Berkenalan Dengan Metode KonMari, Metode Yang Bisa Membuat Hidup Sobat Lebih Bahagia

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Berkenalan Dengan Metode KonMari, Metode Yang Bisa Membuat Hidup Sobat Lebih Bahagia

Membersihkan rumah berdasarkan metode KonMari dipercaya bisa membawa kebahagiaan loh sobat. Vira ...
Berkenalan Dengan Metode KonMari, Metode Yang Bisa Membuat Hidup Sobat Lebih Bahagia Berkenalan Dengan Metode KonMari, Metode Yang Bisa Membuat Hidup Sobat Lebih Bahagia Membersihkan rumah berdasarkan metode KonMari dipercaya bisa membawa kebahagiaan loh sobat. Vira tahu kok rasanya berat banget untuk mulai bersih-bersih. Belum apa-apa sudah malas duluan. Selain tekad dan komitmen, diperlukan tujuan yang jelas saat sobat ingin memulai bersih-bersih menggunakan metode KonMari ini. Yuk kita langsung pelajari prinsip utama dari metode ini!
Berkenalan Dengan Metode KonMari, Metode Yang Bisa Membuat Hidup Sobat Lebih Bahagia
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 08 Oktober 2021
Share
2021-10-08

Banyak yang bilang kalau bahagia itu sederhana dan bisa sobat temukan di mana-mana, salah satunya adalah dari beres-beres rumah. Iya, Vira nggak salah sebut kok. Sobat bisa mendapatkan kebahagiaan dari sekadar beres-beres rumah seperti yang dilakukan oleh Marie Kondo. Sobat pasti sudah nggak asing dengan nama yang Vira sebut tadi. Lewat acaranya yang bertajuk “Tidying Up with Marie Kondo”, Kondo membantu orang-orang yang kesulitan dalam membersihkan dan juga merapikan rumahnya agar rumah tersebut kembali “membawa kebahagiaan” juga lebih nyamanan untuk dihuni. Yuk kita kenalan sama Marie Kondo!

Siapa Marie Kondo?

 republika.co.id

Marie Kondo adalah seorang konsultan bersih-bersih rumah yang berasal dari Jepang. Kondo membantu kliennya memilih dan membuang barang yang sudah tidak “memberikan kebahagiaan” dalam hidup. Kondo sendiri mengaku sudah tertarik dengan beres-beres sejak ia masih bersekolah. Saat di sekolah, Kondo akan dengan sendirinya merapikan buku-buku yang ada di rak kelasnya. Bahkan di kelasnya pun, Kondo didapuk menjadi bookshelf manager karena kebiasaannya tersebut. Namun suatu hari Kondo seperti mendapat pengalaman yang mengubah hidup dan perspektifnya dalam mengorganisir barang.

“Aku terobsesi dengan apa yang bisa aku buang. Suatu hari, aku mengalami semacam gangguan saraf dan pingsan. Aku pingsan selama dua jam. Ketika aku sadar, aku mendengar suara misterius, seperti ada dewa berbisik dan menyuruhku untuk melihat hal-hal yang lebih dekat. Lalu saya menyadari kesalahan saya: saya hanya mencari hal-hal untuk dibuang. Yang harus saya lakukan adalah menemukan barang yang ingin saya simpan. Mengidentifikasi hal-hal yang membuatmu bahagia: itu adalah seni dari merapikan,” ujarnya.

 

Metode KonMari

 newyorker.com

Kondo memperkenalkan metode KonMari. Cara kerja dari metode Konmari adalah mengumpulkan barang-barang berdasarkan kategorinya, pilah barang-barang yang menurut sobat masi “membawa kebahagiaan” dan yang tidak, lalu barang yang menurut sobat masih “membawa kebahagiaan” tadi diorganisir kembali hingga rapi.

 lauren-nelson.com

Nama Marie Kondo semakin populer ketika metodenya diangkat ke dalam serial oleh sebuah layanan streaming. Alhasil, metodenya ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia. Saking terkenalnya, metode KonMari itu telah membawa Marie sampai ke Jerman dan Inggris lewat buku The Life-changing of Tidying Up yang terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia.

Membersihkan rumah berdasarkan metode KonMari dipercaya bisa membawa kebahagiaan loh sobat. Vira tahu kok rasanya berat banget untuk mulai bersih-bersih. Belum apa-apa sudah malas duluan. Selain tekad dan komitmen, diperlukan tujuan yang jelas saat sobat ingin memulai bersih-bersih menggunakan metode KonMari ini. Yuk kita langsung pelajari prinsip utama dari metode ini!

 

Berkomitmen Untuk Membereskan Semuanya

 lemonde.fr

Komitmen tidak bisa dianggap remeh loh sobat. Kalau sobat belum siap untuk membereskan seisi rumah, lebih baik sobat tumbuhkan dulu niat tersebut. karena seperti yang Vira bilang di awal, beres-beres sesungguhnya sangat berat untuk dilakukan. Sobat harus fokus dalam memilah barang mana yang masih digunakan dan mana yang tidak.

Lewat metode KonMari, sobat diajak untuk membereskan dan juga merapikan seisi ruangan rumah. Hal ini tentunya akan menguras banyak tenaga, energi dan juga waktu. Tentukan juga hari apa sobat akan melakukannya ya!

Rumah tidak akan bersih maksimal kalau sobat membereskannya hanya dengan setengah hati. Itulah kenapa sobat harus berkomitmen.

 

Pikirkan Gaya Hidup Ideal yang Sobat Impikan

 Google

Dengan mempunyan mimpi dan tujuan tentang hidup ideal, sobat jadi semakin termotivasi untuk mewujudkannya. Hal tersebut perlu ditentukan sobat membuang barang-barang. Semakin jelas tujuan sobat, akan semakin baik

Misalnya, sobat menginginkan hidup minimalis yang asri. Maka sobat akan membuang barang-barang yang menurut sobat terlalu berlebihan dan tidak menciptakan rasa atau suasana yang asri. Semakin sobat bisa membayangkan visualisasinya, akan semakin baik.

 

Pilih benda-benda yang harus dibuang terlebih dahulu

 kenh14.vn

Saat sobat beres-beres menggunakan metode KonMari, sobat akan dihadapkan pada pilihan untuk merelakan barang-barang yang sobat harus buang. Marie Kondo mengajarkan sobat untuk fokus pada hal-hal yang sobat suka. Simpanlah barang-barang yang masih memiliki fungsi dan membawa kebahagiaan, sehingga rumah sobat diisi dengan energi positif.

Jangan memikirkan hal-hal yang tidak membuat sobat bahagia, karena dengan begitu sobat sama saja dengan mengundang ketidakbahagiaan dan energi negatif ke dalam hidup sobat. Selain itu Marie Kondo juga mengajarkan untuk berterima kasih kepada barang-barang yang akan sobat bersihkan, karena telah memberikan manfaat.

 

Bereskan Berdasarkan Kategori, Bukan Lokasi

 purewow.com

Sebelum menemukan metodenya sendiri, Marie Kondo sudah terlebih dulu mencoba berbagai macam metode dan teknik beres-beres. Sudah bertahun-tahun Kondo rutin membereskan rumahnya. Ia biasanya membuat jadwal saat bebenah.

Saat hari ini ia membereskan kamar tidur, maka besok ia akan membereskan kamar mandi, dan begitu seterusnya. Hal ini terus berlangsung hingga Kondo sadar bahwa berbenah berdasarkan lokasi adalah kesalahan besar!

Kenyataannya, kebanyakan orang lebih memilih untuk menyimpan barang-barang berkategori sama di berbagai tempat. Contohnya, sobat menyimpan pakaian berdasarkan tempat penyimpanannya. Nah, KonMari mengajak sobat untuk mengeluarkan semua pakaian sobat dan kemudian memilahnya. Itu berarti sobat sedang fokus berbenah di kategori pakaian.

Metode KonMari mengajak sobat untuk berbenah berdasarkan kategori seperti pakaian, buku, alat make up, mainan, sepatu, dan lain-lain, bukan berdasarkan lokasinya.

 

Semua Orang Bisa Bersih-Bersih

 google.com

Banyak orang merasa bahwa dirinya tidak cukup rapi dan tidak memiliki karakter yang tekun untuk menjadi seseorang yang peduli pada kebersihan. Padahal menurut Kondo, berbenah bukanlah berdasarkan karakter yang sobat miliki. Siapa pun bisa mulai berbenah jika mengawalinya dengan membuang benda-benda yang ingin dibereskan.

Kondo telah melakukan analisis bertahun-tahun terhadap kliennya yang memiliki latar belakang dan juga karakter. Ada yang masuk ke dalam tipe yang tidak tega membuang membuang, tipe lalai mengembalikan, atau keduanya. Kunci utama sekaligus solusinya adalah membuang barang terlebih dulu.

 

Tanya Pada Diri Sobat, Apa Barang Tersebut Membawa Kebahagiaan atau Tidak

 vanityvair.fr

Saat sobat sudah mulai terbiasa melakukan beres-beres, jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang sobat rasakan. Dan juga tanyakan pada diri sobat, apakah metode KonMari berdampak pada kehidupan sobat?

Sobat pasti menginginkan hidup yang lebih bahagia, apalagi di rumah sendiri. Sobat harus merasa nyaman dengan keputusan yang telah diambil. Kalau sobat merasakan penyesalan, berarti ada yang salah karena sobat tidak membawa kebahagiaan ke dalam rumah. Sobat telah membuka lembaran baru kehidupan ketka sobat mulai beres-beres. Dengan rumah yang rapi, Vira harap dapat membuat hidup sobat menjadi lebih baik ya!

Itulah prinsip-prinsip yang perlu sobat tahu untuk menerapkan metode KonMari milik Marie Kondo. Metode ini bisa banget sobat terapkan di rumah agar hidup semakin dipenuhi kebahagiaan dan juga energi positif pastinya. Jangan takut untuk membuang barang sudah tidak terpakai ya sobat!

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?