Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

Pemanasan global sudah bukan isu yang asing lagi, hal ini tentu berpengaruh dengan udara panas ya...
Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem Pemanasan global sudah bukan isu yang asing lagi, hal ini tentu berpengaruh dengan udara panas yang semakin menyengat di rumah. Tentunya udara panas bisa membuat suasana rumah jadi terasa kurang nyaman.
Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 18 Februari 2021
Share
2021-02-18

Pemanasan global sudah bukan isu yang asing lagi, hal ini tentu berpengaruh dengan udara panas yang semakin menyengat di rumah. Tentunya udara panas bisa membuat suasana rumah jadi terasa kurang nyaman.

Selain itu, Indonesia juga merupakan negara tropis yang dengan segala kelebihan terutama soal cuaca dan juga iklim. Cahaya matahari berlimpah sehingga bisa menyehatkan rumah, meskipun memang suhu kawasan memang panas. Namun, curah hujan juga tinggi, angin yang berhembus pun kencang dan kelembapan juga tinggi.

Uniknya, masih banyak masyarakat di Indonesia yang kurang bisa beradaptasi dengan cuaca yang panas. Biasanya banyak orang yang menggunakan AC di ruangannya agar suasana rumah terasa dingin dan lebih sejuk.

Apalagi semenjak harga dari AC atau pendingin udara sehingga hal ini menjadi cara agar ruangan sejuk yang paling mudah. Akan tetapi tahu gak sob, AC atau pendingin ruangan bisa jadi berbahaya jika tidak dirawat dengan benar lho sob!

Bahkan hal tersebut juga pernah dijelaskan oleh dr. Mark Mendell, seorang ahli epidemiologi dari Departemen Kesehatan Masyarakat California. Jika sistem AC dirancang buruk atau perawatannya tidak tepat, maka bisa berpotensi bahaya untuk kesehatan.

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Efek buruk untuk kesehatan dari sistem AC seperti masalah asma yang bisa semakin memburuk dan juga alergi adalah dua masalah kesehatan yang dapat berasal dari unit AC yang terkontaminasi.

Beberapa penyakit lainnya yang bisa disebabkan penggunaan AC terkontaminasi di antaranya seperti hidung tersumbat, masalah pernapasan, sakit kepala, kelelahan, bahkan kulit yang teriritasi.

Itu sebabnya akan lebih baik jika bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk tanpa menggunakan AC. Nah, berikut ini Vira mau membagikan beberapa tips agar rumah terasa sejuk tanpa AC. Simak yuk!

1. Gunakan Cat Berwarna Cerah

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC yang pertama adalah pemilihan warna cat pada tembok rumah. Penggunaan cat warna yang cerah pada ruangan akan membawa efek yang membuat suasana di rumah lebih sejuk lho!

Hal ini disebabkan warna-warna cerah seperti itu akan memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan gak terasa panas. Saran dari Vira sih cobalah untuk mengaplikasikannya dengan warna putih.

Meskipun warna putih berpotensi lebih cepat kotor daripada warna-warna lainnya, namun penggunaan warna cat putih pada kamar yang sempit akan membuat ruangan terkesan lebih lapang dan luas.

Agar kamar sobat tidak pengap dan terasa lebih dingin, gunakan pula kelompok warna yang dapat memberikan kesan sejuk pada ruangan, seperti hijau muda, biru muda, tosca dan juga sebagainya.

Jika perlu, sesuaikan juga warna perabotan dengan warna dinding kamar. Sehingga, tidak hanya memberi kesan lebih nyaman, desain kamar sobat juga akan terlihat lebih indah dan juga menarik.

2. Mengatur waktu ketika membuka jendela

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Salah satu cara untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk adalah dengan membuka jendela saat udara ruangan menjadi lebih sejuk. Usai musim hujan, biasanya temperatur lebih rendah sehingga udara lebih sejuk, kenapa sobat tidak membuka pintu dan juga jendela saja?

Vira jamin sih udara sejuk di luar rumah akan masuk ke dalam rumah sehingga rumah akan terasa lebih dingin dari sebelumnya.

Nah tips dari Vira, sebaliknya apabila udara di luar lebih panas, lebih baik sobat menutup pintu dan juga jendela agar tidak masuk. Udara di dalam ruangan juga tidak keluar sehingga membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih panas.

Coba yuk lain kali praktekan dengan tutup jendela saat udara luar panas atau buka jendela ketika udara luar lebih dingin.

3. Tutup jendela dengan tirai

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Hawa panas di dalam rumah salah satunya berasal dari cahaya matahari yang masuk menembus jendela sobat. Gunakanlah tirai jendela yang cukup tebal untuk menghalau sinar matahari yang masuk secara berlebihan.

Dengan begini, suhu ruangan pun akan menurun secara alami. Untuk itu pilihlah tirai yang terbuat dari bahan tipis agar aliran udara dari luar ke dalam akan tetap lancar.

Selain dapat menyerap panas dari cahaya matahari yang masuk menembus jendela, di sisi lain pemasangan tirai juga dapat mempercatik ruangan rumah sobat. Tips rumah sejuk yang satu ini mudah bukan?

4. Mensiasati dengan plafon rumah yang tinggi

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Ohhiya sob, untuk sobat yang baru berencana akan membangun rumah, nyatanya untuk membuat ruam terasa sejuk tanpa AC bisa dilakukan melalui pembangunan rumah. Lebih mudah, praktis dan efisien.

Salah satunya mengkonsep bangunan rumah dengan plafon rumah yang tinggi. Plafon yang tinggi bisa memperlambat masuknya suhu atau udara panas ke dalam ruangan. Hal ini disebabkan karena sinar matahari tidak akan langsuung masuk ke dalam ruangan.

Melainkan akan mengenai dinding luar rumah terlebih dahulu, lalu masuk ke dalam rangka atap. Dari rangka atap, udara panas akan diteruskan ke plafon lalu bisa mengalir ke dalam setiap ruangan di dalam rumah.

Namun saat berencana membuat plafon tinggi di rumah, harus diusahakan ada siklus udara yang baik dan juga memadai. Misalnya jendela dari sisi samping ruang, depan maupun juga area belakang.

Jarak antar jendela pun sebaiknya tidak lebih dari 6 meter. Alternatifnya cobalah untuk sobat gunakan kipas exhaust. Akan tetapi cara ini dinilai kurang efektif bila rumah berukuran tidak terlalu luas.

5. Menggunakan Material Penahan Panas

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Jika dengan plafon yang tinggi dan juga ventilasi silang rumah masih terasa agak panas, tidak ada salahnya beralih menggunakan material penahan panas. Material panas ini mampu membuat suhu di dalam rumah lebih sejuk dan juga berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar UV.

Ada tiga jenis material penahan panas yang bisa sobat gunakan pada bangunan rumah idaman sobat yaitu alumunium foil, glasswool dan juga bubble foil.

Pada umumnya, penahan panas ini bentuknya lembaran berwarna perak yang bisa sangat efektif dalam melindungi bangunan dari panas. Hal yang menarik adalah pemasangannya juga mudah dan tidak perlu membutuhkan banyak tenaga.

6. Menerapkan Ventilasi Silang

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Ventilasi silang merupakan salah satu trik arsitektural yang sangat umum diaplikasikan untuk membuat rumah dapat terhindari dari suhu yang panas. Ventilasi silang merupakan dua ventilasi dengan posisi saling berhadapan dalam satu ruang.

Bentuk ventilasi siang ini biasa berupa pintu atau jendela. Letaknya tidak harus berada di dinding rumah, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian atas.

Dengan begitu sirkulasi udara tetap lancar sehingga udara kotor dan berushu panas akan cepat keluar dan berganti udara bersih yang bersuhu dingin. Cara ini banyak lho digunakan untuk rumah-rumah di area dengan halaman yang luas.

7. Tanam Pohon untuk Memperbaiki Kualitas Udara

Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Di jamin Nyaman dan Adem

 source: pinterest.com

Tips membuat rumah sejuk yang satu ini dinilai sangat efektif lho, namum hasilnya memang tidak instan atau akan terasa dalam jangka panjang. Caranya yaitu dengan menanam pohon.

Menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya akan melindungi rumah dari sinar matahari. Cara ini efektif mengurangi suhu panas di rumah sobat dalam jangka yang cukup panjang.

Sehingga selain menciptakan suasana sejuk, tanaman tersebut juga bisa mempercantik rumah sobat.

Selain itu sobat juga bisa menyimpan tanaman hias di pot dalam kamar atau ruangan yang terasa panas di rumah. Pilihlah tanaman berukuran kecil atau sedang yang potnya tidak akan memenuhi ruang kamar.

Jangan sampai, niat baik agar kamar tidak pengap, malah terjadi sebaliknya karena sobat salah dalam memilih tanaman yang ingin sobat simpan di dalam ruangan yang terasa sedikit panas.

Selain itu, perlu sobat ingat juga karena pada saat malam tanaman akan mengeluarkan zat karbondioksida, yang akan berbahaya bagi kesehatan manusia, maka keluarkan tanaman tersebut sebelum sobat tidur ya!

Setelah membaca beberapa tips dan juga penjabawannya, tentu sobat VOIRE sudah mengerti kan bagaimana cara menyiasati agar rumah bisa terasa lebih sejuk tanpa menggunakan AC?

Apabila sobat VOIRE sedang berencana membuat rumah yang sejuk dan masih mencari-cari jasa kontraktor dan juga konsultan interior untuk membantu sobat mambangun rumah idaman, yuk konsultasi dahulu bersama VOIRE Project.

Jangan ragu karena VOIRE Project punya arsitek dan juga desainer interior yang professiona dan juga berpengalaman untuk memenuhi apa pun kebutuhan dan keinginan sobat untuk mewujudkan rumah idaman.

Eits, ga cuma itu VOIRE Project juga bisa membantu sobat untuk memiliki kitchen set idaman sobat yang pas banget dengan ukuran dapur sobat di rumah. Yuk hubungi VOIRE Project sekarang juga!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?