman baru. Tipe ini sering kali dikaitkan dengan perasaan manusia.

Setelah bahas penjelasan dan juga macamnya, sekarang Vira mau ajak sobat untuk lihat langsung contoh dari liminal space nih. Vira mulai dai tipe yang pertama dulu ya!

 

Contoh Liminal Space Dari Segi Fisik

 

Parkiran Basement Kosong

 gettyimages.com

Tempat parkir bukanlah suatu tempat yang benar-benar “tempat”. Tempat parkir ada hanya sebagai pendukung aktivitas yang sobat lakukan sebelum dan sesudahnya. Contohnya, saat sobat pergi ke suatu mall dan harus memarkirkan kendaraan sobat di basement. Pada contoh berikut, basement hanyalah pelengkap dari kegiatan yang akan sobat tuju, yaitu isi dari mall tersebut. Sobat hanya berada di basement sebelum dan sesudah masuk dari mall tersebut.

Bayangkan jika basement tersebut kosong, suasananya akan menjadi mencekam. Jika biasanya sobat meilhat banyak kendaraan terparkir di sana dan kini tidak ada satu pun, lalu sobat merasa ada sesuatu yang salah, itu tandanya basement kosong tersebut adalah liminal space.

 

Lorong Hotel Atau Rumah Sakit Di Malam Hari

 theludlowgroup.com

Di siang hari biasanya ada keramaian orang berlalu lalang di lorong ini. Namun pada malam hari semuanya beristirahat, sehingga orang yang beraktivitas hanya dapat dihitung dengan jari. Apalagi ditambah dengan pencahayaan yang remang-remang, semakin menambah kesan mencekam dari lorong ini. Gimana sobat, berani nggak nih menghabiskan waktu di liminal space berikut ini?

 

Mall Yang Sudah Tutup

 newyorker.com

Untuk sobat yang sering menonton bioskop di jam malam pasti sudah tidak asing lagi dengan keadaan seperti ini. Keadaan dimana lampu-lampu toko sudah mulai dimatikan dan kondisi mall yang kosong membuat suasana menjadi tidak nyaman. Berdasarkan fungsinya seharusnya banyak orang yang berbelanja di dalam mall, namun karena sudah malam mall pun tutup dan tidak ada lagi orang yang beraktivitas di dalamnya. Hanya beberapa petugas mall dan sobat yang hendak atau baru saja akan menonton di sana. Jika dilihat dari sudut pandang ruang liminal, sobat terbiasa mengaitkan mall dengan fungsinya sebagai tempat rekreasi banyak orang. Itulah sebabnya kenapa sobat merasa tidak nyaman.

 

Bangunan Atau Rumah Yang Terbengkalai

 google.com

Rumah atau bangunan kosong sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistis, tapi kali ini yuk kita coba lihat dari sudut pandang ruang liminal. Ketika sobat melihat suatu rumah atau gedung, tentu lekat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari manusia. Mulai dari bangun tidur, bersiap-siap untuk berkegiatan, hingga akhirnya kembali pulang untuk beristirahat. Namun apa jadinya kalau rumah atau bangunan tersebut dibiarkan kosong hingga terbengkalai? Selain menimbulkan perasaan tidak nyaman, tentu sobat akan bertanya-tanya “kemana perginya orang yang dulu menghuni tempat ini? Kenapa rumah atau gedung ini ditinggalkan? Dan apa yang terjadi setelah rumah atau gedung ini ditinggalkan?” Hal itu lah yang membuatnya juga menjadi liminal space.

 

Contoh Liminal Space Dari Segi Non Fisik

Ada hal-hal di dalam diri sobat yang tanpa sobat sadari bisa membentuk liminal space. Penasaran? Yuk langsung kita bahas!

 

Jet Lag

 istockphoto.com

Jika sobat sering berpergian jauh, pasti sudah tidak asing dengan istilah dan kondisi berikut. Jet lag merupakan rasa bingung sekaligus lelah yang diakibatkan oleh perubahan waktu tidur setelah sobat menempuh perjalanan panjang dan melewati beberapa zona waktu. Sobat sadar di mana sobat sekarang berada, tetapi tidak secara mental, atau bahkan sobat belum siap untuk tahu. Mental sobat masih terbawa oleh suasana tempat yang baru saja sobat datangi. Hasilnya, sobat jadi merasa sedang berada di dua kondisi yang berbeda. Kebingugan, lalu terombang-ambing di antara tubuh yang meminta untuk rehat sejenak dan pikiran yang belum yakin kalau sekarang adalah waktunya rehat. Kondisi ini termasuk liminal space.

 

Kehilangan Pekerjaan

 huffpost.com

Siapa coba yang tidak mau punya karir bagus dan kehidupan yang mapan? Semua orang butuh pekerjaan, baik untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, menabung untuk masa depan, atau sekadar untuk kesenangan pribadi. Kemudian karir sobat yang sudah stabil itu tiba-tiba lenyap begitu saja, pasti akan menjadi pukulan hebat tersendiri. Kehilangan pekerjaan bisa menjadi sesuatu yang sulit setelah sobat dipekerjakan dalam waktu yang lama, sehingga membuat sobat berada di ambang antara pengalaman bekerja yang dulu dan pengalaman bekerja berikutnya yang sedang sobat harapkan. Keadaan tersebut juga merupakan liminal space yang berasal dari dalam diri. Situasi seperti ini akan membuat sobat tertekan, tapi jangan sampai membuat sobat patah semangat juga ya! Mungkin untuk saat ini sobat kehilangan pekerjaan, tetapi semoga di masa mendatang sobat bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Semangat!

 

Pindah Ke Lingkungan Atau Suasana Baru

 lifehack.org

Proses adaptasi memang tidaklah mudah sobat, diperlukan usaha juga kesabaran saat menghadapi dan menyikapi datangnya perubahan. Apalagi saat sobat pindah ke lingkungan atau suasana yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Akan ada teman-teman atau rekan kerja baru, kebiasaan baru, dan lain-lain. Jika sobat merasa aneh atau tidak biasa akan hal tersebut, itu sangat normal. Hal tersebut juga merupakan liminal space karena sobat berada di ambang kebiasaan lama dan kebiasaan baru yang akan sobat hadapi.

Itu dia hal-hal yang bisa Vira rangkum mengenai liminal space. Jika sobat sudah merasa sangat terganggu dengan situasi tersebut, alangkah baiknya untuk segera didiskusikan dengan teman ya!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?