Bersihkan Bumi Dari Sampah, Yuk Kenali 12 Jenis Sampah Berikut Dan Cara Membuangnya!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Bersihkan Bumi Dari Sampah, Yuk Kenali 12 Jenis Sampah Berikut Dan Cara Membuangnya!

Tahu tidak sobat, sampah selalu dan masih menjadi masalah besar. Tak hanya di Indonesia, tapi jug...
Bersihkan Bumi Dari Sampah, Yuk Kenali 12 Jenis Sampah Berikut Dan Cara Membuangnya! Bersihkan Bumi Dari Sampah, Yuk Kenali 12 Jenis Sampah Berikut Dan Cara Membuangnya! Tahu tidak sobat, sampah selalu dan masih menjadi masalah besar. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Sampah bisa seketika merusak suasana yang sudah nyaman dan indah karena keberadaannya. Pada awalnya memanglah kesadaran dari tiap-tiap orang mengenai sampah sendiri masih jauh dari kata cukup nih sobat.
Bersihkan Bumi Dari Sampah, Yuk Kenali 12 Jenis Sampah Berikut Dan Cara Membuangnya!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 22 November 2021
Share
2021-11-22

Tahu tidak sobat, sampah selalu dan masih menjadi masalah besar. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Sampah bisa seketika merusak suasana yang sudah nyaman dan indah karena keberadaannya. Pada awalnya memanglah kesadaran dari tiap-tiap orang mengenai sampah sendiri masih jauh dari kata cukup nih sobat. Masih banyak loh orang-orang yang tidak peduli akan pentingnya buang sampah pada tempatnya. Tapi begitu mulai banyak terjadi bencana alam yang diakibatkan oleh sampah seperti banjir, baru deh orang-orang sadar betapa meresahkannya sampah-sampah ini. Jadi sedih deh Vira dengarnya.

 google.com

Sampai saat ini, banyak masayarakat yang sudah mulai sadar kalau sampah merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dengan seksama. Gerakan atau kegiatan untuk membuang sampah secara disiplin juga sudah semakin ramai loh sobat. Untuk menjaga lingkungan kita, Vira mau ajak sobat untuk mengenal jenis-jenis sampah, cara membedakan hingga cara membuang dengan benar nih. Yuk disimak!

 

Apa Sih Sampah Itu?

 transformasi.org

Sampah merupakan sebuah material sisa yang sudah tidak digunakan atau diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah juga dapat sobat definiskan berdasarkan derajat keterpakaiannya. Kalau dilihat dari konsep alam sih sebenarnya tidak ada istilah dan konsep sampah sobat. Yang ada itu adalah sebuah produk yang dihasilkan setelah proses alam tersebut telah selesai berlangsung.

Meskpun begitu, sampah adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Kehadiran sampah yang terlalu banyak sempat membuat banyak negara menjadi resah hingga kebingungan untuk mengatasinya. Perlu sobat ketahui, kalau setiap negara memiliki kemampuan mengolah sampah yang berbeda-beda. Bahkan ada loh negara yang akhirnya harus melakukan ekspor sampah. Hal ini dikarekan jumlahnya yang sudah terlalu banyak.

“Terus sampahnya diekspor kemana tuh Vir?” Sampah tersebut diekspor ke negara yang yang kekurangan sampah karena kondisinya yang sangat bersih dan juga teratur.

 kompas.com

Untuk mengatur pembuangan sampah, dibutuhkan kesadaran individu yang tinggi sobat. Sayangnya, tidak semua orang memiliki tingkat kesadaran yang sama, dan karena itu lah akhirnya terjadi masalah yang besar. Seperti yang terjadi di negara India. Pada beberapa tahun lalu, India sempat mengalami masalah karena jumlah sampah yang terlalu banyak hingga menutupi pantai yang ada. Kondisi tersebut sangatlah parah hingga sampai pada suatu saat terjadi badai yang besar dan membuat sampah-sampah tersebut berterbangan dan mengacaukan kondisi pesisir pantai di India.

Hingga akhirnya mulailah muncul sebuah gerakan global untuk menyadarkan orang-orang kalau sampah adalah hal yang mengganggu juga meresahkan di tahun 2019 silam. Gerakan tersebut berawal dari sebuah forum diskusi online. Dimulai dari sekumpulan pemuda yang sukarela untuk membersihkan pesisir pantai dan kota di daerahnya masing-masing secara manual dan tanpa bantuan mesin. Karena gerakan tersebut, akhirnya banyak pemerintah mulai menyadari bahwa peran yang dilakukannya sangatlah membantu dan akhirnya gerakan tersebut menjadi salah satu pemicu semangat global untuk memberantas masalah sampah yang menumpuk.

 

Apa Sih Dampaknya Sampah Terhadap Lingkungan Hidup?

 shutterstock.com

Dampak dari sampah terhadap lingkungan hidup sangat beragam sobat. Jika sampah berada pada saluran air, maka sampah tersebut dapat menghambat proses mengalirnya air. Kalau jumlah dari sampahnya terus bertambah, otomatis saluran air akan terhambat dan saluran air pun akan meluap. Kondisi tersebut akan menjadi sangat fatal jika dibarengi dengan musim hujan, karena dapat mengakibatkan banjir. Lalu, sampah-sampah plastik yang terbawa ke dalam air dapat mengakibatkan hewan-hewan yang ada di dalamnya memakan sampah tersebut, atau bahkan sampai tersangkut.

 

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Bentuk

Setelah sobat mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh sampah, alangkah lebih baik untuk mengetahui apa saja jenis-jenis sampah yang biasa sobat ditemui di sekitar kita. Berikut ini adalah 12 jenis sampah berdasarkan bentuk yang sudah Vira rangkum untuk sobat. Simak yuk!

 

Sampah Padat

 unsplash.com

Sampah padat adalah sampah yang memiliki wujud atau bentuk dan bentuk tersebut tidak akan berubah apabila tidak terjadi sebuah proses pengolahan. Sampah padat sering sobat jumpai di kehidupan sehari-hari. Seperi plastik, dedaunan hingga logam.

 

Sampah Cair

 google.com

Sama seperti sampah padat, sampah cair akan menjadi sangat berbahaya kalau pengolahannya tidak dilakukan dengan benar. Contoh dari sampah cair adalah hasil buangan oli dari kendaraan bermotor dan limbah pembuangan pabrik. Oli mesin dan limbah pembuangan pabrik mengandung zat kimiawi yang sangat berbahaya jika sampai tebuang pada saluran air.

 

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Sumber

Selain berdasarkan bentuk, sampah juga dibedakan berdasarkan sumbernya nih sobat. Apa saja ya? Yuk simak penjelasan Vira di bawah ini!

 

Berasal Dari Manusia

 kompas.com

Manusia memang menciptakan banyak benda yang dapat menjadi sampah di kemudian hari, tapi manusia juga bisa menghasilkan “sampah”nya sendiri sobat. Salah satu sampah yang berasal dari manusia adalah limbah kotoran yang dikeluarkan dari tubuh. Agar bisa menjadi pupuk, limbah kotoran tersebut harus diproses secara kimiawi terlebih dahulu.

 

Berasal Dari Alam

 jooinn.com

Sampah yang berasal dari alam termasuk salah satu proses yang berlangsung tanpa direncanakan terlebih dahulu. Salah satu sampah yang berasal dari alam adalah buah-buahan atau dedaunan yang jatuh ke tanah dan mengalami proses pembusukkan.

 

Berasal Dari Hewan

 kompas.com

Sama seperti manusia, sampah yang dihasilkan oleh hewan adalah limbah kotoran yang dikeluarkan dari tubuh. Ketika hewan telah selesai mengonsumsi makanan, maka akan terjadi sebuah proses pembuangan kotoran. Kotoran dari hewan tersebut umumnya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kandang karena penuh akan nutrisi loh sobat.

 

Sampah Konsumsi

 antaranews.com

Siapa di sini yang suka makan makanan all you can eat? Pastikan untuk menghabiskan makanan yang sobat ambil ya. Karena jika tidak habis, makanan tersebut akan menjadi sebuah sampah konsumsi. Rata-rata, restoran bisa membuang sampah konsumsi sisa sekitar 10kg dalam sehari nih sobat. Mubadzir banget kan sebanyak itu terbuang percuma? Jadi, makan secukupnya saja ya sobat.

 

Sampah Hasil Limbah

 indonesia.go.id

Sampah berikut merupakan sampah yang paling berbahaya. Saking berbahayanya, sampah berikut memerlukan proses panjang untuk diproses. Ya, sampah hasil limbah radioaktif. Sampah hasil sisa radioaktif tidak bisa hilang dalam waktu yang singkat sobat. Jika sampah radioaktif tersebut mengalami kebocoran, akan sangat berbahaya dan bisa mematikan lingkungan yang berada di sekitarnya. Hiiii, seram ya.

 

Sampah Industrial

 safetysign.co.id

Sampah jenis berikut ini juga memerlukan penyimpanan serta pengolahan yang tepat dan sesuai. Jika tidak begitu, maka bisa sangat berbahaya kalau sampai bocor dan mencemari lingkungan. Sampah industrial memiliki kandungan yang tidak bisa hilang jika proses pengolahannya tidak baik.

 

Sampah Hasil Tambang

 google.com

Pertambangan adalah salah satu bentuk industri yang juga membutuhkan proses yang panjang. Selain itu, hasil tambang akan mengeluarkan produk akhir berupa sampah yang berbahaya. Sampah tersebut perlu diolah dengan proses yang benar agar tidak membahayakan lingkungan.

 

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Sifat

 

Setiap sampah tidak bisa disamakan dan membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda sobat. Ada sampah yang perlu diolah dan ada sampah juga yang bisa hancur hanya dengan dikubur saja. Apa saja ya? Yuk langsung simak penjelasan Vira di bawah!

 

Sampah Organik

 suara.com

Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari sampah-sampah alami yang bisa diolah kembali seperti dedaunan hingga sampah sisa makanan. Untuk pembuangannya sampha organik harus dibedakan dengan menggunakan tempat sampah berwarna hijau. Sampah organik dapat diurai kembali dengan dijadikan pupuk sobat, yaitu pupuk kompos.

 

Sampah Anorganik

 sehatq.com

Sampah anorganik adalah sampah yang dibuat dengan proses mesin dan sangat sulit untuk diuraikan. Sampah anorganik memerlukan pengolahan kembali supaya bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berbeda. Contoh sampah anorganik yang paling dekat dengan kita adalah plastik dan kaleng.

 

Sampah B3

 99.co

Sampah B3 adalah sampah yang memiliki kandungan bahan berbahaya dan beracun. Sampah jenis ini memerlukan pengolahan yang lebih kompleks dan tentunya teliti ya sobat. Contoh sampah B3 yang berada di kehidupan sehari-hari adalah sampah baterai bekas atau sampah dari bekas elektronik.

 

Cara Membuang Sampah Yang Bisa Sobat Terapkan Di Rumah

 laundry.drop.id

Supaya sampah tidak menjadi masalah besar di masa depan, tentunya sobat harus ikut berperan untuk menerapkan prinsip membuang sampah yang baik dan benar di rumah. Sobat bisa memulainya dengan memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Lalu pisahkan juga botol-botol plastik, pastikan sobat meremas terlebih dulu botol-botol plastik tadi hingga pipih atau gepeng. Dengan begitu, sobat sudah membantu mempermudah pekerjaan dari petugas pengolahan sampah loh.

Itu dia pembahasan dari Vira mengenai 12 jenis sampah yang biasa sobat temui di sekitar kita. Biasakan untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan untuk menyelamatkan bumi kita dari penumpukan sampah. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?