Daftar Harga TV Terupdate 2021

Televisi seolah sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Hampir setiap rum...
Daftar Harga TV Terupdate 2021 Daftar Harga TV Terupdate 2021 Televisi seolah sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Hampir setiap rumah bisa dipastikan memiliki minimal sebuah televisi di ruang keluarga ataupun di kamar pribadi. Vira yakin, di rumah atau tempat kost sobat pasti ada satu buah televisi. Fenomena ini lumrah saja karena keberadaan televisi diperlukan sebagai sarana hiburan dan informasi bahkan bisa dipakai sebagai sarana edukasi.
Daftar Harga TV Terupdate 2021
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 18 Oktober 2021
Share
2021-10-18

Televisi seolah sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Hampir setiap rumah bisa dipastikan memiliki minimal sebuah televisi di ruang keluarga ataupun di kamar pribadi. Vira yakin, di rumah atau tempat kost sobat pasti ada satu buah televisi. Fenomena ini lumrah saja karena keberadaan televisi diperlukan sebagai sarana hiburan dan informasi bahkan bisa dipakai sebagai sarana edukasi.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun berkembang menjadi lebih canggih dan maju. Televisi sebagai sebuah produk teknologi juga turut mengalami perkembangan signifikan. Para produsen berlomba-lomba untuk menghasilkan produk televisi terbaiknya. Sobat bisa lihat sendiri, di pasaran sudah tersedia berbagai produk televisi dengan bermacam-macam pilihan harga, model, jenis, dan tipe. Masing-masing produsen menawarkan fitur yang semakin canggih. Hal ini tentu akan membingungkan sobat, apalagi jika sobat memiliki rencana untuk membeli televisi baru. Sebelum Vira bahas soal harganya, Vira mau kasih tahu sobat tentang apa saja yang harus diperhatikan saat sobat mau membeli televisi baru.

 

Fitur

 freepik.com

Kini sudah banyak televisi dengan berbagai macam fitur ter-update, baik itu dari merek kecil maupun merek besar. Pastikan sobat sudah tahu fitur apa saja yang sobat butuhkan pada televisi yang sobat inginkan, seperti bisa mengakses internet, dan lain sebagainya.

 

Ukuran layar

 amishdirectfurniture.com

Pilihlah televisi yang ukuran layarnya sesuai dengan luas ruangan serta jarak pandang yang nyaman. Jika ruangan sempit, lebih baik pilih TV berukuran kecil agar mata nyaman saat menonton, berlaku juga sebaliknya. Ukuran layar televisi yang ideal yakni sepertiga jarak pandang ketika menonton.

 

Konsumsi Listrik

 freepik.com

Terdapat beberapa jenis televisi, ada TV Tabung, TV Plasma, TV LCD, hingga yang terbaru adalah TV LED. Umumnya, semakin canggih televisinya maka semakin hemat pula konsumsi daya listriknya. Pilih televisi yang memiliki konsumsi daya yang sesuai dengan kapasitas listrik rumah sobat agar tagihan listrik sobat tidak melonjak naik.

 

Lokasi Service Center Resmi

 istockphoto.com

Pastikan merk televisi yang akan sobat pilih memiliki kantor service resmi yang lokasinya dekat atau bisa sobat jangkau. Hal ini penting agar kartu garansi yang sobat peroleh saat membeli produk tersebut dapat dimanfaatkan jika televisi sobat mengalami masalah atau kerusakan. Dengan adanya garansi resmi, biaya service tv bisa diminimalkan atau bahkan tidak berbayar sama sekali.

 

Harga dan Kualitas

 freepik.com

Harga sebanding dengan kualitas sudah menjadi pepatah umum di masyarakat kita. Semakin mahal harga barang tersebut maka semakin bagus juga kualitasnya. Tapi jika sobat memiliki budget yang terbatas, maka sobat bisa memilih televisi yang memiliki harga sesuai dengan kantong. Namun sobat harus lebih cermat dalam melihat fitur-fitur dan kelebihan yang dimiliki dari harga yang ditawarkan, jangan sampai sobat goyah dan tergiur dengan produk yang sedang promo apalagi diskon.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, televisi memiliki berbagai macam tipe. Yuk kita kenalan degan berbagai macam tipe televisi yang ada di pasaran!

 

Berbagai Macam Tipe Televisi

 

Televisi tabung

 google.com

Televisi tabung menggunakan Cathode Ray Tube (CRT) merupakan televisi dengan teknologi lama. Tabung pada bagian belakang berfungsi sebagai tempat layar dan proyeksi. Gambar yang ditampilkan berasal dari elektron yang dipancarkan melalui proyektor. TV tabung umumnya berukuran besar dan berbobot berat sehingga memakan cukup banyak ruang. TV tabung juga lebih boros dari segi penggunaan daya dibandingkan tv jenis LED maupun LCD. Banyak orang yang beranggapan bahwa tv tabung ini suda ketinggalan zaman dan mulai beralih ke jenis televisi lainnya. Meski demikian tv jenis ini memiliki banyak keunggulan seperti harganya yang lebih murah, angle view dan receptor yang cukup baik untuk menerima siaran di daerah terpencil.

 

Plasma TV

 google.com

Televisi jenis ini menggunakan plasma. Plasma adalah sejenis gas yang dapat memisahkan elektron dari inti atom untuk memproduksi gambar pada TV. TV tipe ini terdiri dari dua lembar kaca dan terdapat campuran gas diantara lapisannya. Gas ini dimasukan dan ditutup dalam plasma. Saat ada aliran listrik, gas ini akan beraksi dan menghasilkan bayangan pada pixel layar. Kelebihan dari tv ini yaitu memiliki sudut pandang yang lebih lebar dan tingkat kontras yang tinggi, juga harganya lebih murah dibandingkan LCD maupun LED TV. Tapi TV jenis plasma memiliki kekurangannya dari segi daya listrik yang boros dan bobotnya yang cukup berat. Selain itu kualitas gambar dari TV plasma akan menurun seiring dengan penggunaannya dalam waktu yang lama.

 

 

Televisi LCD

 lg.com

Televisi tipe ini cukup banyak digunakan masyarakat saat ini sobat. TV ini mengandung Liquid crystal, karena Liquid crystal ini tidak mempunayi cahaya sendiri sehingga memerlukan cahaya eksternal untuk menghasilkan gambar. Kelebihan dari televisi LCD ini adalah ukurannya yang cukup tipis, daya listrik yang digunakan cukup rendah, serta kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik jika dibandingkan dengan TV Tabung dan Plasma TV. Sedangkan untuk kekurangannya adalah angle view (sudut pandang) yang kurang baik dimana kualitas gambar menurun apabila dilihat dari sudut yang lebih lebar, disamping itu Refresh & Response Rate dari tv tipe ini Lebih rendah dari TV Tabung & Plasma TV. Dari segi harga pun TV jenis ini umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan tv tabung dan plasma, namun jika dibandingkan dengan LED TV harga TV LCD lebih murah.

 

Televisi LED

 google.com

Televisi LED merupakan televisi dengan teknologi terbaru yang memilik cukup banyak kelebihan dibandingkan televisi jenis lainnya. Beberapa kelebihan televisi LED ini diantaranya adalah hemat daya listrik, ukurannya yang lebih tipis dan ringan dibandingkan tv jenis lainnya, dan ketajaman gambar dan sudut pandang gambar yang bagus. Adapun kelemahan dari tv jenis ini adalah pada harganya yang relatif lebih mahal dibanding TV Tabung, Plasma maupun LCD.

Setelah sobat mempertimbangkan hal-hal yang sudah Vira sebutkan di atas, Vira mau kasih daftar harga televisi yang mungkin bisa menjadi referensi sobat.

 

Daftar Harga Televisi tahun 2021

Tipe & Merk Televisi Harga
TV Tabung Polytron Slim 14 inch Rp 820.000,-
TV Tabung LG 29SG88 29 inch Rp 800.000,-
TV Tabung Flat LG 21FC70RX 21 inch Rp 2.000.000,-
Sharp 32 inch TV LED 2T-C32BA2i Rp 2.000.000,-
AQUA 40 inch Android TV LED LE40AQT6300FA Rp 4.150.000,-
Panasonic 32 inch Android TV LED TH-32S500G Rp 3.000.000,-
Samsung LED 43 inch 43K5002 Rp 3.100.000,-
Xiaomi Mi TV 4A 32 Rp 1.900.000,-
Sharp AQUOS LC-24LE170i 24 inch Rp 1.120.000,-
LG 32 inch 32LM550BPTA LED Rp 1.070.000,-
Realme 32 inch Smart TV Rp 2.100.000,-
Samsung HD TV 32 inch UA32T4003 Rp 1.700.000,-
Samsung Smart TV 50 inch UA50RU7100 Rp 3.900.000,-
Xiaomi Mi TV 4 55 inch Rp 5.000.000,-
Sharp AQUOS LC-50LE580X 50 inch Rp 6.800.000,-

Itu dia harga daftar harga televisi tahun 2021. Semoga daftar harga serta tips yang Vira rangkum bisa menjadi referensi buat sobat dalam mencari televisi. Pastikan sobat membeli televisi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan ya!

Baca juga artikel menarik lainnya:

 

Komentar

Mau cari artikel apa sob?