Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

Dikalangan wanita bunga krisan atau bunga seruni yang memiliki nama latin chrysanthemum ini lumay...
Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya Dikalangan wanita bunga krisan atau bunga seruni yang memiliki nama latin chrysanthemum ini lumayan cukup populer. Perempuan mana sih yang tidak akan tertarik ketika pertama kali menjumpai atau menemukan bunga krisan ini?
Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 15 Mei 2020
Share
2020-05-15

Dikalangan wanita bunga krisan atau bunga seruni yang memiliki nama latin chrysanthemum ini lumayan cukup populer. Perempuan mana sih yang tidak akan tertarik ketika pertama kali menjumpai atau menemukan bunga krisan ini?

Memiliki warna cerah yang memikat dan bau yang harum semerbak semakin membuat tanaman yang berasal dari keluarga Asteraceae ini diminati oleh banyak orang. Pasalnya tanaman ini sangat cocok lho untuk di tanam pada taman minimalis maupun tanam mini dalam lahan terbatas di rumah sobat.

Bunga ini berasal dari daratan Eropa Timur Laut dan Asia. Uniknya lagi bunga ini dapat bertahan selama kurang lebih sekitar dua minggu setelah waktu dipetik dan diletakkan dalam vas yang berisi sedikit air. Sehingga banyak yang menggunakan bunga krisan ini sebagai bunga dalam buket yang biasa dijadikan hiasan acara pernikahan atau hadiah dalam bentuk karangan bunga.

Fakta menakjubkan dari bunga krisan atau seruni ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh sobat. Keren sekali bukan? Pada kesempatan kali ini Vira akan membahas tuntas bagaimana cara menanam dan merawat bunga krisan ini serta membahas manfaat yang dibawa dari bunga ini di teras rumah sobat. Yuk simak baik-baik ya sobat!

 

Manfaat Bunga Krisan

Bunga ini terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga krisan ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki aroma wangi yang khas, bunga krisan ini juga sering dijadikan minuman dalam the. Kandungan yang terdapat pada bunga krisan yaitu vitamin A, B dan C. Terutama bunga krisan memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Dengan adanya kandungan yang terdapat pada bunga krisan, adapun khasiat serta manfaat yang didapat jika Sobat VOIRE rutin meminum teh bunga krisan.

dengan kandungan yang disebutkan sebelumnya, bunga krisan ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Bagi sobat yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi teh bunga krisan secara rutin. Hal ini bermanfaat unyuk membuat kadar kolestrol sobat stabil lho!

 

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga stabilitas kolestrol, bunga krisan ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan juga dapat meningkatkan fungsi otak. Lalu beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bunga krisan ini dapat menjaga kekebalan tubuh, membersihkan racun serta dapat membantu merawat kulit dan meringankan perasaan stress.

 Banyak sekali ya manfaat bunga krisan untuk kesehatan ini. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali orang yang menginginkan untuk menanam bunga krisan ini. Apakah sobat salah satunya? Jika iya pada ulasan berikut ini Vira akan membahas mengenai cara menanam serta bagaimana perawatan dari bunga krisan ini. Merapat!

 

Cara Menanam Bunga Krisan

1. Menanam Pada Waktu yang Tepat.

Waktu yang paling tepat untuk menanam bunga krisan adalah pada waktu saat cuaca yang sedikit hangat. Seperti pada waktu-waktu di akhir musim hujan yang diperkirakan biasanya datang pada sekitar bulan maret atau april, itu adalah waktu yang sangat baik untuk menanam bunga krisan. Jika sobat VOIRE masih ragu dengan perkiraan cuaca karena seperti yang sobat ketahui bahwa saat ini sangat sulit untuk memprediksi cuaca. Ada waktu lain juga yang dirasa cocok untuk menanam bunga krisan.

Tanamlah bunga krisan pada waktu ketika kondisi tanah yang akan ditanami bunga krisan berada dalam suhu dingin kisaran 18o  – 20 derajat Celcius. Maka dari itu pada umunya kondisi tanah yang sedang cukup dingin ialah pada saat menjelang matahari terbit sekitar pukul lima sampai enam pagi.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

 source: pinterest

Walau cara kedua ini dipraktekan, namun tetap memiliki dua kemungkinan hasil yang yang akan didapatkan. Bisa tumbuh dengan baik namun juga kurang karena berbagai macam alasan dan keadaan.

2. Pilih Jenis Bunga Krisan

Ketika akan menanam bunga krisan, sobat perlu menentukan jenis krisan apa yang ingin sobat tanam. Karena faktanya banyak sekali jenis bunga krisan yang bisa sobat tanam. Sehingga pilihlah jenis krisan yang bagus dari segi bentuk dan warna bunganya.

Beberapa jenis dari bunga krisan yang bisa sobat tanam yaitu krisan potong yang seringkali sobat temui di toko bunga, karena sifatnya yang mudah dibudidayakan, bunga krisan potong ini dapat hidup dalam waktu yang cukup lama jika dirawat dengan sangat baik. Selain itu warna yang dimiliki bunga krisan jenis ini sangat terang dan bentuknya bagus.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

 source: pinterest

Selanjutnya ada yang namanya krisan pot. Krisan ini dapat ditanam di pot sesuai dengan namanya. Meskipun bentuk bunga dan warnanya bervariatif namun bunga krisan pot tidak tahan lama seperti bunga krisan potong. Harga bunga krisan pot ini juga lebih murah dari krisan potong.

Nah dari penjelasan diatas sobat bisa menentukan sendiri bunga krisan mana yang paling cocok untuk ditanam di rumah sobat.

3. Memilih dan Menyiapkan Media Tanam

Apabila sobat memutuskan untuk menanam bunga krisan, salah satu hal yang perlu sobat perhatikan adalah tanah tersebut harus memiliki drainase yang baik dan memiliki pencahayaan yang cukup. Bila tidak memungkinkan, usahakan agar lokasi tanah yang dipilih untuk menanam krisan terpapar sinar matahari beberapa jam dalam sehari. Agar lebih menarik, usahakan menanam krisan secara berdekatan sesuai dengan jenis warnanya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

 source: pinterest

Lain halnya ketika akan menenam bunga krisan di dalam pot. Cara sederhana yang bisa sobat lakukan adalah dengan memasukkan semua media tanam dalam pot dengan perbandingan 1 tanah humus, ½ pupuk kompos. Lalu buatlah lubang sedalam 3 cm barulah tanam bibit bunga krisan d dalamnya. Setelah itu sobat bisa menambahkan sekam padi di atasnya bila tanaman krisan sudah mulai bertunas.

Cara Merawat Bunga Krisan

1. Penyiraman

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

 source: pinterest

Gunakanlah air secukupnya ketika menyiram bunga krisan. Hindari air yang menggenang di permukaan tanah setelah selesai disiram karena hal ini akan menyebabkan akar cepat membusuk.

Bunga krisan hanya perlu disiram satu kali sehari dan lebih baik dilakukan pada pagi hari agar air menguap oleh cahaya mahatari ketika menjelang siang hari. Maka dari penyiraman yang dilakukan pada malam hari harus dihindari karena dapat menyebabkan tanaman krisan terserang penyakit. Sedangkan penyiraman pada siang hari akan mengganggu proses terjadinya foto sintesis pada tanaman bunga krisan.

2. Pemupukan

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

 source: pinterest

Pada dasarnya tanaman bunga krisan ini tidak memerlukan pupuk yang terlalu banyak. Sehingga sobat tidak perlu repot-repot untuk terlalu sering memberi pupuk. Apalagi jika di awal sobat sudah mencampurkan media tanam dengan pupuk. Pemupukan bisa sobat lakukan dua bulan setelah penanaman dan dilanjutkan dengan pemupukan rutin satu bulan sekali

3. Pemotongan

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

 source: pinterest

Pinching atau pemotongan perlu dilakukan bila Sobat menanam krisan sejak masih berupa bibit. Bila Sobat membeli bunga krisan jadi dalam pot, pinching tidak perlu dilakukan karena sudah dilakukan oleh penjualnya. Pinching sebaiknya dilakukan sejak tanaman krisan mulai mengeluarkan kuncup. Gunakan gunting tanaman untuk memotong setengah bagian kuncup bunga. Lakukan hal ini seminggu sekali sampai di pertengahan musim kemarau.

Bunga krisan yang telah layu atau mengering sebaiknya segera dipotong, agar tidak mengganggu kelancaran sirkulasi air dan makanan ke seluruh bagian tanaman. Selain itu, bunga krisan kering akan mengurangi keindahan kumpulan bunga krisan lainnya yang sedang bermekaran.

 

4. Pindahan

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya

Baik bunga krisan yang ditanam di pot atau di tanah, dua-duanya perlu dipindahkan ke media tanam lain setelah beberapa waktu. Tujuannya adalah untuk menjaga keindahan bentuk tanaman dan menjaga kesehatan tanaman. Krisan pot perlu diganti media tanamnya dengan yang baru, akar-akarnya juga perlu dipisahkan agar penyerapan air dan unsur hara berlangsung seimbang. Sedangkan tanaman krisan yang ditanam di halaman perlu dipindahkan ke tempat lain setelah tiga tahun.

Nah itu dia penjelasan singkat dari Vira mengenai Cara Menanam dan Merawat Bunga Krisan Serta Manfaatnya. Saran tambahan dari Vira sih terkait perawatan tanaman bunga krisan ini yaitu hindari tanaman bunga krisan dari cahayu lampu di malam hari karena pada dasarnya tanaman ini tidak perlu terlalu banyak terkena paparan cahaya. Justru suasana gelap dapat mendukung pertumbuhan bunga menjadi lebih cepat dan indah.

Gampang-gampang susah ya sobat? Tapi demi mendapatkan manfaatnya yang sangat banyak, Vira sih rela untuk meluangkan waktu menanam dan merawat tanaman ini dengan segenap jiwa dan raga agar taman minimalis di rumah Vira semakin #benarbenaridaman.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?