Inspirasi 5 Desain Pintu Rumah Beserta Fungsinnya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Inspirasi 5 Desain Pintu Rumah Beserta Fungsinnya

Saat ini, rumah minimalis sangat digemari banyak orang bahkan sudah menjadi sebuah tren. Selain d...
Inspirasi 5 Desain Pintu Rumah Beserta Fungsinnya Inspirasi 5 Desain Pintu Rumah Beserta Fungsinnya Saat ini, rumah minimalis sangat digemari banyak orang bahkan sudah menjadi sebuah tren. Selain desainnya yang ngga lekang oleh waktu, bentuknya yang simple namun elegan nyatanya punya daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Apalagi identik dengan furniture yang sedikit tapi berkualitas membuat desain rumah minimalis juga jadi pilihan untuk berhemat. Namun kadang karena terpaku pada bentuk dan warna yang itu-itu saja, pemilik rumah seringkali merasa bingung menentukan dekorasi furnitur yang tepat dan modern tetapi juga gak menghilangkan ciri khasnya, terutama dalam pemilihan desain pintu rumah. Nah, maka dari itu adala tips yang akan menjadi referensi Sobat yaitu desain pintu rumah minimalis dan multifungsi yang cocok dengan segala tema yang pastinya modern banget. Yuuk kita simak ulasan dibawah ini.
Inspirasi 5 Desain Pintu Rumah Beserta Fungsinnya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 13 Januari 2023
Share
2023-01-13

Saat ini, rumah minimalis sangat digemari banyak orang bahkan sudah menjadi sebuah tren. Selain desainnya yang ngga lekang oleh waktu, bentuknya yang simple namun elegan nyatanya punya daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Apalagi identik dengan furniture yang sedikit tapi berkualitas membuat desain rumah minimalis juga jadi pilihan untuk berhemat.

Namun kadang karena terpaku pada bentuk dan warna yang itu-itu saja, pemilik rumah seringkali merasa bingung menentukan dekorasi furnitur yang tepat dan modern tetapi juga gak menghilangkan ciri khasnya, terutama dalam pemilihan desain pintu rumah.

Nah, maka dari itu adala tips yang akan menjadi referensi Sobat yaitu desain pintu rumah minimalis dan multifungsi yang cocok dengan segala tema yang pastinya modern banget. Yuuk kita simak ulasan dibawah ini.

1. Desain Pintu Rumah Bypass (Pintu Geser)

pinterset.com

Disebut juga pintu bypass, pintu geser seringkali jadi pilihan banyak orang sebagai pelengkap furnitur rumah. Tanpa harus berayun kedepan dan kebelakang seperti pada umunya.

Pintu baypass tidak makan tempat karena membukanya dengan cara di geser ke kanan dan kiri. Biasanya model pintu geser  ini akan disertai dengan bingkai dudukan ataupun dipasang menggunakan sistem gantung untuk mempermudah menggeser pintu secara leluasa.

Pintu geser ini banyak bentuknya dan mempunyai banyak ukuran, yang bisa dijadikan pilihan untuk pintu geser biasanya digunakan untuk kamar mandi atau kamar tidur.

2. Desain Pintu Rumah Minimalis Bentuk lipat atau Bifold

pinterest.com

Selain modelnya yang modern, pintu jenis lipat atau bifold bisa digunakan untuk segala temoat di rumah umunya ada berbagai jenis pintu lipat, seperti model pintu lipat 2,3,4 yang cocok sebagai pembatas antara rumah dengan taman.

Pemilihan pintu dengan kaca juga memberikan kesan luas dan terang karena cahaya matahari bisa masuk secara langsung ke dalam rumah serta menciptakan kondisi dimana ruangan seolah-olah langsung terhubung dengan pekarangan.

3. Desain Pintu Rumah 2 Pintu (pocker door)

pinterest.com

Hampir sama dengan model pintu geser, namun perbedaanya setelah di geser pintu akan masuk ke dalam dindin dan terlihat bersembunyi konsep ini sangat efisien untuk rumah yang gak terlalu luas. Perlu Sobat tahu kalau pintu pocker door ini memiliki trek rolling di dalam dinding yang pastinya menghemat tempat.

Cara membukanya juga mudah, hanya perlu diaplikasikan pada kamar tidur atau pintu sambung antara dapur dengan ruang makan.

4. Model Pintu Minimalis Elegan

pinterest.com

Desain pintu rumah yang satu ini sebernarnya sangat cocok untuk ruangan yang luas dan terkesan masih lapang. Karena untuk membuka pintu ini sendiri dibutuhkan ruang gerak makasimal 180-360 derajat perputaram.

Berbeda dengan pintu engsel yang ditahan pada bagian samping, pintu pivot terbuka pada engsel yang ditahan di bagian tengah sisi atau dan bawahnya. Saat diteken, pintu ini akan terbuka di keuda sisi persis kaya pintu di mall.

5. Desain Rumah 1 Pintu Engsel

pinterest.com

Biasanta pintu engsel sering digunakan untuk pemasangan di kamar atau dapur yang menggunakan konsep ayun untuk tutup-buka. Pintu engsel adalah pintu kamar yang paling umum kita jumpai dengan berbagai material yang melapisi pintu seperti kayu, kaca, viny ataupun papan.

Untuk membuat rumah terkesan minimalis, Sobat bisa menggunakan motif polos

France  door atau pintu bergaya perancis merupakan salah satu pilihan gaya pintu yang bisa menambah estetika hunian sobat.

Pintu bergaya Perancis merupakan gaya pintu yang memiliki dua bagian dan memiliki poros pada engsel yang dipasang di sisi berlawanan dari bingkai pintu. Untuk membuka dan menutup pintu, kuncinya berada di tengah.

Setiap bagian pintu memiliki panel kaca pada seluruh bagian tempat pint. Ketika kedua daun pintu berayun terbuka, seluruh pintu adalah ruang terbuka, tanpa adanya tiang tengah.

Model pintu ini cocok dengan desain rumah yang beragam mulai dari rumah modern minimalis hingga tradisional.

Ternyata, selain memberi nilai tambahan dari segi estetika, pintu bergaya perancis ini juga memiliki deretan manfaat yang tak terduga, yakni:

Aman

Banyak orang beranggapan, memasang  pintu bergaya perancis tidaklah aman. Padahal, pintu ini justru memiliki kunci keamanan bawaan sehingga tidak mudah dibuka dari luar.

Bahkan pintu jenis ini bisa dengan mudah dipasangkan alat tambahan keamanan.

Cahaya

Pintu bergaya peancis ini memiliki fungsi sebuah jendela sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam rumah.

Ketika cuaca sedang cerah, sobat cukup membuka pintu untuk memungkinkan udara segar dari luar mengalir ke dalam rumah.

Nilai Tambah

Ketika sobat memiliki pintu perancis di hunian Sobat, maka ini bisa meningkatkan nilai jual rumah.

Pintu jenis ini bisa menjadi daya tarik untuk para pembeli yang ingin banyak ruang terbuka dalam hunian.

Kurang biaya Listrik

Pemasangan satu set pintu bergaya perancis sangat efektif untuk mengurangi biaya listrik untuk penggunaan pendinginan ruangan.

Karena itu, ketika hendak memasang pintu prancis, pastikan sobat mengatur lalu lintas keluar dan masuk ruangan karena desain pintu ini bisa memaksimalkan retensi udara.

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?