Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

Kehadiran kecoa sering kali mencemaskan beberapa penghuni rumah yang sedikit takut pada serangga ...
Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah Kehadiran kecoa sering kali mencemaskan beberapa penghuni rumah yang sedikit takut pada serangga ini. Namun ada juga lho yang meremehkan kehadiran kecoa di rumah. Pasalnya ukurannya yang kecil dan giginya yang tidak tampak tajam membuat beberapa orang mengabaikannya.
Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 23 Oktober 2020
Share
2020-10-23

Kehadiran kecoa sering kali mencemaskan beberapa penghuni rumah yang sedikit takut pada serangga ini. Namun ada juga lho yang meremehkan kehadiran kecoa di rumah. Pasalnya ukurannya yang kecil dan giginya yang tidak tampak tajam membuat beberapa orang mengabaikannya.

Untuk beberapa orang yang takut, biasanya langkah yang dilakukan untuk mengusir kecoa tersebut adalah dengan menimpa kecoa tersebut dengan sandal atau barang yang berat agar langsung mati atau disemprot menggunakan pembasmi serangga.

Namun yang paling mengejutkan adalah fakta bahwa kecoa bisa membawa banyak risiko berbahaya ke dalam rumah sobat lho. Khususnya pada aspek kesehatan keluarga di rumah. Beberapa bahaya diantaranya adalah kecoa dapat menyebarkan bakteri penyebab diare.

Menurut penelitian, terdapat kurang lebih 33 bakteri, enam cacing parasit dan tujuh jenis pathogen manusia yang bisa disebarkan kecoa ke dalam rumah sobat. Maka ketika kecoa hinggap di perabotan rumah atau makanan saat itu juga kotoran yang dibawa kecoa tersebar disana.

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: freepik

Selain menyebarkan bakteri kecoa juga dapat memicu alergi. Hal ini disebabkan karena kandungan alergen yang ada pada kotoran, air liur dan bagian tubuh kecoa. Salah satu reaksi alergi tersebut adalah asma atau sesak napas.

Untuk beberapa orang yang memiliki kulit sensitif bisa mengalami ruam atau bintik-bintik merah pada kulit. Bahaya ini dapat terjadi apabila ada kecoa yang hinggap atau berjalan di atas kulit anggota keluarga sobat.

Cukup mengerikan bukan? Maka dari itu kali ini Vira akan membahas bagaimana cara mengusir kecoa yang paling tepat. Simak dengan seksama ya sob!

Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

1. Memanfaatkan Aroma Daun Salam

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: unsplash

Daun salam merupakan daun rempah yang memiliki aroma sangat wangi. Itu sebabnya daun salam atau bisa dikenal dengan bay leaf kerap dijadikan campuran berbagai bumbu makanan agar rasanya sedap.

Pada sisi lain rupanya kecoa membenci aroma dari daun salam lho. Maka dari itu sobat dapat menggunakannya untuk mengusir kecoa. Cara mudah, cukup dengan mengambil daun salam yang sudah kering dan tebarkan di sarang kecoa.

Selain itu sobat juga bisa menebarkan daun salam di area rumah yang kerap di lalui hewan parasite ini.

2. Aroma Bubuk Kopi Segar

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: unplash

Selain mempunyai rasa yang cukup enak, bubuk kopi memiliki aroma yang wangi dan menyengat. Nah untuk sobat yang memang terbiasa meminum kopi pasti menyimpan stok bubuk kopi kan?

Bubuk kopi tersebut bisa sobat manfaatkan juga untuk mengusir kecoa lho! Caranya mudah saja, sobat tinggal menaburkan bubuk kopi di ruangan seperti dapur, kamar mandi atau area yang sering dilewati oleh kecoa.

Namun perlu diingat, kopi yang digunakan adalah kopi yang bubuk hitam, bukan yang sudah diacmpur dengan gula, susu dan juga krimmer.

3. Menggunakan Potongan Ketimun

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: unsplash

Tahu gak sih sobat VOIRE kalau timun yang segar bisa menjadi bahan untuk membasmi bahkan membunuh kecoa. Caranya cukup mudah, sediakan beberapa buah kaleng bekas dan potongan timun untuk membuat perangkap kecoa sederhana.

Kabarnya, aroma timun dan kaleng yang bercampur dapat bereaksi dan membunuh kecoa yang masuk di dalamnya. Maka dari itu buat beberapa perangkap kecoa ini di sekitar dapur maupun area luar rumah ya sob!

4. Perasan Jeruk Lemon

 source: unsplash

Untuk para sobat yang sedang menjalankan program diet pasti gak asing dengan perasan jeruk lemon kan. Selain itu perasan jeruk lemon yang ditambah es batu dan gula terasa menyegarkan bila dikonsumsi pada siang hari.

Selain enak diminum, lemon pun sangat ampuh untuk membersihkan berbagai macam kotoran dari alat makan dan juga alat masak. Yang paling menarik, lemon rupanya bisa menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk mengusir kecoa dari rumah.

Lemon sendiri memiliki kandungan pathogenic alias anti bakteri. Itulah sebabnya, sobat dapat mencampurkan perasan lemon ke dalam air untuk mengepel lantai rumah. Mudah sekali kan?

Mengusir Kecoa dengan Cairan Racikan Berbahan Sederhana

Selain menggunakan bahan-bahan alami seperti yang Vira jelaskan sebelumnya, ada pula bahan yang berasal dari kebutuhan rumah tangga yang bisa diracik untuk mengusir kecoa dari rumah.

Bahan-bahan berikut ini tentunya tidak berbahaya jika digunakan dengan benar dan mudah juga mengaplikasikannya. Nah ini dia cara mengusir kecoa dari bahan yang simple atau sederhana.

1. Campuran Sabun Mandi dan Air

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: freepik

Jika sobat sedang tidak memiliki semprotan pembunuh serangga di rumah jangan khawatir karena bahan-bahan ini pasti ada tersedia di rumah sobat.

Dengan beberapa bahan yang mudah ditemui serta harganya yang murah meriah untuk mengusir hewan kotor satu ini. Coba deh gunakan larutan sabun mandi atau sabun cuci dengan air.

Buat racikan hingga benar-benar cair agar mudah ketika dimasukan ke botol dan saat dengan penyemprotannya.

Cukup semprotkan larutan tersebut ke dalam tempat yang sobat yakini sebagai sarang kecoa di rumah sobat. sobat juga bisa langsung menyemprotkan larutan ini ke arah tubuh kecoa yang tengah lewat.

Larutan ini berfungsi untuk menutup pori tempat bernafasnya kecoa sehingga hewan tersebut bisa mati dan mudah dibuang keluar rumah.

2. Menggunakan Larutan Obat Kumur

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: freepik

Obat kumur atau yang kerap dikenal mouthwash pun bisa menjadi bahan pengusir kecoa yang bersarang di dalam rumah. Tentunya obat kumur ini mudah ditemukan di rumah bukan?

Sobat bisa menggukan obat kumur sebagai semprotan insektisida. Cukup dicampurkan dengan air di dalam botol semprotan, cairan ini pun siap untuk digunakan. Selain kecoa, sobat juga bisa memanfaatkan larutan obat kumur ini untuk mengusir serangga lainnnya di rumah.

3. Mengusir Kecoa dengan Kapur Barus

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: google

Kalau bahan yang satu ini pasti sudah sangat familiar karena sering digunakan untuk mengusir kecoa. Jadi udah bukan rahasia lagi kalau kapur barus sangat ampuh untuk membasmi kecoa di rumah.

Sebarkanlah beberapa kapur barus di tempat yang banyak kecoa seperti lemari baju, lemari penyimpanan alat makanan dan memasak serta pada rak buku. Apabila kapur barus tersebut sudah menguap maka gantilah dengan yang baru agar terhindar dari gangguan kecoa.

4. Perangkap Kecoa dari Petroleum Jelly

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: freepik

Siapa sih yang ngga tau petroleum jelly? Jenis pelembab satu ini umumnya digunakan untuk merawat bagian tubuh yang kering atau terkena luka bakar. Di sisi lain, sobat pun dapat memanfaatkannya untuk mengusir kecoa dari rumah.

Nah bahan-bahan yang sobat butuhkan adalah: Petrolem jelly, gula pasir dan karton bekas susu atau sereal yang sudah tidak terpakai.

Caranya mudah banget, cukup campurkan dua sendok petroleum jelly dan satu sendok makan gula pasir lalu oleskan campuran tersebut pada permukaan karton. Dan letakan karton tersebut pada bagian rumah yang sering di lewati kecoa.

Kecoa akan datang karena mencium aroma gula namun akan terjebak sehingga tidak bisa bergerak karena telah menginjak petroleum jelly. Ajaib banget kan perangkapnya?

Nah itu dia beberapa cara mudah yang bias Vira bagikan untuk sobat VOIRE agar dapat membasmi kecoa dengan bahan-bahan yang simpel.

Perlu diingat, kecoa sangat senang berada di tempat-tempat yang kotor dan juga berantakan serta lembab berair. Maka dari itu agar kecoa tidak tertarik untuk masuk ke rumah, jangan biarkan ada remah-remah makanan yang tergeletak di bawah lantai.

Tutup juga segala tempat makanan dengan rapat khususnya pada area makan dan dapur. Langsung buang segala sisa makanan yang tertumpuk di piring kotor ke tempat sampah dan langsung cuci piring sehabis makan.

Segala kotoran dari remah-remah makanan masih bisa tertinggal apabila hanya di sapu saja. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengepel lantai rumah agar sisa makanan tersebut bisa hilang.

Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Bahan-bahan Di Dalam Rumah

 source: freepik

Pastikan juga untuk mengeringkan lantai supaya tidak ada sisa air yang dapat dijadikan sumber minum untuk kecoa. Mulai sekarang sobat harus waspada terhadap kehadiran kecoa ya!

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi seputar bangun rumah menarik lainnya di laman artikel VOIRE Project. Tidak hanya artikel saja, sobat juga bisa berkonsultasi langsung dengan desainer interior professional untuk mewujudkan rumah yang #benarbenaridaman.

Baca juga artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?