Berkenalan dengan Makrame, Seni Menyimpul yang Bisa Jadi Dekorasi Cantik!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Berkenalan dengan Makrame, Seni Menyimpul yang Bisa Jadi Dekorasi Cantik!

Hasil kerajinan tangan yang digunakan sebagai dekorasi menambah nilai estetika dan daya tarik ter...
Berkenalan dengan Makrame, Seni Menyimpul yang Bisa Jadi Dekorasi Cantik! Berkenalan dengan Makrame, Seni Menyimpul yang Bisa Jadi Dekorasi Cantik! Hasil kerajinan tangan yang digunakan sebagai dekorasi menambah nilai estetika dan daya tarik tersendiri dalam sebuah ruangan. Kerajinan yang dibuat secara tradisonal dengan menggunakan tengan biasanya dijual lebih mahal karena teknik pembuatannya yang sulit. Salah satu contohnya adalah makrame.
Berkenalan dengan Makrame, Seni Menyimpul yang Bisa Jadi Dekorasi Cantik!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 03 Februari 2023
Share
2023-02-03

Hasil kerajinan tangan yang digunakan sebagai dekorasi menambah nilai estetika dan daya tarik tersendiri dalam sebuah ruangan. Kerajinan yang dibuat secara tradisonal dengan menggunakan tengan biasanya dijual lebih mahal karena teknik pembuatannya yang sulit. Salah satu contohnya adalah makrame.

Apa itu Makrame?

Berdasarkan kamus Besar Bahasa Indonesia, makrame adalah bentuk seni tenunan kerajinan tangan yang dibuat dengan simpu-menyimpul hingga membentuk rantaian benang dan aneka rumbai dan jumbai.

Makrame atau disebut juga teknik simpul/ knotting menjadi salah satu kerajinan tangan yang saat ini banyak digunakan oleh pecinta kerajinan tangan.

Mirip seperti sulaman dan quilting, makrame mengalami peningkatan popularitas, sejak tahun 1979-an dan menjadi bentuk seni yang tren dan digemari.

Teknik tersebut kemudian digunakan tidak hanya untuk mendekorasi pakaian, tetapi untuk tirai, taplak meja, dan seprai.

Saat ini, makrame mulai digunakan kembali oleh para pengrajin kreatif dengan menghasilkan pola-pola yang kontemporer yang merevitalisasi teknik simpul bersejarah tersebut.

Terdapat cara membuat makrame melalui susunan-susunan simpul yang sering digunakan, beberapa di antaranya:

Simpul Kepala Burung

Simpul ini dibuat dengan mengikat tali ke alat bantu seperti batang kayu, atau tali tambang.

Cara membuatnya, lipat tali menjadi dua dan buat rongga/loop di atas batang kayu.

Kemudian masukan tali pada rongga/loop untuk mengecangkannya

Simpul Kepala Burung Terbalik

Cara membuat makrame berikutny adalah dengan simpul kepala burung tebalik yang mitip seperti simpul kepala burung.

Namun, simpulnya dilakukkan secara terbalik, sehingga tonjolan simpulnya tersembunyi di belakang. Carra membuatnya, lipat tali menjadi dua dan buat rongga/loop di astas batang kayu.

Kemudian masukkan tali pada rongga/loop dari depan lalu tarik kedua ujung tali melalui rongga/loop untuk mengencangkannya.

Contoh Dekorasi Makrame

Membuat kerajinan ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam pengerjaanya. Sebelum membuatnya, tentukan terlebih dahulu dekorasi seperti apa yang diinginkan.

Ada beberapa contoh dekorasi makrame yang baisanya menajdi pilihan, yaitu:

1. Tempat gantungan tanaman

pinterest.com

Membuat makrame sebagai gantungan tanaman akan memberukan kesan klasik.

Tampilan dekorasi akan terlihat lebih hijau dan bergaya bohemian saat dedaunan hijau yang bervariasi dipadukan dengan tali putih yang memiliki bentuk dan tekstur unik.

2. Dream Cather

pinterest.com

Hiasan dinding yang sedang tren pada saat ini dapat dibuat dengan tenik makrame.

Potongan makrame yang dibentuk dengan anyaman kecil yang dibentuk melingkar akan menjadi bingkai yang indah.

Rutin membersihkan makrame dari debu akan mempertahankan penampilan lembut dan halusnya.

3. Tempat Tidur Gantungan Indoor

pinterest.com

Tempat tidur gantungan atau dikenal dengan hammock, umunya digunakan untuk kegiatan di luar ruangan (outdoor), tetapi dapat dibuat dengan makrame dan digunakan dalam ruangan agar memberikan kesan santai pada temppat tersebut.

Tempat tidur gantungan dapat diletakkan di pojok ruangan dan digunakan sebagai tempat membaca yang santa, atau diletakkan di beranda kamar, sehingga dapat diginakan untuk menikmati pemandangan luar.

4. Tirai Pintu

pinterest.com

Tirai pintu umumnya dibuat dengan menggunakan manik-manik namun, dengan menggunakan  makrame, tirai pintu menjadi lebih tidak berisik.

Tirai makrame juga dapat digunakan sebagai pengganti penutu[ pintu lemari. Tirai makrame, memiliki keindahan pada ruangan dan lebih simple.

Bagi sobat yang ingin mengubah suasana ruangan dengan gaya bohemian, dapat mempertimbangkan dekorasi dengan unsur makrame dalam ruangan.

Nah Sobat tertarik untuk membuatnya sendir?

Saat ini makrame sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Makrame merupakan seni kerajinan tangan dengan teknik menjalin simpul yang dapat dibuat menjadi berbagai macam kreasi seperti gantungan kunci, gelang, rompi, atau aksesoris lainnya. Setiap orang dapat membuat dan menghasilkan kerajinan makrame karena bahannya yang murah dan mudah di dapat.

Tidak hanya dapat dijadikan aksesoris saja, makrame ternyata bisa diaplikasikan untuk menciptakan estetika dalam ruang lohh, apa saja sih yang dapat dihasilkan dari makrame dan bagaimana dengan kegunaanya?

Makrame sudah sering ditemukan sebagai elemen dekoratif, satu satunya sebagai elemen dekoratif pada dinding berupa wall hanging. Makrame wall hanging ini dapar diletakkan di berbagai dinding ruangan, seperti dinding ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar tidur untuk menambah kesan estetika dalam ruang.

Tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekorasi dinding saja, makrame juga dapat digunakan sebagai partisi/pembatas ruang. Karengka partisi yang diberi makrame panjang menciptakan konsep open plan pada ruangan.

Selain sebagai partisi/pembatas ruang, makrame juga dapat dijadikan tirai. Penggunaan makrame sebagai tirai pada jendela dapat difungsikan untuk menyaring sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Makrame tidak hanya digunakan sebagai elemen dekorasi saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai furniture seperti kursi. Makrame yang memiliki fungsi untuk menahan beban, memerlukan kekuatan pada tali yang digunakan.

Biasanya tali yang digunakan adalah tali katun dengan diamter yang lebih besar dibanding tali yang kegunaanya hanya untuk dekorasi, sehingga tali tidak akan patah jika diduduki atau diberi beban yang cukup berat.

Jika memiliki ruang santai yang cukup luas di dallam rumah, Sobat bisa mengaplikasikan hammock makrame ini. Tidak hanya di dalam rumah saja, hammock juga dapat diaplikasikan di luar rumah, sepertu taman atau area outdor lainnya.

Nahhh, sekarang Sobat jadi lebih tahu kan, kalau makrame ternyata tidak hanya dapat dijadikan aksesoris kecil saja, dari beberapa kerajinan di atas menunjukan bahwa makrame juga dapat digunakan untuk menghemat ruang, menyaring sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, dan menciptakan kesann luas pada rumah berukuran kecil, lohh! Menarik kan?

Semoga artikel ini dapat membantu Sobat lebih mengenal makrame dan bagaimana cara mengaplikasikannya pada ruangan, yaaa!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?