Ciri Karakteristik Desain Interior Bohemian

Pinterest.com

     Konsep desain interior bohemian yaitu menggambarkan gaya hidup non-tradisional dari orang-orang yang hidup mengembara atau gelandangan pada pertengahan tahun 1.800-an. Kemudian, istilah ini menjadi identik dengan kata “gipsi”, yaitu istilah yang diterapkan untuk mereka yang meninggalkan Bohemia di Eropa Tengah untuk melarikan diri dari aturan yang kaku. Mereka adalah kaum nomaden yang tidak suka menetap di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama. Bohemian cenderung mengacu pada kepribadian yang bebas. Melakukan perjalanan terus menerus merupakan aspek penting dari gaya hidup bohemian.

Pelayanan Voire Project
Klik Disini Untuk Konsultasi

 

    Gaya bohemian hadir karena ketidakteraturan dan ketidakpastian. Semua dibuat dengan spontan dan memanfaatkan apa saja benda yang ada. Namun, ada fitur-fitur khas pada gaya bohemian. Gaya bohemian adalah gaya yang penuh warna dan bercampur antara gaya etnik dan juga vintage.

Berikut adalah beberapa karakteristik dari gaya bohemian:

 Ciri Karakteristik Desain Interior Bohemian

pinterest.com

1. Pengunaan Kain Bermotif Di Setiap Aksesoris Ruangan

    Banyak menggunakan bahan kain untuk ruangannya merupakan karakteristik dari desain bohemian. Biasanya diaplikasikan pada bantal, karpet, gorden, dan kain pelapis lainnya. Pola, warna, dan tekstur pada karpet dan kursi dan bantal biasanya memiliki motif yang sama. Dan aksesoris kain berwarna kontras menjadi akesoris pelengkapnya, tidak diperlukan adanya keserasian. Biasanya, kain gaya bohemian menggunakan berbagai macam dan bermotif.

Ciri Karakteristik Desain Interior Bohemian

pinterest.com

2. Furniture-Furniture Vintage Atau Yang Sudah Terlihat Tua

    Furnitur gaya bohemian biasanya sudah terlihat tua dan sudah lama dipakai. Furnitur bergaya vintage adalah jenis furnitur yang biasa digunakan, dengan ditutupi dengan kain baru atau ditambah aksen beraneka ragam warna, selimut bermotif, atau bantal menjadi ciri khas gaya ini. Furnitur gaya bohemian juga sering menggabungkan banyak tekstur. Selain furnitur bergaya vintage biasanya disandingkan juga furnitur dengan gaya etnik yang banyak digunakan pada ruangan yang dapat membuat suasana ruangan menjadi terlihat seperti suatu kebebasan.

Ciri Karakteristik Desain Interior Bohemian

tropicalinteriors.com.au

3. Mengunakan Dekorasi Etnik, Lukisan Abstrak Yang Memperkuat Nilai Karakteristiknya

    Ciri lain dari interior gaya bohemian adalah penggunaan pernak pernik unik seperti bantal bermotif. Aksesoris lain yang kerap digunakan adalah aksesoris etnik seperti patung, tanaman, kayu-kayu gantung, karpet bermotif, karpet bulu binatang, piring-piring kuno, tulang binatang, guci, lukisan abstrak, kain yang menjuntai, pernak pernik motif flowering dan motif triba, serta kerajinan lainnya.

 Ciri Karakteristik Desain Interior Bohemian

urbanoutfitters

4. Pencahayaan Yang Baik Agar Menyatu Dengan Lingkungan Sekitar

    Dengan pencahayaan yang baik pada ruangan adalah point penting desain gaya ini, dengan memiliki jendela besar agar cahaya natural dapat masuk dengan maksimal. Gaya bohemian yaitu gaya kebebasan dan liar sehingga suasana dalam rumah harus dapat menyatu dengan lingkungan sekitar. Lampu lentera dengan motif etnik, dan chandelier adalah jenis lampu biasa digunakan. Pencahayaan lampu biasanya menggunakan lampu yang agak redup.

Ciri Karakteristik Desain Interior Bohemian

sjoystudios.com

5. Tidak Ada Aturan Dalam Memilih Warna Pada Desain Bohemian Ini

    Tidak ada aturan warna tertentu pada gaya bohemian. keindahan gaya bohemian adalah benar-benar tidak adanya aturan. Apabila anda ingin menggunakan banyak pernak-pernik atau hiasan pada dinding ruangan yang memiliki warna yang beraneka ragam, gunakan warna-warna yang netral, agar nilai seni pada aksesoris anda dapat terlihat dengan jelas dan indah.

Baca juga artikel lainnya :