Ingin Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang? Yuk Ikuti 8 Tips Berikut!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ingin Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang? Yuk Ikuti 8 Tips Berikut!

Apa jadinya kalau sebuah ruangan tidak memiliki jendela sobat? Pastinya ruangan tersebut akan ter...
Ingin Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang? Yuk Ikuti 8 Tips Berikut! Ingin Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang? Yuk Ikuti 8 Tips Berikut! Apa jadinya kalau sebuah ruangan tidak memiliki jendela sobat? Pastinya ruangan tersebut akan terasa tak nyaman, lembap, dan menimbulkan rasa ngeri. Terkadang, menyalakan lampu saja belum cukup ampuh untuk membuat ruangan tersebut menjadi terang, lebih menarik, dan juga lebih sehat loh sobat. Selain itu, ruangan gelap juga bisa menjadi sumber beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit mata. Sobat tentu tidak mau hal tersebut terjadi pada orang terdekat atau pada tamu yang datang berkunjung kan
Ingin Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang? Yuk Ikuti 8 Tips Berikut!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 14 Februari 2022
Share
2022-02-14

Apa jadinya kalau sebuah ruangan tidak memiliki jendela sobat? Pastinya ruangan tersebut akan terasa tak nyaman, lembap, dan menimbulkan rasa ngeri. Terkadang, menyalakan lampu saja belum cukup ampuh untuk membuat ruangan tersebut menjadi terang, lebih menarik, dan juga lebih sehat loh sobat. Selain itu, ruangan gelap juga bisa menjadi sumber beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit mata. Sobat tentu tidak mau hal tersebut terjadi pada orang terdekat atau pada tamu yang datang berkunjung kan?

 lauraberninteriors.com

“Terus gimana dong Vir? Apa aku bikin jendela aja kali ya?”

Justru kalau sobat milih untuk membuat jendela, malah lebih repot jadinya. Dari pada semakin repot, ikuti tips dari Vira aja yuk! Beberapa cara di antaranya yaitu menempatkan beberapa dekorasi yang menarik dan cara-cara lainnya yang pasti belum pernah terpikir oleh sobat sebelumnya. Penasaran? Langsung aja simak pembahasan Vira di bawah ya!

 

Tips Membuat Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang dan Menarik

 

1. Menempatkan Pintu Kaca

 aca.co.id

Ruangan tanpa jendela umumnya disebabkan karena renovasi di lahan yang kecil, sehingga tidak ada bukaan yang tersisa akibat ruangan menempel pada dinding rumah tetangga atau dinding ruangan lain. Jika membuat jendala dirasa tidak mungkin atau terlalu repot, saran dari Vira, coba deh ganti pintu ruangan sobat dengan material kaca. Sifat kaca yang transparan memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam rumah atau ruangan yang gelap tadi, sehingga ruangan atau rumah akan terlihat lebih terang. Selain itu, ruangan sobat yang gelap tadi juga akan terkesan lebih lapang dan terbuka loh!

 

2. Gunakan Finishing yang Bersifat Reflektif

 alwaysinasouthernstateofmind.blogspot.com

Untuk ruangan lain, pemilihan warna yang tepat saja biasanya sudah cukup untuk membuat sebuah ruangan tampak apik dan terang. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk ruangan tanpa jendela sobat. Menurut Vira sih, sobat bisa menggunakan finishing berbahan satin, semigloss, highgloss, atau yang bersifat shiny atau reflektif. Hal ini bertujuan agar cahaya dapat terpantul ke pelosok ruangan dan menciptakan efek terang. Manfaat lain dari penggunaan finishing yang bersifat reflektif adalah, sobat tidak perlu lagi repot-repot membersihkan dinding saat permukaannya kotor. Pasalnya, finishing yang satu ini membuat permukaan menjadi halus, sehingga sobat bisa langsung membersihkan noda-noda yang menempel menggunakan kain basah.

 

3. Pilih Cat Dinding Berwarna Terang

 rumahlia.com

Sebelum menerapkan cara sebelumnya, pastikan warna dinding di ruangan tersebut tidak terlalu gelap atau terlalu tua ya sobat. Jika sobat menggunakan warna gelap pada dinding ruangan tanpa jendela, ruangan akan terasa lebih sempit, gelap dan sesak. Membuat ruangan tersebut menjadi tidak nyaman. Saran dari Vira, lebih baik sobat menggunakan warna-warna terang atau netral pada ruangan tanpa jendela, seperti warna putih pucat, krem, abu-abu muda, atau warna pastel cerah. Dengan begitu, ruangan tak berjendela tadi akan terlihat lebih luas, terang, dan juga bersih deh!

 

4. Gunakan Perabot Tembus Pandang

 homeinfo.hu

Selain dinding dan pintu, perabot yang sobat gunakan juga perlu loh dipertimbangkan. Jika perabot yang digunakan tepat, ruangan yang asalnya gelap dan lembap pun bisa jadi tampak bersinar dan tentunya menarik mata. Menurut Vira, sobat bisa coba untuk menggunakan perabot tembus pandang. Karena perabotan tembus pandang dapat memantulkan cahaya. Material yang tepat untuk perabot bersifat tembus pandang adalah akrilik atau plastik. Vira jamin deh, ruangan tanpa jendela yang tadinya biasa-biasa saja akan terlihat lebih artistic. Kalau sobat suka akan desain interior yang unik, tips yang satu ini cocok banget buat sobat.

 

5. Memasang Cermin Besar

 idntimes.com

Memang betul, tips yang satu ini sudah cukup sering disebutkan. Tapi jangan salah, tips yang satu ini efektif untuk membuat ruangan tanpa jendela tampak terang dan cantik loh. Tips apa? Ya betul, memasang cermin besar! Memasang sebuah cermin besar pada bagian tengah ruangan dapat membuat ruangan terlihat lebih terang dan juga luas. Pastikan juga spbat memilih frame cermin yang menarik, agar ruangan tampak lebih manis. Saran dari Vira, sobat bisa mencoba frame kayu atau aluminium.

 

6. Gunakan Lampu Gantung Rendah

 rumah.com

Pemilihan lampu untuk ruangan tanpa jendela juga tidak kalah penting loh sobat. Kalau biasanya sobat menggunakan lampu dengan model menempel pada plafon, untuk sekarang coba lampu model gantung seperti chandelier. Dengan menggunakan lampu gantung, cahaya yang tercipta akan menjadi lebih lembut dan memberikan kesan manis pada ruangan. Agar lebih terang, sobat bisa menempatkan dua hingga tiga lampu pada ruangan. Untuk desain lampunya lebih baik sesuaikan dengan tema ruangan, baik itu klasik ataupun modern.

 

7. Gunakan Dekorasi dengan Focal Point

 freshome.com

Umumnya, untuk mendekorasi dan menata ruangan tanpa jendela orang-orang menggunakan konsep less is more. Hal berikut bertujuan agar ruangan tidak tambah gelap dan menyeramkan. Meskipun begitu, sobat bisa loh membuat ruangan tersebut tetap stand out. Saran dari Vira, pilih dekorasi yang memiliki focal point. Hal ini bertujuan agar sobat tidak perlu menggunakan banyak aksen atau aksesori di dalam ruangan. Fokuskan titik penting ruangan pada satu dinding atau sudut, sehingga ruangan tidak terlihat sempit. Sobat bisa menaruh lukisan besar atau perabotan unik agar ruangan memiliki aksen khas dan juga terlihat sedikit lebih terang.

 

8. Menggunakan Skylight

 avso.org

Vira yakin, pasti sobat sudah tidak asing dengan komponen yang satu ini. Ya, skylight. Skylight adalah komponen pembangun rumah yang terbuat dari kaca transparan yang dipasang pada atap. Sobat juga bisa memilih beragam jenis kaca untuk digunakan. Mulai dari kaca es, kaca bening, kaca warna, atau patri. Tips yang satu ini memang terlihat lebih repot karena sobat harus merombak atap terlebih dulu untuk memasang kaca. Tapi, tidak ada yang lebih baik dalam menyinari ruangan selain cahaya alami dari matahari. Tidak hanya terang, ruangan sobat pun juga menjadi lebih hangat dan cozy loh!

Itu dia tips agar ruangan tanpa jendela terlihat lebih terang dan menarik yang bisa Vira rangkum untuk sobat VOIRE. Kira-kira tips yang mana nih yang akan sobat coba? Semoga artikel berikut dapat menjadi referensi untuk sobat dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?