Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah impian milik sendiri. Apalagi di jaman sekarang ini, me...
Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya. Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah impian milik sendiri. Apalagi di jaman sekarang ini, memiliki rumah sendiri rasanya semakin mudah untuk dicapai dengan fasilitas kredit pemilikan rumah atau KPR.
Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 12 Januari 2021
Share
2021-01-12

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah impian milik sendiri. Apalagi di jaman sekarang ini, memiliki rumah sendiri rasanya semakin mudah untuk dicapai dengan fasilitas kredit pemilikan rumah atau KPR.

Dengan bantuan pembiayaan, sobat VOIRE dapat beli rumah yang harganya ratusan juta dengan cicilan ringan pada setiap bulannya. Tapi gimana ya kalau ternyata di tengah jalan proses pembayaran cicilan KPR sobat perlu refinancing KPR tersebut?

Biasanya setelah pengajuan KPR disetujui oleh pihak bank, proses cicilan KPR berjalan sepanjang tenor sesuai akad yang sudah disetujui masing-masing pihak.

Lalu apa yang perlu sobat lakukan jika ternyata sobat VOIRE berubah pikiran di tengah masa cicilan rumah tersebut? Nahh solusi yang akan Vira sarankan pada artikel kali ini adalah dengan take over KPR.

Take over KPR adalah pemindahan atas pinjaman pembiayaan rumah yang sudah berjalan dari satu ke bank baru yang lainnya. Nah take over rumah juga biasa disebut dengan pengalihan kreditur.

Ini dia Syarat Take Vver KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Dengan menggunakan pengalihan kreditur ini maka akan otomatis membuat bunga kredit yang berlaku jadi mengikuti aturan bank yang baru. Dengan kata lain, cara ini memiliki kemungkinan yang bisa menurunkan jumlah cicilan di rumah sobat.

Apakah sobat VOIRE tertarik untuk melakukan take over rumah? Merapat dan simak yuk panduan cara take over KPR ini!

Keuntungan Take Over Kredit Rumah atau Pengalihan Kreditur

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, take over KPR adalah solusi jika sobat VOIRE merasa perlu mengganti jenis atau program KPR yang sobat ambil dan  sedang berjalan.

Kira-kira apa saja ya keuntungan dari proses memindahkan KPR sobat dari bank satu ke bank yang lainnya? Dan sebenarnya cara ini bisa dilakukan dengan keadaan yang seperti apa ya?

Berikut ini Vira jelaskan beberapa keuntungan yang ditawarkan dari fasilitas take over KPR:

  • Dengan melakukan pengalihan kreditur, sobat bisa mengubah bunga KPR floating menjadi fixed lagi. Dan ini berarti, sobat dapat lebih menghemat biaya dalam jangka panjang dengan melakukan perencanaan keuangan yang lebih jelas dan tidak mengikuti suku bunga floating.
  • Pada awal pengambilan KPR, biasanya terdapat masa tenor yang ditentukan. Sobat bisa memperpanjang jangka waktu cicilan atau tenor program KPR sehingga cicilan perbulan yang semakin ringan.
  • Sobat dapat mengubah jenis KPR dari konvensional menjadi KPR syariah atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan jika take over kredit rumah
  • Dengan melakukan take over, sobat VOIRE bisa mengambil pinjaman tambahan dengan jumlah yang cukup besar yaitu 80% dari harga rumah saat ini.

Gimana nih sob? Take over rumah menjadi lebih menarik, bukan?

Dengan banyak keuntungan, cara take over kredit rumah juga terbilang sederhana dan tidak terlalu jauh berbeda dengan awal mengambil KPR. Selanjutnya juga akan dijelaskan bagaimana proses dan cara take over KPR yang benar dan aman untuk sobat.

Syarat dan Cara Take Over KPR

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Dalam pembelian rumah secara KPR, sobat juga mungkin bisa mempertimbangkan opsi membeli sebuah rumah KPR yang di take over oleh pemiliknya.

Untuk memperjelas, take over KPR adalah tindakan pengalihan kepemilikan sebuah rumah dari seseorang kepada orang lain atau pihak lain (bank) yang dilakukan dengan sebuah perjanjian resmi dan sah berdasarkan hukum serta ketentuan yang berlaku.

Take over bisa saja dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain seperti mendapatkan sejumlah bunga yang lebih ringan seperti yang sudah Vira jelaskan sebelumnya, membeli sebuah rumah yang lebih besar dan sesuai dengan kebutuhan, kebutuhan keuangan yang begitu mendesak serta alasan lainnya.

Proses take over KPR tentu harus dilakukan dengan sebuah surat perjanjian, sehingga kedua belah pihak yang terlibat di dalamnya tidak akan mengalami kerugian, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa macam take over KPR yang biasa terjadi seperti di bawah ini:

Take Over Antar Bank

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Take over antar bank biasanya akan dilakukan oleh beberapa sobat yang menginginkan sejumlah bunga KPR yang lebih ringan dari yang dimiliki saat ini. Hal ini pada umumnya dilakukan karena adanya penawaran yang jauh lebih baik dan menguntungkan dari bank lain.

Syarat take over KPR antar Bank

Pada dasarnya persayaratan yang dibutuhkan akan serupa dengan persyaratan yang dipersiapkan ketika mengajukan KPR sebelumnya.

Selain itu Bank akan meminta kelengkapan identitas diri seperti KTP dan Kartu Keluarga dan juga bukti penghasilan tetap pada setiap bulannya. Tambahannya adalah meminta sertifikat rumah yang akan di take over tersebut.

Take over hanya akan bisa dijalankan jika sobat memang telah memiliki sertifikat rumah tersebut karena hal ini akan dijadikan jaminan atas kredit yang sobat VOIRE ajukan.

Maka proses take over hanya bisa dilakukan jika setidaknya sobat VOIRE sudah memiliki masa cicilan selama satu tahun, dimana setelah masa tersebut biasanya sertifikat rumah telah terbit dan dipegang oleh pihak bank.

Jika ternyata sertifikat telah dipegang oleh pihak bank pertama yang sobat gunakan, maka proses take over akan berjalan dengan lebih mudah dan juga lebih cepat.

Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, maka bank akan melakukan proses take over tersebut. Dalam hal ini bank akan melakukan analisa kredit dan juga proses appraisal atau perhitungan ulang terhadap nilai rumah yang akan di take over tersebut.

Jual rumah secara take over

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Take over ini bisa sobat jadikan sebagai pilihan ketika sobat memiliki keinginan untuk membeli sebuah rumah baru dengan menggunakan KPR dan melakukan take over terhadap KPR seseorang yang belum lunas.

Hal ini akan melibatkan 3 pihak yang berkepentingan, yaitu sobat sebagai pemohon take over, penjual rumah yang akan sobat beli rumahnya dan juga pihak bank selaku penyedia dana.

Syarat jual rumah secara take over

Dalam proses pengajuan take over ini, sobat diwajibkan untuk memenuhi persyaratan pengajuan KPR yang pertama. Sobat juga akan diminta melengkapi identitas diri dan juga keterangan mengenai penghasilan tetap yang sobat dapatkan pada setiap bulannya.

Sobat juga wajib datang ke bank bersama dengan penjual rumah yang akan sobat beli sebagai pengajuan KPR dengan cara take over tersebut.

Dan apabila semua syarat sudah dipenuhi, selanjutnya bank akan melakukan analisa terhadap pengajuan kredit tersebut, dan jika hal ini disetujui, maka pihak bank akan mengeluarkan Akta Jual Beli (AJB) dan juga SKMHT.

Sebelum meneruskan KPR tersebut, maka sobat diwajibkan unutk membayar sejumlah biaya take over yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu sobat akan melakukan transaksi kredit dengan menggunakan nama sobat sendiri.

Take Over KPR Bawah Tangan

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Take over di bawah tangan merupakan sebuah proses pengalihan kepemilikan rumah yang dilakukan hanya antara pihak pembeli dan juga penjual saja. Take Over ini berlangsung tanpa adanya keterlibatan pihak bank selaku pemberi dana KPR itu sendiri.

Hal ini sangat tidak dianjurkan, terutama jika sobat bertindak sebagai pihak yang akan membeli rumah tersebut (melakukan pembelian take over). Sebenarnya tindakan take over satu ini sangat berisiko bagi sobat.

Karena pada kenyataannya pihak bank tidak akan menyerahkan sertifikat kepemilikan rumah kepada seseorang yang namanya tidak tertera pada sertifikat tersebut. Sehingga sobat akan berpotensi mengalami masalah dan kerugian.

Pada take over di bawah tangan, biasanya pembeli hanya akan melakukan perjanjian perpindahan kredit di depan notaris, melunasi biaya take over tersebut dan melanjutkan pembayaran cicilan KPR yang di take over.

Masalah sangat mungkin terjadi ketika sobat telah melunasi seluruh cicilan KPR tersebut, sebab besar kemungkinan sobat akan mengalami kesulitan ketika mengambil sertifikat kepemilikan rumah kepada pihak bank penyedia KPR.

Biaya dari take over KPR

Ini dia Syarat Take Over KPR dan Apa Saja Keuntungannya.

 source: freepik

Lalu, bagaimana dengan biaya take over KPR? Karena sobat tentu harus melunasi total pinjaman dari waktu tenor yang telah disepakati di awal, maka biasanya pihak bank akan memberikan denda.

Besaran denda tergantung perjanjian dari masing-masing bank. Namun, biayanya biasanya dihitung berdasarkan persentase dari sisa pokok pinjaman.

Coba hitung dengan melakukan simulasi yuk sob! Misalnya bank menetapkan bunga sebesar 2% dari sisa pokok pinjaman, bila sobat melunasinya dengan cepat, maka jumlah denda tersebut berpengaruh terhadap sisa pokok pinjaman sobat.

Bagi sobat yang masa kreditnya baru berjalan hitungan tahun, biasanya sisa pokok pinjaman terbilang masih cukup besar. Sehingga jika sobat melakukan take over kredit, maka denda yang harus dibayarkan terbilang cukup besar.

Karena biasanya di awal masa kredit rumah, pembauaran cicilan lebih besar dipergunakan membayar bunga. Selain itu sobat juga harus mempersiapkan biaya pengurusan take over kredit rumah.

Seperti biaya appraisal jaminan, notaris, legal dan sura-surat yang lainnya karena sama seperti pinjaman baru. Itu di acara rake over KPR yang bisa soabt VOIRE pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?