Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

Sobat VOIRE pengen gak sih diem dirumah tapi rasanya kaya liburan? Semenjak Pandemi seperti ini c...
Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan” Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan” Sobat VOIRE pengen gak sih diem dirumah tapi rasanya kaya liburan? Semenjak Pandemi seperti ini cukup riskan untuk pergi berlibur dan sesuai anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan. Tapi bosen dan jenuh nih dirumah terus, bingung harus gimana? Tenang Vira punya solusinya.
Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 01 April 2021
Share
2021-04-01

Sobat VOIRE pengen gak sih diem dirumah tapi rasanya kaya liburan?

Semenjak Pandemi seperti ini cukup riskan untuk pergi berlibur dan sesuai anjuran pemerintah untuk mengikuti protocol kesehatan. Tapi bosen dan jenuh nih dirumah terus, bingung harus gimana? Tenang Vira punya solusinya.

Ada 2 gaya interior yang Vira mau kenalin ke sobat, yaitu gaya coastal untuk sobat yang suka mantai dan tropical untuk sobat yang suka muncak. Apa sih gaya coastal dan tropical itu?  Apa aja sih yang harus diperhatikan untuk mengaplikasikan gaya coastal dan tropical dirumah sobat?

 

Coastal Style

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Gaya coastal atau banyak juga yang menyebutnya beach house adalah konsep gaya yang mengaplikasikan suasana pantai dan laut pada ruangan, gaya coastal ini dapat mengingatkan kita kepada pemandangan tepi pantai yang dapat membangkitkan semangat.

Kehidupan pesisir biasanya identik dengan kenyamanan dan santai. Nah, interior dalam gaya ini ingin mencermikan suasana tersebut. Interior  ruangannya didesain dengan sederhana dan santai, dan juga dilengkapi dengan material dan furniture yang sederhana.

 

Warna

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Kalau sobat VOIRE mau mengaplikasikan gaya coastal ini ada hal-hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan warna. Gaya coastal biasanya menggunakan warna-warna bernuansa pantai seperti biru, putih atau coklat.

 

Ruangan Terbuka

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Selain warna untuk desain interior gaya coastal ini juga dibutuhkan ruangan yang lebih terang dan terbuka.  Oleh karena itu rumah sobat harus dilengkapi dengan jendela-jendela besar supaya angin dan sinar matahari bisa masuk secara maksimal.

Tidak hanya jendela-jendela besar yang menjadi ciri khas tetapi pintu dengan bukaan yang besar juga memiliki fungsi yang tak kalah penting. Pintu yang bisa dibuka secara maksimal akan mengaburkan batas antara interior dan eksterior rumah.

Selain  menambah keindahan ruangan yang terbuka dan terkena sinar matahari akan bebas lembap dan lebih sehat untuk keluarga sobat. Akan tetapi jika rumah sobat tidak memiliki banyak akses untuk cahaya natural atau ruangan terbuka Vira punya tipsnya nih!

Yaitu dengan menambahka elemen lampu untuk menambah cahaya dalam rumah dan menambahkan cermin yang dipasang berlawanan dengan jendela untuk menambahkan kesan ruangan yang lebih luas dan terbuka.

 

Tidak Menggunakan Furniture Glossy

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Ada lagi nih yang jadi ciri khas interior coastal, yaitu gaya coastal tidak pernah memakai furniture yang glossy atau berkilau karena barang-barang yang glossy akan memantulkan sinar matahari secara berlebihan sehingga interior rumah sobat akan terasa silau.

Sebagai gantinya, anda bisa memilih furniture dan perabot dengan material alami seperti kayu, kulit atau kain yang lebih cocok dengan nuansa pantai. Pilihlah model model perabot yang sesuai dengan tema pantai rumah sobat.

 

Dekorasi

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Sobat menambahkan panjangan yang bernuansa laut. Sobat bisa meletakkan lukisan bertema laut. Pajangan kapal-kapalan, ornament yang terbuat dari kerang-kerangan, dan benda-benda menarik lainnya.

Tetapi ingat ya sobat jangan terlalu berlebihan, pilihlah ornament atau pajangan seperlunya saja karena gaya coastal ini merupakan gaya interior yang berkonsep sederhana dan santai.

 

Balkon

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Satu lagi yang dapat memperkuat gaya coastal di rumah sobat. Yaitu dengan membuat balkon yang terbuka, balkon terbuka yang ukurannya cukup besar juga dapat difungsikan sebagai tempat bersantai keluarga loh. Jadi kaya dipantai banget kan?

Gimana sobat VOIRE? Mau coba mengaplikasikan interior coastal style dirumah sobat?

Gaya coastal udah kita bahas nih, sekarang Vira mau jelasin tentang interior tropical style

 

Tropical Style

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Gaya  desain interior tropis ini sering dijumpai di Indonesia. Karena Indonesia berada di iklim tropis maka desain gaya tropis sangatlah pas. Selain itu desain yang satu ini akan memberikan kenyamanan serta ketenangan untuk kalian sobat

Warna

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Kalau sobat VOIRE mau mengaplikasikan gaya tropical ini ada hal-hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan warna. Gaya tropical biasanya menggunakan warna-warna bernuansa alami seperti hijau, putih, krem, coklat, dan biru.

 

Ruangan Terbuka

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Sama dengan interior gaya coastal, interior gaya tropical juga butuh ruangan dengan cahaya yang lebih banyak. Seperti tanaman yang memerlukan cahaya untuk tumbuh, hal yang sama bisa sobat terapkan kedalam rumah.

Tapi meskipun tidak ada jendela yang siap menjadi celah bagi masuknya cahaya matahari atau ruangannya tidak memungkinkan untuk memiliki banyak jendela, sobat bisa menggantinya dengan menabahkan cermin besar untuk memberikan kesan lebih terang ke dalam ruangan.

Pemilihan Material

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Ada juga yang tidak kalah penting selain warna untuk mendukung interior gaya tropical sobat bisa memberikan material yang memiliki kesan natural. Misalnya batu alam disebagian dinding, atau pengunaan material kayu sebagai elemen interior. Bahan bambu atau rotan bisa dijadikan alternatif dalam desain gaya tropical.

Selain menimbulkan kesan natural, dengan menggunakan material-material itu akan menambah suasana hangat dan teduh di dalam rumah. Saat ini sudah banyak variasi furniture dengan bahan bambu atau rotan. Jadi sobat gak usah pusing mencari furniture sesuai kebutuhan sobat.

Menambahkan Tanaman

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menambahkan tanaman dalam rumah sobat agar dapat memberikan nuansa keasrian dalam rumah. Ruangan juga akan menjadi lebih fresh dengan adanya warna hijau daun yang diciptakan.

Tetapi jika sobat tidak memilki banyak waktu untuk mengurus tanaman di dalam rumah atau jika ruangan di dalam rumah sobat tidak memungkinkan untuk tanaman alami, sobat VOIRE bisa menggantikan tanamannya dengan bunga-bunga plastik atau tanaman-tanaman plastik lainnya.

 

Menambahkan Akuarium

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

 source: pinterest

Ada juga nih elemen tambahan yang bisa ditambahkan untuk desain gaya tropical, yaitu menambahkan akuarium dalam rumah sobat. Dengan adanya akurium yang memilki suara gemercik air akan memberi nuansa damai di rumah sobat VOIRE.

Selain akuarium sobat juga bisa menambahkan elemen air terjun di taman atau halaman rumah, agar lebih mudah perawatannya tetapi masih bisa mengeluarkan suara gemercik air yang menenangkan.

Dekorasi

Inspirasi Gaya Interior “Di Rumah Jadi Serasa Liburan”

source: pinterest

Dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah dengan menambahkan dekorasi untuk memperkuat estetika yang ada dalam ruangan. Sobat bisa mendekorasi dengan berbagai elemen dekorasi seperi lukisan pegunungan atau pohon-pohon. Karena suasana tropis bisa dihadirkan dengan elemen dekorasi motif daun atau bunga.

Tapi sobat VOIRE jangan lupa ya untuk memperhatikan setiap detail tekstur dari ruangan, sobat bisa juga menambahkan teksur seperti karpet atau lantai kayu, karena akan dapat memberikan suasana ruang yang lebih hangat dan nyaman.

Vira udah bahas interior gaya coastal dan tropical, Gimana nih sobat VOIRE? Berminat untuk mengaplikasikannya pada rumah sobat? buat yang suka mantai atau muncak bisa nih diaplikasikan di rumah sobat untuk mengobati kerinduan kalian. Seharian dirumah pun rasanya jadi kaya liburan.

Sebelum sobat memilih, jangan lupa ya! Pastikan desain tersebut disukai oleh seluruh anggota keluarga. Agar kesan hangat yang ada akan semakin terasa, selain itu penting juga memperhatikan soal dekorasi hunian dengan luasan hunian. Jangan sampai dengan banyaknya dekorasi hunian akan menjadi sumpek.

 

 

Baca juga artikel menarik lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?