Ingin Kamar Kost Lebih Nyaman? Ikuti 8 Ide & Tips Berikut!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ingin Kamar Kost Lebih Nyaman? Ikuti 8 Ide & Tips Berikut!

Siapa di sini yang ngekost? Vira yakin nih kalau nggak semua sobat VOIRE mendekorasi kamar kostny...
Ingin Kamar Kost Lebih Nyaman? Ikuti 8 Ide & Tips Berikut! Ingin Kamar Kost Lebih Nyaman? Ikuti 8 Ide & Tips Berikut! Siapa di sini yang ngekost? Vira yakin nih kalau nggak semua sobat VOIRE mendekorasi kamar kostnya. Sobat, dekorasi sangat penting loh untuk kenyamanan sebuah ruangan. Selain membuat nyaman untuk ditinggali, dekorasi juga dapat mempercantik tampilan kamar kost sobat. 
Ingin Kamar Kost Lebih Nyaman? Ikuti 8 Ide & Tips Berikut!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 04 Oktober 2021
Share
2021-10-04

Siapa di sini yang ngekost? Vira yakin nih kalau nggak semua sobat VOIRE mendekorasi kamar kostnya. Sobat, dekorasi sangat penting loh untuk kenyamanan sebuah ruangan. Selain membuat nyaman untuk ditinggali, dekorasi juga dapat mempercantik tampilan kamar kost sobat. 

Pada artikel kali ini Vira mau kasih ide dekorasi untuk kamar kost nih. Ide dekorasi yang akan Vira berikan tentunya bersahabat dengan kantong sobat semua.

Eits sebelum Vira kasih ide untuk dekorasi kamar kost, Vira mau kasih tahu dulu tips untuk menata kamar kost dulu nih. Yuk disimak!

 

5 Cara Menata Kamar Kost Yang Sempit

 

1. Pilih Barang-Barang yang Multifungsi dan Portable

Dengan ukuran ruangan yang terbatas, sobat harus pintar dalam memanfaatkan ruang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan peralatan yang multifungsi dan juga portable, contohnya adalah meja lipat atau kursi lipat. Selain bisa dipakai untuk belajar, meja tersebut juga bisa digunakan sebagai meja makan. Karena bisa dilipat, sobat bisa menyimpan meja tadi di kolong lemari atau kolong kasur. Lebih hemat tempat bukan?

 

2. Siasati Tempat Penyimpanan

Sobat bisa menggunakan rak gantung di belakang pintu untuk menyimpan barang, karena beberapa pemilik kostan tidak mengizinkan sobat untuk memasan rak ambalan di dinding. Selain harganya yang terjangkau, kamar pun juga terlihat lebih rapi.

 

3. Pilih Tempat Tidur dengan Ranjang yang Tinggi

Salah satu hal yang membuat kamar kost sobat terasa sumpek dan pengap adalah karena banyaknya furnitur yang memakan tempat, salah satunya adalah ranjang. Untuk menambah ruang tambahan di kamar kost, sobat bisa memilih ranjang yang memiliki ruang di bagian bawahnya agar sobat bisa menyimpan barang-barang yang tercecer di bagian tersebut. Sebelum menaruh barang di bawah ranjang, pastikan sobat menaruh barang-barang tersebut di kotak terlebih dahulu ya.

 

4. Manfaat Barang Bekas Sebagai Kotak Penyimpanan

Kotak penyimpanan adalah hal yang penting untuk kerapihan ruangan, apalagi untuk kamar kost yang ruangnya terbatas. Pasalnya, ruangan yang kecil biasanya lebih rentan untuk berantakan. Namun untuk kontak penyimpanan sobat harus mengeluarkan uang ekstra. Untuk itu sobat bisa menggunakan kotak kardus bekas seperti kotak kardus bekas sepatu, kardus minuman, dan lain-lain. Sobat juga bisa mengkreasikan kotak tersebut agar terlihat lebih cantik.

 

5. Hindari Dekorasi Permanen

Hindari dekorasi permanen seperti mengecat, memaku, dan memasang double tape karena bisa membuat dinding menjadi tidak menarik ketika mau dilepas atau disingkirkan. Jika sobat ingin mendekorasi kamar kost, gunakan alternatif lain seperti stiker dinding atau tali penghias untuk polaroid.

 

Setelah ditata, yuk sekarang langsung kita dekor! Ini dia 8 ide dekorasi untuk buat kamar kost sobat menjadi lebih nyaman:

 

8 Ide Dekorasi Kamar Kost

 

1. Tanaman Hias

Sobat bisa mempercantik kamar kost dengan tanaman hias berukuran kecil seperti tanaman sukulen atau kaktus. Sukulen dan kaktus adalah tanaman yang tidak memerlukan perawatan intensif sehingga sobat dapat dengan mudah merawatnya. Dengan menambahkan tanaman hias seperti ini suasana kamar kost sobat akan terlihat seperti kamar ala Scandinavian yang minimalis.

 

2. Mengganti Tirai

Pada umumnya tirai sudah disediakan, namun pasti tirainya biasa-biasa saja. Dengan mengganti tirai suasana kamar sobat bisa menjadi sangat berbeda loh! Untuk mencerahkan kamar sobat bisa memilih warna-warna lembut. Jika sobat ingin membuat suasana menjadi lebih bersemangat, pilihlah tirai dengan nuansa warna gelap.

 

3. Lampu Hias

Sobat pasti sudah tidak asing dengan dekorasi yang satu ini. Lampu hias seperti ini sering ditemukan di Instagram, Tumblr dan Pinterest. Jika sobat ingin membangun suasana sendu yang cocok untuk bersantai sembari menonton film, dekorasi yang satu ini harus masuk ke dalam list sobat! Untuk lampu hias seperti ini, sobat tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam kok.

 

4. Headboard Unik

Jika sobat ingin mengusung tema minimalis, ruangan bertema minimalis biasanya membutuhkan aksen-aksen unik agar tampilannya tidak terlihat membosankan. Salah satu cara mengupayakan hal tersebut adalah dengan mengaplikasikan headboard dengan bentuk dan pola yang unik sobat.

 

5. Cermin Besar dan Lampu Hias

Sobat bisa mengkombinasikan lampu hias dengan cermin besar untuk menciptakan suasana ceria pada pojok kamar. Selain itu, efek cermin juga akan membuat ruangan yang kecil menjadi terasa lebih lega. 

 

6. Tirai Lampu

Ternyata lampu hias merupakan dekorasi yang sangat serbaguna loh sobat. Sobat bisa menggunakan lampu hias sebagai tirai pada dinding. Dekorasi seperti ini akan memberikan suasana temaram yang cocok dinikmati di penghujung hari setelah capek berkegiatan. Untuk menambah kesan estetik, sobat bisa menambah elemen lain seperti tanaman hias atau cermin besar.

 

7. Kelambu dan Lampu Hias

Kombinasi dekorasi yang bisa sobat coba selanjutnya adalah kombinasi kelambu dan lampu hias. Dengan membentangkan kelambu di sekitar ranjang dan pasangkan lampu hias di sekitarnya, Vira yakin sobat mager kemana-mana karena suasananya yang nyaman banget!

 

8. Pom-Pom Aneka Warna

Sobat juga bisa menambahkan dekorasi lain di sekitar area jendela selain tirai, yaitu pom-pom warna warni. Pom-pom warna warni membuat area di sekitar jendela sobat menjadi lebih ceria. Sobat bisa memilih warna-warna yang lebih mencolok dari warna dinding agar pom-pom tersebut bisa menjadi elemen pop of color yang sangat menarik.

Itu tadi adalah 8 ide dekorasi untuk kamar kost yang bisa sobat aplikasikan. Mudah dan terjangkau kan sobat? Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

 

Komentar

Mau cari artikel apa sob?