Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Memiliki hunian sendiri adalah salah satu hal yang sangat baik. Sobat bisa memilih lokasi dari ru...
Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah Memiliki hunian sendiri adalah salah satu hal yang sangat baik. Sobat bisa memilih lokasi dari rumah hunian sobat susai dengan keinginan. Ada banyak sekali daerah berbeda yang bisa sobat pilih menyesuaikan dengan budget ataupun kebutuhan sobat. Tidak semua daerah memiliki situasi lingkungan yang sama. Ada beberapa daerah yang berbeda di dekat sumber mata air yang bisa menjadi sumber dari jentik nyamuk. Nyamuk adalah salah satu makhluk yang bisa mengganggu kehidupan manusia. Banyaknya nyamuk yang bertebangan di lingkungan rumah tentu saja sangat menggaggu ya sobat. Selain mengurani kenyamanan, nyamuk pun berpotensi mendatangkan penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal, hingga penyakit berat seperti demam berdarah, malaria dan cikungunya.
Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 05 Agustus 2021
Share
2021-08-05

Memiliki hunian sendiri adalah salah satu hal yang sangat baik. Sobat bisa memilih lokasi dari rumah hunian sobat susai dengan keinginan. Ada banyak sekali daerah berbeda yang bisa sobat pilih menyesuaikan dengan budget ataupun kebutuhan sobat.

Tidak semua daerah memiliki situasi lingkungan yang sama. Ada beberapa daerah yang berbeda di dekat sumber mata air yang bisa menjadi sumber dari jentik nyamuk. Nyamuk adalah salah satu makhluk yang bisa mengganggu kehidupan manusia.

Banyaknya nyamuk yang bertebangan di lingkungan rumah tentu saja sangat menggaggu ya sobat. Selain mengurani kenyamanan, nyamuk pun berpotensi mendatangkan penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal, hingga penyakit berat seperti demam berdarah, malaria dan cikungunya.

Keberadaan dari nyamuk seringkali memiliki keterkaitan dengan sumber penyakit masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itulah, ketika sobat ingin membeli rumah, pastikan terlebih dahulu daerah sekelilingnya apakah banyak memiliki sumber mata air yang bisa menjadi tempat untuk jentik nyamuk tumbuh.

Untuk mengusir nyamuk, hal terpenting yang harus sobat lakukan adalah membasmi atau mencegah keberadaan jentik nyamuk. Hal ini disebabkan karena nyamuk merupakan serangga yang bisa menyimpan telur hingga ratusan dalam satu waktu.

Sehingga sobat pun harus melenyapkan jentik nyamuk agar populasinya berkurang dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kali ini Vira akan membagikan tips dan trik untuk mencegah jentik nyamuk hingga keberadaanya lenyap.

Jadi sobat dapat merasa semakin nyaman ketika berada di rumah. Yuk! Simak cara mencegah keberadaan jentik nyamuk berikut ini!

Nyamuk adalah salah satu serangga yang bisa meletakkan telur hingga ratusan dalam sekali peletakan. Nyamuk tersebut biasanya akan meletakkan telurnya pada beberapa tempat tertentu seperti pada permukaan air yang tidak bergerak atau di tempat yang lembab lainnya.

Sebagai contoh, pada kolam renang bekas yang tidak dikuras penuh, wadah penyimpanan air hujan, hingga pot bunga sobat yang berisi air. Nyamuk akan sangat senang sekali untuk bersembunyi pada tempat yang kotor atau berantakan yang sulit untuk ditemukan.

Telur nyamuk yang sudah berada di permukaan air tersebut akan menetas dalam waktu dua hingga tinga hari hingga akhirnya menjadi larva atau bisa disebut juga sebagai jentiik nyamuk.

Jentik nyamuk tersebut bisa bernapas sendiri dengan cara naik di atas permukaan air dan hidup dengan cara mengkonsumsi mikro organisme yang berada di dalam air. Ketika memasuki fase jentik nyamuk inilah sobat harus dengan sigap untuk membasmi dengan cepat sebelum akhirnya jentik tersebut berubah dan memasuki ke dalam fase pupa yang akhirnya akan berubah menjadi nyamuk dewasa.

Di bawah ini adalah beberapa cara asederhana yang bisa sobat gunakan untuk membasmi jentik nyamuk di rumah sendiri.

Tutup Tempat Penyimpanan Air

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Biasanya, nyamuk akan menyimpan telur pada beberapa tempat, termasuk permukaan air tidak bergerak. Maka dari itu, agar tidak ada jentik nyamuk, pastikan sobat selalu menutup tempat penyimpanan air secara rapat.

Selain membuat nyamuk yang ada di dalamnya menjadi mati, hal ini pun bisa membuat nyamuk tak bisa lagi menaruh telur di dalam wadah tersebut.

Buang Air yang Menggenang

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Jentik nyamuk juga kerap berkembang di air yang menggenang. Maka dari itu, sebaiknya sobat juga memasikan agar taka da keran yang terbuka ataupun bocor karena area tersebut akan menjadi tempat terbaik untuk jentik nyamuk berkembang biak.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan area taman rumah setelah hujan atau sehabis disiram agar tidak terdapat genangan air. Hal ini termasuk juga pada pot tanaman yang kerap menjadi tempat favorit para jentik nyamuk.

Lenyapkan Jentik Nyamuk dengan Bahan Kimia

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Sobat juga bisa memanfaatkan produk kimia yang banyak dijual di toko-toko untuk melenyapkan jentik nyamuk. Namun, dalam penggunaanya, pastikan untuk tidak memakai produk kimia pembunuh jentik nyamuk.

Terutama pada air yang dipakai untuk keperluan utama, seperti cuci muka, kumur-kumur, bahkan minum sebab produk kimia tersebut bisa mengubah kandungan air.

Pelihara Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Ada banyak jenis hias yang bisa memakan jentik nyamuk yang berada di permukaan air. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memiliki sebuah kolam ikan berukuran mungil di rumah karena selain berguna untuk menlenyapkan jentik nyamuk.

Kolam ikan pun dapat mempercantik tampilan rumah sobat.

Manfaatkan Cuka Apel

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Jika sobat ragu menggunakan produk kimia, sobat bisa memanfaatkan cuka apel. Bahan ini dapat menjadi pestisida alami yang mampu melenyapkan jentik nyamuk pada permukaan air.

Dikarenakan jentik nyamuk memiliki daya tahan tinggi, sobat sebaiknya menggunakan larutan cuka apel dengan kandungan tinggi agar bekerja lebih efektif dan efisien.

Bunuh Jentik Nyamuk dengan Klorin

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Jika jentik nyamuk di rumah sangat membadel dan sulit dilenyapkan, sobat bisa memanfaatkan larutan klorin untuk membasminya. Klorin adalah larutan keras yang bekerja ampuh dalam membunuh jentik nyamuk.

Namun, sobat harus memperhatikan cara pakainya karena klorin cukup berbahaya bagi lingkungan.

Gunakanlah Air yang Mengalir

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Nyamuk tidak akan bisa meletakkan telurnya apabila sobat memiliki kolam atau tempat penyimpanan air yang di mana airnya secara rutin sobat ganti ataupun sobat buat mengalir. Hindari untuk membut kolam hias yang airnya diam saja dan tidak memiliki pergerakan sama sekali.

Karena akan meningkatkan resiko nyamuk untuk berkembang pada air yang bergerak. Jentik nyamuk juga tak akan ada pada kondisi air yang mengalir. Jika sobat memiliki kolam ataupun wadah penyimpanan air.

pastikan sobat mengganti  air secara rutin atau buat air terus bergerak di dalam kolam untuk menghambat jentik nyamuk hidup . Atau mengurangi resiko pekembangbiakan jentik nyamuk.

Teteskan Minyak Kayu Manis pada Permukaan Air

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Metode sederhana yang bisa sobat coba lakukan pada tempat yang sudah terdapat jentik nyamuk adalah dengan meneteskan minyak kayu manis pada permukaan air tersebut.

Minyak kayu manis akan melapisi permukaan dari air tersebut dan menghindari kesempatan bagi jentik nyamuk untuk bisa bernafas sehingga akan mati dengan lebih cepat.

Manfaatkan Sabun Cuci Piring

Cara Ampuh Mencegah Jentik Nyamuk Dirumah

Sabun cuci piring sangatlah beracun bagi sebagian besar binatang. Salah satu binatang yang tidak tahan terhadap sabun cuci piring adalah nyamuk. Teteskan beberapa sendok makan sabun cuci piring adalah nyamuk.

Teteskan beberapa sendok makan sabun cuci piring adalah nyamuk. Teteskan beberapa sendok makan sabun cuci piring pada wadah air yang memiliki jentik nyamuk. Sabun cuci piring tersebut akan membunuh jentik dengan sangat cepat dan ampuh.

Itulah cara-cara untuk membasmi jentik-jentik nyamuk dirumah sobat, mulailah untuk mencoba menerapkan cara-cara tersebut ya sobat, agar sobat tetap  merasa nyaman dirumah dan tidak terjangkit penyakit yang dapat disebabkan oleh nyamuk.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?