Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

Garasi merupakan area khusus yang fungsinya sendiri adalah untuk menjadi lahan parkir kendaraan y...
Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan Garasi merupakan area khusus yang fungsinya sendiri adalah untuk menjadi lahan parkir kendaraan yang sobat miliki, seperti mobil, motor dan juga sepeda dengan aman karena terlindungi dari sinar matahari atau air hujan. Garasi tentunya harus di desain dengan konsep yang matang dan dipikrkan secara saksama supaya tetap tampak selaras dengan konsep bangunan tempat tinggal sobat VOIRE.
Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 04 Juni 2020
Share
2020-06-04

Garasi merupakan area khusus yang fungsinya sendiri adalah untuk menjadi lahan parkir kendaraan yang sobat miliki, seperti mobil, motor dan juga sepeda dengan aman karena terlindungi dari sinar matahari atau air hujan. Garasi tentunya harus di desain dengan konsep yang matang dan dipikrkan secara saksama supaya tetap tampak selaras dengan konsep bangunan tempat tinggal sobat VOIRE.

Lahan parkir merupakan hal yang penting bagi sobat yang memiliki kendaraan roda empat. Sejumlah peraturan dan tata cara terkait lahan parkir, telah ditetapkan di atas kertas maupun rambu-rambu. Baik oleh pemerintah setempat bahkan dalam undang-undang yang berlaku. Maka dari itu, sobat mesti mempelajari secara mendalam agar tidak terjadi hal yang tidak mengenakan. Intinya sih, parkir mobil secara sembarangan tidak boleh dilakukan karena hal itu melanggar aturan.  Ada sanksi-sanksi yang nantinya bisa memberatkan sobat VOIRE lho!

Di zaman sekarang ini, garasi tidak hanya digunakan untuk menyimpan kendaraan saja, namun juga dijadikan storage untuk menyimpan beberapa perlengkapan rumah yang dipakai hanya sesekali saja atau apabila rumah sempit maka garasi bisa jadikan ruangan multifungsi juga. Maka dari itu Vira ingin mengajak sobat VOIRE untuk melihat inspirasi desain garasi yang tidak hanya dijadikan tempat parkir kendaraan saja namun juga bisa dijadikan tempat yang berguna bagi semua penghuni.

Desain garasi dengan nuansa maskulin

Desain garasi yang bernuansa maskulin ini didominasi oleh warna monokrom seperti warna abu-abu, hitam dan putih. Dengan warna monokrom yang sebelumnya Vira sebutkan, keadaan garasi yang biasanya nampak kumuh karena bekas oli yang bercecerahn akan tampak lebih segar dan juga mewakili karakter maskulin dari sang pemilik kendaraan.

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

 source: pinterest

Agar garasi dirumah sobat tetap multifungsi namun tidak mengurangi bagaimana tampilannya yang maskulin, penggunaan rak penyimpanan peralatan otomotif seperti obeng dan berbagai macam kunci yang menggunakan warna senada dengan warna dinding berhasil membuat kesan garasi terlihat lebih kokoh dan juga modern

Sobat juga bisa memanfaatkan rak beroda yang bisa dengan mudahnya digeser untuk menyimpan perkakas lain dan akan memudahkan penggunanya saat akan memperbaiki bagian kendaraan. Konsep garasi seperti ini sangat cocok untuk sobat yang senang dan tertarik dengan dunia otomotif.

Apabila sobat merasa tertarik membuat desain garasi mobil ini, sebaiknya sobat memastikan untuk memberikan tambahan lampu dengan sangat maksimal sehingga suasana lighting garasi tetap terang dan memudahkan sobat untuk melakukan perbaikan kendaraan.

 

Desain garasi minimalis

Pada umumnya, suasana garasi yang terlihat gelap dan juga kotor sehingga membuat ruangan terlihat agak sempit. Jika sobat memiliki ruangan yang terlihat demikian, merenovasi dengan desain garasi minimalis bisa menjadi solusi dan juga opsi. Dengan memberikan sentuhan warna abu-abu yang netral pada dinding suasana garasi sobat bisa dengan cepat terlihat lebih bersih dan juga luas.

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

 source: pinterest

Untuk mempermudah sobat membersihkan lantai yang terkena oli yang berceceran pada area ini, Vira sarankan untuk sobat menggunakan alas pada desain garasi mobil agar mudah dibersihkan sehingga terbebas juga dari noda kendaraan.

Untuk ruangan yang sempit ini, tempat storage bisa sobat akali dengan menyimpan rak-rak penyimpanan minimalis yang menempel pada bagian dinding garasi. Hal ini akan membuat desain garasi terlihat lebih rapi. Tidak lupa juga memaksimalkan pencahayaan pada garasi di ruangan yang minimalis ya. Karena penggunaan cahaya lampu yang optimal sangat bermanfaat untuk membuat suasana terlihat terang dan hidup.

Desain garasi berdampingan dengan ruang kerja

Jika sobat merupakan seorang pekerja lepas yang membutuhkan ruang kerja di rumah namun merasa tidak memiliki tempat yang cukup baik didalam rumah, Vira sarankan untuk menengok lahan di garasi rumah apakah memungkinkan untuk menggunakan garasi berbarengan dengan ruang kerja sehari-hari.

Jika sobat masih merasa ragu, Vira akan menjelaskan desain garasi minimalis yang berdampingan dengan tempat bekerja yang bisa juga dijadikan garasi minimalis untuk menampung sebuah mobil mungil.

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

 source: pinterest

Dengan menyimpan peralatan untuk bekerja tetap ditata serapi mungkin dan menggunakan warna yang segar dan cerah dapat memadukan garasi minimalis yang bersatu dengan ruang kerja menjadi inspirasi ruang kerja yang menyenangkan. Inspirasi desain garasi minimalis ini tetap membuat  sobat merasa nyaman untuk bekerja dan mobil kesayangan sobat juga akan tetap aman di dalam garasi minimalis. Selama tidak ada kegiatan yang saling bertentangan, fungsi garasi minimalis tetap bisa disatukan dengan fungsi ruang lainnya tanpa harus terasa janggal.

Desain garasi rumah dengan penyimpanan mesin cuci

Jika sobat memiliki rumah yang cukup minimalis namun memiliki garasi yang cukup memadai, sobat bisa memanfaatkan sisa ruang garasi di rumah sobat dijadikan tempat untuk mesin cuci. Ide meletakan mesin cuci di garasi ini sudah cukup populer di luar negeri.

Aktivitas mencuci baju sendiri bisa dilakukan saat mobil dibawa pergi agar lebih leluas. Namun jangan khawatir dengan penataan yang tepat sobat tetap bisa melakukan aktivitas laundry meskipun ketika mobil sedang terparkir.

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

 source: pinterest

Agar memudahkan sobat ketika sedang melakukan aktivitas mencuci pakaian di garasi, sobat bisa meletakan mesin cuci berdekatan dengan wastafel, sementara pada sisi lainnya, sobat dapat menempatkan lemari, keranjang baju kotor dan area menyetrika. Gunakanlah papan setrika dan kursi lipat yang jika tak dipakai dapat disimpan di sela-sela lemari. Untuk pelengkap kenyamanan, sobat bisa menyediakan kipas angin.

Dengan penataan yang tepat seperti diatas, ruangan di rumah akan terasa lebih lega karena sobat tidak perlu merasa khawatir dimana harus meletakan mesin cuci dan peralatan laundry lainnya. Terlepas dari itu, kendaraan yang terpakir di dalam garasi juga akan tetap aman dan tetap terlindungi.

Garasi dengan kanopi dan taman minimalis

Meskipun konsep minimalis selalu terdapat kendala karena terbatasnya ruang yang ada. Garasi sendiri tidak melulu harus berada di dalam ruangan layaknya seperti kamar ataupun ruanganan lainnya. Apabila sobat tidak memiliki ruangan di dalam rumah sobat bisa memanfaatkan lahan yang dijadikan di halaman rumah lho.

Lahan halaman di rumah sobat tersebut bisa dimanfaatkan sebagai garasi yang memanfaatkan kanopi sebagai pelindung hujan dan terik matahari. Dengan gaya yang sederhana dan tidak memakan tempat, sobat juga bisa memanfaatkan lahan di pinggirnya dengan taman minimalis yang juga bisa sebagai penghias bagian depan rumah sobat.

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

 source: pinterest

Ada banyak sekali material kanopi yang bisa sobat VOIRE pilih untuk garasi. Pilihlah material yang awet, tahan lama, kokoh, dan bisa dikerjakan secara cepat seperti misalnya material galvalum. Penggunaan material galvalum juga bisa memberikan tampilan modern pada eksterior hunian sobat lho.

Untuk taman minimalisnya, sobat bisa memanfaatkan media pot di pinggir bagian lahan untuk garasi. Tanaman hias dan hijau bisa jadi solusi dan pilihan sobat agar membuat taman terlihat lebih segar. Selain itu, sobat juga bisa memanfaatkan tanaman gantung dibagian atap bagian sisi dari kanopi di garasi tersebut.

Desain garasi kekinian untuk tempat koleksi barang antik

Jika sobat memiliki koleksi barang antik yang banyak dan bingung di mana menempatkan kumpulan koleksi barang tersebut karena seluruh rumah sudah penuh dengan barang masing-masing dari penghuni rumahnya atau hanya sekedar ingin menyimpan koleksi barang antik yang jauh dari jangkuan anak kecil?

Ide Desain Garasi yang Tidak Hanya Untuk Parkir Kendaraan

 source: pinterest

Tidak ada salahnya untuk menyimpan kumpulan koleksi milik sobat VOIRE di dalam garasi di rumah. Dengan memanfaatkan lemari kaca alumunium sebagai tempat penyimpanaan barang antik, ruangan sobat bisa terlihat lebih kekinian. Agar suasana garasi terlihat harmonis dengan koleksi dalam lemari alumunium kayu milik sobat, ada baiknya untuk memberikan dekorasi tambahan seperti tambahan penerangan di dalam garasi. Hal ini untuk mempertegas desain kekinian yang modern dalam garasi yang juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan koleksi barang antik.

Dari keenam desain garasi mobil yang sudah Vira jelaskan, garasi yang estetik dan multifungsi ini tidak hanya dapat melindungi kendaraan sobat dari ekstremnya cuaca di luar ruangan namun juga bisa memcegah seseorang berniat jahat pada kendaraan sobat.

Nah, setelah melihat enam inspirasi desain garasi yang multifungsi dan juga tidak begitu memakan tempat, apakah sobat tertarik untuk mengaplikasikan salah satu desain garasi mobil di atas seperti yang sudah Vira paparkan?

Jangan lupa baca artikel inspirasi menarik lainnya di laman artikel VOIRE project, ya! Selain artikel sobat juga bisa menemukan berbagai inspirasi terkait interior rumah dan custome furniture yang bisa menmbuat suasana rumah sobat menjadi #benarbenaridaman. Yuk langsung cek laman VOIRE Project, sekarang juga!

Baca juga artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?