Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

Holla sobat VOIRE! Karena lagi sering di rumah aja kaya sekarang ini, punya kolam ikan di rumah b...
Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah Holla sobat VOIRE! Karena lagi sering di rumah aja kaya sekarang ini, punya kolam ikan di rumah bisa membuat kesenangan tersendiri buat seluruh penghuni rumah. Pasalnya suara gemericik dan aliran air bisa membuat hari-hari #dirumahaja menjadi lebih asri dan tentram.
Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 16 Oktober 2020
Share
2020-10-16

Holla sobat VOIRE! Karena lagi sering di rumah aja kaya sekarang ini, punya kolam ikan di rumah bisa membuat kesenangan tersendiri buat seluruh penghuni rumah. Pasalnya suara gemericik dan aliran air bisa membuat hari-hari #dirumahaja menjadi lebih asri dan tentram.

Ditambah dengan pemandangan ikan-ikan hias yang berenang ke sana ke mari pasti membuat hati merasa damai sekaligus bisa membunuh rasa bosan karena aktivitas di luar rumah yang sedang di batasi.

Namun di samping itu, tentu ada kegiatan tambahan yang perlu dilakukan rutin bagi sobat VOIRE yang mempunyai kolam ikan yaitu membersihkan kolam ikan yang kotor. Kolam ikan akan mudah menjadi kotor akibat kotoran ikan, debu dan lumut yang tumbuh.

Sobat wajib paham nih gimana cara merawat kolam tersebut demi terhindar dari berbagai kemungkinan dampak buruk kedepannya. Merawat ikan agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik bukan saja terfokus tentang bagaimana cara merawat ikannya beserta makanannya loh.

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Coba deh bayangin, kolam ikan yang berada di luar rumah pasti akan selalu terguyur hujan, terkena paparan sinar matahari bahkan tercemar lumpur, debu dan lain sebagainya.

Tau gak sob, merawat kolam ikan sebenarnya sangat mudah asalkan sobat memahami teknik yang harus dilakukan. Untuk lebih jelasnya, yuk merapat Vira akan membahas cara mudah untuk merawat kolam ikan.

1. Perhatikan Kualitas Air

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Ini salah satu hal utama yang perlu sobat perhatikan, kualitas air kolam memegang peranan penting dalam keberhasilan memelihara ikan hias karena kualitas air yang baik dapat membuat ikan tumbuh sehat dan tampilan kolam terlihat menarik dan rupawan.

Biasanya kualitas air yang baik ditentukan oleh berbagai macam faktor seperti suhu, derajat keasaman atau Ph, oksigen terlarut dan beberapa kandungan kimia lainnya. Suhu ideal untuk kolam ikan hias berada di suhu sekitar 20-25 derajat celcius.

Pengelolaan dan penanganan dilakukan menggunakan pemanas air untuk menaikkan suhu dan juga mengalirkan air untuk menurunkan suhu. Sedangkan derajat keasaman yang ideal untuk kolam ikan hias adalah sebesar 7,0 – 8,5.

Sedangkan untuk agar membuat oksigen terlarut ideal dalam kolam ikan bisa dilakukan dengan aerasi, pengucuran air dan membuat air bergerak.

2. Menambahkan Tanaman Pada Kolam

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Tanaman pada kolam berfungsi sebagai sisi penutup permukaan kolam untuk ikan berteduh dari sinar matahari dan juga sebagai media yang membantu membersihkan kolam secara alami.

Ada beberapa tanaman yang bisa membantu membersihkan debu dan juga lumut pada kolam ikan hias lho. Sobat bisa mencoba menanam tanaman pisang air.

Tanaman air yang satu ini bisa tumbuh tinggi dengan daun yang bergelombang hingga panjang. Tentu sangat bisa dijadikan tempat berlindung ikan ketika siang hari yang panas

Selanjutnya ada tanaman bamboo air, jika bambu pada umumnya ditanam di atas tanah dan bisa tumbuh dengan menjulan tinggi, maka tanaman air yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan biasanya diletakan di sekeliling kolam sebagai pembatas kolam itu sendiri.

Lalu ada juga tanaman air kala lili, menariknya tanaman air yang berikut ini tidak hanya mampu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih tapi juga membuat tanaman sekitarnya terlihat lebih cantik

Warnanya yang putih bersih dan bentuknya yang menyerupai mulut terompet, terlihat mirip seperti bunga plastik secara sekilas. Tanaman ini juga punya aroma yang lembut dan pastinya bisa membuat suasana nongkrong di pinggir kolam semakin seru.

Terakhir ada tanaman ganggang rantai, tanaman ini memliki sifat oksigenasi alias dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam ikan sehingga air tetap jernis dan ikan mendapat asupan oksigen yang cukup.

3. Hindari memberi ikan terlalu banyak makanan

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: unsplash

Kesannya sih terdengar sepele ya? Padahal memberi makan ikan dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan air kolam menjadi tampak kotor dan keruh lho. Berilah ikan-ikan sobat makanan dengan jumlah yang secukupnya agar tidak ada makanan yang tersisa menggenang begitu saja di air kolam.

Maka dari itu ada baiknya mempertimbangkan berapa banyak jumlah ikan yang akan dipelihara. Dengan begitu, sobat juga bisa menentukan berapa kiranya jumlah makanan yang cukup.

4. Perhatikan sirkulasi udara pada kolam

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Bagi sobat yang memiliki kolam ikan outdoor, sobat juga harus memperhatikan sirkulasi udara dalam kolam. Sirkulasi udara yang baik akan membantu ikan-ikan bergerak dan berenang dengan lebih aktif dan juga leluasa.

Maka, Vira sangat menyarankan untuk memastikan adanya air mancur atau air yang mengalir untuk membantu ikan-ikan bertahan hidup lebih lama.

5. Rutin memberihkan dan memungut serpihan yang jatuh ke kolam

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Bagi sobat yang memiliki tanaman-tanaman di sekitar area kolam ikan, pasti ada kalanya tanaman tersebut rontok dan terjatuh ke dalam kolam. Coba deh untuk segera mungkin mengambil serpihan tersebut.

Karena jika dibiarkan terlalu lama, serpihan rerontokan daun atau tanaman bisa mengalami pembusukan di dalam kolam ikan hias milik sobat. pembusukan ini dapat mengganggu kesehatan ikan dan juga membuat air kolam cenderung kotor dan keruh.

6. Kuras kolam ikan dengan rutin

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: freepik

Hal yang tidak kalah penting dalam hal merawat kolam ikan adalah dengan menguras kolam secara rutin. Vira sarankan sih sebaiknya dilakukan sekitar satu bulan sekali agar tetap terjaga kebersihannya.

Gunakan sikat dan juga kain pel untuk membersihkan permukaan lantai dan dinding kolam ikan. Namun sebenarnya apabila kolam ikan terlihat keruh dan kotor akibat banyaknya kotoran yang menumpuk, sebaiknya segera bersihkan tanpa perlu menunggu waktu sebulan atau jadwal rutin.

Nah, ketika sedang menguras kolam ikan hias, sebaiknya ikan-ikan dalam kolam tersebut dipindahkan dahulu ke tempat lain. Tentunya selain untuk memudahkan proses pengurasan kolam, cara ini bisa mencegah ikan menjadi stress dan terganggu ketika kolam sedang di kuras.

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Ohhiya, ada baikya jangan membersihkan lumut yang menempel di dinding kolam ikan terlalu bersih karena lumut yang tumbuh di kolam ikan bisa juga menjadi makanan alami para ikan.

Dengan menerapkan beberapa langkah cara merawat kolam ikan hias di atas, kejernihan dan kebersihan pada air kolam ikan akan lebih tahan lama sehingga enak untuk dipandang. Dengan begitu suasana rumah pun bisa terlihat lebih segar dengan menambahkan tanaman-tanaman hias di sekitar kolam ikan.

Sobat bisa menempatkan tanaman di dalam pot. Jenis yanaman yang cocok untuk ditempatkan di sekitar area kolam ikan adalah tanaman perdu yang rendah. Tentunya tanaman perdu ini memiliki daun yang rimbun dan terlihat sangat menarik.

Perlu diingat untuk mengatur pencahayaan pada kolam ikan hias. Pastikan area kolam ikan dan sekitarnya mendapatkan penerangan yang cukup. Penerangan juga bisa berupa penerangan alami yang bersumber dari cahaya matahari.

Cara Merawat Kolam Ikan Hias Yang Baik dan Mudah

 source: pinterest

Itu dia informasi seputar merawat kolam ikan yang bisa sobat terapkan pada kolam ikan hias milik sobat. Berencana membangun kolam ikan di rumah tapi bingung mulai dari mana?

Konsultasi sama tim VOIRE Project yuk? Desain kolam dengan berbagai pilihan yang mungkin cocok dengan tampilan rumah sobat bisa Vira berikan lho. Selain itu rekomendasi material dan bahan baku juga akan sobat dapatkan ketika berkonsultasi.

Perencanaan yang tepat dan pelaksanaan yang sesuai sudah menjadi prosedur VOIRE Project ketika menjalankan project sekecil apapun. Sobat bisa dengan mudah mengontrol project hanya lewat handphone dan juga memaksimalkan budget yang dimiliki.

Khawatir terjadi kendala pada hasil akhirnya? VOIRE Project juga memfasilitasi garansi untuk bangunan yang sudah selesai dikerjakan. Tunggu apa lagi? Yuk hubungi VOIRE Project sekarang juga.

 

Komentar

Mau cari artikel apa sob?