Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

Memilih jenis atap rumah pada bangunan rumah atau pun bangunan kantor merupakan kewajiban bagi so...
Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan Memilih jenis atap rumah pada bangunan rumah atau pun bangunan kantor merupakan kewajiban bagi sobat VOIRE yang sedang membangun rumah.
Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 26 Juni 2020
Share
2020-06-26

Memilih jenis atap rumah pada bangunan rumah atau pun bangunan kantor merupakan kewajiban bagi sobat VOIRE yang sedang membangun rumah.

Alasan utama mengapa harus memilih genting dengan jenis yang menyesuaikan kebutuhan adalah untuk meminimalisir berbagai potensi bahaya yang akan dating.

Baik itu fenomena alam seperti hujan deras atupun bencana alam seperti gempa bumi dan angin puting beliung.

Namun di balik dari fungsi genteng sebagai atap pelindung, genteng juga diperlukan sebagai media untuk mempercantik tampilan bangunan rumah.

Sekarang ini, jenis atap yang semakin bervariasi tentu memudahkan sobat untuk memilih jenis terbaik yang sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Sebenarnya memilih jenis genteng terbaik bukanlah hal yang sulit namun juga tidak mudah. Hal ini dikarenakan tiap genteng memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Maka dari itu penting bagi sobat yang sedang membangun rumah atau berencana membangun rumah bisa memilih genteng mana yang sesuai dipasang di rumah.

Beberapa jenis dari varian genting menawarkan ketahanan yang bisa mencapai satu abad bahkan lebih.

Ada pula yang menawarkan tampilan menarik namun umurnya relatif lebih singkat. Maka dari itu yuk simak ulasan jenis-jenis genteng untuk berbagai kebutuhan bersama Vira!

1. Jenis Genteng Tanah Liat

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: shutterstock

Jenis atap yang sangat populer dan bisa jadi paling banyak digunakan di Indonesia berupa genteng yang terbuat dari tanah liat.

Hal ini mungkin dipengaruhi karena harga genteng tanah liat yang murah dan juga sangat mudah ditemukan di pasaran.

Beberapa wilyah di Indonesia juga bahkan terkenal sebagai produsen genteng tanah liat. Sobat juga bisa melihat sendiri banyaknya rumah yang menggunakan genteng tanah liat untuk atap.

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: google.com

Mulai dari wilayah pedesaan bahkan sampai perkotaan. Jenis atap rumah dari genteng tanah liat ini pun memiliki berbagai model dan bentuk.

Kelebihan dari genteng tanah liat adalah kekuatannya dan ketahanannya yang tidak perlu sobat ragukan lagi. Pemasangannya yang cukup mudah juga menjadi poin plus tersendiri. Genteng tanah liat juga aman terhadap serangan serangga.

Meskipun terbilang cukup banyak kelebihannya akan tetapi kekurangan genteng tanah liat perlu untuk diperhatikan sebagai bahan pertimbangan sobat.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan walau pemasangannya yang cukup mudah namun diperlukan banyak rangka kayu. Selain itu, genteng tanah liat mudah berjamur apabila tidak dilapisi cat pelapis.

Dibutuhkan ketelitiannya yang ekstra saat pemasangan atap genteng tanah liat agar tidak mudah melorot dan juga bocor.

2. Atap genteng kaca

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: google.com

Sesuai dengan namanya, kaca merupakan bahan dasar dari atap jenis ini. Sehingga sobat bisa menggunakannya sebagai ventilasi. Beberapa rumah dengan desain interior kontemporer biasanya menggunakan atap genteng kaca.

Kelebihan dari atap kaca adalah dapat membantu untuk mengurangi kelembaban pada dinding. Sehingga dinding di rumah sobat tidak mudah berjamur.

Tentu saja sobat tidak dapat menggunakan atap genteng kaca pada seluruh bagian rumah,

Karena hal ini terlalu beresiko seperti suhu udara pada rumah yang akan menjadi lebih panas karena terlalu banyak cahaya matahari yang masuk.

Selain itu, genteng kaca pun sangat mudah pecah, sehingga saat pemasangan pun perlu kehati-hatian.

Genteng kaca juga memiliki model yang sedikit dan sangat terbatas sehingga sobat tidak bisa memilih berbagai jenis model untuk atap rumah sobat.

Untuk kisaran harga dari atap genteng kaca ini tentu lebih mahal dibandingkan genteng adri tanah liat atau beton.

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: google.com

Namun percaya deh sobat, genteng kaca di rumah bisa mempercantik suasana di rumah apalagi dari tampilan skylight atap kaca di rumah, pasti #benarbenaridaman.

 

3. Atap genteng metal atau genteng berbahan logam

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: google.com

Masyarakat modern pada zaman sekarang ini lebih cenderung memilih atap genteng berbahan metal yang bentuknya menyerupai lembaran seperti seng.

Cara pemasangan dari atap genteng metal atau genteng berbahan logam cukup unik karena harus ditanam pada balok gording rangka atap dengan menggunakan sekrup.

Terdapat banyak kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna genteng baja ini seperti pemasangannya yang mudah dan cepat serta lebih hemat karena ukurannya yang lebar.

Bukan hanya itu, genteng baja, genteng metal atau genteng berbahan logam ini juga dilapisi bahan anti karat dan dapat terhindar dari kebocoran.

Sobat juga tidak perlu mengecat ulang terlampau sering karena bahannya juga anti lumut.

Namun bagi sobat yang mengagumi kesan estetik nampakn ya genteng berbahan logam kurang cocok karena tampilan dari genteng ini tidak menarik bahkan terlihat asal-asalan dan tidak rapi.

4. Atap Genteng beton

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: shutterstock

Jenis genteng yang cukup populer juga di kalangan banyak masyarakat luas ialah jenis atap genteng dari beton. Atap beton ini biasanya digunakan pada rumah yang memiliki desain minimalis.

Seperti namanya, bahan dari atap ini merupakan beton yang dicetak hingga mirip seperti genteng tanah liat.

Selain itu untuk kualitas dari atap genteng beton ini tak perlu dipertanyakan. Karena genteng dari beton ini tahan terhadap cuaca serangan serangga bahkan kebakaran sekalipun. Dan yang cukup penting atap beton ini estetik dan juga nampak kokoh.

Akan tetapi atap rumah dari genteng beton ini memiliki bobot yang lebih berat dari jenis genteng lainnya.

Hal ini karena genteng dari beton tahan terhadap cuaca, serangan serangga maupun kebakaran. Selain itu, atap beton ini pun lebih estetik dan juga lebih kokoh.

Harga dari atap genteng beton lebih mahal dibandikan dengan genteng tanah liat. Sobat dapat menemukannya di toko material dengan harga yang cukup bervariasi.

Harga tersebut tergantung dari merek dan juga letak kota tempat tinggal sobat.

5. Atap Genteng Asbes

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: Pinterest

Genteng asbes terbuat dari beberapa gabungan material berupa mineral silikat alam. Salah satu genteng yang juga kerap sobat temui ini dapat dipasang dengan mudah. Hal ini dikarenkan bahan yang digunakan cukup ringan.

Bentuk dari atap genteng asbes ini sama dengans seng. Meskipun atap dari asbes ini termasuk mudah di pasang namun atap asbes ini dapat berisiko pada kesehatan sobat.

Hal ini disebabkan karena asbes memiliki kandungan karbon yang bisa dengan mudah terkelupas, sehingga bisa membuat sobat mengalami gangguan pernapasan bahkan bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

source: Pinterest

Selain itu, atap asbes ini pun sangat mudah pecah. Maka dari itu diperlukan kehati-hatian ketika sedang melakukan pemasangan atap genteng asbes. Maka dari itu banyak bangunan gudang yang memilih asbes sebagai atapnya.

Bukan hanya itu harga dari atap asbes ini pun tidak murah, untuk ukuran 180 cm x 1-5 cm x 4 mm harga dari genteng asbes ini bisa mencapai Rp 53.000

6. Atap Genteng Keramik

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: google.com

Meskipun namanya genteng keramik, sebenarnya bahan baku dari atap genteng keramik ini adalah tanah liat.

Hanya saja yang membedakan genteng keramik dengan genteng tanah liat adalah proses akhir pada genteng keramik yang ditambahkan lapisan pewarna glatzur.

Atap keramik menjadi alternatif pilihan masyarakat yang ingin memiliki tampilan lebih modern daripada genteng tanah liat.

Kelebihan dari genteng keramik ini antara lain tahan lama dan kuat. Kekuatannya bahkan bisa menahan berat badan manusia, pada proses pembakaran genteng keramik ini pun dibakar dengan suhu 1100 derajat sehingga membuat warnanya menjadi lebih tahan lama.

Namun kekurangan dari atap keramik ini yaitu pemasangan harus dilakukan dengan ahlinya karena jika tidak teliti sedikit saja mudah terjadi kebocaran.

Rangka atap juga minimum harus memiliki kemiringan 30 derajat, hal ini dilakukan agar air dapat mengalir dengan sempurna.

7. Atap Genteng Bitumen

Jenis Genteng Rumah yang Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

 source: Pinterest

Genteng yang satu ini terbuat dari campuran aspal dan berbagai bahan kimia lainnya. Kelebihan dari atap genteng aspal ini lebih ringan dibandingkan atap beton atau bahkan atap metal dan keramik.

Sifatnya yang tahan api serta angin juga menambahkan poin dari sisi keamanan dari penggunaan genteng aspal ini.

Genteng ini sudah dilapisi anti jamur serta anti pudar sehingga sobat tidak perlu mengkhawatirkan perawatan dari atap genteng aspal.

Tampilannya yang estetik juga menjadi alasan mengapa banyak yang memilih atap genteng aspal ini walaupun harganya atap genteng aspal ini sangat mahal dan dibutuhkan kerangka yang kuat untuk dapat menopang beban dari genteng aspal ini.

Itulah macam-macam genteng beserta kekurangan dan juga kelebihannya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat VOIRE ya.

Nah apabila sobat memiliki kebingungan untuk memilih jenis serta model atap dari berbagai jenis genteng yang sebelumnya Vira paparkan, sobat bisa menghubungi VOIRE Project untuk konsultasi secara gratis. Yuk hubungi VOIRE sekarang juga!

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?