Ini Dia Tips Merawat Gorden Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ini Dia Tips Merawat Gorden Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman

Sobat, gorden merupakan salah satu elemen penting untuk dekorasi rumah. Selain untuk menutup jend...
Ini Dia Tips Merawat Gorden Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman Ini Dia Tips Merawat Gorden Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman Sobat, gorden merupakan salah satu elemen penting untuk dekorasi rumah. Selain untuk menutup jendela, keberadaan gorden sendiri juga dapat sobat manfaatkan untuk mempercantik tampilan hunian sobat. Tapi untuk yang satu ini Vira yakin deh banyak sobat yang tidak melakukannya atau bahkan melewatkannya. Ya betul, merawat gorden! Perlu sobat tahu, gorden juga tetap harus dirawat loh. Hal ini bertujuan agar gorden tetap awet dan warnanya tidak pudar.
Ini Dia Tips Merawat Gorden Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 24 November 2021
Share
2021-11-24

Sobat, gorden merupakan salah satu elemen penting untuk dekorasi rumah. Selain untuk menutup jendela, keberadaan gorden sendiri juga dapat sobat manfaatkan untuk mempercantik tampilan hunian sobat. Tapi untuk yang satu ini Vira yakin deh banyak sobat yang tidak melakukannya atau bahkan melewatkannya. Ya betul, merawat gorden! Perlu sobat tahu, gorden juga tetap harus dirawat loh. Hal ini bertujuan agar gorden tetap awet dan warnanya tidak pudar.

 pinterest.com

Salah satu cara untuk merawat gorden adalah dengan mencucinya setiap 3-6 bulan sekali sobat. Meskipun hanya menggantung di jendela atau pintu, lama-lama gorden akan dipenuhi oleh debu-debu dari luar juga bakteri yang akan membuat gorden menjadi kotor.  Gorden yang kotor pastinya tidak baik untuk kesehatan keluarga, apalagi untuk pernapasan. Sobat pasti tidak mau kan?

Tenang, Vira punya tips merawat gorden untuk sobat. Apa saja? Yuk langsung simak penjelasan Vira!

 

Kenali Bahannya

 istockphoto.com

Tentunya sobat harus mengetahui dulu terbuat dari bahan apa gorden yang digunakan pada hunian sobat. Karena tidak semua jenis bahan gorden bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Seperti kain beludru, kain beludru memerlukan perawat ekstra agar tetap awet. Jika sobat menggunakan gorden dari kain beludru hindari memeras gorden dengan cara dipelintir. Karena dapat membuat bulu-bulunya menjadi mudah rontok. Untuk sobat yang menggunakan gorden dari bahan chenille, sebaiknya dicuci dengan metode dry cleaning. Jika dicuci dengan cara biasa, dapat membuat ukuran gorden menjadi menyusut atau menciut.

Tapi, jika sobat menggunakan gorden dari kain yang bersifat ringan seperti katun, polyester atau satin, sobat bisa langsung mencucinya menggunakan mesin. Karenanya selalu perhatikan jenis bahan gorden yang sobat gunakan di rumah ya. Karena kalau sampai sobat salah dalam cara membersihkannya, tentunya akan membuat gorden sobat menjadi cepat rusak.

 

Perhatikan Cara Menjemur

 depositphotos.com

Setelah sobat mencuci gordennya, gorden tersebut bisa langsung sobat jemur dengan cara menggantungnya di tali jemuran atau sejenisnya. Namun sebaiknya sobat menghindari untuk menjemur gorden di bawah sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan agar warna pada gorden sobat tidak memudar dan tahan lama. Sedangkan untuk poni gorden Vira sarankan sobat untuk menjemurnya dengan posisi yang serupa ya, yaitu posisi saat poni gorden terpasang pada jendela atau pintu rumah sobat. Hal ini bertujuan agar poni gorden tidak berubah bentuk.

 

Setrika Gorden Agar Bentuknya Kembali

 google.com

Sama seperti pakaian atau bahan kain lainnya, gorden juga perlu disetrika setelah kering. Saat menyetrika gorden, sobat perlu perhatikan temperatur panas dari setrika. Suhu yang disarankan adalah tidak terlalu panas dan sesuai dengan bahan gorden. Sehingga gorden tidak menjadi rusak. Selain itu, perhatikan juga lipatan gordennya ya sobat. Setrika gorden perlahan-lahan mengikuti bentuk atau jalur lipatannya. Mulai dari bawah ke atas, agar bentuk lipatan gorden tetap sama dan rapi.

 

Cuci Vitrase

 pinterest.com

Eits, masa hanya gordennya saja yang dicuci? Vitrase juga perlu dicuci loh sobat! Apalagi vitrase yang berwarna putih, tentu akan lebih cepat terlihat kotor. Maka dari itu, vitrase juga perlu dicuci secara rutin nih sobat. Tujuannya agar warna putih pada vitrase tidak berubah menjadi kuning atau bahkan kecoklatan. Jika sobat menggunakan vitrase dengan pola renda atau border, alangkah lebih baik untuk mencucinya secara manual, yaitu mencucinya dengan menggunakan tangan. Hindari untuk menggunakan sikat dan mesin cuci ya sobat, karena sikat dan mesin cuci dapat merukan serabut renda pada vitrase.

 

Bersihkan Peranti Logam Pada Gorden

 pinterest.com

Pastikan sobat sudah melepas semua peranti logam pada gorden, yaitu kawat, smock ring, atau besi. Hal ini bertujuan untuk menghindari karat yang nantinya bisa merusak gorden. Untuk peranti logamnya sendiri juga tetap bisa sobat bersihkan kok. Sobat bisa membersihkan peranti logam tersebut dengan menggunakan lap kering untuk membersihkannya dari debu-debu yang menempel.

 

Bersihkan Gorden Secara Berkala

 google.com

Seperti yang sudah Vira sebutkan sebelumnya, sobat tidak harus mencuci gorden-gorden di rumah sobat setiap minggu. Sobat hanya perlu mencuci gorden setiap 3-6 bulan sekali. Jika terdapat sedikit debu yang menempel, sobat bisa membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner setidaknya setiap seminggu sekali.

 

Bahayanya Gorden Yang Tidak Terawat

Jika gorden tidak dirawat dan dibersihkan, maka gorden tersebut akan menjadi kotor penuh dengan debu yang nantinya akan menjadi sarang bakteri sobat. Tentunya hal ini nantinya akan menimbulkan banyak masalah untuk sobat atau keluarga di kemudian hari. Apa saja sih dampak berbahaya dari gorden yang tidak terawatt? Yuk langsung simak penjelasan Vira di bawah ini!

 

Tercemarnya Udara Di Dalam Rumah

 weheartit.com

Sebuah gorden yang sudah dibiarkan terlalu lama tentunya akan sangat kotor, sehingga akan membuat bakteri berkumpul. Bakteri yang mudah berterbangan ini tak jarang akan menimbulkan bau tak sedap yang nantinya akan membuat seisi rumah juga menjadi bau dan kotor. Hal ini akan menjadi bahaya untuk orang-orang yang tinggal di dalam rumah tersebut dan mengakibatkan penyakit. Salah satunya adalah penyakit pernapasan. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka diperlukan perawatan gorden yang baik dan benar sobat. Jika sobat tidak melakukan perawatan gorden dengan benar, seperti salah dalam cara mencuci, dapat membuat gorden tampak tak terawat. Selain itu juga dapat menimbulkan bau tak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan sobat serta keluarga yang tinggal.

 

Abnormalnya Penyebaran Bakteri

 google.com

Tahu tidak sobat, jika gorden tidak dirawat dengan tepat nantinya gorden tersebut akan menjadi jauh lebih mudah dihinggapi bakteri. Perlu sobat tahu kalau bakteri dapat berkembang biak dengan bantuan sinar matahari dan sirkulasi udara yang buruk. Hal ini juga lah yang membuat gorden menjadi salah satu perantara bakteri serta penyakit.

Bakteri-bakteri inilah yang nantinya akan membuat rumah sobat menjadi tidak sehat. Secara tidak langsung bakteri-bakteri ini akan membuat siapapun menjadi lebih rentan terkena beragam penyakit. Pencucian dan perawatan yang kurang tepat pada gorden juga akan membuatnya menjadi lebih mudah menyerap bakteri, dan bakteri juga akan jauh lebih susah menghilang. Maka dari itu ada beberapa hal yang memang sudah semestinya harus diperhatikan dengan baik.

Itu dia tips merawat gorden agar lebih awet yang bisa Vira rangkum untuk sobat. Pastikan untuk merawat gorden hunian sobat secara rutin. Selain agar rumah tetap cantik nan estetik, juga agar rumah tetap bersih dan sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?