Buat Ruangan Di Rumah Jadi Kedap Suara Dengan Cara Berikut, Gampang Banget!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Buat Ruangan Di Rumah Jadi Kedap Suara Dengan Cara Berikut, Gampang Banget!

Suara bising memang mengganggu banget ya sobat, apalagi suara bising tersebut terjadi ketika hend...
Buat Ruangan Di Rumah Jadi Kedap Suara Dengan Cara Berikut, Gampang Banget! Buat Ruangan Di Rumah Jadi Kedap Suara Dengan Cara Berikut, Gampang Banget! Suara bising memang mengganggu banget ya sobat, apalagi suara bising tersebut terjadi ketika hendak beristirahat atau sekadar menikmati waktu santai. Bagi sobat yang tinggal di perkotaan, pasti sudah tidak asing dengan suasana yang satu ini. Seperti gangguan suara mesin kendaraan, suara mesin-mesin berat, dan polusi suara lainnya. Meskipun sobat bisa mentolerir beberapa di antaranya, tapi Vira yakin deh, sobat pasti tetap menginginkan suara-suara bising tersebut lenyap kan?
Buat Ruangan Di Rumah Jadi Kedap Suara Dengan Cara Berikut, Gampang Banget!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 31 Januari 2022
Share
2022-01-31

Suara bising memang mengganggu banget ya sobat, apalagi suara bising tersebut terjadi ketika hendak beristirahat atau sekadar menikmati waktu santai. Bagi sobat yang tinggal di perkotaan, pasti sudah tidak asing dengan suasana yang satu ini. Seperti gangguan suara mesin kendaraan, suara mesin-mesin berat, dan polusi suara lainnya. Meskipun sobat bisa mentolerir beberapa di antaranya, tapi Vira yakin deh, sobat pasti tetap menginginkan suara-suara bising tersebut lenyap kan? Solusi yang paling mudah adalah dengan membuat ruangan di rumah sobat menjadi kedap suara. Ada beberapa cara yang bisa sobat coba sendiri untuk meredam suara-suara bising tersebut, dan tentunya mudah untuk dilakukan. Yuk langsung simak pembahasan Vira di bawah!

 

Periksa Sumber Kebocoran Suara

 istockphoto.com

Hal pertama yang bisa sobat lakukan untuk membuat ruangan kedap suara yaitu mencari tahu sumber utama yang menyebabkan kebisingan terjadi. Apakah kebisingan tersebut berasal dari luar rumah atau dari dalam rumah. Jika sumber kebisingan berasal dari luar rumah, suara bising tersebut mungkin masuk lewat celah-celah jendela rumah sobat. Dan jika sumber kebisingan berasal dari dalam rumah, bisa jadi suara masuk lewat celah-celah pintu. Bahkan, sumber kebisingan tersebut bisa juga datang dari langit-langit rumah loh sobat.

 

Tutup Celah pada Pintu dan Jendela

 istockphoto.com

Cara berikutnya yang bisa sobat coba untuk membuat ruang kedap suara adalah dengan menutup celah-celah sumber suara. Celah pintu dan jendela sering kali menjadi sumber masalah yang sangat merepotkan nih sobat. Untuk menutup celah-celah pada pintu dan jendela tersebut, sobat bisa coba memasang door draft protector atau weatherstrips.

 

Gunakan Karpet Lantai Tebal

 amazon.com

Cara berikutnya yang bisa sobat coba di rumah adalah memasang karpet tebal di lantai. Sobat bisa memasang karpet tebal dengan jenis rug pad. Karpet rug pad memiliki kualitas dan bahan yang efektif untuk meredam suara bising loh. Cara berikut ini juga berguna untuk meredam suara dari dalam ruangan agar tidak bocor ke luar ruangan sobat. Gimana? Tertarik untuk mencoba?

 

Memasang Karpet atau Pelapis pada Dinding

 google.com

Selain cara di atas, sobat juga bisa melapisi permukaan dinding serta langit-langit ruangan menggunakan karpet. Perlu sobat tahu, bahwa suara bisa memantul lewat permukaan keras loh. Pemasangan karpet pada dinding atau langit-langit ini bertujuan untuk meredam pantulan suara tersebut. Dengan begitu, suara bising pun tidak akan terdengar lagi deh!

 

Gunakan Cat Dinding Peredam Suara

 depositphotos.com

Tahu tidak sobat, ternyata ada loh cat dinding khusus yang memiliki fungsi sebagai peredam suara! Cat yang satu ini memiliki formula khusus. Formula khusus tersebut dapat mengurangi kebisingan hingga 30 persen, cukup efektif bukan? Jadi selain sebagai pelapis dinding dan pewarna ruangan, cat khusus yang satu ini juga bisa membuat ruangan di rumah sobat menjadi kedap suara.

 

Memasang Panel Akustik

 google.com

Umumnya, panel akustik dipasang di studio-studio musik. Namun, bukan berarti sobat tidak bisa memasang panel akustik ini di rumah. Panel akustik sendiri merupakan salah satu elemen penting yang dibuat untuk meredam gelombang suara atau pun pantulan suara. Dengan dipasangnya panel akustik, sumber suara tidak akan memantul dan menimbulkan bising yang mengganggu lagi deh!

 

Memakai Sistem Insulasi Lengkapi

 google.com

Cara yang satu ini adalah cara yang paling profesional jika dibandingkan dengan cara-cara yang sudah Vira sebutkan sebelumnya di atas. Biasanya, insulasi dilakukan secara menyeluruh. Lalu, bahan-bahan peredam yang digunakan pun juga khusus dan hanya bisa dipasang oleh ahlinya saja sobat. Selain untuk meredam suara, insulator juga bisa mengurangi panas matahari agar tak merambar ke dalam rumah. Sekarang ini, sudah banyak rumah-rumah modern yang memasang sistem insulasi lengkap di rumahnya loh sobat. Tertarik untuk memasangnya juga sobat?

Itu dia tips agar ruangan di rumah menjadi kedap suara yang bisa Vira rangkum untuk sobat VOIRE. Suara bising sering kali mengganggu aktivitas ya sobat. Meskipun sobat bisa mentolerir beberapa di antaranya, tapi alangkah lebih baik kalau suara bising tersebut lenyap bukan? Cara yang paling mudah yang bisa sobat coba untuk meredam suara bising tersebut yaitu dengan membuat ruangan di rumah menjadi kedap suara. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?