Desain Ruang Kerja Kantor Minimalis dan Ergonomis

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Desain Ruang Kerja Kantor Minimalis dan Ergonomis

Kegiatan bekerja di kantor biasanya membuat para karyawan harus fokus dan konsentrasi dalam menye...
Desain Ruang Kerja Kantor Minimalis dan Ergonomis Desain Ruang Kerja Kantor Minimalis dan Ergonomis Kegiatan bekerja di kantor biasanya membuat para karyawan harus fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaanya. Terkadang pekerjaan pun membuat para pekerja merasa jenuh dan bosan dengan kegiatan dan suasana yang mereka lakukan di setiap harinya. Rasa bosan tersebut dapat mengganggu konsentrasi dan produktifitas dalam melakukan pekerjaan. Dengan performa buruk tersebut dapat berdampak negatif kapada roda perputaran perusahaan.
Desain Ruang Kerja Kantor Minimalis dan Ergonomis
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 20 Agustus 2018
Share
2020-05-15

   

Kegiatan bekerja di kantor biasanya membuat para karyawan harus fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaanya. Terkadang pekerjaan pun membuat para pekerja merasa jenuh dan bosan dengan kegiatan dan suasana yang mereka lakukan di setiap harinya. Rasa bosan tersebut dapat mengganggu konsentrasi dan produktifitas dalam melakukan pekerjaan. Dengan performa buruk tersebut dapat berdampak negatif kapada roda perputaran perusahaan.

Oleh karena itu, pada era sekarang banyak pemilik perusahaan yang mulai melakukan inovasi untuk mempertahankan roda perusahaannya agar selalu stabil dengan cara merenovasi suasana kantor agar terasa nyaman dan mengkonsep desain ruangannya, agar para pekerja dapat bekerja dengan semangat dan tidak mudah jenuh dengan suasana ruangan yang indah. Yang di dalamnya akan merasa nyaman dalam melaksanakan aktifitas pekerjaanya.

Desain Ruang Kantor Masa Kini Yang Bikin Kamu Gak Mau Beranjak

source : rsdesign.com.br

Karena pada umumnya kondisi ruangan kantor akan mempengaruhi bagaimana performa kerja karyawan maka diperlukan sebuah ruang kerja di kantor yang mengedepankan kenyamanan dari karyawan itu sendiri atau istilah ini biasa disebut dengan ergonomis. Karena kantor dan karyawan merupakan asset berharga dari sebuah perusahaan desain dari kantor itu sendiri harus dipikirkan dengan sangat matang.

Beberapa perusahaan menginginkan memiliki tampilan kantor yang ergonomis namun dengan konsep minimalis. Konsep minimalis ini banyak dipilih karena dirasa dapat memaksimalkan budget yang ada dalam pembangunan sebuah kantor. Selain dari sisi budgeting, konsep minimalis ini juga cocok di terapkan di kantor agar suasana kantor terasa lebih hidup dalam kesederhanaan. Hal ini bisa memicu kreativitas karyawan menjadi lebih baik lagi lho sobat!

Berikut Vira akan berikan ulasan desain kantor yang minimalis dan ergonomis sehingga akan membuat sobat VOIRE betah untuk melakukan pekerjaan setiap harinya dan selalu produktif, belum mood pun akan bertambah jika berada di ruangan kantor yang nyaman.

1. Memilih Warna Dinding yang Pas

Hal utama yang bisa sobat pertimbangkan untuk membuat desain kantor yang minimalis dan ergonomis yaitu memilih cat yang pas dan juga cocok. Untuk desain kantor yang minimalis sebaiknya menggunakan nuansa warna yang netral seperti abu, hitam atau krem. Hal ini akan membuat kantor minimalis sobat tetap nampak mewah lho. Pasalnya warna-warna netral ini juga dapat membawa semangat tersendiri bagi siapapun yang berada dalam ruangan.

 source: pinterest

Namun apabila sobat tidak ingin warna dinding terlihat terlalu polos ada baiknya untuk menambahkan sedikit tambahan motif di tembok dengan menggunakan wallapaper dinding. Dimana pada umunya opsi motif yang biasa diterapkan pada konsep desain interior adalah motif simpel seperti bata putih, daun ataupun motif corak berupa ukiran.

Wallpaper yang dipasang di dinding kantor ini juga bisa menjadi dekorasi dinding yang membuat tampilan dinding kantor menjadi terlihat nyaman untuk dipandangi. Tidak hanya itu beberapa motif dari wallpaper sebenernya bisa menjadi terapi alami bagi mata ketika sedang penat dengan pekerjaan yang harus di selesaikan.

2. Maksimalkan Sumber Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan dalam ruangan kantor merupakan salah satu aspek ergonomis yang harus diperhatikan. Idealnya cahaya yang berada dalam ruangan kantor yang dijadikan tempat untuk bekerja sehari-hari merupakan cahaya yang pas dimata. Dalam artian tidak terlalu gelap juga tidak terlalu terang.

Desain Ruang Kantor Masa Kini Yang Bikin Kamu Gak Mau Beranjak

 source: scontent-mia1-1.xx.fbcdn.net-min

Apabila ruangan dalam kantor berdekatan dengan sumber pencahayaan matahari maka harus diatur agar cahaya matahari yang masuk tidak membuat mata terasa silau. Begitu pula apabila ruangan dalam kantor jauh dari sumber pencahayan matahari gunakanlah lampu dengan watt yang sesuai kebutuhan.

Hal ini perlu dicermati sebaik mungkin karena sangat berhubungan erat dengan kenyamaan karyawan dikala berkerja. Bayangkan bagaimana bila karyawan yang berkerja mendapat keluhan sakit mata. Tentu hal ini dapat membuat perusahaan rugi karena dampaknya kinerja karyawan tidak akan maksimal.

3. Elemen pada Dekorasi

Saat memutuskan dan menentukan desain kantor menggunkan konsep pendekatan yang minimalis dan juga ergonomis , selalu pastikan untuk menyelaraskan dengan model bisnis perusahaan yang di jalankan. Hal ini bertujuan untuk membuat ruang kantor terasa harmoni.

Desain ruang kantor yang minimalis dan ergonomis tetap bisa punya sentuhan karakter tersendiri. Tidak melulu harus terkesan kosong atau berwarna putih, sobat juga bisa menerapkan konsep natural berbahan kayu yang dipenuhi dengan dekorasi seni.  Menggunakan ruang dinding untuk display sekaligus storage merupakan ide menarik yang ada baiknya untuk sobat coba lakukan.

 source: pinterest

Bagi sobat VOIRE yang antiribet, boleh kok untuk mencoba fokus pada pemilihan meja kerja yang atraktif seperti desain futuristik atau yang terintegrasi dengan teknologi pintar saat menentukan furnitur. Ruang kantor minimalis dan ergonomis ini hanya memanfaatkan penggunaan dinding dengan aksen klasik modern dan penempatan furnitur yang mencuri perhatian.

Ide lain yang bisa sobat terapkan yaitu misalkan Jika sobat hendak membuat desain kantor untuk industri fashion, gunakan warna-warna lembut yang terlihat menyatu dengan fashion seperti perpaduan warna terang dengan warna putih. Warna terang yang bisa sobat pilih seperti merah atau kuning. Nah bisa juga sobat menggunakan warna identitas perusahaan sebagai warna pada elemen dekorasi. Hal ini bertujuan agar identitas perusahaan sangat melekat pada kantor sehingga ruangan dalam kantor itu sendiri memiliki karakter yang sangat kuat

Salah satu efek baik yang ditimbulkan dari menerapkan elemen dekorasi sesuai dengan warna identitas  ketika customer berkunjung ialah memberikan kesan yang baik pada perusahaan. Selain itu perusahaan tentu akan terlihat konsisten dan professional.

4. Perhatikan Tata Letak dalam Kantor

Tips tata letak untuk desain kantor yang minimalis dan ergonomis adalah dengan berhemat tempat pada ruang kantor milik sobat. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan storage yang berdekatan dengan area meja. Ruang kantor minimalis dan juga ergonomis bisa diwujudkan dengan cara sederhana yaitu selalu membuat kantor terlihat rapi. Maka dari itu ide storage ini perlu sobat pertimbangkan.

 source: pinterest

Untuk kantor yang menerapkan konsep open space, Sobat boleh mencoba bermain dan bereksperimen dengan tekstur mentah yang identik dengan gaya desain industrial seperti dinding bata terbuka, langit-langit beraksen kayu, atau ruang kantor di dalam container.

Selain unik, desain ini tetap menunjukan sisi minimalis dan juga ergonomis lho. Tentunya hal ini juga akan memudahkan controlling seorang supervisor terhadap karyawannya. Jadi, tidak ada lagi istilah ngantuk akibat terlalu nyaman dengan suasana kantor karena konsep ini tentu akan membuat karyawan lebih produktif dan terpacu semangatnya ketika bekerja.

5. Memperhatikan Kembali Tujuan Kantor Minimalis dan Ergonomis

Pada umumnya apabila sobat sudah merasa dekorasi, nuansa warna dan juga tata letak runagan sudah dirasa tepat, sobat akan merasa tujuan membuat desain ruangan kantor minimalis dan ergonomis sudah tercapai. Padahal ada langkah terakhir yang sebaiknya sobat terapkan seperti mengevaluasi kembali suasana kantor.

Evaluasi yang bisa sobat lakukan seperti memastikan kembali apakah ruangan kantor minimalis dan ergonomis yang sobat miliki sudah terlihat professional ? apabila belum ada beberapa poin tambahan dekorasi yang bisa sobat tambahkan seperti menggunakan tambahan aksen warna monokrom dan juga furniture untuk dekorasi yang beebentuk geometris.

 source: pinterest

Jangan lupa juga untuk memperhatikan tata letak ruangan apakah sudah simestris atau belum. Hal tersebut biasanya luput dari perhatian ketika proses menata kantor agar minimalis dan ergonomis sudah selesai dilaksanakan.

Hindari juga penggunaan perabotan berat dan terliha berlebihan, hal ini sebenarnya untuk memudahkan penggunaan dan aliran ruang. Dengan menghindari hal seperti itu, tentu akan membuat tingkat kenyamanan sosial di antara sesama karyawan atau penguna ruang juga akan mudah tercapai.

Setelah sobat Voire memperhatikan kelima cara mendesain ruangan kerja kantor agar memiliki konsep desain minimalis dan juga ergonomis, tentu sudah mendapat bayangan mengenai kantor yang produktif bukan? Apabila sobat masih bingung dan merasa tidak percaya diri untuk medapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya berkonsultasi dengan jasa interior desainer.

Berkonsultasi dengan jasa interior desainer akan membuat sobat merasa lebih percaya diri lho. Karena hasil dari konsultasi tersebut pasti akan menyelesaikan masalah, bahkan yang sebelumnya di sadari pun bisa teratasi. Desainer interior VOIRE Project memiliki professionalitas yang tinggi dan juga berpengalaman untuk mendesain kantor yang #benarbenraidaman.

https://voireproject.com/contact

Baca juga artikel lainnya :

 

Komentar

Mau cari artikel apa sob?