Inspirasi Karpet yang Sedang Populer Pada Saat ini seta Manfaatnya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Inspirasi Karpet yang Sedang Populer Pada Saat ini seta Manfaatnya

Desain Interior ruangan tidak serta merta hanya aksesoris pernak-pernik stsu furniture ruangan sa...
Inspirasi Karpet yang Sedang Populer Pada Saat ini seta Manfaatnya Inspirasi Karpet yang Sedang Populer Pada Saat ini seta Manfaatnya Desain Interior ruangan tidak serta merta hanya aksesoris pernak-pernik stsu furniture ruangan saja. Jika Sobat berfokus pada area permukaan lantai, maka cobalah dengan memilih karpet sebagai salah satu andalan solusinya. Keseimbangan antara ruang positif dan ruang negatif dalam desain interior perlu untuk pertimbangkan, agar nantinya dapat meningkatkan nilai keestetikaan ruangan dan juga memberikan kesan confort and warm yang berbeda. Karpet memiliki beberapa kelebihan, diantaranya mempunyai harga yang lebih terjangkau dan beraneka ragam jenis. Mulai dari jenis bahan, panjang benang, ukura, warna, fan motif. Berikut ini adalah jenis karpet lantai, Yuuk simak ulasan dibawah ini!
Inspirasi Karpet yang Sedang Populer Pada Saat ini seta Manfaatnya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 18 Januari 2023
Share
2023-01-18

1. Karpet Kulit

pinterest.com

Karpet ini memiliki keunggulan walupun memiliki desain yang polos, yakni tanpa pola jenis yang satu ini memang tidak usah diragukan lagi. Mengapa? Selain kualitas yang baik dan juga memiliki teksturnya yang lembut. Karena inilah karpet kulit sering digunakan terlebih dapat mengubah kesan ruangan menjadi mewah dan elegan.

2. Karpet wol

pinterest.com

Jika diurutkan mungkin karpet adalah jenis yang paling mahal selain dari karpet kulit. Karpet dari bahan wol ini juga sangat populer karena memiliki banyak sekali kelebihan. Diantaranya karena berbahan dasar wol maka dari itu  mempunyai daya serat alami yang baik, mudah dibersihkan, tahan lama, serta memiliki ketebalan yang sangat baik. Tekstur permukaan karpet wol akan terasa membal dan tidak kempes pada saat dipijak, tentunya hal ini akan membuat nyaman bagi si pemiliknya.

3. Karpet Bulu

pinterest.com

Memiliki tekstur lembut, tebal, serta mampu menghadirkan nuansa hangat di runagan. Tidak heran jika karpet bulu ini menjadi incaran beberapa orang. Jenis ini cocok dipadukan dengan hunian rumah yang bergaya minimalis modern, karena tidak perlu memiliki banyak furniture di dalamnya. Saat menginjakkan kaki di kaapet ini, Sobat akan merasa hangat dan lembut. Keisitimewaan lainnya adalah karpet jenis ini tidak menimbulkan bau yang tidak sedap meski sering diinjak oleh banyak orang.

4. Karpet Sutra

pinterest.com

Jika menyebutkan sutra, pastinya Sobat vector akan berpikir teksturnya yang licin dan indah di pandang. Yahh, tentunya semua itu dapat dinikmati dengan jumlah uang yang tidak sedikit. Sesuai dengan namanya karpet sutra ini bisa di aplikasikan pada lantai jenis apapun. Terlebih dengan harganya yang mahal dan kualitasnya yang baik, para pemiliknya tidak akan rugi untuk mendapatkan semua keiindahannya yang ada.

5. Kapret Lantai Permadani

pinterest.com

Untuk sebagian orang karpet permadani adalah dekorasi yang bisa memberikan kesan mewah dan megah pada rumah, terutama karpet permadani dari Turki. Karena tampilan itulah yang mengira harganya sangat mahal dan sulit untuk di beli oleh orang-orang menengah kebawah. Nyatanya itu semua tidaklah benar,saat ini sudah banyak yang beredar di pasaran dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Tergantung dari sego ukuran dan motif pada harga yang ditawarkan, tetapi jika menginginkan karpet permadani turki maka Sobat harus siap mengeluarkan budget yang lebih.

Lantai yang dibiarkan polos tanpa lapisan dan hiasan apapun bisa menghadirkan kesan lega dan cenderung mudah dibersihkan. Namun, di sisi lain lantai yang polos akan memberikan kesan dingin dan terasa keras sehingga terkadang membuat penghuni tidak nyaman dan merasa bosan.

Ada beberapa siasat untuk membuat lantai hunian menjadi lebih hangat dan menarik, salah satunya adalah dengan memasang karpet lantai. Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat karpet lantai dan alasan memasang karpet lantai sobat juga akan menemukan tips memilih karpet lantai yang tepat berdasarkan bahan karpet, ruangan hunian, dan bentuk karpet. Berikut penjelasannya:

Manfaat karpet lantai

Saat pertama melihat aneka karpet lantai bermotif di toko atau saat masuk kedalam ruangan, biasanya yang terlintas adalah keindahan karpet punya fungsi dan manfaat lebih dari sekedar pemanis ruangan dan penyegar mata. Motif dan warna karpet bisa membuat ruangan yang biasa-biasa saja menjadi lebih ceria, semarak, dan menyenangkan bagi penghuni.

Karpet juga bisa memberikan perlindungan dan kenyamanan. Penutup lantai ini bisa meminimalkan benturan pada saat penghuni terjatuh, melindungi lantai dari goresan perabot, hingga memberikan perlindungan dari suhu dingin. Memasang karpet pada lantai rumah juga dapat membantu meredam kebisingan. Tidak heran jika banyak kantor dan hotel memasang karpet di ruang meeting, bukan?

Bagi Sobat yang memiliki hunian berkonsep open space seperti apaetemen model studio, penggunaan karpet dapat menjadi pembeda fungsi. Misalnya, ruang makan ditandai dengan satu karpet berwarna cerah, sementara ruang keluarga ditandai dengan karpet berwarna lebih gelap. Jadi tanpa perlu memasang sekat ruangan yang mengurangi kelegaan, sobat bisa memberikan perbadaan signifikan anta ruang berkat pemasangan karpet lantai.

Tips Memilih Karpet Lantai

Hampir setiap ruangan di dalam hunian bisa dihiasi karpet. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah bahan karpet yang sobat pilih sebaiknya disesuaikan dengan ruangannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu sobat menentukan pilihan karpet terbaik untuk setiap ruangan.

Menghitung ukuran karpet

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran ruangan dan karpet yang hendak digunakan jangan sampai karpet yang digunakan malah membuat ruangan terasa sempit dan sesak. Ada panduannya, karpet sebaiknya tidak menutupi lebih dari 50 persen luas alas ruangan.  Hal tersebut membuat ruangan terlihat tidak seimbang.

Perhatikan ketinggian, kepadatan, dan juga ketebalan dari karpet.

Untuk ruang tamu sendiri, bisa memilih karpet kain yang berkualitas baik, tidak terlalu empuk tetapi mudah dibersihkan.

Jika ingin memberikan kesan elegan di ruang tamu, sobat bisa memilih karpet berbahan wol atau katun.

 

Memperhatikan motif dan warna karpet

Untuk membuat ruang tamu terasa luas pilihkan karpet berwarna netral dengan motif yang simple sehingga mudah menyatu dengan ruangan dan akan membuat ruangan nyaman dilihat. Warna-warna yang dapat dipilih adalah warna yang memberikan kesan terang, seperti putih atau cream. Sesuaikan juga dengan pencahayaan di ruangan. Jika pencahayaan sudah terang, pilihlah karpet yang berwarna hangat.

Untuk motif, pilihlah ukuran yang besar dan tidak terlalu rumit.

Sobat juga bisa memilih karpet bermotif garis-garis untuk memberikan kesan ruangn terlihat lebih panjang.

 

Memilih karpet yang aman

Karpet merupakan benda yang paling sering diduduki atau bahan mungkin juga digunakan untuk tiduran. Oleh sebab itu memilih karpet yang aman sangat penting untuk kesehatan anggota keluarga dan tamu yang berkunjung ke rumah.

Karpet sendiri dapat menyerap debu dan bisa membuat ruangan kecil terasa pengap, terutama jiika terhirup.

Untuk keamanan, kenyamanan, dan tentunya kesehatan jangan lupa untuk rutin membersihkan karpet agar kotoran tidak terperangkap di dalamnya.

Perhatikan juga bahan pewarna karpet, sebab pewarna kimia yang tidak aman dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Nah itu dia sobat macam-macam karpet serta fungsi dari karpet udah ga penasaran lagi kan sekarang?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?