Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

Selain nyaman dan indah, rumah juga harus memenuhi kriteria sehat ya sobat. Kondisi udara kering ...
Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah Selain nyaman dan indah, rumah juga harus memenuhi kriteria sehat ya sobat. Kondisi udara kering terutama saat kemarau yang disertai hujan belakangan ini, menimbulkan kelembapan yang tinggi. Nah, dampaknya populasi nyamuk meningkat karena nyamuk merupakan hewan yang senang hidup di daerah lembap sobat. Nyamuk dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti demam berdarah (DBD) atau malaria. Banyak nyamuk dirumah juga itu sangat mengganggu ya sobat? Lagi tidur kebangun gara-gara nyamuk, udah bangun tidur juga jadi bentol-bentol karena digigit nyamuk. Haduh repot banget kan ya.
Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 08 April 2021
Share
2021-04-08

Selain nyaman dan indah, rumah juga harus memenuhi kriteria sehat ya sobat. Kondisi udara kering terutama saat kemarau yang disertai hujan belakangan ini, menimbulkan kelembapan yang tinggi.

Nah, dampaknya populasi nyamuk meningkat karena nyamuk merupakan hewan yang senang hidup di daerah lembap sobat. Nyamuk dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti demam berdarah (DBD) atau malaria.

Banyak nyamuk dirumah juga itu sangat mengganggu ya sobat? Lagi tidur kebangun gara-gara nyamuk, udah bangun tidur juga jadi bentol-bentol karena digigit nyamuk. Haduh repot banget kan ya .

Tapi tenang Vira punya tips nih, bikin rumah sobat jadi bebas nyamuk. Ada berbagai langkah untuk membasmi nyamuk dan mencegah penyakit bawaanya yang bisa sobat lakukan.

Perbaiki Sirkulasi Udara

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Udara yang lembab itu sangat digemari nyamuk. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membuka jendela pada siang hari ya sobat, agar udara dalam rumah tidak lembab.

Selain itu sobat bisa menggunakan kasa nyamuk pada lubang ventilasi agar nyamuk dan serangga dari luar tidak dapat masuk.

Yang terakhir untuk memperbaiki sirkulasi udara bila memungkinkan, gunakan air curtain (blower yang dapat diletakka di atas pintu) untuk mencegah serangga masuk ke dalam rumah.

 

Tutupi celah udara yang ada di pintu dan jendela

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Ukuran nyamuk yang kecil memungkinkannya masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah udara, termasuk melalui pintu dan jendela rumah. Nah, terkadang kita gak sadar tentang hal ini.

Maka dari itu, ada baiknya kamu mencoba cara mengusir nyamuk dengan menutup celah-celah tersebut dengan papan tambah atau kasa.

Cara mengusir nyamuk ini dijamin akan mengurangi intensitas nyamuk masuk ke dalam ruanganmu.

 Oh iya, sobat juga sangat disarankan untuk tidak membuka pintu dan jendela rumah terlalu lama. Segera tutp setelah membuka pintu dan jendela rumah terlalu lama. Segera tutup setelah membukanya ya. Dengan cara mengusir nyamuk ini, sobat gak akan terganggu lagi.

Tumpukan Baju Kotor

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Barang-barang termasuk baju yang bertumpuk juga digemari oleh nyamuk sebagai tempat perembunyian nyamuk. Maka dari itu hindari untuk menumpuk barang ya sobat, usahakan untuk selalu merapihkan barang-barang yang ada di rumah.

Sarang Nyamuk

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Sehabis membuka lemari pakaian, jangan lupa untuk menutupnya kembali sobat, agar tidak menjadi sarang nyamuk. Hindari menggantung baju di gantungan dalam waktu lama karena bisa menjadi hunian yang nyaman bagi nyamuk.

Bersihkan Rumah

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Selalu jagalah rumah agar tetap bersih. Meskipun beberapa jenis nyamuk suka tempat bersih, tetapi tidak ada salahnya rajin membersihkan rumah. Ciptakan suasana rumah yang terang dan sejuk, yang tidak disukai nyamuk.

Bersihkan kebun

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Rajin-rajinlah untuk merawat dan membersihkan tanaman dirumahmu ya sobat. Bersihkan dari daun-daun yang gugur dan sampah organik lainnya karena jika hujan datang, sampah

tersebut dapat menampung air yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nymuk.

Demikian pula pada embun yang menempel di daun sobat, harus dibersihkan agar tidak menjadi tempat nyamuk bertelur. Tanaman yang berdaun rimbun bisa menjadi hunian yang disukai nyamuk. Karena itu pangkaslah daun-daun yang terlalu rimbun secara berkala.

Tampungan Air

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Bersihkan tempat-tempat penampungan air yang ada di rumah anda, minimal seminggu sekali. Seluruh tempat penampungan air disektira rumah, seperti bak mandi, ember, tempayan atau alas pot bunga harus dikuras dengan rutin seminggu sekali agar tidak menjadi tempat bertelur nyamuk.

Sampah dan barang bekas yang bisa menampung air hujan bisa didaur ulang. Pastikan juga selokan dan talang air bebas dari sampah dan tidak tergenang air. Kolam di taman juga bisa diberi beberapa ekor ikan sebagai predator alami larva nyamuk.

Gunakan alat elektronik pembasmi nyamuk

Kalau cara mengusir nyamuk ini pasti sobat sudah mengenal ya. Sobat bisa memakai alat elektronik pembasmi nyamuk. Ada beberapa pilihan untuk alat elektronik pembasmi nyamuk.

Raket Listrik

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Yang pertama adalah raket listrik. Cara mengusir nyamuk menggunakan raket listrik ini cukup mudah sobat. Hanya perlu menyalakannya lalu kibaskan raket ke arah nyamuk, jadi bisa sambil olahraga juga ya sobat.

Lalu kedua adalah lampu listrik. Berbeda dengan raket, cara mengusir nyamuk menggunakan lampu listrk ini lebih mudah lagi yaitu dengan menancapkan ke stopkontak dan lampu akan menyala. JIka ada nyamuk yang terbang di sekitar lampu, sengatan listrik akan mematikan nyamuknya.

Gunakan obat pengusir nyamuk

Cara mengusir nyamuk ini juga paling sering dilakukan. Sobat bisa menemukan obat kimia pengusir nyamuk dengan mudah di toko terdekat. Ada beberapa bentuk obat nyamuk yaitu elektrik,bakar,spray.

Obat nyamuk elektrik

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Obat nyamuk elektrik harus dipasang ke stopkontak. Namun sebelum itu, kamu harus memasukkan obat kimia ke dalam tempat elektrik, lalu pasang ke stopkontak.

Obat Nyamuk Bakar

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Lalu ada obat nyamuk bakar yang berbentuk lingkaran spiral berwarna hijau. Cara mengusir nyamuk menggunakan obat ini adalah kamu cukup membakar ujung lingkaran dengan api kecil. Obat nyamuk akan menghasilkan asap yang ampuh mengusir nyamuk dari area sekitarnya.

Obat Nyamuk Spray

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Selanjutnya  ada obat nyamuk spray dilakukan dengan cara menyemprotkan obat nyamuk spray ke seluruh sudut ruangan. Setelahnya, tutup ruangan beberapa saat. Nyauk di ruangan pun akan pergi atau bahkan mati.

Gunakan Bahan Tradisional

Cara mengusir nyamuk yang terakhir adalah menggunakan bahan tradisional. Bahan alami yang dipercaya  bisa mengusir nyamuk adalah bunga lavender, serai, dan minyak kayu manis ternyata juga dapat mengusir nyamuk.

Lavender

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Lavender adalah salah satu tanaman penghilang nyamuk. Bentengi rumah dengan tanaman anti nyamuk. Tanaman tersebut bisa diletakan dekat pintu masuk rumah sobat ya atau dekat jendela-jendela dan dia area taman di depan rumah dan sekaligus bisa menjadi tanaman hias. Bau wangi yang dihasilkan keduanya bisa membuat nyamuk pusing dan pergi dari rumah sobat.

Sereh

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Bau dan aroma dari serai ini tidak digemari oleh nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan seraipun cukup mudah sobat. Caranya adalah gunakan serai sebagai lilin yang dibakar pada salah satu ujungnya. Setelah itu, letakkan di tempat- tempat yang sering terdapat banyak nyamuk bersarang.

Basanya, tempat yang disukai nyamuk adalah yang memiliki kelembaban cukup tinggi serta kurang terkena paparan sinar matahari.

Sobat dapat meletakkan serai yang telah dibakar tersebut pada vas kaca atau keramik yang tidak mudah terbakar. Dengan begitu, cara ini akan aman untuk dilakukan. Ganti serai setelah habis terbakar apabila dirasa masih terdapat nyamuk di rumah sobat.

Minyak kayu manis

Cara Mudah Membasi Nyamuk di Rumah

 source: google.com

Minyak kayu manis dapat dapat membunuh telur-terlur nyamuk yang telah diletakkan di tempat yang gelap.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air secukupnya dengan minyak kayu manis. Kemudian tuang campuran tersebut ke dalam botol penyemprot.

Setelah itu, sobat dapat menyemprotkan cairan tersebut pada tempat-tempat yang menurut sobat sering menjadi sarang nyamuk di rumah sobat.

Cara mengusir nyamuk yang Vira jelaskan cukup mudah kan sobat? Jika sobat terganggu dengan nyamuk-nyamuk yang ada dirumah sobat, segera coba untuk menerapkan cara-cara ini, karena selain mengganggu nyamuk juga dapat membawa penyakit yang tentunya akan merugikan sobat dan keluarga. Selamat mencoba.

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?