Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

Jenis atap yang biasa berada diluar bagian struktur rumah biasa disebut dengan kanopi. Saat ini j...
Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat Jenis atap yang biasa berada diluar bagian struktur rumah biasa disebut dengan kanopi. Saat ini jenis kanopi di pasaran sangat beragam macam dan juga harganya. Dan sebenarnya, pemilihan dan penggunaannya pun tidak boleh dipakai dengan sembarangan.
Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 02 Oktober 2020
Share
2020-10-02

Jenis atap yang biasa berada diluar bagian struktur rumah biasa disebut dengan kanopi. Saat ini jenis kanopi di pasaran sangat beragam macam dan juga harganya. Dan sebenarnya, pemilihan dan penggunaannya pun tidak boleh dipakai dengan sembarangan.

Sebelum sobat VOIRE membeli kanopi sebagai aksesoris tambahan pada hunian idaman sobat, ada baiknya untuk mengenali macam-macam kanopi yang beragam di pasaran.

Untuk gambaran umum, sebenarnya kanopi juga merupakan bagian struktur bangunan yang berfungsi sebagai atap tambahan untuk melindungi rumah dari panas dan juga hujan. Meskipun banyak yang memasang kanopi di bagian depan, tidak jarang lho orang-orang juga memasang kanopi pada bagian belakang atau samping rumah.

Selain untuk melindungi, kanopi yang dipasang di sekitar rumah juga bisa menambah nilai estetika pada hunian sobat lho! Nah, untuk bahan pertimbangan sobat ketika memlih kanopi, yuk simak berbagai macam kanopi beserta harga terbarunya di tahun 2020!

 source: pinterest

Macam-macam Jenis Kanopi

Pada umumnya, ada dua bagian penting dalam proses pembuatan kanopi, yaitu rangka dana tap. Biasanya bahan yang digunakan untuk rangka menggunakan baja, besi, stainless steel maupun kayu. Sedangkan untuk atap, banyak bahan atap kanopi yang bisa dipilih sesuai selera.

Dengan majunya perkembangan dalam dunia desain dan arsitektur. Perkembangan macam-macam kanopi pun semakin banyak ragamnya. Ada beberapa jenis atap kanopi yang bisa digunakan sebagai atap carport rumah modern, maupun kebutuhan lainnya.

1. Atap Kanopi Polycarbonate

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: pinterest

Atap kanopi ini terbuat dari plastik berongga dan memiliki banyak kelebihan seperti dapat meredam panas dengan baik bahkan hampir 90%. Banyak juga yang menggunakan kanopi jenis ini di tempat jemur, gudang atau pun ruangan yang masih membutuhkan sinar matahari agar terang.

Konstruksi atap kanopi ini dibuat dari logam atau besi yang biasanya rangkai menggunakan sistem las. Biasanya kanopi polycarbonate yang dijual dalam bentuk lembaran memiliki luas permukaan 18,8 m x 2,1. Namun ada juga yang menjualnya secara meteran.

Harga atap kanopi polycarbonate Rp. 300 ribu– 400 ribu per meter dan diseusaikan dengan ketebalannya yang bervariasi antara 5-6 mm dan 10 mm.

Kanopi polycarbonate memiliki berbagai jenis pilihan warna, hingga transparan yang bisa sobat pilih untuk menghadirkan kesan elegan, modern dan sederhana. Sobat bisa menyesuaikan warna kanopi dengan warna bangunan sobat agar serasi.

Satu hal unik yang biasanya ditemukan yaitu polycarbonate yang biasa menjadi atap juga rupanya bisa digunakan sebagai penutup pagar dan beberapa elemen bangunan lain.

2. Atap Kanopi Kaca

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: pinterest

Atap kanopi jenis ini terbuat dari kaca float tempered yang memiliki sifat dapat dengan mudah menghangatkan ruangan. Sifat kaca yang transparan akan membuat padangan bebas ke arah langit-langit.

Hal tersebut tentu akan menciptakan kesan minimalis pada hunian sobat. Bahan dari atap kanopi kaca ini bersifat fleksibel, sehingga sobat bisa menggunakannya pada berbagai desain dan model terbuka.

Tidak hanya untuk carport, tetapi juga bisa digunakan untuk teras, area belakang, ruang terbuka lainnya maupun sebagai penghubung dua bangunan. Harga atap kanopi kaca dipasaran berkisar antara Rp. 700.000 – Rp. 1.350.000 per meternya.

3. Atap Kanopi Alderon

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: google.com

Untuk sekedar infromasi ringan, atap alderon terbuat dari bahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Bentuknya yang bergelombang tentu sangat cocok bila diaplikasikan pada kanopi baja ringan.

Ada dua jenis atap alderon, yaitu atap alderon twin wall corrugated – lapisan dengan dua layer dan juga atap alderon RS single wall corrugated yang dimana hanya memiliki satu lapisan saja.

Tentunya dua layer atau lapisan memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan yang memiliki satu lapisan. Beberapa keunggulannya antara lain seperti bisa meredam panas, meredam suara dan juga mampu menopang beban hingga 540 kg, kokoh banget kan?

Harga dari atap kanopi alderon adalah sekitar Rp. 585 ribu rupiah per meternya.

4. Atap Kanopi Solarflat

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

Apabila sobat berencana menggunakan atap kanopi transparan, atap kanopi jenis solarflat bisa lho menjadi salah satu solusi dari keinginan sobat tersebut. Solarflat adalah kanopi polycarbonate dengan kualitas yang lebih baik.

Bentuknya yang datar menyerupai kaca menjadi pilihan dan favorit banyak orang. Pada umumnya solarflat lebih bervariasi yaitu sekitar 1,2 mm dan 3 mm. Namun apabila sobat menginginkan solarflat antara 0.6 mm hingga 6 mm sobat bisa custom pada tukang kanopi terpercaya.

Solarflat memiliki kekuatan 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari akrilik. Selain mudah dipasang, solarflat dapat digunakan sebagai penerangan alami agar bisa lebih hemat listrik dan energi.

Harga atap kanopi solarflat per meter persegi biasanya berkisar antara Rp. 750 ribu sampai Rp. 1.750. ribu tergantung dari ketebalan solarflat tersebut.

5. Atap Kanopi Go Green

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: pinterest

Dari namanya saja sudah terbayang kan kalau sebenarnya atap kanopi jenis ini memiliki keunggulan ramah lingkungan. Jenis atap kanopi ini biasanya terbuat dari plastik baja dengan teknologi terbaru yang dapat menghasilkan kualits mutu yang baik.

Bahan ini tentu tidak menggunakan asbes, jadi bisa banget lho menjadi pilihan sobat jika ingin memiliki rumah dengan konsep ramah lingkungan.

Selain ramah lingkungan, atap kanopi go green yang memiliki kualitas bagus ini sangat tahan lama, kokoh, aman dan bahkan bisa meredam panas dan suara bising. Meskipun teksturnya ringan dan lentur, atap kanopi ini cukup kuat karena bisa menahan beban hingga 100 kg.

Menariknya, atap yang dilengkapi kemampuan untuk menahan sinar UV ini bisa membuat ruangan di bawahnya menjadi terasa lebih sejuk. Harga kanopi go green adalah sebesar Rp. 250 ribu sampai 335 ribu tergantung jenis rangkanya.

6. Atap Kanopi Onduline

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: google.com

Atap kanopi onduline ini pada umunya tidak mengandung unsur asbes dan metal. Onduline terbuat dari bahan lapisan serat organic yang dicampur bitumen melalui proses penekanan dan pemasangan tinggi, sehingga dapat dipastikan kanopi satu ini juga ramah lingkungan.

Atap kanopi satu ini tentu bisa sobat aplikasikan pada semua jenis bangunan seperti perumahan, industri dan sebagainya. Bentuknya yang bergelombang serta fleksibel dapat diterapkan pada rangka kayu atau baja ringan.

Atap kanopi onduline terkenal dengan ketahanannya karena mampu bertahan dari terpaan angin hingga 192 km/jam serta dapat menahan getaran hingga 6.5 SR. Menurut Vira sih kanopi satu ini cocok banget digunakan di setiap daerah.

Strukturnya yang kedap air juga membuat atap kanopi satu ini anti karat dan korosi sehingga dapat bertahan hingga 10 tahun. Harga atap kanopi onduline  berkisar antara Rp. 370 ribu hingga 400 ribu per meternya.

7. Atap kanopi Spandek/ Zincalume

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: pinterest

Atap kanopi ini terbuat dari campuran alumunium dan juga seng dengan penambah bahan dengan daya lentur seperti silicon. Jenis bahan kanopi satu ini tentu saja lebih kuat dan juga dan awet dibanding jenis polycarbonate, karena atap kanopi ini dapat bertahan sampai 30 tahun.

Atap kanopi spandek ini terbilang sangat tipis karena memiliki ketebalan mulai dari 0,3 mm sampai dengan 0,5 mm. meskipun sangat tipis namun daya tahannya sangat kuat. Sayangnya kanopi ini membuat suhu ruangan panas, sehingga perlu menggunakan peredam suhu tambahan.

Kisaran harga dari atap kanopi ini adalah Rp. 375 ribu rupiah per meter. Biasanya semakin tebal maka harganya semakin mahal. Selain untuk hunian, kanopi ini juga sering dijumpai pada area pabrik, gudang, tempat parkir dan bangunan dengan area luas lainnya.

8. Atap Kanopi Membrane

Daftar Harga Berbagai Jenis Kanopi untuk Rumah Sobat

 source: google.com

Kanopi membrane biasanya sering ditemukan pada perumahan elit, perusahaan maju, lapangan olah raga, tenda café dan juga atap kolam renang. Meski bahannya lebih fleksibel dan ringan, kekuatannya tidak perlu sobat ragukan.

Jenis kanopi ini terbuat dari kain membrane yang tahan lama hingga 10-30 tahun kedepan. Tenda membrane ini bisa dibuat dengan ukuran yang besar.  Harga dari kanopi membrane ini sekitar Rp. 950 ribu per lembar.

Bagi sobat yang mengidamkan konsep  hunian futuristic dan juga mewah, cocok banget lho untuk mengaplikasikan kanopi ini. Atap kanopi ini mampu melindungi hunian dari panas, hujan, angin dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai macam-macam atap kanopi tak lupa juga dengan variasi harga dari atap kanopi tersebut. Bagi sobat yang masih merasa bingung kanopi apa yang sebaiknya diaplikasikan di rumah, sobat bisa konsultasi dengan VOIRE Project lho!

Baca juga artikel lainnya:

 

Komentar

Mau cari artikel apa sob?