Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

Taman di rumah tidak jarang menjadi bagian yang paling terakhir diperhatikan oleh orang-orang. Ta...
Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas Taman di rumah tidak jarang menjadi bagian yang paling terakhir diperhatikan oleh orang-orang. Tapi jangan sampai sobat juga menyepelekan keberadaan bagian taman di rumah ini, ya! Karena keberadaan taman di rumah bisa membuat tampilan rumah sobat semakin asri dan cantik.
Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 27 Maret 2020
Share
2020-03-27

Taman di rumah tidak jarang menjadi bagian yang paling terakhir diperhatikan oleh orang-orang. Tapi jangan sampai sobat juga menyepelekan keberadaan bagian taman di rumah ini, ya! Karena keberadaan taman di rumah bisa membuat tampilan rumah sobat semakin asri dan cantik.

Buat sobat yang merasa tidak punya inspirasi atau merasa kebingungan karena punya lahan terbatas, konsep minimalis selalu bisa diterapkan di berbagai situasi dan kondisi lho. Hmm menarik bukan? Sehingga ide taman rumah minimalis bisa sobat jadikan pilihan yang paling cocok.

Untuk membuat desain taman minimalis di lahan sempit nampaknya memang gampang-gampang susah sih. Tapi untuk mengatasi kebingungan sobat dalam membuat taman minimalis di lahan terbatas ini, beberapa desain taman minimalis di lahan terbatas versi Vira yang akan dibagikan dibawahnya bisa jadi solusinya! Sapa yang sudah tidak sabar? Baca sekarang ya!

Desain Taman Minimalis Berbentuk Vertikal

Desain taman minimalis di lahan terbatas dengan cara vertikal ini sepertinya sudah sering sobat dengar namun belum terpikirkan untuk diterapkan. Cara vertikal ini sangat ampuh untuk menyiasati keterbatasan lahan di rumah sobat. Tentunya membuat area taman vertikal bisa menjadi andalan paling kojo untuk sobat. Caranya gampang sekali lho sobat, sobat bisa menempatkan susunan pot-pot tanaman secara vertikal di area dinding eksterior rumah atau di dinding pagar. Selain itu sobat VOIRE juga bisa membuat rangka shading jendela yang bisa ditempati pot-pot tanaman.

Wah, mudah bangetkan caranya? Untuk rumah yang benar-benar tidak memungkinkan memiliki taman horizontal boleh banget untuk di coba lho. Bikin rumah terlihat makin cantic juga tentunya!

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Desain Taman Minimalis Memanfaatkan Area Lapang Terbatas yang Dikelilingi Tanaman

Agar area taman minimalis dengan lahan terbatas bisa tetap terlihat lega dan tampak leluasa, sobat bisa menyiasatinya dengan menerapkan desain taman minimalis di lahan terbatas yang satu ini. Poin utamanya adalah dengan memanfaatkan area lapang sebagai sentral atau titik fokus dari desain taman minimalis di lahan sempit yang tersedia. Di sekitarnya, ksobat  bisa menempatkan aneka tanaman.

Selain membuat pemandangan menjadi terlihat indah, tentunya lahan ini masih bisa dijadikan tempat bermain bola bersama si kecil di akhir pecan. Iya kan sobat?

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Desain Taman Minimalis Kering dengan Batu Koral

Bagi sobat yang memiliki kegiatan harian super sibuk dan jarang memiliki waktu untuk mengurus taman beserta tanamannya namun tetap ingin memiliki nuansa alami dan menyegarkan di rumah mungil, desain taman minimalis di lahan terbatas berikut ini bisa sobat terapkan nih.

Daripada menggunakan rumput, area bawah taman bisa sobat ganti dan di gantikan dengan batu koral. Saat ini sudah banyak lho rumah dengan konsep minimalis yang menerapkan desain taman minimalis di lahan terbatas yang satu ini karena sangat mudah dalam perawatannya. Bahkan beberapa sudah menerapkan desain taman kecil dalam rumah. Tapi kali ini Vira akan bahas yang di luar rumah ya sobat.

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Selain perawatannya yang mudah tentunya sobat tidak perlu mengeluarkan kocek berlebih karena semakin simpel perawatannya semakin hemat pula biaya yang akan di keluarkan. Hayoo mana nih sobat VOIRE yang suka berhemat? Cocok lho untuk menerapkan konsep taman minimalis ini!

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit dengan Kolam Ikan

Sudah tidak diragukan lagi dengan kehadiran unsur air di taman tentu akan menambah kesan sejuk, menyegarkan dan natural pada rumah. Nah, siapa yang masih ragu untuk menambah elemen air berupa menghadirkan kolam bisa di terapkan atau tidak pada desain taman minimalis di lahan terbatas?

Kalau sobat merasa ragu, mulai sekarang sudah bisa yakin lho karena sobat juga bisa membuat kolam untuk ikan koi sederhana di taman minimalis. Sobat juga bisa menambahkan tanaman-tanaman kecil di dalam pot atau tanaman perdu dengan berbagai kombinasi warna agar tampilan taman semakin cantik. Bahkan tidak tanggung-tanggung sobat juga bisa menambahkan kolam dengan air mancur mini apabila menginginkannya. Nah penggunaan kola mini sangat cocok untuk desain taman belakang rumah kecil lho.

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Memanfaatkan Sebagian Lahan Teras Rumah

Kerapkali terdapat lahan yang tersisa untuk area terbuka di rumah walaupun misalnya hanya ada di bagian depan rumah dengan luas yang tidak seberapa. Untuk menyiasatinya serta memanfaatkan lahan tersebut, sobat bisa menerapkan desain taman rumah kecil yang satu ini. Syaratnya yaitu dengan menjadikan area taman minimalis terlihat seolah menjadi satu dengan area di sekitarnya. Dengan menggabugkan area teras depan rumah menjadi adalah solusinya.

Lahan terbatas yang tersisa pun tetap terlihat tertata dengan desain taman kecil depan rumah kan sobat?

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Desain Taman Minimalis di Area Balkon

Desain taman minimalis di lahan terbatas berikut ini bisa juga nih jadi solusi buat sobat yang merasa kebingungan di mana dan bagaimana harus menempatkan taman di rumah atau semilas di apartemen yang sudah jelas memiliki keterbatasan lahan. Memanfaatkan area balkon bisa menjadi solusi untuk sobat lho. Konsep roof garden pada area balkon bisa juga dipakai untuk menerapkan desain taman minimalis di lahan yang tebatas.

Biasanya taman minimalis di balkon ini bersifat semi-outdoor alias masih beratap. Oleh Karena itu sobat VOIRE sebaiknya menempatkan tanaman yang tidak terlalu besar dan tinggi. Tanaman hias dalam pot bunga paling pas dan coock lho untuk sobat tempatkan di balkon tempat tinggal.

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Desain taman minimalis di lahan yang terbatas pada area teras lantai atas atau area balkon ini bisa memadukan dengan memanfaatkan inovasi meletakkan pot tanaman di lantai balkon, railing balkon, menempel di dinding, hingga menggantung di ujung atap. Untuk menambah kesan asri dan kealamiannya, sobat bisa berinovasi lain dengan  mengganti lantai teras lantai atas rumah atau bahkan apartemen sobat dengan lantai kayu sehingga terihat lebih alami. Saran tambahan  dari Vira sih tambahkan juga furnitur seperti kursi di teras untuk melengkapi tampilan taman minimalis di lahan terbatas

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Samping Rumah

Di lahan yang terbatas, seringkali area terbuka di rumah hanya tersisa sedikit sekali pada bagian samping rumah. Biasanya area samping rumah ini menjadi jalan pintas dari bagian depan rumah untuk langsung menuju dapur atau area bagian belakang rumah lainnya. Nah, daripada hanya sobat biarkan berfungsi sebagai jalan pintas saja, sobat bisa lho memperindah tampilan area ini dengan memanfaatkannya menjadi taman minimalis di lahan terbatas.

Bagian samping ini terkesan unik karena pada umumnya area samping rumah yang biasanya berbentuk memanjang, maka desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini juga harus disesuaikan dengan pola memanjang. Misalnya saja dengan menanam pohon secara berderet dalam satu garis lurus mengikuti panjang lahan yang tersedia. Seperti pada gambar taman ini.

Ide Desain Taman Kecil untuk Lahan yang Terbatas

 source: pinterest

Untuk jenis tanamannya sendiri, sebaiknya desain taman minimalis di lahan terbatas ini menggunakan tanaman seperti rumpun bambu, palem-paleman dengan diameter batang kecil, atau tanaman perdu saja. Cukup pilih satu jenis tanaman yang tidak terkesan terlalu penuh. Selain tidak akan menghabiskan terlalu banyak lahan, tanaman-tanaman tersebut cocok bila ditanam dengan pola berderet membentuk sebuah garis lurus.

Nah itulah beberapa ide desain taman minimalis di lahan terbatas yang bisa sobat gunakan sebagai acuan. Yuk wujudkan taman minimalis idaman bersama VOIRE Project.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?