Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

Saat melihat ruangan, sekilas pasti akan sulit untuk membedakan, apakah ruangan ini ditata oleh d...
Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya? Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya? Saat melihat ruangan, sekilas pasti akan sulit untuk membedakan, apakah ruangan ini ditata oleh desain interior ataukah interior decorator karena hampir mirip ya sobat. Bahkan banyak lho yang mengira bahwa desain dan dekorasi adalah hal yang serupa dan masih banyak juga yang bingung dan tidak mengetahui secara pati perbedaan atara kedua istilah dalam dunia desain interior. Antara desainer interior dan decorator interior. Dalam banyak kasus kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian untuk mengenali orang atau seseorang yang memiliki kapasitas dan pengetahuan tertentu soal penataan sebuah ruangan
Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 28 Mei 2021
Share
2021-05-28

Saat melihat ruangan, sekilas pasti akan sulit untuk membedakan, apakah ruangan ini ditata oleh desain interior ataukah interior decorator karena hampir mirip ya sobat. Bahkan banyak lho yang mengira bahwa desain dan dekorasi adalah hal yang serupa dan masih banyak juga yang bingung dan tidak mengetahui secara pati perbedaan atara kedua istilah dalam dunia desain interior.

Antara desainer interior dan decorator interior. Dalam banyak kasus kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian untuk mengenali orang atau seseorang yang memiliki kapasitas dan pengetahuan tertentu soal penataan sebuah ruangan

desainer interior dan dekorator itu adalah dua orang dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda sobat meski sekilas tampak serupa. Nah apa sih peredaan yang mendasar antara dua profesi ini.

Kali ini Vira mau kasih tau Sobat VOIRE PROJECT  perbedaan mendasar antara desainer interior dan decorator interior .

Sebelum Vira jelaskan lebih detail lagi ada nih perbedaan yang cukup signifikan antara desainer dan decorator interior, yaitu bahwa eorang desainer adalah juga merupakan sorang decorator. Sementara seorang decorator belum tentu merupakan seorang desainer.

Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

 source:pinterst.com

Merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Desainer memiliki arti seorang pendesain atau perancang. Sementara Dekorator memiliki arti orang yang mengerjakan dekorasi; penghias panggung teater; orang yang merancang dekorasi untuk etalase,stand dan sebagainya dan yang sekaligus mengerjakannya.

Kalau desainer juga adalah seorang decorator nah kalau decorator tidak melakukan dan mengerjakan rancangan dan desain sebuah ruangan, mereka hanya fokus pada bagaimana mendandani ruangan, mendekorasinya agar makin memiliki tampilan yang diperlukan dan sentuhan estetik yang dibutuhkan.

Selain kedua istilah, desainer interior dan decorator interior, dunia desain interior ada juga istilah lain yaitu stylist. Stylist interior mirip-mirip seorang decorator, adalah seseorang yang memiliki kapasitas dan kemampuan mengubah dan mendekorasi ruangan sesuai dengan gaya dan perkebangan tren terkini.

Untuk mengetahui secara jelas dan lebih pasti mengenai perbedaan antara desainer interior dan decorator interior, mari kita simak perbedaan signifikan, per-definisi antara keduanya.

Desainer Interior

Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

 source:pinterst.com

Desainer Interior adalah seseorang yang biasanya terlibat dalam proyek sejak dari awal. Bahkan dalam beberapa situasi mereka bekerjasama langsung dengan seorang arsitek. Tugas seorang desainer interior adalah untuk membantu menciptakan ruang interior yang fungsional dengan benar-benar memahami bagaimana penghuni atau pemilik rumah akan menggunakan setiap ruangan.

Seorang desainer akan mempertibangkan soal pencahayaan, suara dan aspek-aspek desain lainnya yang sesuai dengan pertimbangan structural. Dan desainer interior juga memiliki lisensi dan ilmu serta pengetahuan yang memadai.

Desainer interior adalah orang yang paham soal perencanaan tatar ruang, mendesain dan merenovasi interior, menyusun sebuah rencana terstruktur dari mulai perencanaan lantai awal, lalu bagaimana nemepatkan sebuah aksen dekoratif pada sebuah ruangan.

Seorang desainer tidak hanya mampu meningkatkan tampilan, mereka juga mampu meningkatkan fungsionalitas sebuah ruangan.

Dekorator Interior

Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

 source:pinterst.com

Seorang decorator interior tidak terlibat dalam perencanaa desain bangunan dana tau tata letak ruangan. Dekorator interior hanya fokus sepenuhnya pada soal furniture, warna, dan bentuk yang sudah jadi pada sebuah ruangan.

Seorang decorator yang baik akan mengubah sebuah ruangan agar dapat sesuai dengan karakter gaya penghuninya. Mereka bekerja sesuai dengan permintaan klien.

Tidak membutuhkan sekolah atau kursus khusus untuk menjadi seorang decorator. Sobat juga dapat menjadi salah satunya.

Untuk menjadi seorang decorator, hanya dibutuhkan kreativitas yang dapat dituangkan menjadi kreasi-kreasi dan karya-karya seni yang menarik untuk mendukung tampilan sebuah ruangan, menjadikannya memiliki gaya uang khas, elegan, dan artistic, serta estetika yang selaras dengan keseluruhan dan gaya desain.

Decorator umumnya tidak mengambil bagian dalam renovasi atau perencanaan structural. Mereka datang setelah bagian yang lengkap dan fokus pada tampilan permukaan ruang. Seorang decorator hanya fokus pada bagian estetika, membantu memutuskan sebuah gaya, memilih skema warna, memberli furniture dana tau beberapa aksesori yang dibutuhkan.

Latar Belakang Pendidikan

Desainer interior memiliki latar belakang pendidikan yang cukup panjang hingga akhirnya bisa disebut sebagai desainer. Seorang desainer interior harus melewati pendidikan khusus, sedakangkan kalau decorator interior tidak sobat.

Desainer interior biasa mempelajari dan menangani berbagai hal seperti warna, struktur, gambar, perencanaan ruangan dan sebagainya. Sementara decorator interior memepelajarinya secara ortodidak tanpa mengikuti pelatihan formal. Dekorator tidak turut bagian saat renovasi, melaikan hanya bekerja setelah renovasi selesai.

Sedangkan desainer interior lah yang merancang dan membantu renovasi interior suatu ruangan.

Dekorator interior bekerja berdasarkan insting dan kepekaannya terhadap warna dan ruangan, sementara desainer interior bekerja melalui ilmu-ilmu yang telah dikuasainya.

Bidang pekerjaan

Desainer interior biasanya bekerjasama dengan profesi lainnya seperti arsitek atau kontraktor. Mereka akan membantu para perancang rumah untuk menentukan warna, furniture dan dekorasi yang tepat.

Sementara itu decorator interior langsung berhubungan dengan klien tanpa bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya. Dekorator interior tanpa bekerjasama dengan pihak-pihak lainnya.

Desainer Interior atau Dekorator Interior?

Jika pertanyaanya adalah soal siapa yang yang harus sobat ajak untuk bekerjasama dalam sebuah proyek desain interior? Nah kalau soal ini tergantung kebutuhannya ya sobat.

 Jika yang sobat butuhkan adalah soal perencanaan structural bagaimana mengembalikan fungsinallitas ruangan, merenovasinya agar memiliki tampilan yang benar-benar baru, atau jika sobat mengutamakan fungsi sesuai kebutuhan dan kenyamanan sobat desainer interior adalah pilihan terbaik.

Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

 source:pinterst.com

Namun jika yang sobat butuhkan hanyalah bagaimana agar ruangan atau rumah sobat dapat memiliki sentuhan estetika yang dibutuhkan agar indah di pandang, nyaman dan tidak memerlukan perubahan secara struktural, seorang decorator dapat membantu sobat.

Bahkan jika yang sobat butuhkan adalah bermain-main dengan detail kecil seperti bagaimana memasukan dekorasi-dekorasi, memadukan motif-motif dan warna-warna yang diperlukan agar ruangan tampak makin terlihat lebih segar dan artsy sesuai dengan perkembangan tren terkini, seorang stylist interior dapat menjadi pilihan sobat.

Kenyataanya, seorang desainer interior yang memiliki kemampuan dan pengatahuan soal tata ruang, banyak yang hanya melakukan fungsi-fungsi dan kerja-kerja sebagai decorator saja. Sebaliknya, seorang decorator, dalam beberapa situasi juga banyak terlibat dari awal bahkan semenjak perencanaan lantai awal.

Desainer Interior dan Dekorator Interior, Apa Perbedaanya?

 source:pinterst.com

Sekarang sobat sudah tau kan jika desainer interior dan decorator interior merupakan profesi yang berbeda? Dari latar belakang pendidikannya pun sangat berbeda ya sobat. Yang dilakukan oleh desainer dan decorator interior juga berbeda dan cukup signifikan perbedaannya.

Semuanya tergantung sobat, siapa yang dapat bekerjasama dan membantu projek desain interior rumah sobat. Kalau sobat masih bingung juga Sobat VOIRE PROJECT dapat langsung menghubungi kami VOIRE PROJECT.

Karena kami tim VOIRE PROJECT  dapat melakukan pekerjaan desain interior maupun decorator yang sobat butuhkan. Apalagi jika proyek yang sobat butuhkan mulai membangun dari nol ataupun merenovasi total sebuah bangunan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?