Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Siapa dari sobat yang sudah mulai beraktivitas new normal dan kembali bekerja ke kantor? Karena t...
Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif Siapa dari sobat yang sudah mulai beraktivitas new normal dan kembali bekerja ke kantor? Karena terbiasa bekerja di rumah aja, saat kembali ke kantor mungkin beberapa dari sobat merasa kurang produktif atau bahkan lebih cepat lelah?
Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 06 Juli 2020
Share
2020-07-06

Siapa dari sobat yang sudah mulai beraktivitas new normal dan kembali bekerja ke kantor? Karena terbiasa bekerja di rumah aja, saat kembali ke kantor mungkin beberapa dari sobat merasa kurang produktif atau bahkan lebih cepat lelah?

Bisa jadi bukan karena terbiasa bekerja di rumah yang jadi penyebabnya, namun sebenarnya sobat merasa ruang kantor terasa kaku dan membuat jenuh!

Sobat VOIRE hanya perlu mendekorasi ulang interior ruang kantor sobat. sama seperti merancang kamar tidur, mendesain dan menata ruang kantor membutukan perencanaan yang matang lho.

Eits apabila sobat masih ragu untuk mendekor ulang ruang kantor menjadi lebih modern dan kekinian, sobat bisa mencontek desain kantor perusahaan digital besar seperti Google, Apple dan Facebook.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

source: pinterest

Desainnya yang kreatif dan berwarna tentu menginspirasi para pelaku bisnis lainnya untuk membuat kantor dengan nuansa yang fleksibel dan ceria.

Sehingga sudah dipastikan, desain kantor yang kaku dan monoton sudah tidak relevan lagi untuk digunakan di era millennium ini.

Dengan begitu tidak hanya dari sisi estetika, ruang kerja dengan desain modern juga akan mampu meningkatkan produktivitas dan mengubah cara pandang karyawan terhadap kantor lho.

Interior kantor modern biasanya tidak memiliki ruang yang terlalu luas. Mereka lebih banyak didominasi dengan sentuhan desain interior minimalis modern yang mengutamakan kesederhanaan dan beberapa elemen yang fungsional.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Mau mendekorasi ruang kantor dengan konsep modern dan kekinian? Yuk intip beberapa inspirasi bagaimana penataan ruangan untuk sobat yang ingin membuat interior kantor modern menjadi nyaman dan menyenangkan.

1. Membuat area kerja terbuka dengan gaya yang kasual

Ruang kantor pada umumnya memiliki sekat atau cubicle yang memang dibuat agar para karyawan bisa lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaannya masing-masing. Namun, hal ini akan membuat karyawan akan lebih mudah jenuh ketika bekerja.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Lagi pula beberapa inovasi tren bekerja di kantor belakangan ini lebih banyak menojolkan sisi kebebasan dan kreativitas. Dari situlah meja kerja yang berat dan memenuhi ruang serta kaku, pajangan mainstream dan juga sekat atau cubicle yang membatasi sudah jarang digunakan lagi.

Vira sarankan, pilihlah furniture bergaya kasual dan susun ruangan kantor dengan konsep terbuka yang nampak leluasa.

Dengan menghilangkan unsur sekat pada ruang kantor, tentu akan lebih mendekatkan jarak antara sesama karyawan juga antara atasan dan bawahan sehingga komunikasi bisa berjalan lebih efektif tanpa adanya kesan kaku dan juga senioritas.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Konsep interior kantor modern yang terbuka ini juga akan membuat suasana kantor lebih terasa bebas dan tidak kaku sehingga diharapkan dapat membuat produktivitas kerja karyawan meningkat.

2. Mengoptimalkan pencahayaan alami di dalam ruang kantor modern

Ruangan dengan jendela yang minim akan menyebabkan ruang kantor terasa pengap dan akan membuat siapapun yang berada di dalamnya merasa kurang nyaman.

Pencahayaan alami bisa didapatkan dari jendela dengan bukaan yang luas dan dipasang di dalam ruangan bekerja.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Maka dari itu jendela merupakan elemen yang cukup penting untuk menciptakan interior kantor modern. Selain itu jendela juga sangat penting untuk pencahayaan dan sirkulasi udara.

Ruangan dengan bukaan jendela yang banyak akan lebih menyehatkan. Tentunya sedikit jendela akan membuat orang yang berada di dalamnya hanya terpapar cahaya lampu artifisial saja dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber AC.

Tentunya berada di ruangan ber AC terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu jendela dengan sirkulasi yang baik bisa menghindarkan karyawan dari sakit kepala dan cepat lelah ketika sedang bekerja.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Kantor modern minimalis banyak menggunakan lampu gantung dengan desain yang simple. Penggunaan lampu gantung akan menghasilkan interior kantor modern terasa lebih leluasa. Pilihlah lampu yang paling sesuai dengan konsep desain interior kantor sobat.

Lampu gantung juga membantu pencahayaan menjadi lebih baik didalam ruangan. Selain itu, penggunaan lampu gantung akan menghasilkan kesan lebih lega pada ruangan dan juga menciptakan langit-langit yang artistik.

3. Pemilihan warna pada ruangan yang menginspirasi

Seorang psikolog warna dari barat menyebutkan bahwa warna dapat memberikan efek pada prikologis dari seorang pekerja atau karyawan. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan furniture berwarna cerah yang bisa menstimulus ide dan kecerdasan seseorang.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Warna-warna yang bisa digunakan merupakan warna-warna cerah seperti biru yang membuat suasana tenang, kuning yang menampilkan kesan ceria serta hijau yang menciptakan unsur kreativitas.

 Warna cerah juga mudah untuk dipadukan dengan berbagai pilihan warna yang lain. Pilihan warna cerah dapat menjadikan kesan lapang pada ruangan. Seperti misalnya warna pada dinding, gunakan warna yang sesuai dengan bisnis sobat sebagai identitas.

Agar perpaduan warna lebih terlihat serasi, pastikan terlebih dahulu konsep apa yang akan sobat terapkan. Setelah itu aplikasikan perpaduan warnanya pada dinding atau pun perabot.

4. Tambah dekorasi yang kekinian dan unsur personal

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Dekorasi yang tepat nyatanya bisa memicu tingkat produktivitas karyawan lho sobat! Dengan menambahkan dekorasi pada dinding kantor seperti poster kanvas dengan quotes kekinian dan memotivasi.

Sobat juga bisa melengkapi ruangan dengan pewangi aromaterapi pada spot tertentu. Aroma yang bisa sobat terapkan seperti lavender, kopi, dan kayu manis. Aroma-aroma tersebut dipercaya dapat mempertajam focus dan mengurangi stress.

Selain itu dekorasi sederhana seperti desain kantor modern dengan gaya abad pertengahan bisa sobat tiru sebagai contoh. Dekorasinya yang mempunyai konsep minimalis, garis-garis halus dan nuansa alami bisa menjadi rujukan lho.

Meski dekorasinya sederhana namun mampu menghasilkan kesan mewah. Sebab kalau menurut Vira sih, kemewahan yang sesungguhnya datang dari kesederhanaan.

Agar membuat karyawan merasa betah berada di kantor maka berikanlah ruang untuk karyawan dapat menyimpan dan meletakan barang-barangnya secara personal.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa psikolog di Inggris membuktikan bahwa mempersonalisasi ruang kerja sesuai dengan kesukaan diri sendiri akan memberikan dampak positif pada kinerja karyawan.

Dengan memberikan kebebasan untuk mendekorasi meja kerja sesuai dengan kesukaan diri sendiri tentu akan membuat karyawan merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan kinerja dari karyawan itu sendiri.

5. Memilih furniture yang ergonomis

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Ketika sobat akan menata interior ruang kantor modern, tentu ada beberapa furniture yang tidak bisa sobat abaikan begitu saja. Salah satu furniture yang paling penting ketika digunakan untuk bekerja adalah kursi dan meja ergonomis.

Furniture dalam kantor modern juga biasanya menggunakan tampilan yang ringan dan lebih bergaya. Sebagai contoh sobat bisa menerapkan desain industrial pada ruang kantor modern untuk mendorong produktivitas dan kerja sama antar rekan kerja terjalin.

Gunakan juga unsur logam dengan kombinasi area hijau di tempat-tempat strategis yang dapat menjadikan desain kantor industrial menjadi menarik untuk diterapkan di interior kantor modern.

Kursi kerja diusahakan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu demi kenyamanan. Pilihlah meja dengan sentuhan gaya yang kreatif. Letakan meja ini pada tengah ruangan untuk dapat digunakan bersama oleh karyawan.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Gunakan kursi dan meja yang dapat menunjang kenyamanan dan keamanan ketika digunakan oleh karyawan. Jadi, tidak ada salahnya kan untuk berinvestasi dari sekarang dengan mengunakan furniture ergonomis.

6. Menciptakan ruangan terasa sangat nyaman

Buat ruangan senyaman mungkin dengan tambahan karpet yang lembut, dekorasi dinding yang atraktif, bean bag yang empuk, tirai jendela yang estetik dan beberapa dekorasi seperti tumbuhan.

Manfaatkan juga jendela sisi ruangan dengan sebaik mungkin. Jendela sisi pada umumnya digunakan pada kantor yang berada di gedung bertingkat tinggi.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Selain membuat ruangan terlihat luas, suasana hati pekerja di dalamnya juga menjadi lebih baik karena dapat melihat pemandangan dari luar untuk menyegarkan mata.

Perhatikan juga suhu dalam ruangan. Pastikan suhu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Usahakan untuk mendekati suhu normal ruangan agar dapat meningkatkan produktivitas. Kenyamanan ruangan sangat bergantung pada suhu didalamnya.

Membuat desain interior kantor modern dengan beberapa ide seperti yang sudah Vira jelaskan sebaiknya dilakukan dengan konsultasi kepada jasa kontraktor interior seperti VOIRE Project. Jika tidak, ada kemungkinan hasilnya akan tidak sesuai dan kurang memuaskan.

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Karena mendesain interior ruang kantor tidak bisa asal-asalan ya sobat! hal ini tentu dapat mempengaruhi produktivitas serta kinerja karyawan. Menarik sekali ya?

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menginspirasi sobat VOIRE dimana pun!

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?