Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Berada di negara dengan kondisi iklim tropis seperti negara Indonesia ini pastinya membuat bebera...
Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020 Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020 Berada di negara dengan kondisi iklim tropis seperti negara Indonesia ini pastinya membuat beberapa pemilik rumah memilih untuk memasang AC di huniannya. Keberadaan AC dapat membuat rumah menjadi semkain dingin sehingga aktivitas rumah jadi lebih nyaman untuk dilakukan.
Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 01 Oktober 2020
Share
2020-10-01

Berada di negara dengan kondisi iklim tropis seperti negara Indonesia ini pastinya membuat beberapa pemilik rumah memilih untuk memasang AC di huniannya. Keberadaan AC dapat membuat rumah menjadi semakin dingin sehingga aktivitas rumah jadi lebih nyaman untuk dilakukan.

Eits, tapi pemakaian AC yang berlebihan dapat membuat AC jadi cepat rusak dan terasa tidak dingin.  Nah siapa nih yang AC di rumahnya sering kerasa gak dingin ya? Hmm buat sobat yang sering merasa AC di rumah gak dingin pasti kepikiran service AC atau ganti AC sekalian. Iya kan? Ngaku deh..

Nah sebelum memutuskan untuk service atau ganti, Vira ingin tanya dong, gimana sih cara sobat merawat AC sobat di rumah?  Karena perawatan yang tepat bisa membuat benda eletronik satu ini awet sampai bertahun-tahun lho.

Kalau perawatannya benar, sobat ga perlu repot untuk ganti AC, cukup dengan service rutin agar performa AC di rumah tetap baik seperti biasa.

Maka dari itu pada artikel kali ini Vira ingin menjelaskan bagaimana mewarat AC agar lebih awet dan berapa biaya jasa service AC yang perlu dikeluarkan. Yuk simak sampai selesai!

Cara merawat AC agar Awet

1. Gunakan Timer

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Ketika pemakaian pada malam hari, Vira sarankan untuk menggunakan fitur timer sehingga AC di rumah sobat dapat mati secara otomatis pada waktunya.

Ada baiknya AC dinyalakan maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian, setelah itu berikan waktu jeda AC untuk beristirahat agar bisa kembali dingin dan tidak membuat AC cepat lelah.

Saran dari Vira sih ada baiknya untuk menghindari pemakaian suhu AC dibawah 22 derajat celcius. Pemakaian di AC di bawah suhu 22 derajat celcius dapat membuat mesin AC cepat panas.

2. Bersihkan Filter dan Kumparan Kondensor AC

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

 Bersihkan filter AC secara rutin minimali 1-2 bulan sekali. Tahukah sobat? Debu yang menumpuk pada filter dapat mengakibatkan aliran udara terhalangi sehingga dapat menyebabkan fungsi AC terganggu dan cepat rusak.

Selain filter, kumparan AC juga penting banget sobat VOIRE perhatikan kebersihannya lho. Sobat bisa membersihkan bagian ini maksimal 1 tahun sekali agar tidak terlalu menumpuk debu pada bagian ini.

Debu yang menumpuk pada kumparan tentu dapat mengurangi kemampuan AC untuk menyerap panas. Hal ini tentu dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korsleting.

3. Cek Termostat dan Kipas pada AC

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Perlu bagi sobat untuk rutin mengecek pengatur suhu untuk memastikan AC yang berada dalam ruangan di rumah sobat berkerja dengan maksimal serta menjaga temperatur agar suhu ruangan tetap stabil.

Aturlah thermostat dengan temperature yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang atau kegiatan. Lebih baik matikan AC jika tidak ada siapa-siapa di dalam rumah. Selain hemat listrik tentu sebagai bentuk merawat AC juga.

Jangan lupa untuk mengecek kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi bagus dang anti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

4. Lakukan Pemeliharaan atau Service secara Berkala

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Lakukan layanan servis secara berkala untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil dan mencegah kerusakan fatal pada AC.

Sobat bisa mengagendakan perawatan rutin setidaknya 2 kali dalam setahun. Rutin service AC dapat membuatnya berumur panjang hingga bertahun-tahun.

Tarif Jasa Service AC

Setelah mengetahui secara kilas beberapa cara merawat AC agar dapat berumur panjang, kali ini Vira ingin membahas berapa tarif jasa yang dikeluarkan sobat ketika AC bermasalah. Yuk simak bareng-bareng!

1. Service Cuci AC

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Service cuci AC pada umumnya dilakukan untuk membersihkan bagian dalam maupun luar pada badan AC. Perawatan ini perlu dilakukan dengan rutin karena AC kerap kali berdebu jika tidak dibersihkan.

Jika debu sudah menumpuk hmmm tunggu aja deh nanti ACnya bisa jadi tidak dingin lho. Selain itu, udara yang dikeluarkan AC juga bisa-bisa kotor. Sobat bisa mencuci AC 5-6 bulan sekali tergantung intensitas pemakaian dan polusi pada ruangan tersebut.

Rata-rata harga dipasaran dari jasa Cuci AC ini sebesar Rp. 60 ribu sampai Rp. 70 ribu tergantung ukuran dari AC tersebut.

2. Tambah Freon

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Freon merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari AC. Freon dapat menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang tinggi. Kadar Freon yang berkurang menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

Apabila terjadi kasus AC tidak dingin, ada baiknya untuk melakukan penambahan Freon. Pada umumnya, penambahan Freon bisa dilakukan setiap setahun sekali. Sementara Freon yang sering habis hingga perlu ditambahkan hampir setiap 3 bulan sekali menandakan adanya kebocoran.

Harga dari tambah Freon ini berkisar antara Rp. 100 ribu sampai Rp. 300 ribu tergantung ukuran dan kebutuhan dari AC dirumah sobat.

3. Isi Freon

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Service isi Freon berbeda dengan tambah Freon. Pengisian Freon dilakukan ketika muncul indikasi adanya kebocoran pada instalasi AC. Pengisian freon dapat dilakukan dengan cara mengisi ulang Freon atau menggantinya.

terdapat banyak jenis Freon dipasaran. Dari yang sering digunakan pada AC seperti R22, R410A dan R32. Namun perlu diketahui bahwa Freon berpotensi menjadi penyumbang pemanasan global karena dapat merusak ozon.

4. Pasang dan Bongkar AC

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Service pasang dan bongkar AC bertujuan untuk melakukan pasang dan lepas instalasi AC. Berbeda dengan barang elektronik biasanya, pemasangan AC tidak bisa dilakukan sembarangan.

Proses bongkar dan pasang sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli dikarenakan pemasangan yang benar dapat menjaga AC bisa menjadi lebih awet.

Untuk pembongkaran AC biasanya dapat terjadi pembuangan Freon tanpa disadari, itu lah mengapa perlu dilakukan oleh teknisi atau ahlinya karena mereka dapat melepas AC tanpa membuang freonnya.

Harga untuk bongkar pasang ini relatif berbeda tergantung dimana wilayah sobat tinggal. Namun, kisaran harga bongkar pasang AC diperkirakan antara Rp. 450 ribu sampai Rp. 350 ribu.

Berbeda dengan harga sepaket di atas, jika sobat hanya ingin melakukan pasang AC, harga untuk jasa pasang AC berkisar antara Rp. 250 ribu sampai 325 ribu. Sedangkan untuk bongkar AC berkisar sekitar Rp. 100 ribu.

5. Las Sambungan Pipa Freon

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Pipa Freon pada AC rumah merupakan pipa yang berfungsi menurunkan tekanan Freon dan mengatur aliran Freon menuju refrigerator. Namun, apabila pipa ini terlalu pendek tekanan kerja AC akan semakin tinggi.

Hal tersebut akan mengakibatkan kompresor akan bekerja menjadi lebih berat. Oleh karena itu, pipa yang terlalu pendek harus segera diperpanjang, pipa yang lama nanti akan disambungkan dengan pipa yang baru menggunakan alat las khusus.

Tarif harga untuk jasa las sambungan pipa Freon berkisar antara Rp. 80 ribu sampai Rp. 100 ribu per meternya.

6. Las kebocoran pipa Freon dan Isi Freon

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Pipa Freon juga dapat mengalami kebocoran yang mengakibatkan AC menjadi tidak dingin. Untuk menanganinya, pipa yang bocor tentu harus diperbaiki melalui pengelasan. Karena pipanya bocor, isi Freon bisa jadi terbuang sia-sia, sayang banget kan kalo gitu?

Oleh karena itu, layanan las pipa kebocoran ini biasanya juga disatukan dengan layanan isi Freon. Untuk tarif layanan las kebocoran pipa bisa sampai Rp. 500 ribu rupiah sudah sepaket denga isi freonnya.

7. Pengecekan AC

Daftar Tarif Harga Servis AC Terbaru tahun 2020

Pengecekan AC pada umumya dilakukan untuk dapat mendeteksi penyebab masalah yang terdapat pada AC. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyalakan AC sekitar 10-15 menit, kemudian, teknisi akan mengecek fungsi remote AC serta suhu di dalam ruangan apakah sesuai atau tidak.

Sebenarnya, biaya dari pengecekan AC hanya dikenakan bila sobat juga menggunakan jasa servis AC lainnya.

Itu dia informasi yang bisa Vira sampaikan. Yuk cek AC di rumah, untuk langkah awal coba dulu lakukan dengan menyalakan AC sekitar 10-15 menit seperti yang sebelumnya Vira sampaikan.

Semoga AC di rumah sobat dapat awet dan jarang mengalami kerusakan ya sob! Semoga infromasi ini bermanfaat.

Jika sobat ingin mendapatkan informasi seputar interior rumah, sobat bisa langsung akses aja di laman artikel VOIRE Project.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?