Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah

Ada kepuasan pribadi lho saat membuat kerajinan tangan sendiri atau istilah yang familiarnya yait...
Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah Ada kepuasan pribadi lho saat membuat kerajinan tangan sendiri atau istilah yang familiarnya yaitu Do It Yourself (DIY), hal ini merupakan salah satu hobi yang ngga hanya memberikan kesenangan saat proses pembuatannya tapi ada munculnya rasa bangga terhadap diri sendiri saat melihat sendiri hasilnya seperti apa.
Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tutorial DIY 07 Februari 2020
Share
2020-03-05

Ada kepuasan pribadi lho saat membuat kerajinan tangan sendiri atau istilah yang familiarnya yaitu Do It Yourself (DIY), hal ini merupakan salah satu hobi yang ngga hanya memberikan kesenangan saat proses pembuatannya tapi ada munculnya rasa bangga terhadap diri sendiri saat melihat sendiri hasilnya seperti apa. Apalagi kalau sobat VOIRE sukses membuatnya dan barang yang dibuat bisa menjadi barang yang berguna serta bermanfaat. Gimana nih sobat VOIRE apakah sobat pernah merasakannya?

Atau sekedar berpikir ingin membuat suasana rumah sendiri semakin cantik dan menarik? Membuat ruangan di dalam rumah tampil menarik dan tidak membosankan karena hanya bisa bergantung pada perabotan saja. Sobat VOIRE bisa membuat kerajinan tangan hiasan rumah. Oiya ternyata membuat kerajinan tangan hiasan rumah punya banyak manfaat loh seperti misalnya dapat mengasah kreatifitas juga bisa melatih kesabaran sobat VOIRE saat menjalani proses pembuatan kerajinan tangan itu sendiri lho.

Membuat kerajinan tangan atau DIY untuk hiasan rumah sebenernya mudah sekali lho sobat, kamu tidak harus menggunakan barang baru,kamu bisa memanfaatkan barang lama atau bekas yang sudah tidak terpakai. Nah, yuk kita lihat barang-barang DIY apa saja sih yang bisa bikin ruangan di rumah semakin menarik dengan sederhana namun tetap kece tentunya. Berikut beberapa hiasana rumah kreatif DIY atau buatan sendiri yang bisa Sobat VOIRE coba dirumah. Selamat  mencoba!

 

1. Memanfaatkan handuk bekas untuk keset kamar mandi

 source : pinterest

Kapan lagi bereksperimen mempercantik ruang kamar mandi dengan keset handmande dari handuk bekas yang sudah tidak terpakai, kita coba sekarang juga yuk!  Caranya yaitu pertama-tama  kita siapkan terlebih dahulu minimal tiga buah handuk bekas dengan warna yang berbeda agar terlihat berwarna-warni tapi jika handuk yang kamu punya warnanya sama  atau serupa juga tidak mengapa. Untuk peralatannya jangan lupa siapkan gunting, benang dan jarum, lem tembak dan juga rasa semangat agar hasilnya maksimal ????   

Cara membuatnya mudah banget sobat VOIRE, pertama gunting masing-masing handuk secara horizontal menjadi 3 bagian yang sama rata lalu jahit lipat dua sisi handuk kemudian lakukan kembali jahit lipat handuk atau boleh untuk sementara tandai oleh jarum pentul, setelah dijahit, rangkai tiga handuk seperti di kepang rambut. Setelah selesah dikepang bentuk bulat handuk kemudian jahit secara step by step agar tidak lepas dan bisa juga di beri lem tembak agar tak ada yang bolong-bolong.

Sebenarnya masih banyak loh cara lain untuk membuat keset selain dari handuk bisa juga dari kain perca. Agar terlihat berbeda kamu juga bisa menggulung, menyatukan kain atau handuk dan membentuknya sesuai selera. Tentu saja motif yang berbeda akan memberikan kesan unik dan tampak kreatifitas yang bervariasi.

 

2. Memanfaatkan kardus bekas untuk box file

Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah

 source : pinterest

Setiap bulan pasti ada saja berkas-berkas baru muncul di ruang kerja. Pasti sebalkan kalau meja penuh dengan berkas yang berantakan?

Sekarang kamu tidak perlu merasa sebal ataupun bingung ya sobat VOIRE, sudah tahun 2020 lho yuk kamu bisa kok membuat boks file sendiri dengan bahan  dasar kardus bekas agar meja di ruang kerjamu terlihat lebih rapi. Caranya gampang banget kok, beberapa barang dan peralatan yang perlu disiapkan yaitu kardus bekas, lem, gunting dan cat untuk menghias dan juga kertas kado. Nah setelah menyiapkan barang, pertama-tama mulailah dengan memotong setengah bagian dari kardus yang sudah disiapkan.

Kemudian taruh pemberat dibawah kardus agar kardus ini kuat menampung dokumen atau berkas-berkas bahkan buku milikmu. Tidak lupa untuk memberi hiasan pada box file dari kertas kado dan juga agar terlihat lebih kekinian. Bisa dengan di cat sesuai warna yang cocok dengan ruangan atau warna favoritmu bisa juga dengan menggambar corak-corak sesuai tren masa kini. Jika kamu kesulitan menggambar corak-corak seorang diri kamu bisa menempelkan kertas kado yang bermotif sesuai dengan seleramu untuk menghias boks file yang sudah kamu buat.

Nah mudah banget kan sobat VOIRE. Sekarang saatnya merapikan berkas-berkas penyebab ruang dan meja kerja berantakan ke dalam box file buatan sobat VOIRE!

 

3. Memanfaatkan botol bekas untuk lampu hias.

Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah

 source : pinterest

Sekarang saatnya untuk menghias ruang tamu dengan lampu hias dan kamu ngga perlu harus ngeluarin biaya selangit lho. Sobat VOIRE hanya perlu menguji daya kreativitasmu dalam bermain pencocokan dan pemilihan warna yang tepat. Penggunaan bahan-bahan seperti gelas bekas minuman yang mengandung probiotik atau Styrofoam bekas dari mie instan siap saji dapat dikreasikan menjadi lampu hias DIY yang cantik. Sederhana sekali bukan bahan-bahannya.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana dengan menyiapkan alat-alat seperti cat vernis, lem tembak dan hiasan berupa renda, pita dan bunga-bunga. Pertama-tama cat semua bahan gelas dan Styrofoam bekas dengan warna yang sesuai dengan selera sobat VOIRE. Tunggu cat hingga mengering lalu vernis semua bahan kemudian gelas bekas dijadikan satu membentuk tiang lalu tempel dengan lem tembak agar terlihat menjadi satu. Lalu tempelkan Styrofoam bekas di bagian atasnya agar terlihat menjadi lampu. Mudah sekali bukan? Selain mudah bisa hemat kantong juga kan?

 

4. Memanfaatkan stik eskrim untuk Penghias sakelar.

Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah

 source: pinterest

Saklar memang benda yang selalu luput dari perhatian bisa jadi karena bentuknya yang kecil dan tidak pernah berubah. Nah agar tidak membosankan bagaimana kalau sobat VOIRE coba untuk membuatnya terlihat unik dengan kreatifitas? Bahannya sederhana sekali lho sobat, hanya dengan membutuhkan stik eskrim atau tambahan kain perca. Untuk cara pembuatannya pertama-tama bentuklah stik eskrim menjadi seperti bentuk rumah atau menjadi bidang yang memiliki lima sisi.

Sambungkan tiap sisi dengan menggunakan lem kayu ya agar merekat dnegan maksimal. Kemudian buatlah bentuk rumah tersebut sebanyak 4 buah lalu tumpuk sejajar kemudian tempelkan pada saklar lampu dirumah. Saklar akan terlihat seperti memiliki rumah. Unik dan mudah sekali bukan? Yuk kita coba!

Sobat VOIRE juga bisa tambahkan kain perca pada bingkai stik eskrim tersebut dengan membentuknya sebagai kain penutup sakelar yang berbentuk gorden. Hal ini juga agar sakelar tertutup dan tidak menjadi bahan mainan anak-anak lho!

 

5. Memanfaatkan toples menjadi hiasan rumah yang fungsional.

Gampang Banget! Yuk Asah Kreatifitasmu Dengan 5 Ide DIY Untuk Dekorasi Hiasan Rumah

 source : pinterest

Hiasan dari toples ini bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti menata barang dan menyimpan peralatan tulis agar tidak berserakan, tempat alat makan seperti sendok, garpu dan pisau, peralatan make up dan juga peralatan melukis seperti berbagai macam ukuran kuas.

Nah caranya pertama-tama bisa dengan membolongi tutup toples dan sisakan sedikit bagian untuk menutup toples kembali. Warnai toples dengan menggunakan cat akrilik sesuai dengan warna kesukaanmu atau seleramu. Sobat VOIRE juga bisa menghias toples dengan menempelkan ornament kecil pada sekitar toples. Dan toples pun siap menjadi hiasan rumah yang akan mempercantik meja dan juga bisa membuat mejamu selalu tampak rapi dan barang-barang yang tertata.

 

Dengan bermodalkan kreatifitas dan rasa semangat, sobat VOIRE pasti bisa membuat hiasan hasil kerajinan tangan sendiri di rumah. Nah tadi itu tips DIY hiasan yang simple banget untuk diikuti versi Vira. Yuk, coba bikin sendiri deh!

baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?