Bersih & Wangi Seperti Semula! Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bau Bantal Tanpa Dicuci!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Bersih & Wangi Seperti Semula! Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bau Bantal Tanpa Dicuci!

Tahu tidak sobat, benda yang menurut sobat sangat bersih ataupun jarang sobat gunakan sekalipun t...
Bersih & Wangi Seperti Semula! Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bau Bantal Tanpa Dicuci! Bersih & Wangi Seperti Semula! Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bau Bantal Tanpa Dicuci! Tahu tidak sobat, benda yang menurut sobat sangat bersih ataupun jarang sobat gunakan sekalipun tidak akan luput dari debu, kuman dan bakteri tak terlihat loh. Jarang digunakan saja bisa kotor, apalagi kalau sering sobat gunakan? Pasti lebih beresiko untuk dihinggapi kuman dan bakteri jahat deh. Untuk itu, sobat perlu merawat benda tersebut agar tetap bagus seperti semula. Sama halnya dengan bantal nih sobat. Benda empuk yang membantu sobat saat beristirahat berikut ini jika tidak sobat rawat dan bersihkan secara rutin, lama kelamaan akan timbul bau tidak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan loh.
Bersih & Wangi Seperti Semula! Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bau Bantal Tanpa Dicuci!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tutorial DIY 12 Januari 2022
Share
2022-01-12

Tahu tidak sobat, benda yang menurut sobat sangat bersih ataupun jarang sobat gunakan sekalipun tidak akan luput dari debu, kuman dan bakteri tak terlihat loh. Jarang digunakan saja bisa kotor, apalagi kalau sering sobat gunakan? Pasti lebih beresiko untuk dihinggapi kuman dan bakteri jahat deh. Untuk itu, sobat perlu merawat benda tersebut agar tetap bagus seperti semula. Sama halnya dengan bantal nih sobat. Benda empuk yang membantu sobat saat beristirahat berikut ini jika tidak sobat rawat dan bersihkan secara rutin, lama kelamaan akan timbul bau tidak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan loh. Hiiiy… Pasti tidak mau kan hal tersebut terjadi pada bantal kesayangan sobat?

 popmama.com

Vira tahu kok, sobat pasti malas deh kalau harus mencuci bantal secara rutin. Karena jika dicuci, bantal akan membutuhkan waktu yang lama sampai benar-benar kering sebab ukurannya yang tebal. Tapi jangan khawatir, Vira punya solusinya untuk sobat, yaitu cara menghilangkan bau tak sedap pada bantal tanpa harus dicuci!

“Memangnya bisa hilang baunya Vir?”

Bisa banget dong sob! Vira jamin deh, bantal sobat akan kembali wangi dan bersih seperti semula. Tapi sebelum Vira kasih tahu caranya, alangkah baiknya kalau Vira bahas mengenai dampak yang akan sobat rasakan jika sobat tidak merawat dan membersihkan bantal secara rutin. Yuk simak penjelasan Vira di bawah!

 

Apa Sih Dampak Berbahaya Jika Bantal Tidak Dirawat dan Dibersihkan?

 shutterstock.com

Selain timbulnya bau tak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan sobat saat beristirahat, bantal yang kotor dan tak terawat dapat menimbulkan beberapa penyakit yang cukup serius loh sobat. Beberapa di antaranya adalah:

  • Timbulnya jerawat pada wajah
  • Bakteri pengganggu yang dapat menyerang sistem imun mulai bermunculan
  • Terjadinya keringat berlebih saat tidur, yang disebabkan oleh debu pada bantal

Penyakit-penyakit tersebut terjadi tentu karena ada penyebabnya. Penyebabnya adalah bakter-bakteri tersembunyi yang terdapat pada bantal sobat yang jarang dibersihkan. Barang apapun jika jarang dibersihkan akan menjadi sarang berkumpulnya kotoran, kuman dan bakteri jahat, bahkan kutu atau serangga menjijikkan. Beberapa di antaranya adalah jamur, sel kulit mati yang tertinggal, debu, dan juga tungau atau kutu kasur. Hiiiy… Menjijikkan sekali kan sobat kalau harus tidur dengan apa yang Vira sebutkan di atas?

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sobat bisa memulainya dengan cara yang sangat mudah. Ya betul, mengganti sarung bantal secara rutin! Selain mengganti sarung bantal, masih ada cara mudah lain untuk merawat bantal loh sobat. Apa saja? Ini dia 3 cara mudahnya!

 

3 Cara Mudah Menghilangkan Bau Bantal Tanpa Harus Dicuci

 

Menjemur Bantal di Pagi Hari

 hellosehat.com

“Loh, kan nggak dicuci Vir. Kenapa harus dijemur?”

Menjemur tidak melulu harus karena dicuci sobat. Dengan menjemur bantal secara rutin setiap pagi, Vira yakin deh, bantal sobat akan terhindar dari bau tak sedap. Selain itu, menjemur bantal juga dapat mempertahankan ukuran asli bantal, sehingga bantal akan tetap nyaman pada saat digunakan. Lalu, bantal sobat juga akan terhindar dari lembap dengan menjemur, jika bantal tidak dalam kondisi lembap maka jamur pun tidak akan bersarang. Terakhir, panas dari sinar matahari dapat membunuh kuman, bakteri jahat, serta tungau yang bersarang di bantal sobat. Selain menghilangkan bau tak sedap, bantal sobat juga menjadi lebih bersih dan juga sehat deh.

 

Rutin Mengganti Sarung Bantal

 stock.adobe.com

Seperti yang sudah Vira sebutkan sebelumnya, mengganti sarung bantal secara rutin merupakan salah satu cara paling mudah untuk merawat bantal. Idealnya, sarung bantal diganti setiap dua minggu sekali. Maka dari itu sahakan untuk memiliki sarung bantal lebih dari satu ya sobat. Jika sarung bantal tidak diganti secara rutin, kotoran serta keringat sobat akan terus menumpuk pada sarung bantal dan bercampur dengan kuman serta bakteri,, yang nantinya akan mengakibatkan bau tidak sedap jika dibiarkan terus menerus. Selain itu, bantal juga akan menjadi lembap dan jamur pun akan muncul seiring berjalannya waktu.

 

Menyemprotkan Cairan Khusus Pada Bantal

 dontwasteyourmoney.com

Cara selanjutnya, sobat bisa menyemprotkan cairan khusus pada bantal. Tenang, harganya tidak mahal kok sobat. Cairan tersebut juga bisa sobat buat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun juga sering sobat temukan di kegiatan sehari-hari. Sobat hanya perlu cuka dan air saja. Cara membuatnya, sobat cukup mencampurkan cuka dan air pada botol spray kosong dengan perbandingan 1:1. Lalu, semprotkan cairan yang sudah sobat buat tadi pada bantal. Tunggu sampai lima menit hingga seluruh cairan meresap pada bantal. Setelah lima menit, sobat bisa mengeringkannya dengan handuk kering atau menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Selain cairan cuka, sobat juga bisa menyemprotkan parfum pada bantal. Namun semprotkan parfum secukupnya saja ya sobat. Setelah disemprot parfum, pastikan untuk menjemur bantal yang sudah sobat semprot tadi ya!

Itu dia 3 cara mudah untuk menghilangkan bau pada bantal tanpa harus dicuci yang dapat Vira rangkum untuk sobat. Siapa sangka kalau dampak dari bantal yang tidak dirawat bisa sangat berbahaya? Sama seperti barang lainnya, bantal juga perlu untuk dirawat dan dibersihkan. Selain agar tetap nyaman saat digunakan, juga agar bantal tetap bersih, sehat, dan tidak berbau. Cara merawatnya pun sangat mudah dan tidak perlu dicuci. Sobat cukup menjemur bantal di bawah sinar matahari pada pagi hari, dengan tujuan agar bakteri jahat yang bersembunyi pada bantal mati, dan juga untuk mempertahankan bentuk bantal. Selain itu sobat juga bisa mengganti sarung bantal secara rutin untuk menghindari bau tak sedap pada bantal dan juga timbulnya jamur pada bantal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?