Bikin Betah! Ini Dia 11 Inspirasi Desain Kamar Kecil Minimalis Nan Estetik

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Bikin Betah! Ini Dia 11 Inspirasi Desain Kamar Kecil Minimalis Nan Estetik

Sobat punya rencana untuk merenovasi kamar mandi? Kalau iya, desain kamar mandi minimalis bisa me...
Bikin Betah! Ini Dia 11 Inspirasi Desain Kamar Kecil Minimalis Nan Estetik Bikin Betah! Ini Dia 11 Inspirasi Desain Kamar Kecil Minimalis Nan Estetik Sobat punya rencana untuk merenovasi kamar mandi? Kalau iya, desain kamar mandi minimalis bisa menjadi pilihan untuk sobat. Berapa pun luas kamar mandinya, kini area kamar mandi tidak lagi hanya sebagai ruang servis yang dipakai untuk membersihkan badan. Tetapi kini kamar mandi juga menjadi sebuah tempat pribadi yang bisa memberikan sobat sebuah ketenangan
Bikin Betah! Ini Dia 11 Inspirasi Desain Kamar Kecil Minimalis Nan Estetik
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 17 November 2021
Share
2021-11-17

Sobat punya rencana untuk merenovasi kamar mandi? Kalau iya, desain kamar mandi minimalis bisa menjadi pilihan untuk sobat. Berapa pun luas kamar mandinya, kini area kamar mandi tidak lagi hanya sebagai ruang servis yang dipakai untuk membersihkan badan. Tetapi kini kamar mandi juga menjadi sebuah tempat pribadi yang bisa memberikan sobat sebuah ketenangan.

 pinterest.com

Hal penting dalam membangun kamar mandi yaitu pencahayaan. Alangkah lebih baik jika sobat memposisikan kamar mandi berhadapan dengan arah matahari, baik itu matahari Barat ataupun Timur. Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman-kuman yang terdapat di dalam kamar mandi dengan pancaran cahaya alami tersebut. Selain hemat energi, juga membuat kamar mandi sobat menjadi lebih sehat.

Berikut sudah Vira rangkum 11 desain kamar mandi minimalis berdasarkan material yang digunakan beserta sentuhan aksen yang dapat membuat kamar mandi sobat terasa berbeda. Simak yuk!

 

Ide Desain Kamar Mandi Minimalis

1. Lemari Kabinet Mengikuti Bentuk Ruangan

 instagram.com/tatjanaplitt

Sobat bisa membuat built-in cabinet di salah satu sisi kamar mandi untuk menyiasati penyimpanan pada kamar mandi sobat. Kabinet ini akan dibadi ke dalam dua tipe penyimpanan, yaitu rak terbuka dan lemari kaca. Rak terbuka untuk membuat barang-barang yang sering sobat gunakan lebih mudah dijangkau. Sedangkan lemari kaca berfungsi untuk menyimpan keperluan lainnya.

 

2. Tambahkan Unsur Vegetasi

 google.com

Menambahkan unsur vegetasi pada kamar mandi dapat membantu menghilangkan bau tak sedap serta menjaga kelembapan udara loh sobat. Untuk tanamannya sendiri, ada banyak sekali varian tanaman hias yang bisa sobat gunakan pada kamar mandi. Beberapa di antaranya adalah sirih gading, peach lily, lidah buaya, dan masih banyak lagi. Tanaman-tanaman tersebut tidak hanya sebagai penyegar mata, tetapi juga memiliki manfaat untuk menyegarkan ruangan.

 

3. Wastafel Yang Menggantung Dengan Pemandangan Taman

 instagram.com/adamkanearchitects

Sobat bisa membuat wastafel seolah-olah melayang dengan memanfaatkan tumpuan pada dinding dengan bentangan sekitar 2,8 meter. Meski didominasi dengan konsep minimalis, tapi kamar mandi tetap mendapatkan kesan asri dari rangkaian taman Pakis pada fernery (taman dalam ruangan berisi tumbuhan Pakis) yang dapat sobat lihat dengan leluasa dari dalam kamar mandi.

 

4. Aksen Kayu Pada Bagian Tengah Kamar Mandi

 renoguides.com

Penggunaan panel kayu pada kamar mandi dapat menghadirkan suasana hangat untuk kenyamanan berelaksasi loh sobat. Selain menambah nilai estetika, panel kayu juga dapat membantu sobat untuk memasang cermin. Hal ini karena cermin pada panel kayu dapat merekat lebih baik daripada keramik.

 

5. Kamar Mandi Kecil Menjadi Terlihat Luas

 trendir.com

Kalau kamar mandi sobat berukuran kecil, sobat bisa menyiasatinya dengan menggunakan kaca cermin yang berukuran besar. Kaca cermin memberikan ilusi atau efek ruang yang lebih luas. Lalu sobat bisa mengkombinasikannya dengan menggunakan dinding dan kabinet berwarna terang. Hal ini untuk memperkuat kesan luas yang ingin sobat tampilkan pada kamar mandi.

 

6. Kamar Mandi Dengan Bentuk Memanjang

 instagram.com/evelynmullerfotos

Sobat memiliki kamar mandi berbentuk sebuah lorong dengan ventilasi memanjang di penghujung ruangan? Vira sarankan agar sobat menyiasatinya dengan desain yang baik supaya kamar mandi tersebut terlihat mewah dan juga luas. Sobat bisa menggunakan granit bermotif marmer pada area shower. Selain itu agar kamar mandi tidak terasa sesak, pilihlah kusen showebox yang terbuat dari bahan aluminium atau besi yang tipis namun kokoh.

 

7. Pencahayaan Dramatis Yang Alami

 instagram.com/somiadesign

Untuk memberikan suasana terang dan kesan yang dramatis pada kamar mandi sobat, sobat bisa memberikan kisi-kisi pada ceiling kamar mandi untuk memberikan pencahayaan alami. Selain itu sobat juga bisa menggunakan material yang serupa dengan cermin dan tangga handuk. Hal ini bertujuan agar kamar mandi sobat terlihat lebih selaras.

 

8. Lebih Hemat Energi Dengan Lampu LED

 home-designing.com

Sobat bisa menyematkan hidden lamp dengan LED strip pada bagian bawah kabinet kamar mandi. Pilihan warna lampu dapat menentukan kesan dan suasana yang ingin sobat munculkan pada kamar mandi loh, seperti warna kuning. Warna kuning memberikan kesan hangat serta dramatis pada kamar mandi sobat. Selaraskan dengan pintu kabinet berlapis cermin secara full. Desain seperti ini dapat membuat lorong kamar mandi sobat terlihat luas. Sedangkan untuk area shower, sobat bisa menggunakan keramik hexagon berwarna abu-abu muda atau putih jika sobat ingin menciptakan kesan minimalis dan elegan sekaligus.

 

9. Bathtub Pada Kamar Mandi Kecil

 pinterest.com

Eits, siapa bilang kamar mandi kecil tidak bisa pasang baththub? Bisa banget loh sobat! Saran dari Vira, untuk kamar mandi yang mungil bisa sobat siasati dengan menggunakan customized unibath berukuran compact. Selain itu sobat juga bisa menggunakan palet dinding dengan warna terang. Pencahayaan alami juga tetap memberikan andil yang besar untuk memperluas ruangan ya sobat.

 

10. Powder Room Yang Cocok Untuk Rumah Tinggi

 instagram.com/dlmarchitects

Jika hunian sobat adalah tipe tinggi dan memiliki powder room, sobat bisa memberikan penerangan alami dan nuansa yang asri pada powder room. Hal tersebut bisa sobat buat dengan menggunakan ceiling transparan. Selain itu padukan juga dengan warna putih. Warna putih pada dinding dapat membuat ruangan yang sempit terkesan lebar dan lapang.

 

11. Gunakan Sliding Door

 instagram.com/richardsandspence

Tentunya privasi menjadi pertimbangan yang paling utama saat merancang desain kamar mandi. Untuk itu, sobat bisa menggunakan sliding door dari material kayu dengan frosted glass. Selain menghemat ruangan, privasi sobat juga tetap terjaga. Sliding door ini bisa sobat aplikasikan sebagai pembatas untuk memisahkan area basah dan area kering pada kamar mandi.

Itu dia 11 ide desain untuk kamar mandi minimalis yang dapat Vira rangkum buat sobat. Penggunaan warna-warna cerah serta pencahayaan alami dapat membuat kamar mandi minimalis terkesan luas dan juga hemat energi. Lalu, menambahkan unsur vegetasi pada kamar mandi juga penting untuk menjaga kelembapan udara dan menyegarkan ruangan. Jika sobat ingin memasang bathtub pada kamar mandi, pilihlah customized unibath yang tentunya sudah disesuaikan dengan kamar mandi sobat. Oh iya, penggunaan aksen kayu pada bagian kamar mandi juga bisa menghadirkan suasana hangat untuk kenyamanan sobat berelaksasi. Untuk sobat yang ingin menciptakan suasana yang terang dan dramatis pada kamar mandi, sobat bisa menggunakan kisi-kisi pada ceiling. Pada bagian dalam kamar mandi juga sobat bisa menggunakan sliding door dari material kayu dengan frosted glass. Sliding door ini bisa sobat fungsikan sebagai pembatas untuk memisahkan area basah dan area kering.

Semoga rangkuman dari Vira berikut bisa membantu sobat dalam mencari referensi desain untuk kamar mandi minimalis ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?