Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

Harga rumah yang kian hari kian mahal tentu sangat menjadi pengaruh terhambatnya mewujudkan impia...
Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini. Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini. Harga rumah yang kian hari kian mahal tentu sangat menjadi pengaruh terhambatnya mewujudkan impian memiliki rumah yang #benarbenaridaman tersebut. Di tambah lagi dengan kondisi keuangan yang tergolong pas-pasan.
Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 20 Oktober 2020
Share
2020-10-20

Memiliki rumah pribadi memang menjadi impian bagi banyak orang. Namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa dengan mudah mewujudkan impiannya tersebut. Dari berbagai faktor yang ada kendala keuangan atau dana untuk membeli rumah merupakan hal yang paling umum dijumpai.

Harga rumah yang kian hari kian mahal tentu sangat menjadi pengaruh terhambatnya mewujudkan impian memiliki rumah yang #benarbenaridaman tersebut. Di tambah lagi dengan kondisi keuangan yang tergolong pas-pasan.

Tapi terlepas dari kurangnya dana yang dimiliki sebenarnya pada zaman yang semakin modern ini sudah semakin banyak lho pilihan harga rumah yang bisa jadi seusai dengan kondiri keuangan sobat.

Biasanya makin kecil tipenya makin terjangkau pula harganya. Nah coba deh cari tipe rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan sobat. Kalau cari dengan teliti dan seksama, pasti ketemu kok hunian yang cocok. Percaya sama Vira!

Makanya nih, penting banget untuk mengetahui tipe-tipe rumah yang umum ditemukan di Indonesia sebelum membeli rumah impian. Karena pasalnya tipe rumah akan memengaruhi harga dari rumah tersebut.

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: pinterest

Pada umumnya yang menjadi faktor penentu luas rumah adalah kavling dari perumahan tempat rumah tersebut dibangun. Setiap tipe rumah ini pun umumnya memiliki karakteristik khusus baik dari sisi dimensi bangungan hingga berapa banyak ruang yang dibutuhkan.

Jadi, sebelum sobat VOIRE membeli rumah, pastikan terlebih dahulu paham dan kenal dengan berbagai tipe rumah ya!

Nah, pada artikel kali ini Vira mau membahas tipe-tipe rumah di Indonesia dan juga harga rumah berdasarkan tipenya di pasaran. Simak dengan seksama ya sob!

1. Rumah Tipe 21

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: pinterest

Rumah tipe 21 ini merupakan tipe rumah dengan ukuran luas yang paling kecil. Biasanya luas bangunan tipe rumah ini adalah 21 meter persegi dengan luas tahan keseluruhan berupa 24 meter persegi.

Biasanya rumah tipe 21 ini memiliki dimensi 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter atau 6 x 3,5 meter. Pada umumnya rumah dengan tipe ini hanya terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi dengan ruang tamu bersatu ruang keluarga dan letak dapur yang terlihat dari ruang tamu.

Meskipun terkadang ada juga yang memiliki dapur yang berada terpisah di bagian halaman belakang. Dengan ukuran yang sangat terbatas dan terkesan sederhana, ukuran rumah ini sangat pas untuk pasangan muda yang baru menikah atupun keluarga kecil.

Harga rumah tipe 21 berkisar antara 80 juta sampai dengan 300 jutaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga adalah letaknya atau posisi dari rumah tersebut. Semakin startegis tentu harga rumah tipe 21 akan semakin tinggi.

2. Rumah tipe 36

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: google

Rumah tipe 36 ini merupakan tipe rumah yang sebenarnya paling diburu oleh banyak pasangan muda. Dengan ukuran luas 36 meter persegi dan umumnya memiliki luas tanah sebesar 72 meter persegi.

Biasanya dimensi rumah tipe 36 ini memiliki dimensi 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter. Fakta menariknya, rumah dengan tipe 36 ini kerap menjadi pilihan investasi di bidang properti dengan menjadikannya rumah sewa.

Karena ukurannya yang dianggap ideal sebagai tempat tinggal untuk keluarga kecil dan juga harganya yang cukup terjangkau. Tidak heran mengapa rumah dengan tipe ini banyak diburu oleh masyarakat.

Pada kawasan atau lokasi yang strategis, harga rumah tipe 36 saat ini bisa mencapai Rp 650 sampai dengan Rp 800 jutaan. Namun ada juga kok yang harganya masih sekitar Rp 200 jutaan. Apalagi, jika ada subsidi dari pemerintah atau berlokasi yang jauh dari pusat kota.

3. Rumah tipe 45

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: google

Kalau tipe rumah satu ini tentunya merupakan tipe rumah favorite orang Indonesia lho. Khususnya sih dari kalangan menengah. Pasalnya harga rumah dengan tipe ini terbilang masih terjangkau namun memiliki lahan yang cukup leluasa.

Dimensi pada rumah ini biasanya sekitar 6 x 7,5 meter, rumah tipe 45 ini  cukup lapang untuk dihuni satu keluarga dengan satu hingga dua orang anak. Meskipun spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan tipe 36 yang memiliki dua buah kamar tidur di dalamnya, tetap saja tipe 45 memiliki tanah yang lebih luas.

Hal demikianlah yang menjadikan tipe ini kian banyak diburu. Harga rumah tipe 45 dengan kualitas oke biasanya sudah bisa mencapai Rp 1 milliar. Sementara untuk harga rumah tipe 45 dengan kondisi yang biasa sekitar Rp 600 – Rp 800 juta.

4. Rumah tipe 54

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: google

Nah bagi sobat yang memiliki budget lebih dan juga menginginkan ukuran rumah yang cukup luas, rumah dengan tipe 54 ini sangat cocok untuk menjadi pertimbangan dan juga pilihan.

Biasanya masyarakat dari kelas menengah-atas memburu tipe rumah yang satu ini. Rumah tipe 54 biasanya memiliki dimensi 13,5 x 4 meter atau 9 x 6 meter.

Fasilitas yang pada umumnya ditemui pada rumah tipe 54 ini berupa dilengkapi tiga sampai empat kamar tidur, ada pula yang hanya dua namun ukuran kamarnya jadi lumayan luas. Biasanya juga rumah tipe 54 ini memiliki halaman belakang yang cukup lapang.

Rasanya idaman banget yaa memiliki rumah tipe 54 ini. Ohhiya, harga rumah tipe 54 ini dipasaran sekitar Rp 700 jutaan dan tentunya jika rumah ini terletak di lokasi yang startegis bisa mencapai Rp 1,2 miliar rupiah.

5. Rumah tipe 60

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: google

Tipe rumah 60 merupakan rumah yang tergolong rumah yang besar dan memang biasanya diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas. Dengan luas bangunan sebesar 60 meter persegi dan biasanya dipecah dengan dimensi 6 x 10 meter, 5 x 12 meter atau 8 x 7 meter.

Lantaran ukuranya yang luas, jumlah ruangan yang terdapat di dalamnya pun bisa lebih kompleks seperti ada 4- 5 kamar tidur, ruang tamu, ruang kelurga dan dapur yang terpisah serta garasi dan juga taman belakang rumah.

Namun sudah bisa di duga dengan kelebihannya ini pasti beriringan dengan jumlah harganya di pasaran. Kalau hunian tipe 60 ini di bangun di atas lokasi yang strategis seperti dekat dengan pusat bisnis dan fasilitas umum dengan akses yang mudah dijangkau harganya bisa mencapai 1,5 milliar per unit.

Namun pada lokasi tertentu harag rumah tipe 60 ini bisa ditemukan sekitar Rp. 800 jutaan saja.

6. Rumah Tipe 70

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: google

Teruntuk kalangan atas yang mapan dan sudah memiliki keluarga dengan anak yang sudah beranjak remaja, biasanya rumah tipe 70 merupakan rumah yang paling banyak diminati.

Dimensi rumah dengan ukuran luas 70 meter persegi ini antara 7 x 10 meter atau 5 x 14 meter. Biasanya rumah ini dibangun dengan dua lantai agar lahan yang digunakan bisa lebih efisien dengan jumlah ruangan yang tentu lebih banyak.

Jumlah kamar tidur hunian tipe ini bisa mencapai empat ruangan dengan fasilitas kamar mandi di dalam kamar. Selain itu, ruangan yang lainnya juga bisa jadi lebih luas dan lebih banyak.

Harga rumah tipe 70 sendiri tergolong sangat mahal yang angkanya bisa menembus batas miliaran rupiah. Tetapi apabila tipe rumah 70 ini berada pada lokasi yang kurang startegis seperti di perbatasan daerah, bisa ditemukan dengan harga sekitar Rp. 900 jutaan saja.

7. Rumah Tipe 120

Harga Rumah berdasarkan Tipe Rumah. Yuk Sesuaikan Budgetmu dengan Tipe Rumah ini.

 source: pinterest

Dengan melihat angka 120nya saja sudah dibayangkan luas rumah ini adalah 120 meter persegi dan tentunya rumah dengan tipe ini merupakan hunian paling luas dengan dimensi antara 10 x 120 meter atau 8 x 15 meter.

Biasanya jumlah ruangan di dalam tipe ini yaitu 3 sampai 5 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur yang terpisah dan beranda yang berhubungan dengan taman belakang rumah.

Fasilitas tiga kamar mandi serta garasi yang dapat menampung dua mobil bisa sobat rasakan jika memiliki hunian seluas 120 meter persegi ini.

Dengan luas yang sangat leluasa ini tentu memudahkan sobat untuk mengeksplorasi desain arsitektur dan juga interior yang terdapat di dalamnya. Maka dari itu jangan heran ya jika harga dari tipe rumah 120 ini tergolong sangat fantastis.

Nah setelah mengetahui tipe-tipe rumah yang paling populer di Indonesia beserta harganya ini. Apakah sobat sudah memiliki gambaran tipe rumah mana yang akan sobat pilih yang sesuai dengan budget?

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?